pohon durian bawor

Pohon Durian Bawor: Cara Menanam & Tipsnya

Pohon Durian Bawor adalah salah satu jens pohon durian yang digemari untuk dibudidaya di Indonesia. Untuk itu informasi tentang cara menanam, tips, harga dan lainnya penting sekali sebagai peningkatan hasil budidaya pada kebun duren.

Pohon durian bawor merupakan jenis pohon durian yang tidak kalah enak sebagai buah konsumsi, seperti durian merah, monthong dan jenis pohon durian hits lainnya.

Pohon durian bawor termasuk jenis apa, bisa disimak dalam penjelasan artikel sebelumnya, berikut ini, Baca: Jenis Durian Cepat Berbuah.

Durian bawor adalah jenis pohon durian yang digemari untuk budidaya di lahan sempit, atau lahan perumahan, atau kebun kebun yang tak terlalu luas. Sebab, pohon durian bawor ini memiliki ukuran yang pendek, namun tetap menghasilkan buah yang banyak.

Asal usul durian bawor sebagai salah satu durian unggulan Indonesia adalah dari daerah Banyumas. Tepatnya salah satu daerah di Jawa Tengah. Jenis durian ini pertama kali ditemukan oleh petani durian bernama Sarno Ahmad Darsono.

Karakteristik Pohon Durian Bawor

agar pohon durian tidak tinggi

Yang harus kita ketahui, selain durian bawor memiliki ukuran pohon yang pendek dan hasil buah yang banyak. Pohon durian bawor ini juga merupakan jenis durian hibrida.

Jadi, buahnya ada paduan antara durian kuning dengan durian montong. Batang pohon duriannya termasuk jenis durian montong orange. Daging buahnya saja seperti duren montong, yakni tebal dan lembut.

Dengan warnanya yang kuning orange rasa durian bawor manis, legit, dan seperti durian super dengan sedikit rasa pahit. Bahkan disebut sebut sebagai salah satu jenis durian unggul di Indonesia dan durian lokal dengan kulitas terbaik.

Namun varietas durian bawor ini didapatkan hasil penggabungan dengan teknik okulasi. Penggabungan yang dilakukan adalah dengan menggunakan berbagai jenis durian unggul yang ada di Indonesia.

Di antaranya, durian petruk, dan jenis durian import. Bahkan, beberapa durian seperti kuningmas dan kumbakarna juga menjadi salah satu pendukung untuk menghasilkan durian bawor yang berkualitas unggul dari durian lainnya.

Maka penamawaan durian bawor bukan sekedar pemberian nama. Tetapi juga ada makna di dalamnya. Dengan artian, Punakawan Bagong, Adik dari Petruk. Nah Petruk juga merupakan jenis durian yang dijadikan jenis durian unggul yang baru, yang disebut dengan durian bawor ini.

Keunggulan Pohon Durian Bawor

jenis durian cepat berbuah
jenis durian cepat berbuah

Karakteristik durian bawor di atas sebenarnya juga telah menyebutkan bahwa durian bawor unggul dari segi pertumbuhan pohon, produksi buah, dan rasa.

Selain itu beberapa keunggulan pohon durian bawor adalah mudah beradaptasi dan cepat sekali tumbuh. Bahkan, ukuran buah durian bawor ini sangat besar dan pertumbuhannya dapat mencapai 12 kg per buahnya.

Selain itu, pohon duriannya pun kokoh. Bahkan sangat kokoh dan hasilnya banyak. Akar pohonnya pun sangat banyak. Bahkan, pohon ini juga tahan terhadap segala macam cuaca.

Tak hanya sampai disitu saja, untuk keunggulan pohon durian bawo ini juga sangat tahan cuaca panas yang kering. Jadi dalam kondisi kemarau tak dikhawatirkan.

Dari segi cara menanam pohon durian bawor pun mudah. Harga bibit durian bawor murah. Bahkan, kita dapat menanam pohon durian bawor ini sebagai tanaman bonsai. Berikut cara membuat bonsai durian.

Baca Juga: Bonsai Durian, Solusi Agar Pohon Durian Tidak Tinggi

Beberapa keunggulan durian bawor lainnya adalah disejajarkan dengan durian unggulan import, seperti Muysangking, Montong, Bangkok dan lainnya.

Aromanya juga sangat khas dan memiliki karakter yang kuat. Bahkan dari sisi aroma, durian jenis ini lebih unggul dibandingkan durian Musangking dan Montong.

Bahkan dari sisi harga juga termasuk unggul. Karena lebih murah dari Musangking dan Montong. Lalu apa saja keunggulan yang bisa kita temui lainnya, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Kualitas Buah Durian Bawor Lebih Unggul

Jadi untuk kualitas buah durian bawor jangan ditanyaka lagi. Seperti yang sudah kita rinci di atas, dari aroma, tekstur, dan rasa buah, jenis pohon durian ini sangat disukai dan digemari masyarakat karena enak, lembut, wanit, dan warna daging kuning keemasan.

Ketebalan daging dan teksturnya pun disebut memiliki kesamaan dengan durian montong. Ukuran durian bawor pun sangat mengagumkan. Satu buah bisa mencapai ukuran 10 sampai 13 kilogram, bahkan dapat mencapai 15 kg.

Untuk aroma tidak terlalu menyengat seperti durian lainnya. Cukup wangi durian yang sekedarnya. Baik matang maupun belum, rasa buahnya pun sudah manis. Tapi semakin manis ketika matang.

2. Akar Pohon Durian Bawor Kokoh dan Memiliki Akar Bakau

Sebagai tanaman buah yang digandrungi masyarakat nusantara dan internasional. Pohon durian ini memiliki ukuran batang yang tidak terlalu tinggi. Bahkan, bisa berbuah di ukuran 2 – 3 meter. Maka cocok menjadi bonsai durian.

Bahkan, bibit durian bawor memiliki akar bakau dengan jumlah akar yang terdiri dari tiga bahkan sampai berjumlah empat akar.  Jika kita mendapatkan jenis bibit ini, keunggulannya semakin berlipat-lipat. Apa saja, di antaranya adalah:

  • Mempercepat pertumbuhan pohon, hal ini dipicu oleh cadangan makanan tersedia lebih banyak.
  • Cadangan makanan banyak, nutrisi pun banyak, jadi kualitas buah durian lebih baik.
  • Dapat memperkokoh pohon, sampai sampai tahan akan becana alam seperti banjir, longsor dan bahkan angin kencang.
  • Pohon durian lebih tahan cuaca panas, kemarau dan bahkan sampai kekeringan. Sebab, ada cadangan air yang cukup pada akar pohon.

3. Budidaya Durian Bawor Sangat Mudah

Cara budidaya durian bawor dinilai mudah. Nanti kita akan bahas pada artikel di bawah ini untuk cara budidayanya. Namun, pohon durian bawor dapat ditanam di ketinggian 600 meter dari permukaan laut.

Bahkan dalam tanam di lahan 1 hekatare, petani durian dapat menanam durian bawor sebanyak 150-160 pohon durian. Jarak tanam durian bawor minimal 7 × 7 meter.

Metode pemeliharaan dan pemupukan pohon durian bawor pun mudah. Untuk pemupuykannya hanya butuh 2 sampai 3 kali dalam setahun.

Pupuk yang digunakan juga bisa menggunakan pupuk NPK dan pupuk kandang yang harganya sangat terjangkau. Bahkan, pupuk kandang kita bisa menjadikannya sebagai pupuk organik yang kaya akan manfaat. Baca artikel di bawah ini tentang manfaatnya, Baca: Manfaat Pupuk Organik.

Bahkan, untuk proses pertumbuhannya, jenis pohon bawor ini sangat cepat tumbuh dan berbuah. Maka cocok dijadikan budidaya dengan tujuan komersil.

4. Umur Panen Pohon Durian Bawor Cepat dan Banyak

Masa panen atau umur panen durian bawor sangatlah cepat. Hanya butuh waktu 3 tahuyn setelah masa tanam. Bahkan di usia 5 tahun, pohon durian ini dapat menghasilkan 100 kg buah durian. Rata rata berat buah 4-5 kg. Untuk buahnya dapat mencapai berat maksimal 15 kg.

Setahun, pohon durian bawor ini dapat dipanen sebanyak 3 kali. Jadi, ini termasuk pohon berbunga dan berbuah sepanjang tahun. Bahkan, di usia yang semakin tuya, buah yang dihasilkan semakin banyak, lebat, dan rasanya nikmat.

5. Harga Durian Bawor Terjangkau

Untuk harga buah, tentu harga jualnya tak terlalu mahal. Bahkan terjangkau lebih murah dari pada durian import sekelas montong dan musangking. Namun murah bukan berarti murahan. Ini durian serupa dengan durian mahal import tersebut.

Cara Menanam Durian Bawor

pohon durian bawor
Cara Menanam Pohon Durian Bawor | Ilustrasi

Adapun cara menanam durian bawor yang bisa kita lakukan adalah dengan beberapa tahapan, baik dari persiapan bibit, media tanam, penanaman, perawatan, sampai dengan pemupukan, dan masa panen.

Pertama yang bisa kita lakukan adalah bibir durian bawor yang unggul dan berkualitas. Sudah banyak yang menyediakan bibit pohon durian bawor. Harganya bervariasi.

Harga bibit durian bawor rata rata Rp30 ribu, 50 ribu, 60-70 ribu, bahkan ada yang mencapai Rp150-350 ribu. Tentu harga bibir durian bawor tersebut tergantung dari ukuran pohon, induk yang digunakan untuk pembibitan, dan kualitasnya.

Namun beberapa hal yang bisa kita pilih untuk bibit durian bawor ini adalah yang berbentuk stek dan siap tanam. Atau dengan mendapatkan biji durian bawor dari buah yang dimakan.

Namun ini jarang yang berhasil. Dari sekian banyak biji, hanya beberapa saja yang bertunas. Dan butuh kesabaran serta keahlian khusus. Tapi setidaknya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, jika ingin menanam durian bawor dari biji. Caranya sebagai berikut:

Cara Menanam Durin Bawor Dari Biji

Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menanam pohon durian bawor dari biji adalah sebagai berikut:

  1. Memilih biji untuk bibit. Dalam hal ini yang harus dipilih adalah biji yang lebih besar dari pada biji lainnya. Biji pun tidak terlalu kempes.
  2. Siapkan baskom atau gelas plastik berisi air sebagai wadah. Lalu, letakkan biji durian yang telah siap untuk ditanam ke dalam gelas atau baskom yang telah diisi air tersebut.
  3. Air harus diperhatikan, banyak sedikitnya. Setidaknya rendamlah biji durian hingga terendam sepenuhnya. Jika air kurang, proses pembenihan durian bawor dari biji gagal. Maka pastikan air cukup.
  4. Selanjutnya, memastikan biji durian bawor tidak mengapung.
  5. Jika ditemukan ada yang mengapung, langsung dibuang, jangan dipertahankan, karena takkan hidup. Sebab, biji durian yang mengapung itu menandakan biji tidak layak tanam.
  6. Untuk biji yang terendam lainnya, pastikan sampai muncul akar dan tunas.

Cara Menanam Bibit Durian Bawor

pohon durian bawor
Cara Menanam Pohon Durian Bawor | Ilustrasi

Selanjutnya baik bibit didapatkan dari biji maupun dari stek, langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah menanam bibit durian yang sudah jadi di lahan yang sudah disiapkan.

Maka beberapa hal yang bisa dilakukan adalah media tanam durian bawor. Caranya mudah, bisa menggunakan perkarangan rumah, kebun, atau pot.

Namun memang, sebagian besar tidak menyarankan untuk menanam di pot. Hal ini untuk memaksimalkan pertumbuhan akar dan batang, serta cabang.

Karena pohon ini dikenal pohon pendek dan daun rindang. Jadi, pemilihan lokasi juga dinilai penting. Pastikan saja, akar dapat menjalar. Dan lokasinya sebaiknya tidak dekat dengan rumah. Karena dikhawatirkan akar dapat merusak pondasi rumah.

Hal hal yang dilakukan untuk menanam pohon durian bawor ini di antaranya sebagai berikut:

  1. Terlebih dahulu gemburkan tanah lahan tanam dengan cangkul. Setelah gembur, campurkan pupuk dan sekam pada tanah lahan tanam durian, perbandingannya 2:1.
  2. Gunakan pupuk organik, misal kompos atau pupuk kandang. Hal ini untuk memastikan tidak menyebabkan perubahan tekstur dan kandungan tanah.
  3. Perhatikan kelembaban tanah. Jika tanah kering, yang dilakukan adalah menyiramnya.
  4. Persiapkan lahan selama 2 minggu sebelum menanam
  5. Penyiraman dilakukan 2 kali sehari.
  6. Pemupukan dilakukan setiap seminggu sekali.
  7. Lakukan kembali pemeriksaan. Tanah harus tetap subur.
  8. Tidak ada rumput, gulma, atapun hal lain yang mengganggu yang tumbuh di sekitar lahan tanam durian.
  9. Jika ada, maka pastikan harus bersih dan harus dibersihkan. Jangan sampai nutrisi tumbuhan terserap.
  10. Membuat lubang tanam.
    1. Buatlah lubang tanam durian dengan sekop kecil.
    2. Ukurlah lubang tanam kira- kira sedalam 10 – 20 cm.
  11. Setelah dibuat lubang tana, cara selanjutnya timbun dengan tanah yang telah bercampur pupuk, lalu tutup dengan sekam yang juga telah dicampur pupuk kandang atau kompos.
  12. Selanjutnya, padatkan tanah, agar pohon durian bawor dapat tumbuh baik.
  13. Diakhir penanaman, jangan lupa untuk menyiram tanah dengan air hingga lembab.

Cara Merawat Pohon Durian Bawor

pohon durian bawor
Cara Menanam Pohon Durian Bawor | Ilustrasi

Adapun cara merawatnya adalah dengan beberapa hal yang bisa kita lakukan, di antaranya, dengan memperhatikan setiap hari atau sering dalam beberapa kali dalam seminggu media tanam pohon durian.

Caranya dengan menyiramnya ketika tanah mengering. Siramlah secukupnya, namun rutin. Pastikan ketika menyiram air tidak menggenang pada tanah, dikhawatirkan terjadinya busuk akar.

Selanjutnya yang bisa dilakukan adalah pemupukan pohon durian. Lakukan pemupukan durian bawor ini setiap 2-3 minggu sekali. Namun rutin dilakukan.

Jangan lupa juga melakukan penyiangan dan pemangkasan untuk menjaga kebersihan pohon durian, serta lingkungan sekitar pohon durian, hal ini memastikan agar durian bawor yang ditanam tidak terserang terkena hama, penyakit dan virus.

Perawatan ini dilakukan sampai pada akhirnya pohon durian panen. Namun memang, setelah panen pun pohon durian sebaiknya tetap dirawat sampai kembali dan terus berbunga.

Masa Panen Durian Bawor Setelah Berbunga

Yang harus kita perhatikan adalah, ketika pohon durian bawor telah berbunga, itu artinya sudah siap dipanen di umur 2-4 bulan setelah berbunga. Namun tenang, kita tak perlu dibuk mengikat buah durian jenis pohon ini. Karena kondisinya tidak tinggi. Dan dapat dipetik dengan pisau.

Baca Juga: Cara Membuat Bibit Pisang Berkualitas Super

Itulah yang bisa kita pelajari, tentang bagaimana cara menanam pohon durian bawor, merawatnya, memupuk, pembibitan, hingga panen dan pasca panen.

Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua. Dan informasi lainnya di ayobudidaya.com juga dapat anda temui dilain waktu. Sekian, terimakasih, ayo menanam durian. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *