Bonsai Kelapa Media Air

Bonsai Kelapa Media Air, Ini Cara Membuatnya

Ayobudidaya.com – Bonsai Kelapa Media Air kini semakin diminati, sebab, tanaman satu ini dibentuk akar dan metode yang tepat menjadi tanaman yang memiliki nilai jual tinggi.

Dan pada dasarnya memang pohon kelapa adalah jenis tanaman yang dapat tumbuh diberbagai macam media. Jadi, di mana pun tempatnya, pohon kelapa ini pasti akan tumbuh.

Pernah kan kita melihat di dataran tinggi dan rendah, di tepi laut dan di pegunungan, pasti ada pohon kelapa. Nah, pohon kelapa tak sekedar tanaman begitu saja yang hanya menjadi pohon kelapa yang hanya dimanfaatkan buah, daun dan batangnya.

Pohon kelapa juga bisa menjadi tanaman hias. Salah satunya dengan di bonsai, nah bonsai ini ada banyak cara untuk bonsai kelapa pemula, salah satunya adalah dengan cara membentuk akar bonsai kelapa.

Demikian juga untuk jenis bonsai kelapa media air. Selain media air, sebenarnya ada juga bonsai kelapa tebas dan bonsai kelapa media pasir. Itu juga bisa dibentuk pengakaran bonsainya.

Tinggal bagaimana dan pupuk bonsai kelapa media air yang diberikan oleh pembudidaya. Sebab, beberapa pemula menyatakan, membuat akar bonsai kelapa ini gampang gampang susah.

Tapi jika sudah jadi, pasti akan unik. Contohnya saja bonsai kelapa batok di atas, lalu bagaimana dengan media air? Jika memang bisa, pasti harga bonsai kelapa media air ini sangat bernilai.

Nah untuk memahami lebih lanjut, berikut ini adalah bonsai kelapa media air yang bisa kita pelajari, terkait bagaimana cara membuat, membentuk, melakukan perawatan, dan fase budidaya lainnya.

Karakteristik Bonsai Kelapa Media Air

Kalau dilihat dan dipikir agak sedikit unik ya ada bonsai ditanam dengan media air. Membayangkannya pun sedikit sulit. Tapi itu ada, jadi bukan hanya di tanah, bonsai juga dapat ditemui di air, karang, pasir garam, bebatuan dan lainnya.

Bahkan dapat tumbuh di tumbuhan lainnya. Contohnya lagi bonsai kelapa yang bisa tumbuh di atas pohon kelapa. Nah, artinya bukan tidak mungkin bonsai kelapa ini juga hidup di air.

Memang, bonsai kelapa media air ini juga tergolong jenis bonsai unik, memang bukan sekedar jenis bonsai langka, tetapi unik dan menarik.

Keunikannya ini terjadi pada media tanamnya. Jadi, tak hanya mampu ditanam di tanah, tetapi di media yang berisikan air pun bisa membuatnya hidup.

Nah istilah ini biasanya disebut juga dengan tanaman kelapa yang hidup secara hidro coco. Jadi ada tanaman kelapa yang hidupnya di media air.

Bahkan ada juga yang tanpa campuran, jadi hanya di media air saja. Jadi cukup unik dan menarik ya. Namun memang tak semua jenis kelapa dapat dibentuk demikian. Jadi, ada jenis jenis kelapa tertentu.

Karena setiap tanaman memiliki karakterisitik pertumbuhan yang berbeda-beda. Semakin menarik untuk dipahami ya guys. Jadi, yang perlu dipahami adalah, bagaimana ciri dari tanaman yang akan dibonsai tersebut.

Memahami Karakter Tanaman Kelapa Untuk Dibonsai

Nah hal yang bisa coba dipahami dan dipelajari adalah tentang bagaimana tanaman kelapa itu? Karena tanaman kelapa ini memiliki kentos atau tempurung yang lebih kecil dari biasanya?

Jadi, jika menemukan demikian apakah dapat dibonsai? Coba perhatikan setiap tempurung kelapa ini, tentunya bisa menjadi bahan atau media yang baik.

Contohnya saja, jika tempurung kelapa itu memiliki sifat yang licin, pastinya ia akan terlihat menkilap karena habis di gosok sampai halus dan di kasih pewarna mengkilat atau pakai pernis.

Nah dengan demikian coba ukur diameter ukurang tempurungnya. Jika ia memiliki batang yang berdiameter kurang lebih 2-3 cm dan memiliki daun cendrung kecil dengan daun terurai artinya mampu tumbuh di dalam aquarium dengan ukuran yang kecil.

Nah artinya, tinggal dicoba saja atau di uji coba lah biar tidak terlalu penasaran, toh cara membuat bonsai kelapa juga cukup mudah. Demikian juga untuk cara membuat bonsai kelapa gading.

Cara Membuat Bonsai Kelapa di Media Air

Bonsai Kelapa Media Air
Ilustrasi Bonsai Kelapa Media Air

Bagaimana cara membuat bonsai kelapa di media air? Mungkin itu yang menjadi pencarian utama dalam artikel ini, sesuai konten yang akan dibahas juga tentunya.

Jadi, dalam membuat bonsai kelapa dengan metode ini ada yang menyebutnya dengan cara hidroponik. Jadi bonsai kelapa ini bisa menjadi tanaman bonsai hidroponik?

Nah, jadi, ada beberapa langkah untuk cara membuat bonsai hidroponik dari kelapa ini, salah satunya adalah dengan menggunakan media air?

Langkah Langkah Membonsai Tanaman Kelapa Secara Hidroponik dengan Media Air

Jadi, bagaimana caranya berikut langkah langkah pembuatan bonsai hidropinik dari media air dan dari tanaman kelapa:

  1. Ambil bakalan kelapa seperti yang sudah anda siapkan atau pilihlah bibit kelapa yang sudah memiliki tunas.
  2. Lalu, buka serabutnya dengan secara perlahan-lahan supaya agar akar tidak terputus dan rusak.
  3. Serabut yang sudah dikupas tadi jangan dibuang, karena sabut tadi dapat anda gunakan untuk menutupi kembali kelapa yang sudah anda kupas tadi.
  4. Dan kemudian ikatlah dengan menggunakan tali plastik (yang berfungsi agar kelapa mampu untuk beradaptasi sedemikian waktu).
  5. Selanjutnya kelapa yang sudah anda kupas sabutnya silahkan anda tutupi dengan serabut hasil kupasan tadi, tapi sebelum anda tutupi sebaiknya anda amplas saja dahulu dan anda kerok.
  6. Selanjutnya jangan lupa anda siapkan media air dan wadah yang bagus ya hehe, seperti toples beling dan silahkan rendam bakalan bonsai tadi kedalam wadah yang dapat menampung air seperti ember atau kaleng cat bekas.
  7. Lalu isilah dengan air yang mengandung (garam, pupuk pelet untuk pertumbuhan akar dan batang, 1 sendok stimulan, dan vetsin (proses ini dilakukan agar akar dapat tumbuh lebih cepat dan memanjang).
  8. Proses Penyayatan tunas tetap dilakukan seperti biasa agar batang tidak membesar dan daun gondrong jadinya.
  9. Kemudian setelah akar memanjang, bisa anda buka serabutnya penutupnya tadi.
  10. Lalu kelapa dipindahkan ketempat seperti akuarium kecil atau kolam dengan membuat dudukan yang baik pas, terus dan hanya batang serta kentosnya saja berada diatas air, yang di bawah biarkan akarnya saja yang hanya terendam oleh air.
  11. Pada tahap Proses perawatan sangatlah sederhana, yang perlu dilakukan hanya penyayatan pada batang setiap 3 hari sekali dan menambahkan atau mengganti air seminggu sekali atau kalau air berkurang agar Bonsai tidak kekurangan Kambium pada nutrisi yang di butuhkan yaitu (Zat Hijau Daun) hal yang dapat menyebabkan tanaman tidak sehat.

Baca Juga: Bonsai Santigi: Harga dan Cara Merawat Agar Juara

Nah tentunya berbicara bonsai, akan juga berbicara tentang harga. Nah harga bonsai kelapa ini cukup terjangkau. Tapi bagaimana dengan bonsai kelapa dengan menggunakan media air?

Tak jauh berbeda, karena biasanya penjual akan ada kelas harga. Jadi ada range harga yang dapat dijangkau, jadi kita bisa beli sesuai kemampuan. Para kolektor bonsai demikian, dia akan lihat sisi kebutuhan dan keinginan.

Yang penting kita coba buat dulu yang terbaik, semakin pengakarannya unik dan menarik, tentunya bonsai kelapa ini akan memiliki nilai jual yang tinggi.

Namun memang perlu ketelitian, karena tadi, buatnya mudah mudah susah, tak banyak pelaku bonsai kelapa di media air ini. Namun cukup menarik untuk digeluti.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita pelajari akan hal in, banyak refrensi untuk bisa belajar, khususnya bagi para pemula. Nah, jangan malu untuk belajar dan berinovasi, semoga berhasil.

Sekian yang bisa disampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat, sekian yang bisa disampaikan, terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *