Dosis Pupuk NPK Mutiara

Dosis Pupuk NPK Mutiara Untuk Tanaman

Dosis Pupuk NPK Mutiara – Pasti kita sudah tak asing dengan pupuk NPK Mutiara ya? Salah satu jenis pupuk untuk tanaman agar hasil panen baik dan melimpah.

Dan dibeberapa praktik pertanian atau dalam budidaya tanaman, masih ada sekitar pertanyaan tentang dosis penggunaan pupuk NPK Mutiara ini.

Di antaranya seperti, berapa besar dan kisaran dosis pupuk npk untuk tabulampot atau tanaman buah dalam pot. Selain itu juga pertanyaan-pertanyaan tentang pupuk npk mutiara yaramila.

Tak sampai di situ saja, di berbagai jenis tanaman juga penggunaan pupuk NPK mutiara tak sedikit yang bertanyaa, apalagi tentang dosis.

Misalnya saja, dosis pupuk npk mutiara untuk cabe. Nah pada pertanian atau budidaya cabe, penggunaan pupuk NPK mutiara pada tanaman cabe berperan penting. Namun takarannya harus tepat, karena jika berlebihan bisa tidak baik terhadap pertumbuhan tanaman.

Begitu juga dengan dosis pupuk npk mutiara untuk padi. Seperti yang kita ketahui bersama, tanaman padi dan petani sangat tergantung dengan pupuk NPK mutiara? Lalu bagaimana dengan dosisnya yang baik dan benar?

Tak hanya padi, dari sektoral kelapa sawit pun demikian. Dosis pupuk npk mutiara untuk kelapa sawit juga harus tepat diberikan. Hal ini agar budidaya sawit yang dilakukan berlangsung dengan baik.

Pada budidaya jagung juga demikian. Cara pemupukan jagung dan penggunaan dosis pupuk npk mutiara untuk jagung patut diperhatikan.

Itu dari sisi pertanian, bagaimana dari sisi tanaman hias. Demikian pula lah pada tanaman hias, baik pada tanaman bonsai maupun jenis tanaman hias lainnya.

Jadi cara menggunakan pupuk NPK pada tanaman hias harus diketahui secara seksama, dan tepat guna. Hal ini sama dengan seperti cara menggunakan pupuk NPK pada cabe.

Dosis Pupuk NPK Mutiara

Dan berikut ini kita akan mempelajari berapa sih dosis yang dibutuhkan dan tepat untuk tanaman baik pertanian, budidaya perkebunan sampai ke tanaman hias.

Contohnya saja pada tanaman cabai. Salah satu komoditas sayuran ini selain ditentukan oleh bibit yang berkualitas juga ditentukan oleh pemberian pupuk yang tepat guna.

Pupuk tanaman cabe yang biasa digunakan adalah pupuk NPK dan pupuk daun. Dan dosis pupuk NPK Mutiara yang baik adalah 0,6 g per tanaman.

Dosis ini merupakan dosis yang paling efisien untuk digunakan apda pertanian cabai, terutama pada bibit cabe keriting.

Seputar Tentang Dosis Pupuk NPK Mutiara

Ada beberapa hal yang harus kita ketahui dalam penggunaan pupuk NPK Mutiara dan cara penggunaanya. Misalnya saja, informasi tentang cara pemberian pupuk yang tepat, baik dan benar.

Sebab, apapun jenis dan merek pupuknya harus memiliki unsur yang seimbang. Apalagi ada beberapa pertanyaan yang harus kita ketahui di antaranya, mengapa beberapa produk mencantumkan unsur NPK berbeda-beda 15-15-15, 16-16-16 lalu ada juga 16-9-2, dan lain-lain?

Tak hanya itu saja, pabrik pupuk NPK Mahkota pun menerima pesanan khusus untuk lahan-lahan tertentu, jadi disesuaikan dengan kondisi lahan terhadap formulasi pupuk yang akan dibuat.

Dan yang populer dilingkup para petani adalah tentang pupuk NPK Mutiara 15-15-15 Yaramila. Dosis pupuk NPK Mutiara Yaramila yang tepat ini sangat baik untuk unsur hara makro bagi tanaman.

Biasanya jenis pupuk ini berada dalam kemasan 1 kg. Bentuknya butiran-butiran berwarna biru cerah yang mudah larut. Dosis pemberiannya bisa dengan cara pelarutan 1 kg NPK mutiara ke dalam 2 liter air.

Cara selanjutnya adalah dengan memastikan butiran pupuknya benar-benar larut. Diperoleh pekatan NPK 2 liter. Untuk aplikasi ke tanaman, encerkan pekatan 2 liter tersebut dengan 8 liter air, lalu bisa digunakan untuk penyiraman.

Dosis Tepat Penggunaan Pupuk NPK Mutiara Pada Tanaman

Nah sub bagian ini yang harus kita pahami. Pastikan sesuai petunjuk penggunaan yang ada di label kemasan. Karena pengalaman beberapa petani, pemberian pupuk NPK Mutiara yakni dalam bentuk butiran ke tanaman dengan takaran pupuk berlebih malah membuat tanaman layu dan mati.

Hal ini bahkan, seperti daun terbakar dan bentuk gejala lainnya yang tiba-tiba layu dan mati. Jadi penggunaan dosisnya harus tepat, baik dan benar. Misal contoh artikel berikut Manfaat Pupuk Mutiara Untuk Singkong.

Intinya dosis penggunaan pupuk NPK mutiara untuk tanaman harus memperhatikan takaran dan harus sesuai dengan petunjuk takaran penggunaan dan daya tahan tanaman. Maka dipelajari lebih lanjut bagaimana dosis tanaman tersebut ketika menggunakan pupuk NPK Mutiara.

Apakah Pupuk NPK Mutiara Bisa Dipakai Sebagai Pengganti Nutrisi Tanaman Hidroponik?

Yang harus diketahui adalah, pupuk NPK mutiara untuk tanaman hidroponik juga harus disesuaikan dosisnya. Namun biasanya yang terjadi adalah, ketika tanaman tumbuh tapi tidak tahan panas matahari.

Ini untuk tanaman hidroponik yang tidak pakai greenhouse, jadi kalau siang apalagi terik pohon tampak layu, kembali segar saat sore atau malam hingga pagi hari.

Saran petani yang sudah lebih dulu praktik adalah dengan menggabungkan Pupuk NPK + Pupuk KCL + gandasil D. Hasilnya katanya lumayan bagus.

Baca Juga: Fungsi Pupuk NPK Mutiara Untuk Tanaman

Itulah informasi tentang dosis dan penggunaan pupuk mutiara, namun untuk lebih lanjut dan meyakinkan, simak artikel di atas tentang apa saja fungsi dari pupuk NPK Mutiara untuk tanaman.

Hal ini setidaknya untuk memastikan bahwa dalam penggunaan pupuk NPK Mutiara memang bermanfaat untuk tanaman. Sekian informasi yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat, sampai bertemu di artikel ayobudidaya.com lainnya. Terimakasih.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *