Manfaat kangkung untuk kesehatan

16 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan

Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan – Kangkung merupakan jenis sayuran yang mudah ditemui dipasaran. Harga sayuran kangkung pun sangat terjangkau oleh rakyat banyak. Namun, jangan salah, meski harga jual murah, manfaat kangkung untuk kesehatan sangatlah banyak. Banyak peneliti sepakat, bahwa komposisi nutrisi kangkung sangat baik.

Manfaat kangkung untuk kesehatan
Cara budidaya kangkung

Nutrisi yang ada pada kangkung dalam 100 gram bagian kangkung yang bisa dimakan, kangkung mengandung 6.300 si vitamin A, 32 mg vitamin c, 2,5 mg zat besi, 3 gram protein, 75 mg kalsium, dan 50 mg fosfor. Selain banyaknya kandungan nutrisi dan manfaat kangkung bagi kesehatan, budidaya kangkung sangatlah mudah dan praktis. (Baca selengkapnya : Mudah dan Praktis Cara Budidaya Kangkung). Akan tetapi, petani harus budidaya dengan baik, agar tidak terserang hama dan penyakit kangkung.

Dengan nutrisi sebesar itu, coba kita lihat manfaat kangkung untuk kesehatan, kira-kira apa saja yang akan membuat kalian jatuh cinta dengan sayuran yang satu ini :

16 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan :

a. Sebagai obat tidur yang alami

MErasa sulit untuk tidur nyenyak adalah salah satu hal yang bermasalah, karena dari tidur tubuh bisa beristirahat. Bila tidur tak cukup sama juga dengan istirahat yang berkurang. Mengkonsumsi kangkung bisa dijadikan sebagai obat tidur alami. Karena setelah beberapa saat mengkonsumsi sayur hijau seperti kangkung ini, dapat mengendurkan saraf dan membuat rasa ngantuk hingga tertidur sampai terlelap.

b. Mencegah risiko diabetes melitus

Apakah kangkung bisa mencegah resiko penyakit diabetes melitus? Jawabannya, hal ini karena ekstrak dari sayur kangkung sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti haknya pada proses pencegahan diabetes melitus. Penyakit yang sangat berbahaya ini bisa dicegah atau dihindari dengan mengkonsumsi sayur. Di dalam sayur kangkung tersimpan ekstrak yang baik yang dapat bekerja pada proses penyerapan kadar gula di dalam tubuh. Bahkan bagi yang memiliki resiko diabetes bisa mengkonsumsinya untuk menghambat proses kenaikan kadar gula di dalam darah.

c. Mengobati mimisan

Konsumsi kangkung juga bisa mengatasi mimisan atau pendarahan pada hidung. Di mana sayuran hijau kangkung ini dapat dijadikan obat alami untuk proses penyembuhan mimisan yang seering kali dialami anak-anak. Proses ini dimulai dari menumbuk daun kangkun yang telah dicuci hingga bersih, lalu di tambahkan gula aren dan air panas, kemudian, aduk hingga merata dan disaring. Tunggu sampai dingin dan bisa diseduh untuk sang buah hati atau yang mengalami mimisan.

d. Membantu menurunkan kolesterol

Bagi yang mempunyai kadar kolesterol tinggi, ada baiknya rutin mengkonsumsi sayuran hijau termasuk kangkung. Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi kangkung secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol serta trigliserida dalam darah.

e. Penyakit kuning

Penyakit yang berhubungan dengan kerusakan fungsi hati biasanya ditandai dengan warna kulit mata dan lidah yang berwarna kuning. Maka tak heran jika orang awam menyebutkan sebagai penyakit kuning. Nah, ternyata kandungan kangkung mempunyai kemampuan untuk mengatasi penyakit kuning. Ekstrak kangkung dapat melindungi hati dari kerusakan karena kandungan antioksidan daun kangkung yang cukup tinggi.

f. Mengatasi sembelit dan gangguan pencernaan

Sayur kangkung terdapat kandungan serat yang sangat tinggi. Fungsi serat sendiri adalah sebagai pembersih saluran pencernaan.

g. Manfaat akar kangkung untuk mengatasi ambeien

Selain daun dan batangnya yang dijadikan sayuran, ternyata akar kangkung juga bermanfaat sebagai obat tradisional untuk mengatasi wasir atay ambeien. Caranya, ambul segenggam akar kangkung rabut, rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa tengahnya. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

h. Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak

Selain dapat dijadikan sebagai obat ambieien, akar kangkung juga punya khasiat lain, yaitu mengobati sakit gigi dan gusi bengkak atau berdarah. Ambil segenggam akar kangkung rabut, rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih. Saring airnya lalu tambahkan beberapa sendok teh cuka. Ramuan tersebut digunakan untuk berkumur selagi hangat.

i. Mengobati nyeri haid

Ambil 1/2 genggam daun kangkung, cuci bersih lalu ditumbuk hingga halus. Seduh dengan 1/2 gelas air panas, lalu tambahkan satu sendok makan madu. Saring dan minum airnya sekaligus.

j. Menghilangkan ketombe

Ambil satu ikat daun kangkung lalu direndam dalam air semalaman. KEesokan harinya, gunakan air rendaman daun kangkung tersebut untuk keramas. Lakukan pemijatan pada kulit kepala. Bersihkan dengan air seperti biasa.

k. Mengatasi mual pada ibu hamil

Bagi ibu hamil yang sering mengalami gangguan mual di pagi hari, rajinlah untuk mengkonsumsi kangkung. bisa dijadikan sebagai tumisan atau direbus sebagai lalapan.

l. Mencegah sariawan

Tanaman kangkung mampu mencegah penyakit sariawan. Seperti penjelasan sebelumnya, kangkung mengandung vitamin C yang dapat mencegah sariawan dan gusi berdarah. Jika sedang sakit gigi, maka sebagai obatnya bisa mengkonsumsi tanaman ini. Karena daun kangkung mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh kuman pada gigi.

m. Pengontrol darah

Tanaman kangkung ternyata bermanfaat sebagai pengontrol darah dalam tubuh. Karena kangkung mempunyai zat kimia yang dapat mencegah pembekuan darah di pembuluh darah jantung dan otak.

n. MEncegah bau mulut

Bau mulut sering terjadi pada saat berpuasa atau mengonsumsi makanan yang mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bau padamulut tentu sangat mengganggu aktivitas. Namun, hal tersebut tak perlu khawatirkan lagi. Sebab, tanaman kangkung dapat menghilang bau mulut tersebut. Tanaman kangkung mempunyai minyak esential yang dapat mengurangi bau pada mulut.

o. Menjaga kualitas otak

Kangkung merupakan salah satu tanaman yang mengandung omega 3 yang bermanfaat bagi kualitas otak. Bagi yang sedang hamil, hanya perlu mengonsumsi kangkung untuk menjaga kualitas otak janin. Pada masa pertumbuhan anak, para ibu hanya perlu memberikan asupan gizi yang cukup untuk meningkatkan kecerdasan otak anak.

p. Menumbuhkan rambut

Rambut yang sehat adalah rambut yang tidak bercabang dan tidak rontok. Untuk menjaga kesehatan rambut, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran hijau seperti kangkung. Kangkung dapat menjaga dan menumbuhkan rambut yang rontok secara alami. Dengan kita mengonsumsi sayuran kangkung, maka sama halnya kita telah melakukan sebuah perawatan terhadap rambut kita.

Nah, begitulah manfaat kangkung untuk kesehatan kita, banyakan!

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *