manfaat pohon jati

Manfaat Pohon Jati Untuk Kesehatan

Ayobudidaya.com – Pohon jati dikenal memiliki banyak manfaat dan khasiat. Manfaat pohon jati selama ini yang dikenal banyak orang sebagai furniture. Pohon jati diambil kayunya untuk digunakan lemari, meja, kursi, tempat tidur, bahkan sebagai kebutuhan kayu untuk membangun rumah.

Untuk itulah, budidaya pohon jati semakin banyak dilakukan di Indonesia. Selain itu, sangking banyaknya kebutuhan tentang penggunaan kayu jati, membuat kayu jati sangat mahal diperoleh. Sangking banyaknya pembudidaya tanaman pohon jati, di Indonesia jenis-jenis pohon jati pun beranekaragam. Tapi ternyata tidak itu saja. Manfaat pohon jati juga bisa digunakan untuk pengobatan. Pohon jati memiliki manfaat bagi kesehatan manusia.

Berikut ini manfaat pohon jati untuk kesehatan :

  1. Mengatasi Kolesterol, kandungan tannin, saporin, dan quercetin dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, hal ini dikarenakan quacetin bermanfaat untuk meningkatkan kinerja enzim lipase sehingga proses metabolisme lipid bisa bekerja maksimal.
  2. Mengatasi hipertensi, kandungan sapomin dalam pohon jati dapat dijadikan obat penurun darah tinggi karena sapomin memiliki kemampuan untuk menghilangkan plak dalam pembuluh darah sehingga kinerja jantung menjadi ringan dan maksimal.
  3. Mengobati anemia, untuk yang satu ini memang sudah dilakukan penelitian oleh ilmuan dari togo namun belum diaplikasikan kepada manusia, hasilnya memang extrak dari daun jati dapat mengobati anemia.
  4. Diabetes melitus ada beberapa penelitian yang menunjukan bahwa extra dari kulit pohon jati bisa digunakan untuk mengobati diabetes namun di penelitian tersebut belum diaplikasikan kepada manusia.
  5. Penumbuhan rambut, pada zaman dulu masyarakat india menggunakan extrak biji pohon jati untuk mempercepat menumbuhkan rambut dan setelah diteliti memang biji dari pohon jati ini bisa digunakan untuk menumbuhkan rambut dan hasilnya sangat luar biasa. Pertumbuhan rambut lebih cepat dan folikelnya lebih pun lebih banyak yang tumbuh.
  6. Penyembuhan luka, ternyata extra daun jati bisa digunakan untuk penyembuhan luka yaitu dengan mengoleskan extra daun jati ke luka.

Selain manfaat bagi kesehatan, pohon jati juga memiliki manfaat yang tersebar di bagian tubuh tanaman jati, di antaranya :

  • Kayu jati digunakan sebagai bahan baku furniture, bangunan, dan kerajinan.
  • Kulit jati digunakan sebagai dinding rumah.
  • Getah jati juga digunakan sebagai obat penyakit tenggorokan.
  • Daun dapat digunakan sebagai obat kolera pembersih luka.
  • Abu pohon jati ditumbuk dengan daun jambu batu dapat menghentikan diare.
  • Daun muda dapat digunakan sebagai pewarna (warna merah).
  • Daun jati dapat dimanfaatkan untuk pembungkus makanan dan berbagai peralatan karena lebar dan sebagainya.

Itu dia, manfaat dan khasiat pohon jati. Informasi lebihnya bisa dicek di artikel ayobudidaya.com selanjutnya.

 

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *