Tanaman Buah dalam Pot

7 Jenis Tanaman Buah dalam Pot yang Cepat Berbuah

Tanaman Buah dalam Pot – Anda memiliki keinginan untuk menanam buah? Namun terkendala karena lahan yang sempit? Tidak perlu bingung, seiring dengan perkembangan argoteknologi, menanam buah dengan lahan yang terbatas bukanlah impian semata.

Memanfaatkan lahan yang terbatas menjadikan tanaman buah dalam pot (Tabulampot) primadona pecinta tanaman. Tidak hanya lebih praktis, tanaman buah dalam pot juga dapat meningkatkan nilai estetika di pekarangan rumah Anda.

Namun, perlu Anda ingat jika tidak semua tanaman buah dapat tumbuh dalam pot. Sebelum mulai menanam, Anda harus mengetahui jenis-jenis tanaman buah.

Misal, seperti, buah jeruk, sawo, mangga, jambu biji dan juga jambu air termasuk dalam kategori buah yang mudah untuk ditanam.

Jika Anda ingin menanam tanaman buah dalam pot, mulailah dengan buah yang mudah ditanam serta memiliki tingkat keberhasilan yang lumayan tinggi.

Buah-buahan yang tergolong sulit untuk ditanam dalam pot adalah buah jambu bol, manggis, rambutan, serta kelengkeng. Sangat penting mengetahui jenis-jenis tanaman, karena ada beberapa jenis buah yang tidak dapat tumbuh dalam pot seperti buah durian, serta alpukat.

Jika anda telah mengetahui beberapa jenis tanaman buah dalam pot, pilihlah bibit buah yang sesuai dengan keinginan Anda. Berikut adalah jenis tanaman buah yang mudah tumbuh di dalam pot.

Tanaman Buah dalam Pot

Dan berikut ini ayobudidaya.com informasikan tentang tanaman buah dalam pot yang cepat berbuah dan tanaman buah yang menguntungkan jika ditanam di dalam pot, bahkan memiliki harga tanaman buah dalam pot yang tinggi.

Selain itu juga, jenis tanaman buah dalam pot yang cepat berbuah ini merupakan tanaman yang bisa ditanam di pot kecil maupun pot besar.

1. Buah Jeruk

Pada umumnya semua jenis buah jeruk dapat tanaman buah dalam pot. Ada banyak sekali varietas tanaman buah jeruk seperti jeruk manis, jeruk limau, jeruk nipis, dan lainnya.

Buah jeruk tergolong mudah untuk dibudidayakan menggunakan media tanam pot, karena ukuran tanamannya yang tidak terlalu besar.

Selain itu tanaman buah dalam pot jeruk juga dapat memberikan nilai estetika untuk pekarangan rumah anda, karena bentuk buahnya yang indah.

Sebelum menanam tabulapot jeruk, pilihlah jenis bibit unggul seperti bibit okulasi yang memiliki sifat yang sama dengan induknya.

Pemilihan bibit sangat mempengaruhi pertumbuhan tabulapot jeruk. Jika anda memilih bibit jeruk yang berkualitas, tanamannya akan tumbuh dengan sehat dan produktif menghasilkan buah.

Selain pemilihan bibit, anda juga perlu memperhatikan media tanam. Media tanam yang bagi untuk tabulapot jeruk memiliki perbandingan 1:1 untuk campuran tanah dan juga pupuk.

Sama seperti merawat tanaman pada umumnya, tabulapot jeruk juga harus disiram dengan air secara berkala. Perhatikan juga penggunaan pupuk agar tanaman dapat tumbuh subur dan tidak terjangkit oleh virus.

Bahkan tanaman buah jeruk dalam pot ini juga bisa menjadi tanaman bonsai dan jika berkualitas baik dan bagus, bisa menjadi salah satu jenis pohon bonsai termahal.

2. Buah Mangga

Buah mangga terkenal akan rasanya yang manis legit serta menyegarkan. Buah ini menjadi primadone apalagi dikala musim panas datang.

Tingginya minat masyarakat akan konsumsi buah mangga, membuat orang berbondong ingin menanamnya. Namun, masyarakat yang tinggal di perkotaan dengan lahan yang terbatas terpaksa kadang harus menggurungkan niatnya.

Menanam buah mangga dalam pot belakangan cukup populer bahkan dikalangan para petani. Buah mangga memiliki banyak jenis serta ukuran buah yang berbeda-beda.

Jika anda ingin menanam buah mangga dalam pot, pilihlan bibit dari hasil okulasi atau cangkok. Menggunakan bibit dari hasil okulasi terbilang jauh lebih cepat daripada menggunakan biji buah mangga.

Jika anda menggunakan bibit dari hasil okulasi waktu tumbuh tanaman terbilang lebih cepat yakni dua tahun untuk dapat menghasilkan buah.

Mengingat waktu tanaman untuk berbuah terbilang lama, jangan lupa untuk rutin merawatnya. Penyiraman secara teratur sangat dianjurkan agar tanaman cepat tumbuh.

Selain itu pemberian pupuk serta pemangkasan tanaman secara berkala. Pemangkasan ini bertujuan untuk menyingkirkan hal-hal yang dapat menggangu pertumbuhan tanaman.

Kita juga perlu mempelajari Syarat Tumbuh Tanaman Mangga dan Faktor Kegagalanya. Sekedar memastikan agar proses menanam tanaman buah mangga berjalan dengan baik.

3. Buah Strawberry

Tanaman buah dalam pot selanjutnya adalah buah strawberrt. Buah berwarna merah dengan rasa manis dan asam ini biasanya tumbuh di tempat dengan cuaca yang sejuk.

Strawberry menjadi buah favorit yang sering ditanam di rumah-rumah warga karena ukuran tanamannya yang kecil dan juga cepat berbuah.

Perawatan untuk buah Strawberry pun tergolong mudah, anda hanya perlu untuk menyiram serta memberikan pupuk secara berkala.

Bibit untuk menanam buah strawberry dalam pot, pilihlah bibit unggul yang banyak dijual pada toko pertanian. Tanaman ini dapat tumbuh di berbagai ukuran pot. Umumnya buah strawberry akan tumbuh dengan baik jika terkena sinar matahari setidaknya sekitar 6-8 jam sehari.

4. Buah Jambu Merah

Buah jambu merah dikenal khasiatnya terutama untuk mengobati penyakit demam berdarah. Buah yang dapat anda temui dengan mudah di daerah tropis ini, memiliki citarasa yang manis dengan daging buah berwarna merah serta berbiji kecil.

Buah jambu merah dapat anda tanam dengan menggunakan pot. Bagi anda yang ingin menanam buah jambu merah dalam pot, pilihlah bibit dari hasil okulasi yang umurnya sudah empat bulan lebih.

Pada umunya tinggi tanaman buah jambu merah dapat mencapai hingga 6 meter. Namun, jika anda dapat melakukan perawatan dengan baik tinggi tanaman buah ini dapat diminimalisir hingga 3 meter saja.

Pilihlah pot dengan ukuran yang besar agar dapat menopang akar dan batang buah. Buah jambu merah sangat cocok tumbuh diiklim tropis seperti di Indonesia. Tanaman buah ini menyukai paparan sinar matahari dan keuntungannya adalah dapat bertahan dalam berbagai kondisi alam.

5. Buah Kiwi

Selanjutnya yang kelimat tanaman buah dalam pot adalah buah kiwi. Buah berbulu ini termasuk buah yang mahal jika dijual dipasaran. Buah berbentuk kecil mirip dengan sawo ini memiliki daging buah berwarna hijau yang memiliki cita rasa asam dan manis.

Memiliki tanaman buah kiwi di rumah anda bukanlah impian lagi, karena sekarang sudah ada varietas buah kiwi yang dapat tumbuh dengan pendek yaitu baby kiwis.

Baby kiwis dapat tumbuh dengan ukuran tanaman yang realtif lebih pendek dengan buah yang lebih kecil namun memiliki rasa yang manis.

Ketika menanam tanaman buah kiwi perhatikan perbandingan tanah humus dengan pupuk kandang yaitu 2:1 dan dengan sedikit air. Pilihlah tempat dengan suhu yang tidak terlalu panas agar proses fotosintesisnya tidak terganggu.

6. Buah Anggur

Anda penggemar berat buah anggur dan ingin menanamnya di rumah? Menanam anggur dengan media pot dapat dibilang sederhana.

Apalagi dengan iklim tropis di Indonesia yang mendukung pertumbuhan tanaman anggur. Buah anggur terdiri dari beberapa jenis diantaranya anggur merah, anggur hijau serta anggur ungu.

Pilihlah bibit stek anggur berukuran 20 cm dengan 2-3 ruas dan umur tanaman minimal satu tahun. Untuk pot pilihlah pot yang berbahan dasar tanah agar dapat dengan mudah menyerap air.

Media tanaman yang harus dipersiapkan ketika menanam buah anggur yaitu tanah yang gembur, kemudian pasir dan juga pupuk kandang. Siramlah tanaman anggur anda setiap hari, waktu terbaik untuk menyiram tanaman adalah sore hari.\

7. Buah Sawo

Buah sawo berbuah tidak mengenal musim ini kini dapat anda tanam dengan pot. Ada beberapa jenis buah sawo yang dapat anda jadikan pilihan untuk ditanam.

Diantaranya ada sawo manila, sawo australia, sawo durian, sawo jumbo serta sawo kecil. Dengan menggunakan metode hibrida dan bonsai, tanaman buah sawo dapat tumbuh dalam pot dengan ukuran yang lebih kecil.

Pilih bibit buah sawo dari stek tanaman unggul yang telah berbuah. Agar nanti tanaman dapat tumbuh dengan subur serta cepat berbuah. Merawat tanaman buah ini tidaklah sulit.

Anda cukup memastikan agar tanaman terbebas dari hama serta serangga. Jangan lupa untuk menyiram setiap hari dan memberi pupuk secara teratur.

Itulah 7 jenis tanaman dalam pot yang dapat cepat berbuah. Semoga dapat menjadi referensi bagi anda yang ingin memulai menanam tabulapot atau tanaman buah dalam pot ini di rumah anda.

Ayo Budidaya Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *