Cara Menanam Pisang Ambon Agar Berbuah Lebat

Cara Menanam Pisang Ambon – Buah pisang ambon mudah kita temui di mana-mana. Pisang ambon merupakan jenis pisang yang dijual dipasaran dalam tahap banyak, tanpa takut kekurangan stoknya.

Biasanya bagi pecinta pisang, akan gunakan pisang ambon sebagai makanan pencuci mulut, setelah selesai makan. Hal ini menandakan cara menanam pisang ambon sangatlah mudah dilakukan.

Pisang ambon adalah tanaman buah yang punya nilai ekonomis tinggi dan mudah ditanam. Cara menanam pisang ambon agar berbuah lebat tidaklah sulit.

Sama seperti tanam pisang lainnya (Baca selengkapnya, Cara Budidaya Tanaman Pisang). Pisang ambon sendiri dikenal sebagai pisang hijau yang mengandung senyawa yang disebut asam lemak rantai pendek yang berguna untuk memelihara lapisan sel jaringan dari usus kecil hingga mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi.

Ada beberapa varian pada pisang ambon, yang populer di antaranya, pisang ambon kuning, pisang ambon putih, dan pisang ambon lumut.

Ketiga varian pisang ambon tersebut merupakan terfaforit di antara pisang ambon lainnya. Maka dari itu, pisang ambon juga menjadi pilihan untuk dijadikan snack berbahan dasar pisang, misalkan keripik pisang. (Baca juga, Cara Membuat Kripik yang Lezat).

Bisa jadi, jika kita bisa memahami bagaimana cara menanam pisang ambon yang baik dan berbuah lebat sehingga bisa dilakukan banyak variatif dalam membuat menu yang berbahan dasar dari buah pisang ambon.

Seperti semangka yang bisa dijadikan puding. (Baca selengkapnya, Membuat Puding dari Buah Semangka yang Lezat). Seperti yang dilakukan Hengky Kurniawan yang telah membuat usaha yang berbahan dasar pisang dengan usaha kuenya.

cara menanam pisang ambon
cara menanam pisang ambon

Manfaat lain, selain menyerap nutrisi dan kerap dijadikan cemilan, pisang ambon juga ternyata baik untuk penderita diabetes loh. Sebab, gula sederhana yang dikandung pisang ambon cukup mudah diserap tubuh.

Dan bagi yang sedang menjalani diet, pisang ambon kerap juga menjadi pilihan sebagai sumber karbohidrat yang diperlukan tubuh seharian.

Cara Menanam Pisang Ambon

Cara menanam pisang ambon ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan, untuk itu diperlukan pedoman teknis budidaya yang tepat dan benar. Adapun pedoman teknis budidaya pisang ambon ada beberapa tahap yang bisa kita lakukan, di antaranya adalah:

Pembibitan Pisang Ambon

  • Perbanyakan dengan vegetatif berupa tunas atau yang disebut anakan.
  • Tinggi anakan untuk bibit 1 – 1,5 meter
  • Lebar potongan umbi 15 – 20 cm.
  • Anakan diambil dari pohon yang berbuah baik dan juga pastikan pohon sehat.
  • Bibit yang baik daun masih berbentuk seperti pedang dan helai daun sempit.

Penyiapan Bibit Pisang Ambon

  • Jarak tanaman bibit ke bibit lain 2 × 2 meter.
  • Satu pohon induk dibiarkan memiliki tunas antara 7-9.

Teknik Penanaman Pisang Ambon

Adapun teknik-tekni menanam pisang ambon yang bisa kita lakukan adalah dengan beberapa hal berikut ini:

1) Menentukan Pola Tanaman

Bisa dilakukan dengan tanaman tumpang sari dengan tanaman sayur tahunan. Di kebanyakan perkebunan pisang di wilayah Asia curah hujannya tinggi, pisang ditanam bersama-sama dengan tanaman perkebunan kopi, kakao, kelapa dan arecanuts.

2) Menentukan Lubang Tanam

Jarak tanam 3 x3 meter untuk tanah sedang dan 3,3 x 3,3 meter untuk tanah berat. Ukuran lubang adalah 50 x 50 x 50 cm pada tanah berat dan 30 x 30 x 30 cm atau 40 x40 x 40 cm untuk tanah-tanah gembur.

3) Pola Penanaman

Penanaman dilakukan menjelang musim hujan. Lakukan, pemupukan, pupuk kandang/kompos sebanyak 15-20 kg. Pemupukan organik berpengaruh terhadap kualitas rasa buah.

Syarat Tumbuh Tanaman Pisang Ambon

Media Tanam yang diperlukan di antaranya:

  • Pisang ditanam di tanah berhumus dengan pemupukan.
  • Air dipastikan selalu tersedia tetapi tidak menggenang pada tanaman.
  • Pisang tidak akan hidup pada tanah yang mengandung garam 0,07%. Pastikan tanah baik dan sehat.

Sementara, untuk ketinggian tempat yang diperlukan, berada di dataran rendah sampai pegunungan setinggi 2.000 meter. Pisang ambon tumbuh baik sampai ketinggian 1.000 mdpl.

Pemeliharaan Tanaman Pisang Ambon

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam masa pemeliharaan tanaman pisang ambon, di antaranya adalah dengan beberapa cara, berikut ini cara yang bisa kita lakukan:

1) Penjarangan

Satu rumpun terdiri 3-4 batang. Pemotongan anak rumpun dilakukan dalam satu rumpun terdapat anakan yang masing-masing berbeda umur (fase pertumbuhan). Setelah 5 tahun rumpun dibongkar untuk diganti dengan tanaman baru.

2) Penyiangan

Rumput atau gulma di sekitar pohon induk harus disiangi. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan anak dan induk berlangsung baik.

Penyiangan dilakukan bersamaan dengan penggemburan dan penimbunan dapuran oleh tanah agar akar dan tunas bertambah banyak. Akar pisang rata-rata 15 cm di bawah permukaan tanah, sehingga penyiangan jangan dilakukan terlalu dalam.

3) Perempalan

Pangkas daung-daun yang mulai mengering agar kebersihan tanaman dan sanitasi lingkungan terjaga. Pembuangan daun-daun ini dilakukan setiap waktu.

4) Pemupukan

Pisang memerlukan kalium dalam jumlah besar. Untuk 1 ha, pisang memerlukan 207 kg urea, 138 kg super fosfat, 608 kg KCl dan 200 kg batu kapur sebagai sumber kalsium.

Sementara, pupuk N diberikan 2 kali dalam satu tahun yang diletakkan di dalam larikan yang mengitari rumpun tanaman. Lalu, larikan ditutup kembali dengan tanah. Pemupukan fosfat dan kalium dilaksanakan 6 bulan setelah tanam dengan pola 2 kali dalam setahun.

5) Pengairan dan Penyiraman

Pisang yang tumbuh subur dan berproduksi dengan baik selama pengairan artinya tanaman sudah terjaga. Pastikan tanaman diairi dengan cara disiram atau dekat dengan cara dibuatkan saluran air yang berada di antara barisan tanaman pisang.

6) Pemberian Mulsa

Tanah di sekitar rumpun pisang diberi mulsa berupa daun kering ataupun basah. Hal ini berguna mengurangi penguapan air tanah dalam menekan gulma.

Harus hati-hati. Sebab, pemulsaan yang terus menerus menyebabkan perakaran menjadi dangkal sehingga pada waktu kemarau tanaman akan kesulitan tumbuh. Karena itu mulsa tidak boleh dipasang terus menerus, lakukan secukupnya saja.

7) Pemeliharaan Buah

Jantung pisang yang telah berjarak 25 cm dari sisir buah terakhir lakukan pemotongan agar pertumbuhan buah tidak terhambat. Jika sisir pisang mengembang sempurna, tandan pisang harus dibungkus dengan kantung plastik bening.

Atau kantung plastik polietilen yang memiliki ketebalan 0,5 mm dan diberi lubang dengan diameter sebesar 1,25 cm. Untuk jarak tiap lubang 7,5 cm. Sedangkan ukuran kantung plastik 15-45 cm di atas pangkal sisir teratas dan 25 cm di bawah ujung buah dari sisir terbawah.

Baca Juga: Pohon Durian Bawor: Cara Menanam & Tipsnya

Itulah informasi yang bisa kita sampaikan tentang bagaimana cara menanam pisang ambon yang baik dan benar. Semoga saja bermanfaat, sampai bertemu di artikel selanjutnya. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *