Klasifikasi Bayam

Klasifikasi Bayam dan Jenis Jenisnya

Ayobudidaya.com – Kali ini kita akan memahami tentang Klasifikasi Bayam, dari nama latin bayam, ciri ciri tanaman bayam, jenis tanaman bayam, dari bayam duri, bayam merah, sampai bayam cabut dan bayam lainnya.

Karena seperti yang kita ketahui, bahwasannya bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang paling mudah ditemuyi, tingginya minat masyarakat terhadap konsumsi bayam membuat sayuran ini menjadi salah satu komiditi yang selalu diminati.

Bukan hanya kalangan pasar, tetapi juga ke kalangan upaya produksi ditinggkatkan, dalam hal ini adalah petani atau pembudidaya bayam.

Untuk itu, budidaya bayam dengan teknik yang tepat memiliki prospek bisnis yang cukup menjanjikan, terlebih saat ini berbagai macam inovasi telah menjadikan bayam sebagai bahan untuk berbagai macam produk olahan.

Contohnya saja, seperti makanan ringan, suplemen, hingga bahan kosmterika.

Nah dalam klasifikasi bayam menurut para ahli ini masing-masing memiliki kriteria,  dari klasifikasi bayam duri, bayam cabut, bayam merah, dan jenis bayam lainnya yang populer di kalangan masyarakat. Begitu juga dengan morfologi tanaman bayam.

Setiap klasifikasi tersebut tentunya ada ciri ciri tanaman bayam yang bisa kita ketahui. Bahkan tak asing jika di sekolah ada pertanyaan semacam ini, sebutkan ciri ciri tanaman bayam?

Sama halnya klasifikasi kangkung. Untuk itu, hal ini adalah dasar awal yang bisa kita pelajari dan pahami, sebelum masuk kepada langkah budidaya bayam.

Sebab, membudidayakan bayam tidak membutuhkan persyaratan tumbuh yang sulit. Dalam klasifikasi dan morfologinya bayam dapat tumbuh di semua jenis lahan dan tidak memerlukan perawatan yang sulit dalam pemeliharaannya.

Untuk itu, kita perlu mengetahui apa saja yang menjadi syarat tumbuh tanaman bayam, sama halnya saat disekolah kita diminta untuk mengetahui apa nama latin bayam.

Untuk itu, berikut ini Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bayam yang bisa kita ketahui:

Klasifikasi Tanaman Bayam

Klasifikasi Bayam
Klasifikasi Bayam

Adapun klasifikasinya, bayam termasuk ke dalam golongan keluarga Amarathacae dari marga Amaranthus. Seperti karakter golongan Amaranthacae pada umumnya, bayam termasuk salah satu tanaman gulma yang tumbuh liar.

Namun seiring ilmu pengetahuan yang semakin berkembang dan penelitian membuktikan bahwa bayam mengandung nilai gizi yang sangat tinggi, tanaman ini kemudian dibudidayakan secara luas.

Berikut klasifikasi bayam:

Kingdomg : Plantae (tumbuhan)

Sub Kingdom : Tracheobionita (tumbuhan berpembuluh)

Super divisi : Spermatophyta (menghasilkan biji)

Divisi : Magnoliophyta (tuymbuhan berbunga)

Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)

Sub kelas : Hamamelidae

Ordo : Caryophyllales

Family : Amranthacae (suku bayam-bayaman)

Genus : Amaranthus

Spesies : Amaranthus spinosus L

Deskripsi Morfologi Tanaman Bayam

Klasifikasi dan Morfologi Bayam
Klasifikasi dan Morfologi Bayam

Untuk deskripsi morfologi tanaman bayam, bayam merupakan tanaman perdu (terna), tinggi tanaman bayam bisa mencapai 1,5 – 2 meter. Sedangkan usia bayam adalah semusim atau lebih. Berikut deskripsi morfologi bayam:

  1. Akar bayam : Menyebar pada kedalaman 20-40 cm dan memiliki akar tunggang.
  2. Daun bayam : bulat oval dengan ujung meruncing dengan urat uraty terlihat jelas. Warna bervariasi, hijau muda, hijau tua, keputih-putihan, dan merah. Dasar daun kasar (kasap) dan memiliki duri. Daunnya tunggal, panjang 1,5-6,0 cm, lebar daun bayam 0,5 – 3,2 cm, ujung daun obtusus dan pangkal daun acutus.
  3. Tangkai bayam : Tangkau daun bayam berbentuk bulat dan permukaanya opacus. Panjang tangkai daun bayam berkisar 0,5 – 9,0 cm.
  4. Batang bayam berbentuyk bulat, lunak, dan besar. batangnya tumbuh tegak dan percabangan monopodial.
  5. Bunga bayam berukuran keci;. Berjumlah banyak terdiri dari daun bunga 4-5 buah, benangsari 1-5 buah, dan bakal buah terdiri dari 2-3 buah.
    • Bunga bayam keluar dari ketiak daun atau ujung tanaman yang tersusun tegak.
    • Bunga bayam merupakan jenis bunga berkelamin tunggal berwarna hijau keputih-putihan.
    • Bunga memiliki 5 mahkota panjan berkisar 1.5 – 2.5 cm.
    • Kumpulan bunga berbentuk bulir bulir untuk bunga jantannya.
    • Bunga betina berbentuk bulat tumbuh di ketiak batang/
    • Bunga bayam ini termasuk bunga inflorencia.
  6. Biji bayam berukuran sangat kecil dan halus, berbentuk bulat halus berwarna coklat tua hingga hitam mengkilap. Setiap tanaman menghasilkan 1.200 – 3.000 biji/gram.

Jenis Jenis Bayam Berdasarkan Klasifikasinya

Adapun jenis jenis bayam berdasarkan klasifikasi tanamannya adalah didasarkan dari jenis tanaman bayam liar yang tuymbuh di segala tempat tanpa ditanam dan dibudidayakan lewat biji, benih atau lainnya.

Sampai tanaman yang ditanam oleh manusia, atau disebut dengan bayam budidaya. Berikut jenis jenis bayam yang bisa kita ketahui:

  1. Bayam liar: dapat kita jumpai di lahan lahan kosong. tak terurus, kebun, tepi jalan, dan gulma pertanian. Pada musim hujan akan meningkat populasinya. Bayam jenis ini dapat dikonsumsi. Tapi rasa agak getik, dan jarang disukai. Jenis bayam ini di antaranya adalah:
    • Bayam tanah (Klasifikasi Bayam Tanah adalah Amaranthus blitum L). Ciri utamanya warna batang berwarna merah dan memiliki duri. Daun berbentuk kecil dan lancip, selain itu tekstur kasar dan keras.
    • Bayam duri (Klasifikasi Bayam Duri adalah Amaranthus spinosus L). Ciri utama bayam duri sama sepeti bayam tanah. Batang berduri dan berwarna merah. Ukuran kecil dan keras.
  2. Bayam budidaya: ini adalah kelompok bayam yang sengaja dibudidayakan untuk konsumsi. Banyak kita jumpai di pasar-pasar. Memiliki rasa enak, memiliki kandungan gizi tinggi, memiliki nilai komersil. Contohnya:
    • Bayam cabut atau disebut bayam putih, atau juga bayam sekul. Daunya bulat dan dahing tebal serta lemas. Batangnya hijau keputihan sampai merah. Ada bayam putih dan ada bayam merah. Contohnya:
      • Bayam Giti Hijau
      • Bayam Giti Merah
      • Bayam Merah (Nama latin Bayam Merah atau Klasifikasi Bayam Merah ini adalah Amaranthacea Gangeticus, dalam bahasa latin Inggris Red Spinach).
      • Bayam cabut kualitas impor contohnya: Bayam Green Lake, Bayam Spark, dan Bayam Trayful.

Kesimpulan Tentang Klasifikasi Tanaman Bayam

Keismpulannya adalah, bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat populer, nama ilmiahnya adalah Amaranthus spp dan termasuk dalam keluarga Amaranthacae.

Kata “Amaranth” berasal dari bahasa Yunani yang berarti “abadi”. Bayam juga dikenal sebagai sumber zat besi dan mengandung bermacam-macam zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Bayam juga merupakan jenis sayuran komersial yang sangat mudah kita jumpai baik pasar tradisional maupun pasar modern. Tanaman bayam berasal dari dataran Amerika Tropik.

Baca Juga: 5 Ide Agrobisnis di Perumahan dengan Lahan Sempit

Itulah yang bisa kita pelajari dan pahami tentang klasifikasi dan morfologi tanaman bayam. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Terimakasih. Semoga bermanfaat. Salam.

Kaseto Efendi Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *