Pemupukan Kacang Tanah

Pemupukan Kacang Tanah Tepat Guna Hasil Melimpah

Pemupukan Kacang Tanah – Setiap proses budidaya pada suatu tanaman pasti ada yang namanya pemupukan. Termasuk dalam budidaya kacang. Baik itu pupuk kacang panjang maupun pupuk kacang tanah, dan jenis kacang lainnya.

Pupuk pada kacang tanah diberikan dengan mempertimbangkan banyak hal, di antaranya, cara budidaya kacang tanah, umur panen kacang tanah, pupuk yang digunakan dalam budidaya kacang tanah di lahan kering, dan periode waktu penggunaan pupuk.

Hal tersebut juga berkaitan erat dengan nama pupuk untuk kacang tanah yang digunakan serta umur pemupukan kacang tanah yang dilakukan.

Tentu hal-hal tersebut butuh informasi yang mendalam sebelum berlangsungnya masa pemupukan untuk bisa disesuaikan pada umur dan masa panen, agar tepat guna dan hasil panen kacang tanah melimpah.

Umur Panen Kacang Tanah

Misalnya saja, penggunaan pupuk pada kacang tanah untuk memaksimalkan umur panen kacang tanah. Seperti yang kita ketahui, kacang tanah di panen saat usia 90 hari setelah masa tanam. Atau dengan melihat ciri-ciri kacang tanah siap tanam berikut:

  1. Daun mulai menguning
  2. Batang mulai mengeras
  3. Polong sudah berisi penuh dan keras
  4. Jika ditekan polong mudah pecah
  5. Sebagian daun berguguran
  6. Jika biji telah penuh harus segera dipanen.

Nah tentunya bagaimana cara pemberian pupuk pada kacang tanah dan jenis pupuk yang digunakan dapat memacu ciri-ciri tersebut lebih cepat.

Umur Pemupukan Kacang Tanah

Pemupukan Kacang Tanah
Pemupukan Kacang Tanah

Untuk waktu pemberian pupuk kacang tanah diberlakukan dengan tiga periode setelah tanam, di antaranya adalah:

  • Periode pertama, di pertumbuhan awal umur mencapai 15 hari setelah tanam;
  • Periode kedua, di awal berbunga di umur 25 hari setelah tanam;
  • Periode ketiga, saat pembentukan dan pengisian polong di umur 75 hari setelah tanam.

Cara Pemupukan Kacang Tanah

Setelah mengetahui periode waktu untuk pemupukan, selanjutnya adalah cara pemberian pupuknya. Lakukan dengan tepat, maka hasil maksimal.

Di antaranya seperti yang kita pelajari dari berbagai sumber informasi lainnya, bahwa dalam pemberian pupuk kacang tanah sebaiknya diberikan seperti cara menanamnya,

Yakni secara tugal dengan jarak tanam antar kacang tanah 40 x 15 cm. Atau jika terlalu luas bisa dengan ukuran jarak tanam 35 x 10 cm.

Dan cara pemupukan kacang tanah yang baik dan benar dalam luasan satu hekaternya adalah dengan memberinya pupuk urea sebanyak 50 kg, pupuk SP36 100 kg, dan pupuk KCl 50 kg. Waktu pemupukan kacang tanah saat umur tanah 7 – 14 hari dengan diberikan secara tugal atau dengan cara larik.

Nama Pupuk Untuk Kacang Tanah

Berikut ini nama-nama pupuk untuk kacang tanah yang bisa kita gunakan, di antaranya, selain menggunakan pupuk organik, kita juga bisa menggunakan aneka jenis pupuk berikut ini:

  1. Pupuk Urea
  2. Pupuk SP36
  3. Pupuk KCl

Kenali manfaat pupuk organik untuk tanaman, termasuk manfaat ketika digunakan untuk pemupukan kacang tanah. Semoga saja informasi ini bermanfaat. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *