Pupuk Organik Cair Untuk Singkong

Pupuk Organik Cair Untuk Singkong

Pupuk Organik Cair Untuk Singkong – Kali ini bahasanya tentang apa saja pupuk organik cair untuk singkong yang bisa membantu proses pemupukan singkong agar berbuah banyak dan besar. Lalu bagaimana pemupukan singkong bisa diklik tautannya agar bisa lebih nyambung dalam memahami budidaya tanaman singkong.

Nah, sebelum membahas tentang pupuk organik cair untuk singkong, ada beberapa hal yakni dalam budidaya singkong yang harus dipahami. Singkong (Manihot esculenta) dibudidayakan secara luas di Indonesia sejak lama sebagai tanaman kaya manfaat.

Umbi singkong sebagai sarat karbohidrat diolah menjadi berbagai bahan makanan, sementara daunnya juga dimanfaatkan dalam berbagai resep masakan. Kulit singkong dimanfaatkan sebagai pakan ternak, sedangkan tepungnya dapat digunakan sebagai pengganti tepung gandum karena tidak mengandung gluten.

Selain untuk konsumsi, tepung singkong juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan industri kertas, garmen, farmasi dan sebagai bahan bakar bioetanol. Informasi yang dilansir Kemenperin menyatakan bahwa permintaan ekspor yang kian besar membuat produksi singkong Indonesia tahun 2013 diprediksi naik 10% sehinggga volume produksi singkong mencapai 22 juta ton sedangkan ekspor mencapai 600.000 ton.

Hasil panen singkong sampai saat ini masih diekspor ke berbagai negara produsen bioetanol seperti di China, Jepang, dan Korea. Untuk pasar China, singkong harus diolah menjadi gaplek, sedangkan Jepang, singkong harus diolah menjadi pelet atau chip.

Baca : Cara Pemupukan Singkong Agar Berbuah Banyak dan Besar

Baca : Teknik Budidaya Tanaman Singkong Mudah Diterapkan

Baca : Jurus Rahasia Budidaya Singkong Agar Panen Melimpah

Lalu, bagaimana budidaya singkong di Indonesia bisa tumbuh dengan baik. Nah, salah satu caranya adalah dengan pemupukan tanaman singkong yang baik. Misal dengan menggunakan pupuk cair oragnik amupun anorganik. Sehingga, pupuk organik cair untuk singkong  saat ini sudah banyak digunakan sebagai pupuk singkong kasesa maupun sebagai digunakan untuk pemupukan singkong gajah.

Selama ini mungkin kita hanya mengenal pupuk mutiara untuk singkong, dan banyak sekali yang menjual di pasaran. Pupuk mutiara juga dikenal sebagai pupuk untuk memperbesar umbi singkong dan pupuk perangsang akar singkong. Diupayakan juga, dalam menggunakan pupuk organik cair untuk singkong yang digunakan adalah pupuk organik.

Hal ini dikarenakan pada saat panen seluruh tanaman dicabut, maka sumber hara untuk metabolismenya diperoleh dari pemupukan, dan jika aplikasi pupuk kimia dilakukan dalam jangka panjang maka sangat berpotensi menurunkan kualitas tanah. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil panen sekaligus menjaga kesuburan tanah adalah dengan penggunaan pupuk kimia diimbangi dengan penggunaan pupuk organik.

Pupuk Organik Cair Untuk Singkong

Beberapa informasi menyatakan demikian, komposisi pupuk yang menghasilkan panen terbaik adalah pupuk kimia 60% + pupuk organik BOF 100 gr/ tanaman. Penggunaan pupuk organik BOF pada tanaman singkong terbukti memberikan pengaruh terhadap peningkatan kadar pati dan berat umbi 4,32 kg/tanaman sedangkan perlakuan dengan pupuk kimia 100% menghasilkan 2,31 kg atau meningkat 87,01% dari kontrol. Hasil petani yang umum 35.000 kg/ha sehingga peningkatan dari hasil panen petani sekitar 8.200 kg.

Nah itu dia informasi singkat mengenai pupuk organik cair untuk singkong yang bisa kita pelajari. Semoga bermanfaat. Baca artikel Ayobudidaya.com lainnya.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *