Cara Menanam Kangkung Darat

Cara Menanam Kangkung Darat di Rumah Dengan Mudah

Cara Menanam Kangkung Darat di Rumah – Pastinya dari kita sudah ada banyak yang kenal dengan kangkung darat. Kangkung darat adalah pemilik nama lain dari Ipomoea Reptans. Jenis kangkung ini banyak ditemui di Pasar Tradisional.

Selain sangat mudah ditermui dan ada banyak yang menjual di Pasar Tradisional, kangkung jenis ini memang sangat mudah untuk dibudidayakan. Cara menanam kangkung darat di rumah pun bisa dilakukan, asal dalam budidaya kangkung memang digarap dengan serius.

Kangkung darat memiliki ciri khas. Di antaranya yang bisa kita lihat secara langsung adalah pada akar kangkung, warna akar kangkung darat agak coklat dan kotor karena kangkung jenis ini tumbuh di tanah (darat).

Nah sebelum kita memasuki bagaimana cara menanam kangkung darat di rumah, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu ciri ciri kangkung darat.

Ciri-Ciri Kangkung Darat

Adapun ciri-ciri dari kangkung darat adalah, kangkung berwarna hijau terang, ujung daun runcing, dan bunga kangkung berwarna kuning cerah.

Selain itu kangkung darat dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, budidaya kangkung darat harus mendapatkan curah hujan dan sinar matahari yang cukup.

Kangkung darat bisa diperbanyak dengan bibit dan stek. Masa tanam kangkung darat memakan waktu selama kurang lebih 4 bulan. Dan untuk kangkung darat cara menanam cukup dengan dicabut saja.

Cara Menanam Kangkung Darat di Rumah

Nah, saat ini kita memasuki ke bagaimana cara menanam kangkung darat di rumah. Budidaya kangkung darat di rumah tentu serupa dnegan budidaya kangkung darat pada umumnya.

Namun memang ada beberapa hal yang harus kita perharikan. Misalkan media yang kita gunakan. Seperti pertanyaan berikut ini, apakah cara menanam kangkung darat di rumah sama dengan cara menanam kangkung darat di polybag?

Tentunya jawaban itu harus dikembali dengan pertanyaan, media apa yang digunakan. Jika cara menanam kangkung darat di rumah langsung ditanam pada media tanah tentu sedikit berbeda dengan cara menanam kangkung darat di polybag.

Sebab ada polybag yang dibutuhkan untuk media tanam. Sedangkan yang langsung ditanah, kan tinggal pengolahan tanahnya dilakukan dengan baik dan benar.

Bagaimana dengan budidaya kangkung hidroponik? Nah, ini juga salah satu cara menanam kangkung darat di rumah. Budidaya kangkung hidroponik tentunya bagi yang tak memiliki lahan tanah. Namun memang biaya perawatannya lebih tinggi.

Kendati demikian, budidaya kangkung darat sangatlah mudah. Dengan memperhatikan beberapa informasi di bawah ini, tentang cara menanam kangkung darat di rumah dengan cara yang sangat mudah.

Baca: 16 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan

1. Syarat Tumbuh Tanaman Kangkung

Adapun syarat tumbuh tanaman kangkung adalah air yang cukup. Bagi kangkung darat apabila kekurangan air, maka pertumbuhannya akan mengalami hambatan.

Kangkung darat dapat ditanam di dataran tinggi maupun dataran rendah. Waktu tanam yang baik bagi kangkung darat adalah pada musim hujan.

Selain itu, dalam syarat tumbuh tanaman kangkung ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Di antaranya adalah iklim. Untuk iklim sendiri menjadi salah satu faktor penting di dalam usaha tanaman sayuran.

Tanaman kangkung memang dapat tumbuh baik sepanjang tahun, baik itu di daerah beriklim panas maupun dingin, di mana curah hujan yang baik untuk pertumbuhan tanaman ini berkisar antara 500-5000 mm/tahun.

Pada musim hujan, pertumbuhan tanaman kangkung sangat cepat dan subur, asalkan di sekelilingnya tidak terdapat rumput liar. Selain itu kemudahan menanam kangkung ini karena kangkung tergolong kuat dalam menghadapi panas mata hari yang begitu terik dan kemarau yang panjang.

Apabila ditanam di tempat yang agak ternaungi maka kualitas daun bagus dan lemas. Nah, kualitas daun ini sangat disukai oleh konsumen dibanding daun yang agak keras, yang umumnya hasil pertanaman di tempat yang terlalu panas.

Lokasi Tumbuh Tanaman Kangkung

Kangkung baik kangkung air dan kangkung darat dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik di dataran rendah sampai dataran tinggi +- 2000 m dpl dan diutamakan lokasi lahannya terbuka atau mendapat sinar matahari yang cukup.

Di tempat ternaungi ini tanaman kangkung akan tumbub memanjang (tinggi) namun kurus. Maka dari itu, ketika di tanam di rumah, dekat pepohonan maupun halaman latar kebun rumah yang minimalis sangat cocok. Apalagi menggunakan polybag maupun hidroponik.

Selanjutnya adalah media tanam yang digunakan dalam menanam kangkung darat di rumah. Di dunia pertanian tanah merupakan alat produksi untuk menghasilkan produk pertanian.

Maka, tanah yang digunakan dalam menanam kangkung darat meski di rumah tetap gunakan tanah yang dalam, gembur, serta banyak menahan air. Demikian juga tanah lempung berpasir, sebab tanah berpasir bersifat gembur dan berstruktur remah, sedangkan tanah lempung menahan air.

Jangan gunakan tanah yang asam. Karena tanah yang terlalu asam mengganggu pertumbuhan tanaman. Selain itu, kangkung darat menghendaki tanah yang subur, gembur, banyak mengandung bahan organik dan tidak dipengaruhin oleh keasaman tanah.

Tanaman kangkung darat tidak menghendaki tanah yang tergenang. Karena akan menyebabkan akar tanaman mudah membusuk. Untuk itu, untuk budidaya kangkung darat hidroponik pun harus diperhatikan, bagaimana air yang digunakan, selain itu media tanam yang digunakan.

Selanjutnya untuk pH yang dibutuhkan 6,-0-7,0 dengan kemebapan 80-90%. Lalu, untuk ketinggian tempat tanam, lebih baik di +-2000 meter dpl/

Budidaya Kangkung Darat

Selengkapnya bisa baca di artikel tertaut ini. Artikel terkait tentang budidaya kangkung, di antaranya: Mudah dan Praktis Cara Budidaya Kangkung dan Hama dan Penyakit Tanaman Kangkung. Silakan di baca.

Nah itulah informasi tentang cara menanam kangkung darat di rumah dengan mudah. Semoga bermanfaat. Salam budidaya. Baca dan ikuti terus artikel lainnya di ayobudidaya.com.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *