Budidaya Tomat Servo

Budidaya Tomat Servo Agar Panen Melimpah

Budidaya tomat servo kini menjadi primadona dikalangan para petani tomat. Khususnya petani tomat di dataran rendah. Alasannya, tomat ini disukai sebagai salah satu tanaman sayur oleh masyarakat.

Alasan disukainya tomat servo ini adalah buahnya banyak di butuhkan dan di konsumsi untuk kebutuhan sehari hari dengan harapan menerima banyak manfaat.

Manfaat dari tomat servo adalah baik untuk kecantikan yang biasanya digunakan sebagai masker wajah. Atau bahykan untuk keperluan rumah tangga dan bahan industri pabrik sebagai bahan dasar pembuatan saos tomat.

Untuk itu, ayobudidaya.com tertarik untuk mengulas cara budidaya tomat servo ini, alasannya agar hasil panen petani tomat servo melimpah dan pendapatan pasca produksi meningkat.

Karena saat ini ada beberapa hal yang kerap disampaikan petani tomat maupun penjual tomat yang admin temui. Di antaranya, perkembangan lingkungan budidaya yang tidak mendukung dan menyebabkan produktivitas petani dalam cara menanam tomat mengalami penurunan produksi, sehingga hasil yang didapat tidak maksimal.

Baca Juga: Cara Menanam Tomat dengan Baik Agar Cepat Berbuah

Berdasarkan beberapa sumber informasi yang ayo budidaya baca pun, rata-rata produksi tanaman tomat untuk jenis jenis tomat sayur rata-rata menghasilkan sekitar 3kg. Itu di dataran rendah. Namun sebenarnya hasil bisa dimaksimalkan menjadi 5 kg.

Untuk itu penting kita mempelajari cara menanam tomat yang baik dan benar, hal ini dimaksudkan agar langkah-langkah yang kita pelajari dapat membantu meningkatkan hasil produksi.

Begitu juga dengan budidaya tomat servo berikut ini. Kita akan mempelajarinya secara detail, lengkap dan mendalam. Berikut catatannya:

Cara Budidaya Tomat Servo

Ada beberapa tahapan pada cara budidaya tomat servo, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Persiapan lahan budidaya tomat servo

Pertama kali yang harus dipersiapkan adalah lahan budidaya tomat servo. Tanah yang digunakan setidaknya baru. Dalam artian, bukan bekas lahan satu famili.

Selain itu, yang harus diperhatikan juga lahan yang harus dipilih dalam memulai budidaya tomat servo ini adalah, lahan memiliki saluran drainase yang bagus. Setidaknya lokasi agak miring dan yang terakhir sumber air mudah.

2. Cara Pengolahan Lahan Budidaya Tomat Servo

Step langkah kedua ini setidaknya pengolahan lahan untuk menanam tomat servo bisa dilakukan dengan berbagai cara, cangkul maupun bajak dengan alat modern.

Namun, pada umumnya dengan bajak lahan dengan cara mencangkul lahan yang akan ditanam sampai lapisan olahnya bisa lebih dalam, dan dalam menanam tomat servo lapisan olahnya minimal 30 CM. Selain itu, beberapa hal ini juga penting diperhatikan:

  • Panjang bedengan max 15 meter,
  • Lebar bedengan 110 cm,
  • Kedalaman parit 25 cm (di musim kering) dan 40 cm di musim penghujan.
  • Lebar parit 60 cm
  • Ketinggian bedengan 30 cm.

3. Menggunakan benih tomat servo unggul dan berkualitas

Yang harus diperhatikan adalah ketika budidaya tomat Servo sebaiknya dipastikan benih tomat yang digunakan adalah benih tomat servo yang unggul dan bibit tomat berkualitas.

Tentunya, benih yang terbaik akan membantu produksi yang baik juga. Contoh benih tomat Servo yang dikenal adalah panah merah, dan tentunya masih banyak benih unggul lainnya.

4. Cara Menanam Tomat Servo

Cara menanam tomat servo juga sederhana dan mudah dilakukan, di antaranya adalah dengan terlebih dahulu menebar benih tomat servo di pematang persemian yang sudah disiapkan.

Setelah 18 hari penyemaian berlangsung, benih tomat dipindah. Dan dipastikan jangan lebih dari 18 hari, karena akan menyebabkan pertumbuhan tidak normal.

Selain ituy, suksesnya menanam tomat servo dan berhasilnya budidaya tomat servo adalah di penggunaan pupuk dasar pada tanaman tomat. Pupuk dasar yang di gunakan di antaranya adalah pupuk Kimia yaitu ZA, TSP dan KCL.

Selain itu bisa juga menggunakan pupuk organik hasil fermentasi, dan disertai kapur dolomit. Pastikan penggunaan pupuk berimbang. Pupuk dasar ini berfungsi menyediakan nutrisi yang cukup untuk memastikan pertumbuhan tanaman berjalan normal.

Selan itu tentukan dosis pupuk kimia, organik dan dolomit yang digunakan. Misalnya saja luasan 1 ha, pasti memiliki takaran penggunaan pupuk.

Dosis Pupuk Pada Tanaman Tomat Servo

Adapun dosis dalam penggunaan pupuk pada tanaman tomat servo dalam luasan 1 Ha, digunakan Za : TSP : KCl. Perbandingannya, Za 200 kg, TSP 200 kg, KCl 250 kg. Sementara untuk penggunaan pupuk organik fermentasi berbanding kapur pertanian adalah 4 Ton : 2 Ton.

Cara Pemupukan Tanaman Tomat Servo

Cara penggunaan pupuk atau cara pemupukan tanaman tomat servo adalah pupuk organik fermentasi dan dolomit dilakukan pencampuran secara merata ke dalam bedengan yang sebelumya sudah disiapkan.

Caranya dengan dibagi merata dengan kedalaman 25 cm kedalaman akar tanaman tomat. Hal ini untuk memastikan nutrisi tomat pada periode budidaya tomat servo terpenuhi.

Sementara, jika ingin menggunakan pupuk organik, bisa menggunakan pupuk kandang seperti kotoran kambing yang nutrisinya lengkap. Adapun cara pemupukan tomat servo adalah sebagai berikut:

  1. Cara pemupukan pertama (10 HST) dengan melakukan pengocoran dosis pupuk NPK 16 : KNO3 Merah : Calsium CNG : Magnesium Sulfat dan Pupuk Cair Fermentasi. Perbandingan 1 Kg : 500 Gr : 200 Gr : 100 Gr : 2 Liter dalam 1 drum.
  2. Cara pemupukan kedua (20 HST) dengan melakukan pengocoran dengan pupuk dosis NPK 16 : KNO3 Merah : MKP : Magnesium Sulfat dan Pupuk Cair Fermentasi. Perbandingan 3 Kg : 1 Kg : 500 Gr : 100 Gr : 3 Liter dalam 1 drum.
  3. Cara pemupukan ketiga (30 HST) dengan melakukan pengocoran pupuk dengan dosis NPK 16 : KNO3 Putih : MKP : ZK : Magnesium Sulfat : Borat dan Pupuk Cair Fermentasi. Perbandingan 4 Kg : 1 Kg : 500 Gr : 500 Gr : 250 Gr : 250 Gr : 3 Liter.
  4. Cara pemupukan keempat (40 HST) dengan melakukan pengocoran pupuk dengan pupuk dosis NPK 16 : KNO3 Putih : MKP : ZK : Magnesum Sulfat : Borat dan Pupuk Cair Fermentasi. Perbandingan 5 Kg : 1 Kg : 500 : 500 Gr : 250 Gr : 250 Gr : 3 Liter.
  5. Cara pemupukan selanjutnya dilakukan interval 7 hari sekali. Dosis yang digunakan sama seperti cara pemupukan ke empat di atas. Dan fase pemupukan harus tetap di lakukan walau sudah panen.

5. Teknik Perawatan Tanaman Tomat Servo

Adapun tata cara pemeliharaan tanaman tomat servo adalah sebagai berikut, di antaranya:

  • Penyulaman tanaman tomat Servo Panah Merah
  • Penyiangan gulma saat menanam Tomat Servo Panah Merah
  • Pewiwilan tunas air saat menanam Tomat Servo
  • Pengurangan buah per tandan saat menanam tomat Servo
  • Pengairan saat menanam tomat Servo Panah Merah
  • Pengendalalian Hama dan Panyakit tomat

Baca Juga: Hama dan Penyakit Tanaman Tomat

Diketahui, penyakit yang menyerang budidaya tomat servo sama seperti tanaman tomat lainnya, yakni layu yang disebabkan serangan jamur dan bakteri. Maka perlu dilakukan pencegahan. Cek selengkapnya di artikel atas.

Sekian informasi tentang Budidaya Tomat Servo. Semoga bermanfaat. Sampai berjumpa di artikel lainnya. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *