pupuk borax untuk singkong

Pupuk Borax Untuk Singkong, Ini Pro dan Kontranya

Pupuk borax untuk singkong penting kita ketahui, sebera besar dosis dan imbauan penggunaanya, apakah diperbolehkan atau tidak? Manfaatnya apa saja dan apa saja yang menjadi larangannya.

Sebab, dalam memaksimalkan budidaya singkong kita juga perlu pemupukan yang kontinyu dan baik sesuai dengan standar operasional prosedur atau petunjuk penggunaan pupuk.

Sebab jika berbicara pupuk borak bukan sekedar untuk singkong saja, tapi berkaitan juga tentang manajemen penanganan, keamanan, dan metode yang akan digunakan dalam metode metode pemberian pupuk tanaman singkong terbaik yang dimiliki.

Ini merujuk pada tips budidaya singkong agar panen melimpah yang dilakukan masing-masing petani. Jadi agar tetap dapat memastikan bahwa produktifitas singkong berjalan dengan baik dan tepat.

Apalagi seperti yang kita ketahui, bahwsaanhya tanaman singkong juga disebut dengan istilah ketela pohon dan istilah ubi kayu (Manihot utilissima) yang merupakan tanaman perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae.

Maka dari itu, ayobudidaya.com teratik untuk membahas tentang pupuk singkong ini. Terlebih ada penggunaan borax untuk pemupukan singkong.

Apakah Diperbolehkan Pupuk Borax Untuk Singkong

pupuk borax untuk singkong
Pupuk Borax Untuk Singkong

Sebenarnya penggunaan pupuk borax untuk tanaman singkong bukanlah hal yang tabu di dunia perkebunan singkong. Hanya saja memang, penggunaan pupuk borak untuk singkong ini masih terjadi pro dan kontra.

Mengapa masih menjadi pro dan kontra? Alasannya, ada yang beranggapan penggunaan pupuk borax ini dapat meningkatkan bobot singkong.

Namun dari sisi lain, disebutkan jika hal tersebut sesuai dosis penggunaanya. Jika dosis tidak tepat, maka borax yang digunakan sebagai pupuk dapat merusak tanaman.

Jadi ketika memilih dan melakukan penggunaan terhadap pupuk pembesar umbi singkong, kita harus benar-benar melihat bagaimana sih dosis yang dibutukan? Apa saja? Dan bagaiman cara menggunakannya?

Jadi, ada pertanyaan seperti ini, apakah penggunaan pupuk borax pada tanaman singkong, sama seperti penggunaan pupuk organik cair untuk singkong.

Dan ataukah sama dengan penggunaan pupuk mutiara untuk singkong dan jenis jenis pupuk lainnya yang dalam hal ini juga menjadi upaya untuk mempercepat dan memperbesar bobot panen singkongnya.

Jadi jika tak tepat. Jika kelebihan dosis, borak dapat merusak tanaman dan menjadi proses pemupukan yang sia sia. Namun sampai saat ini anggapan ini juga penulis belum mendengar, masuk ke kategori manakan borax tersebut.

Apakah benar sebagai pupuk? Atau sebagai hebrisida? Sebab, efek efeknya yang dapat diterima jika dosis tak tepat dapat memecah umbi dan bahkan membusuk.

Parahnya lagi, efek yang ditimbulkan dalam pemberian borax sebagai salah satu pupuk untuk singkong adalah dapat menularkan banyak virus bibit fusarium. Ini adalah virus yang menjadi mush musuh tanaman.

Namun di sisi lain memang, penggunaan borad dianggap dapat meminimalisir pertumbuhan hama gulma. Namun, sisi kelemahannya lagi, tak sekeda kontra dalam penggunannya saja, namun pasca panen juga.

Sebab, pengusaha atau pabrik tidak mau menerima hasil singkong yang telah menggunakan borax sebagai pupuk atau hebrisidanya. Maka itu, ini masih diperdebatkan diperbolehkan atau tidak.

Kenali Pupuk Singkong Terbaik

pupuk mutiara untuk singkong
pupuk mutiara untuk singkong

Namun tenang saja. Ada beberapa hal yang bisa kita siasati, untuk bisa menggantikan pupuk borak pada tanaman singkong. Di antaranya adalah dengan memaskimalkan jenis jenis pupuk yang umum di dunia pertaniaan.

Contohnya saja pupuk organik, pupuk mutiara dan jenis pupuk lainnya yang beredar di toko toko pertanian. Sebab, seperti kita ketahui pupuk organik berperan penting dan baik digunakan untuk tanaman singkong.

Dalam hal ini untuk meningkatkan pertumbuhan batang dan umbi singkong agar cepat besar dan cepat panen. Hal ini juga sama seperti penggunaan pupuk mutiara untuk tanaman singkong. Pola pola ini yang juga terjadi pada cara menanam singkong kasesa.

Maka selain mengenalli jenis pupuknya, juga cara pemupukan singkong harus tepat. Contohnya lagi, pada cara pemupukan singkong kasesa. Dalam hal ini tepat.

Dosis Penggunaan Pupuk Untuk Tanaman Singkong

Pupuk Singkong

Ada dosis dosis yang bisa kita pelajari dalam penggunaan pupuk untuk singkong. Contohnya sebagai berikut, ada pemupukan konvensional yang biasa dilakukan petani.

Perhitungan dosis penggunaanya adalah secara konvensional dilakukan dengan pemupukan berimbang antara N, P, K dengan dosis :

  • Urea : 135 kg,
  • TSP/SP36 : 75 kg
  • dan KCL : 135 kg.

Pupuk diberikan saat tanam dengan dosis

  • N:P:K = 1/3 : 1: 1/3 atau
  • Urea : 50 kg, TSP/SP36 : 75 kg
  • dan KCL : 50 kg (sebagai pupuk dasar).
  • Saat berumur 2-3 bulan, sisanya dengan dosis N:P:K = 2/3:0:2/3 atau Urea : 85 kg dan KCL : 85 kg.

Cara Pemupukan Dengan Sistem Teknologi MiG-6 Plus

Ada juga dengan cara pemupukan singkong dengan Sistem Teknologi MiG-6 Plus. Yakni yang mengurangi penggunaan pupuk kimia atau anroganik sampai dengan 50%.

Cara pemupukan tanamn singkong dengan sistem teknologi Mig-6 plus ini cukup mudah. Misalkannya saja, kebutuhan 5 ton per hektare. Ini dilakukan saat pengolahan lahan dengan pemberian pupuk kandang di setiap lobang tanam bibit singkong.

Dan pada 3 hari sebelum tanam diberi 2 liter MiG-6 Plus per ha dengan campuran setiap 1 liter MiG-6 Plus yang telah dicampur dan dilarutkan air max 200 liter atau 1 tutup botol (10 ml). Pastikan cukup untuk satu hektare.

Baru setelah siap, disemprotkan secara merata pada lahan tanam singkong. Dan disarankan pula penyemprotan dilakukan pada pupuk kandang atau kompos yang akan digunakan.

Fungsinya adalah untuk lebih memaksimalkan pupuk. Dan pada saat 5 hari setelah tanam bibit singkong, selanjutnya berikan campuran pupuk NPK dengan dosis:

  • Urea : 50 kg,
  • TSP/SP36 : 75 kg
  • dan KCL : 50 kg pada lahan 1 ha,

Ingat 1 pohon diberi campuran sebanyak ± 22,5 gram dengan cara ditugalkan pada jarak 15 cm dari tanaman kedalaman 10cm.

Selain itu, beberapa hal yang harus diingat adalah dalam pemberian MiG-6 Plus selanjutnya pada saat tanaman singkong berumur 2 bulan :2 liter, umur 4 bulan : 2 liter, umur 6 bulan : 2 liter dan 8 bulan : 2 liter.

Begitu juga dalam pemberian pupuk anorganik. Pada umur tanaman 60-90 hari berupa campuran pupuk N:P:K dengan dosis Urea : 85 kg, dan KCL : 85 kg.

Hal ini dalam asumsi jika dalam 1 hektar lahan ditanam 7.500 pohon berarti 1 pohon diberikan sebanyak ± 22,5 gram dengan cara ditugalkan pada jarak 15 cm dari tanaman dengan kedalaman 10 cm.

Baca Juga: Analisa Usaha Singkong dan Budidaya Ubi Kayu

Selanjutnya adalah memaksimlkan usaha yang berjalan. Jadi tak sekedar berhenti pada pupuk borax untuk singkong saja. Tetapi dapat memaksimalkan budidayanya. Caranya adalah diperhatikan pada periode perawatan.

Nah pada periode perawatan tanaman singking ini, menjadi salah satu kunci sukses tidaknya budidaya yang dijalankan. Karena selain pemupukan ada hal lain yang harus dilakukan, yakni ada penyiangan.

Penyiangan adalah bentuk upaya membuang semua jenis rumput, tanaman liar yang menjadi tanaman pengganggu yang hidup disekitar tanaman. Dalam satu musim, minimal dilakukan penyiangan sebanyak 2 kali.

Bahkan tak lepas dari itu saja. Ada juga pembubunan. Caranya menggemburkan tanah disekitar tanaman setelah dibuat gundukan. Proses ini sama halnya dalam pemupukan.

Pemangkasan juga bisa dilakukan pada tunas. Sebab, minimal pohon singkong harus mempunyai 2 atau 3 cabang, hal ini agar batang pohon tersebut bisa digunakan sebagai bibit lagi dimusim tanam mendatang. Baru masuk ke pemupukan yang kita bahas di atas.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hama Tanaman Singkong

Secara singkat. Itulah tentang dan pengetahuan yang bisa kita ketahui penggunaan pupuk borax untuk singkong. Semoga informasi di atas bermanfaat. Dan dapat memaksimalkan budidaya kita.

Jika ragu, jangan dilakukan, ganti dengan manajemen dan pupuk yang lain, agar lebih dapat memaksimalkan hasil produksi. Sekian. Semoga bermanfaat. Terimakasih. Salam.

Kaseto Efendi Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *