Cara Pemupukan Tomat Servo

Cara Pemupukan Tomat Servo Agar Panen Melimpah

Cara Pemupukan Tomat Servo adalah salah satu bagian penting dalam budidaya tomat servo dan tidak bisa dipisahkan dalam metode budidaya jenis tanaman apapun.

Bahkan berbicara tentang tanaman tomat, kenapa pemupukan penting dilakukan, hal ini dimaksudkan untuk menghasilkan hasil pertanian atau hasil panen tanaman tomat optimal.

Baik budidaya tomat sekala rumahan maupun sekala pertanian besar di suatu lahan yang luas. Bahkan, dalam cara menanam tomat hidroponik sekala rumahan pun memerlukan pupuk dan cara pemupukan tanaman tomat yang tepat. Apalagi sekala pertanian besar.

Apalagi tanaman sayur dan buah tomat servo bisa menghasilkan panen tomat yang melimpah jika dikelola dan dibudidaya dengan baik. Bahkan hasil panennya per batang tanaman tomat servo bisa menghasilkan 3-5 kg.

Dan untuk bisa mencapai hasil panen 5 kg tomat servo bahkan lebih butuh penanganan pola tanam yang baik tepat guna, dari pemilihan lahan, cara pengolahan lahan tanam, cara menanam tomat servo, sampai jenis pupuk yang digunakan, cara pemupukan tomat servo, dan perawatan tanaman tomat servo.

Jenis Pupuk Yang Cocok Untuk Tomat

Cara Pemupukan Tomat Servo
Cara Pemupukan Tomat Servo | Foto : Pixabay

Cara pemupukan dan jenis pupuk untuk budidaya tomat servo penting untuk dipelajari. Hal ini agar dalam pemupukan tanaman tepat guna, dan produksi tanamannya baik.

Terlebih lagi, ketika berbicara tentang budidaya tanaman tomat servo ada banyak hal yang menjadi faktor keberhasilan budidayanya. Di antaranya benih tomat servo, cara pengolahan lahan tanam, cara menanam tomat servo, hingga  perawatan tanaman tomat servo.

Nah dari rincian di atas, yang tak boleh luput adalah bagian penting di dalamnya yakni, dalam cara menanam tomat servo hingga perawatan serta jenis dan cara pemupukannya.

Misalkan, seperti pupuk untuk tomat servo, seperti jenis pupuk yang cocok untuk tomat, sampai pada metode pemupukan tomat servo yang dilakukan, dan dosis pemberian pupuk pada tanaman servo.

Adapun jenis pupuk yang cocok untuk tomat servo yang juga umum digunakan pada pertanian lainnya adalah pupuk dasar pertanian. Misalnya saja seperti penggunaan pupuk kimia hingga pupuk organik, dan pupuk hasil fermentasi.

Pupuk Kimia Untuk Tomat Servo

Ada banyak jenis pupuk kimia yang digunakan dalam bidang pertanian. Apalagi budidaya baik sekala rumahan maupun sekala industri pertanian.

Namun ketika berbicara pupuk kimia untuk tanaman tomat servo yang bisa kita gunakan sebagai pupuk dasar tanaman tomat servo adalah seperti pupuk ZA, pupuk TSP, hingga pupuk KCL.

Untuk dosis pupuk yang digunakan pada tanaman tomat servo dalam luasan 1 Ha perbandingannya adalah Pupuk ZA 200 kg, Pupuk TSP 200 kg, dan Pupuk KCl 250 kg.

Pupuk Organik Untuk Tomat Servo

Untuk pupuk organik yang digunakan untuk pemupukan tomat servo pada umumnya pupuk organik hasil fermentasi dan disertai kapur dolomit. Pupuk organik sebagai penyediaan pupuk dasar budidaya tomat servo berfungsi untuk menyediakan nutrisi.

Misalnya, luas lahan tanam tomat servo 1 ha, penggunaan dosis pupuk dalam 1 ha jika menggunakan pupuk organik fermentasi dengan kapur dolomit atau kapur pertanian dengan takaran 4 ton : 2 ton.

Cara pemupukan tanaman tomat servo dengan jenis pupuk organik fermentasi dan dolomit dilakukan pencampuran secara merata ke dalam bedengan yang sebelumya sudah disiapkan.

Pemupukan Tomat Servo

Budidaya Tomat Servo
Tomat Servo | Pixabay.com

Selanjutnya yang bisa kita pelajari adalah tentang cara pemupukan tomat servo. Dalam pemupukan pada tanaman tomat servo ini yang bisa dilakukan adalah dengan cara membagi pupuk dengan merata pada kedalaman 25 cm.

Atau lebih mudahnya pada kedalaman akar tanaman tomat. Proses yang dilakukan ini adalah untuk memastikan nutrisi tomat terpenuhi. Pupuk yang bisa digunakan selain pupuk organik hasil fermentasi adalah pupuk kandang.

Selain penggunaan pupuk kandang maupun pupuk organik hasil fermentasi lainnya serta penggunaan pupuk kimia pada tanaman tomat servo, juga yang perlu diperharikan adalah bagaimana dengan cara pemupukannya.

Adapun cara pemupukan tomat servo adalah sebagai berikut:

  1. Cara pemupukan pertama (10 HST) : melakukan pengocoran dosis pupuk NPK 16 : KNO3 Merah : Calsium CNG : Magnesium Sulfat dan Pupuk Cair Fermentasi. Perbandingan 1 Kg : 500 Gr : 200 Gr : 100 Gr : 2 Liter dalam 1 drum.
  2. Cara pemupukan kedua (20 HST) : melakukan pengocoran pupuk dosis NPK 16 : KNO3 Merah : MKP : Magnesium Sulfat dan Pupuk Cair Fermentasi. Perbandingan 3 Kg : 1 Kg : 500 Gr : 100 Gr : 3 Liter dalam 1 drum.
  3. Cara pemupukan ketiga (30 HST) : melakukan pengocoran pupuk dosis NPK 16 : KNO3 Putih : MKP : ZK : Magnesium Sulfat : Borat dan Pupuk Cair Fermentasi. Perbandingan 4 Kg : 1 Kg : 500 Gr : 500 Gr : 250 Gr : 250 Gr : 3 Liter.
  4. Cara pemupukan keempat (40 HST) : melakukan pengocoran pupuk dosis NPK 16 : KNO3 Putih : MKP : ZK : Magnesum Sulfat : Borat dan Pupuk Cair Fermentasi. Perbandingan 5 Kg : 1 Kg : 500 : 500 Gr : 250 Gr : 250 Gr : 3 Liter.
  5. Cara pemupukan selanjutnya dilakukan interval 7 hari sekali. Dosis yang digunakan sama seperti cara pemupukan ke empat di atas. Dan fase pemupukan harus tetap di lakukan walau sudah panen.

Baca Juga: Cara Menanam Tomat dengan Baik Agar Cepat Berbuah

Itulah informasi yang bisa ayobudidaya.com bagikan. Tentunya pada budidaya tomat servo dan cara pemupukan tanaman tomat ini sangat mudah diaplikasikan. Selain itu, hal yang tak kalah penting dalam budidaya tomat juga adalah hama dan penyakit tanaman tomat.

Ini juga harus dipelajari untuk diantisipasi lebih awal. Karena selain fase pemupukan, hasil panen melimpah juga dipengaruhi pencegahan hama dan penyakit. Jika hama dan penyakit menyerang, maka hasil panen bisa rendah bahkan gagal panen.

Untuk itu, dalam budidaya tomat, baik budidaya tomat servo maupun jenis tomat lainnya patut kita pelajari hingga tuntas. Demikian informasi yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat, sampai bertemu di artikel lainnya. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *