Umur Durian Montong Berbuah

Umur Durian Montong Berbuah dan Masa Panen Pertahun

Umur Durian Montong Berbuah? Kira kira kapan ya? Mungkin inilah yang kerap kali menjadi pertanyaan kita. Mengapa? Sebab, kita juga perlu mencari tahu jenis durian yang cepat berbuah.

Sehingga, masing masing jenis pohon durian dan umur panen durian monting ini penting diketahui, terkhusus bagi pecinta durian yang ingin menanam pohon durian di lahan kosong atau kebun yang ia miliki.

Seperti yang saya lakukan ketika ingin budidaya durian. Yang saya coba cari informasinya saat itu adalah terkait umur tanam durian. Hal ini saya maksudkan agar sesuai saat beli bibit durian.

Selain itu jenis pohon duriannya, dan saat membeli varietas bibit durian, saya juga tanyakan umur panennya. Misalnya saja, saya seperti waktu itu, ketika saya beli bibit durian montong, saya tanyakan juga umur panen durian montong ini berapa lama?

Artinya saya ingin memastikan lama tidaknya umur durian montong pertama kali berbuah dan berapa lama hidup dan usia panennya. Bahkan umur tanaman durian paling lama, hingga harus diganti tanaman durian yang baru.

Apalagi seperti yang kita ketahui buah durian montong sangat terkenal, tak sekedar di Indonesia, bahkan mancanegara. Buah durian yang satu ini terkenal dengan buahnya yang besar dan manis.

Terlebih lagi durian montong bisa bertahan lama, sampai bisa bertahan selama satu bulan dan tetap segar. Namun jika tidak paham cara penyimpanannya kesegaran buah durian ini akan berkurang.

Maka, tentu ada kualitas rupa, rasa dengan harga. Tapi banyak yang suka, dan banyak pembudidaya yang menanam jenis durian ini. Terlebih cara budidaya durian montong sangat mudah.

Umur Durian Montong Berbuah Pertama Kali

Umur Durian Montong Berbuah
Umur Durian Montong Berbuah | Ilustrasi ayobudidaya.com

Sebenarnya ketika kita bertanya berapa lama umur pohon durian montong dapat berbuah? Jawabannya bervariasi. Sebab, kalau dulu, dinyatakan durian durian lokal di Indonesia itu umur panen pertyama kali adalah ketika sudah berusia 8 tahun dari masa tanam.

Namun, untuk durian montong sudah bisa cepat, bahkan setelah umur tanam durian montong akan bisa dipanen pertama kali ketika umur sudah mencapai 4 tahun.

Namun rata ratanya umur durian montong berbuah ini di kisaran 3-5 tahun saat pertama kali ditanam di sebuah media atau kebun atau lahan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dari pohon durian montong tersebut.

Dalam hal budidaya durian montong hal ini memang rata rata demikian. Sebab, durian montong adalah jenis durian cepat berbuah.

Selain itu, tentunya ada banyak strategi untuk mencapai umur berbuah cepat untuk jenis bibit durian montong ini. Dan pertama kali berbuah, durian montong ini akan memiliki berat per buahnya mencapai 2-3 kg.

Namun, jika bibit durian montong baik, bisa mencapai berat buah 3-5 kg. Bahkan lebih. Selain itu, estimasi dalam satu pohon durian montong dapat menghasilkan seberat 100 kg untuk seluruh buah dalam satu kali panen di satu pohon.

Umur Panen Durian Montong (Berbuah) Setiap Tahunnya

Umur Durian Montong Berbuah
Umur Durian Montong Berbuah | Ilustrasi ayobudidaya.com

Selanjutnya yang bisa kita ketahui, setelah umur durian montong berbuah pertama kalinya adalah masa panen setiap tahunnya. Karena kita tak ingin dong pohon durian sudah lama lama ditunggu 3-5 tahun hanya berbuah sekali.

Nah, jadi, yang bisa kita ketahui adalah masa panen durian montong setiap tahunnya dapat terlihat ketika bunga pohon durian telah mekar.

Nah, durian montong dapat dipanen ketika umur buah durian mencapai 125 – 135 hari setelah mekar berbunga. Sampai akhirnya memiliki tingkat kematangan sempurna mencapai 4 bulan setelah bunga mekar.

Untuk itu tak ada salahnya kita mengetahui ciri ciri durian montong bisa dipanen. Dengan ciri ciri ini kita juga tak perlu khawatir dan bingung memahami umur panen durian montong yang telah kita tana. Adapun ciri cirinya adalah:

  1. ujung durian coklat tua,
  2. garis – garis di antara duri lebih jelas,
  3. tangkai buah lunak dan mudah dibengkokan,
  4. ruas-ruas tangkai buah membesar,
  5. baunya harum,
  6. terdengar bunyi kasar dan bergema jika buah dipukul.

Untuk memanen durian montong yang matang ini kita perlu melakukannya dengan cara memotong buah dari batang atau tangkai pohon dengan pisau atau galah.

Bagian yang bisa kita potong adalah tangkai buah dekat pangkat batang. Tetapi usahakan buah durian tidak sampai terjatuh karena mengurangi kualitas buah.

Meski durian montong merupakan jenis durian cepat berbuah, kita harus juga tetap menjaga dan memperhatikan kualitas buah, terlebih ketika memasuki masa durian matang.

Cara Menanam Durian Montong Cepat Berbuah di Umur 3-4 Tahun

Selanjutnya yang bisa kita lakukan untuk mempercepat masa umur durian montong berbuah adalah dengan memaksimalkan pada metode budidaya atau cara menanam pohon durian.

Terutama dalam hal ini adalah tentang bagaiaman cara menanam durian montong. Namun tenang, sebenarnya mudah, dan caranya hampir sama seperti cara menanam pohon durian jenis lainnya.

Contohnya saja seperti cara budidaya durian bawor, durian musang king, durian petruk, durian bengkulu, durian merah, dan jenis durian lainnya.

Salah satu strategi yang bisa kita lakukan untuk mempercepat masa atau umur durian montong berbuah adalah dengan cara menggunakan bibit durian montong cangkokan.

Jadi, kita dalam hal ini bukan menggunakan cara menanam durian biji, tetapi cara menanam durian cangkokan. Entah saya belum memahami apakah cara cangkokan ini sama atau tidak dengan cara menanam durian dongkelan.

Setahu penulis dongkelan adalah menanam bibit yang sudah ditanam di tempat lain dengan cara di dongkel dengan mengambil pohon durian hingga ke akar atau bahkan diikuti tanahnya.

Namun cara ini juga bisa dilakukan ketika bibit durian cangkokan di tanam di polybag. Namun penulis tak terlalu paham, dan belum mempelajari akan cara menanam durian montong dongkelan.

Adapun cara menanam durian montong cangkokan ini yang bisa kita lakukan adalah dengan beberapa langkah sederhana berikut ini, sehingga pemula juga bisa menanam durian montong dengan benar dan mudah.

1. Cara Memilih Bibit Durian Montong Berkualitas

Memilih bibit durian montong ini yang bisa kita lakukan adalah dengan mendapatkan jenis jenis bibit berkualitas. Bibit berkualitas yang dimaksud dalam hal ini adalah memastikan varietas durian montong yang akan ditanam bagus dan unggul.

Serta pastikan bibit yang akan digunakan sehat dan tidak terserang hama penyakit, atau memiliki riwayat dari salah satu budidaya pembibitan yang terserang hama dan penyakit yang masih menyisahkan vektor-vektor penyakit pohon durian.

Cara mendapatkan bibit berkualitas ini jika ingin mudah dengan cara membelinya. Banyak penjual bibit durian montong, bahkan sebagian sudah memiliki sertifikat, dan diakui sebagai penyedia bibit durian montong berkualitas.

Bahkan mereka bisa menjelaskan umur durian montong berbuah pertama kali dan lama waktu panen di kemudian hari. Serta memastikan pohon durian pendek atau tidak tinggi. Serta teruji produksinya.

Jadi kita tak lagi perlu repot repot mempelajair cara menanam pohon durian pendek, karena si penjual bibit sudah bisa menjelaskan dan menjamin bibitnya.

Atau dengan cara membuat benih durian montong sendiri dengan biji. Setelah biji hidup dan tumbuh dilakukan okulasi atau sambung batang (sambung susu).

Nantinya kita juga bisa memastikan pohon durian tidak tinggi. Ini yang bisa dilakukan agar pohon durian tidak tinggi. Salah satunya adalah dengan membuat pohon bonsai durian.

2. Cara Menyiapkan Media Tanam Durian Montong

Selanjutnya kita harus menyiapkan media tanam pohon durian montong. Hal pertama yang harus dipastikan sebelum siapkan media tanam ini adalah memperhatikan wilayah tanam terkait kadar tanah, pH asam dan basa tanah, pengairan.

Ini dilakukan dari mulai tanam durian sampai saat panen dan berkelanjutan. Untuk itu, hal ini harus baik dan tepat.

Selanjutnya adalah membersihkan lahan tanam yang akan digunakan. Pembersihan yang dimaksud adalah membersihkan lahan dari gulma atau rumput pengganggu.

Selain itu, bebatuan juga dibersihkan. Terlebih di lokasi lubang tanam bibit durian. Hal ini untuk memastikan pohon durian yang masih kecil tidak terganggu tanaman lainnya yang justru menjadi saingan dan mengganggu pertumbuhan.

Langkah selanjutnya adalah membuat bedengan tanam durian montong. Buat bedengan ini ukurannya 30 cm. Caranya bisa dicangkul dan menjadikan tanah gembur.

Tanah yang gembur tersebut diberi pupuk organik. Pupuk organik ini diantaranya bisa beri keduanya, antara pupuk kandang dan pupuk kompos. Lebih bagus ditambah lagi dengan pasir atau sekam padi ke dalam campuran media tersebut.

Untuk ukuran bedengan tanah ini lebar 1 m, panjan 2 m, dan pemberian dosis pupuk 5 kg. Jadi, media tanam ini 5-7 hari dibuat baru bisa dipakai.

Setelah membuat, pastikan juga jarak tanam antar satu pohon ke pohon lain, jika menanam lebih dari satu harus memiliki jarak tanam durian yang sesuai. Jarak yang baik adalah 12-19 meter.

3. Cara Menanam Pohon Durian Montong Yang Baik dan Benar

Nah selain itu, untuk memastikan umur durian montong cepat berbuah adalah dengan menanam pohon yang baik dan benar.

  1. Bibit durian montong ditanam di ukuran tinggi 75 cm – 160 cm.
  2. Akar tidak sampai rusak.
  3. Jika bibit dari Polybag pastikan sobek terlebih dahulu dengan pisau, dengan perhatikan perakaran.
  4. Biarkan tanah menempel pada perakaran.
  5. Tanah di perakaran berfungsi pembantu adaptasi bibit durian di lingkungan barunya.
  6. Cara menanam pohon durian dikubur hingga batas leher batang.
  7. Tutup bagian atas bedengan dengan jerami kemudian siram air.
  8. Harus membuat nanguan agar pohon durian tidak kering dan tidak mati.
  9. Pastikan kelembaban sesuai.

4. Cara Memelihara Pohon Durian Montong

Selanjutnya dalam memelihara pohon durian montong ini yang perlu dilakukan adalah perawatan. Perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan memaksimalkan pemupukan.

Selain pemupukan yang haruys dilakukan adalah penyiangan dalam mencegah persaingan dari tanaman tanaman lain yang menghambat.

Cara pemupukan pohon durian juga kita bisa gunakan banyak metode. Baca juga: Cara Memupuk Durian Baru Tanam Agar Cepat Tumbuh.

Cara pemupukannya juga bisa dilakukan dengan cara solojan. Solokan yang dimaksud adalah menaburkan pupuk kedalam media tanam. Ini juga sebagai salah satu teknik Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Durian.

Selain itu, bisa dengan membuat cara melingkar dan mengelilingi tanaman durian sehingga dapat dengan mudah ditemukan akar pohon durian.

Jadi pada tahap pertama yang bisa dilakukan adalah memberikan pupuk durian non organik. Selanjutnya ketika pupuk telah 3 bulan, pupuk yang bisa diberikan adalah pupuk NPK 200 gram per tanaman.

Selanjutnya adalah penyiraman. Penyiraman pada tanaman durian montong dilakukan saat pagi atau sore hari. Nah itulah cara cara sederhana yang bisa dilakukan.

Cara Memilih Durian : Matang, Kuning, dan Super Enak

Itulah beberapa hal yang bisa ayobudidaya.com sampaikan. Cara cara ini bisa menjadi pilihan untuk memaksimalkan potensi menanam durian.

Di antaranya adalah dalam mempercepat umur durian montong berbuah, dan memaksimalkan agar pohon durian montong yang ditanam cepat dan rutin dalam panennya.

Sekian yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat. Terimakasih. Salam.

Kaseto Efendi Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *