budidaya melon

Panduan Praktis Budidaya Melon Agar Panen Berlimpah

Budidaya Melon – Saat ini sudah banyak petunjuk dalam menginformasi bagaimana budidaya tanaman buah melon yang baik dan benar? Sehingga menghasilkan buah melon saat panen berlimpah. Begitu juga dengan Ayobudidaya.com kali ini. Berikut ini panduan praktis dan lengkap budidaya melon agar panen berlimpah yang harus kamu pelajari dan ketahui:

Seperti pola tanam yang lainnya, kita juga harus mempelajari syarat tumbuh tanaman melon. Klik tautan sebelumnya maka kita akan ketahu pula kapan musim berbuahnya melon, dan kapan musim memulai menanam buah melon. Selain itu, di tautan tersebut juga dipelajari tentang tempat tumbuhnya buah melon. Selain itu juga dipelajari curah hujan tanaman melon yang diperlukan untuk membantu proses pertumbuhan. Nah, di artikel kali ini baru kita akan mengupas sedikit tentang teknik budidaya tanaman melon.

Budidaya Melon

Syarat Tumbuh Tanaman Buah Melon

Syarat tumbuh atau lahan pertanian yang cocok untuk budidaya melon ialah lahan dengan ketinggian berkisar antara 200 sampai 2000 m dpl. Dengan suhu 12-27 °C. Curah hujan ideal 2000 – 3000 mm/th. Sinar matahari berkisar antara 10 – 12 jam per hari, tanah kaya bahan organik dengan pH 6,0 – 6,8. dengan kelembaban udara sekitar 70 -80 %. Lebih jauh mengenai syarat tumbuh melon.

Pengolahan Lahan Budidaya Melon

Lahan boleh menggunakan polybag atau hamparan tanah langsung. Akan tetapi, yang harus dilakukan terhadap lahan adalah, lahan disterilkan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk penyemaian atau untuk tanam. Lahan digemburkan dan dibuat parit berjajar dan ditutup dengan plastik. Akan lebih baik lagi dicampur dengan tanah humus. Lebih jauh mengenai pengolahan lahan tanaman melon.

Penyemaian Benih Melon

Untuk budidaya menggunakan polybag ditinggikan sekitar 30 sampai 40 cm dari permukaan tanah. Polybag dikumpulkan boleh berbentuk persegi panjang dan ditepinya diberi penyekat. Benih yang telah berkecambah dapat dipindah ke kantong polybag yang sudah siap. Benih dalam polybag harus selalu disiram secara kontinyu, pagi jam 06.00 dan sore jam 16.00, dan ingat jangan terlalu jenuh air. Lebih jauh mengenai penyemaian melon.

Proses Menanam Melon

Setelah bibit melon berumur 2 minggu maka bibit dapat dipindah ke lahan budidaya. Jarak tanam sesuai dengan lubang pada mulsa yang telah disedia. Dalaman lubang tanam sekitar 10-15 cm. Begitu juga tanaman yang ditanam dengan polybag. Selanjutnya lakukan penyiraman yang tepat agar tanaman melon tumbuh dengan baik.

Cara Pemeliharaan Budidaya Melon

Dalam melakukan pemeliharaan tanaman buah melon, kita harus melakukan penyiraman secara rutin, penyulaman, penyiangan, pemupukan dan mengendalikan hama penyakit. Inlah yang mesti dilakukan semasa perawatan sampai tanaman melon siap di panen. Satu lagi yang perlu dilakukan adalah pemangkasan tunas dan seleksi buah. Pemangkasan dilakukan pada tunas-tunas baru tumbuh yaitu tunas 1 – 8. Kalau sudah berbuah lakukan seleksi buah yang akan ditingal sampai panen.

Pupuk untuk Tanaman Melon

Pupuk yang digunakan dalam tanaman melon pun harus kita gunakan mulai dari 5 hari tanaman melon. Dan tanaman melon dapat diberi pupuk anorganik. Pemupukan pada umur 5 HST diberi urea dalam bentuk larutan dengan kosentrasi 3 kg/300liter air. Pupuk ZA + NPK 17 HST dan 50 HST yatiu 2 kg ZA dan 1 kg NPK konsentrasi 3 – 4kg/200 liter air. Pupuk daun diberikan 7 HST dengan interval 7 – 15 hari sekali, konsentrasi larutan 1 – 2 cc/1 liter air.

Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Melon

Hama yang sering menyerang pada budidaya melon yaitu Aphids, lalat buah, ulat daun, Tungau, Thrips, Oteng-oteng dan cacing tanah. Hama ini dapat dikendalikan dengan insektisida. Untuk tungau basmi dengan akarisida.

Penyakit pada umumnya yaitu Layu bakteri, Phytoptora molonis, Layu fusarium, Gummy stemBlight, busuk daun, embun tepung, virus dan cendawan tanah. Penyakit ini atasi dengan dengan fungisida.

Waktu Panen Buah Melon

Budidaya melon pun berhasil ketika kita bisa merasakan hasil panen. Buah Melon dapat dipetik umur 65 – 70 Hst. Dengan cara petik dengan memotong tangkai buah kurang lebih 3 cm dari pangkal. Gunakan gunting pangkas atau pisau tajam.

Nah itu dia, panduan praktis budidaya melon yang bisa kita lakukan pada tanaman buah melon yang sedang ditanam. Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *