Cara Menanam Sawi Hijau

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi –┬áDeskripsi tanaman sayur di divisi spermartophyta dengan morfologi akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Tanaman sawi merupakan tanaman yang mudah tumbuh di segala tempat. Baik di tempat berhawa panas maupun dingin. Untuk itu, sawi bisa ditanam di dataran rendah maupun dataran tinggi. Akan tetapi, harus diakui, di dataran tinggi hasil budidaya tanaman sawi lebih maksimal (Baca selengkapnya, Kiat Sukses Budidaya Sawi).

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi

Daerah penanaman sawi yang cocok adalah di ketinggian 5 – 1.200 meter di atas permukaan laut. Akan tetapi biasanya pembudidayaan dilakukan pada daerah dengan ketinggian 100-500 meter di atas permukaan laut. Untuk itu sebelum belajar lebih jauh tentang budidaya sawi, kita harus bisa memahami klasifikasi dan morfologi tanaman sawi seperti apa?

  1. Klasifikasi Tanaman Sawi

Menurut klasifikasi dalam sitematika tumbuhan, tanaman sawi termasuk ke dalam:

Divisi : Spermartophyta

Sub division : Angiospermae

Kelas : Discotyledonae

Ordo : Papavorales

Famili : Cruciterae atau Brassiceae

Genus : Brassica

Spesies : Brassica juncea

2. Morfologi Tanaman Sawi

a. Akar

Sistem perakaran tanaman sawi adalah akar tunggang yang cabang-cabang akarnya berbentuk bulat panjang dan menyebar ke seluruh arah dengan kedalaman antara 30-50 cm. akar-akar ini berfungsi untuk menyerap air dan zat makanan dari dalam tanah, dan juga sebagai penguat berdirinya batang tanaman.

b. Batang

Batang sawi sangat pendek dan beruas-ruas sehingga hampir tidak terlihat. Batang sejati dan pendek itu terdapat didalam tanah. Batang tidak keras dan berwarna hijau atau keputih-putihan. Batang ini berfungsi sebagai alat pembentuk dan penopang daun.

c. Daun

Daun tanaman sawi berbentuk bulat atau lonjong, lebar, ada yang berkerut, tidak berbulu, bertangkai panjang yang bersifat kuat dan halus dan bentuknya pipuh serta berawarna hijau. Terdapat pelepah daun yang saling membungkus pelepah yang lebih muda namun membuka, tulang daun menyirip dan bercabang.

d. Bunga

Struktur bunga sawi tersusun dalam tangkai bunga yang tumbuh tinggi dan bercabang banyak. Tipe kuntumnya terdiri atas 4 helai kelopak, 4 helai mahkota bunga yang berwarna kuning cerah, 4 helai benang sari dan 1 buah putik berongga dua.

e. Buah

Buah tanaman sawi berupa dengan tipe buah polong yang bentuknya memanjang dan berongga. Tiap buah berisi 2-8 butir biji sawi.

f. Biji

Biji tanaman sawi bentuknya bulat kecil berwarna cokelat atau cokelat kehitam-hitaman.

 

Nah, itu tadi klasifikasi dan morfologi tanaman sawi, semoga bermanfaat.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *