Cara Menanam Buah Naga di Kebun

Ternyata Mudah, Ini Cara Menanam Buah Naga di Kebun

Cara Menanam Buah Naga di Kebun – Ini cara sederhana tapi mudah dalam urusan menanam buah naga. Ternyata menanam buah naga itu tidaklah sulit.

Kendati demikian banyak yang gagal dalam budidaya buah naga. Ini hasil diskusi Ayobudidaya,com dengan pelaku budidaya buah naga di Kabupaten Pringsewu, Lampung, simak secara lengkap :

Jadi dalam budidaya buah naga, cara menanam buah naga yang tepat adalah kita berhasil mendapatkan bibit yang terbaik. Tapi bibit yang baik belum tentu hidup, jika cara penanganan kita salah, selain itu juga terkadang faktor kecocokan dan jiwa bertani seseorang juga akan terlihat, apakah yang ditanamnya hidup atau tidak.

Cara menanam buah naga ini merupakan pengalaman pribadi dari Kang Erman, dia pun menceritakan tips and triksnya bagaimana perlakuan yang sangat mudah dalam cara menanam buah naga di kebun tapi memiliki hasil yang banyak, dan buah naga yang dihasilkan manis-manis.

Baca : Cara Membuat Bibit Pisang Berkualitas Super

Cara Menanam Buah Naga di Kebun, Pengalaman Mudah Hasil Melimpah

Kata Kang Erman, tips pertama dalam cara menanam buah naga adalah, kita bisa mendapatkan bibit yang bagus, yang sudah berbuah. Artinya pastikan sudah berapa kali bibit buah naga tersebut berbuah.

Karena kalau kita akan menggunakan bibit yang belum berbuah sama saja kita menanam tanpa melihat bibit, bebet, dan bobotnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Hama Tanaman Singkong

Baca Juga : Cara Budidaya Buah Naga Dalam Pot

Lalu, pastikan buah yang dihasilkan manis dan bagus. Jangan tiba-tiba pas di tanam ternyata buahnya masam atau seperti apa. Itu juga tentunya akan mengecewakan bagi penanamnya.

Tapi yang jelas dalam hal ini ketika kita sudah tahu tanaman buah naga yang sudah pernah berbuah dan buah naganya manis, ambilah atau potong tanaman buah naga dibagian yang sudah pernah berbuah.

Jadi kita tidak bisa asal potong batang hijau buah naga tersebut, tapi cari area yang sudah pernah berbuah. Selanjutnya lakukan beberapa cara menanam buah naga berikut ini :

Kita anggap media tanam yang akan digunakan adalah kebun. Jadi, ada dua cara, cara pertama tanam langsung dan cara ke dua biarkan bibit buah naga tumbuh akar terlebih dahulu di area yang lembab. Bagaimana caranya, berikut ini lenkap dan mudah cara menanam buah naga.

Nah, kebun yang sudah sering dijadikan tempat menanam tentu media tanahnya sudah baik. Tetapi buah naga itu menanamnya mudah-mudah sulit.

Kata orang tinggal tancep, tanaman akan hidup, ternyata tidak. Ada cara seperti ini yang bisa kita lakukan, biasanya orang akan menanam buah naga di kedalaman tanah dan tanah ditimbun, ternyata salah.

Jadi biarkan bibit tanaman buah naga yang sudah dipotong tadi, dan jika sudah ada akarnya, letakan ke tanah dengan lubang yang kecil. Lalu, timbun dengan tanah.

Timbunan jangan terlalu padat. Jika terlalu padat akar tanaman buah naga sulit berkembang cepat karena mengalami hambatan. Cukup ditutup saja menghindari ayam atau gangguan binatang lainnya.

Baca Juga: Cara Menanam Buah Naga Stek Agar Cepat Berbuah

Selanjutnya cari batang penunjang yang tinggi, bisa kayu, bisa besi, dan jangan bambu karena mudah rapuh. Atau bisa juga tembok rumah. Karena pohon buah naga akan tumbuh merambat ke atas.

Nah, kalau ingin memastikan tanaman buah naga bisa tumbuh akar dengan cepat, kamu bisa lakukan hal ini, yakni dengan membiarkan bibit tanaman buah naga di daerah lembab yang ada air.

Misalkan, kamar mandi, atau tempat cucian piring. Jangan terlalu banyak air tapi selalu kena air. Ini mengupayakan agar akar tanaman bisa terlihat tumbuh dan banyak. Nah, ketika sudah tumbuh banyak dan serabut, silakan ditanam dikebun yang sudah disediakan.

Lalu, jangan lupa di pupuk. Pupuk yang baik, pupuk kotoran ayam yang sudah jadi, alias kering sekali. Nah itu dia cara menanam buah naga di kebun dengan cara yang mudah tapi cepat tumbuh dan panen.

Nah itulah yang bisa dibagikan tentang bagaimana cara menanam buah naga di kebun, semoga bermanfaat ya. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *