Manfaat Bawang Merah Tak Hanya Untuk Bumbu Dapur Saja, Tetapi Juga Bisa Buat Aglonema Tumbuh Subur

Manfaat Bawang Merah Tak Hanya Untuk Bumbu Dapur Saja, Tetapi Juga Bisa Buat Aglonema Tumbuh Subur

Ayobudidaya.com – Siapa yang tak kenal bawang merah dan tanaman hias aglonema. Ada banyak manfaat Bawang merah, utamanya sebagai bumbu utama dalam masakan. Sementara, aglonema adalah bunga yang sedang banyak diburu di Indonesia.

Namun siapa yang sangka, keduanya jika disatukan bisa menghasilkan sesuatu yang bernilai tinggi. Utamanya bawang merah ini mampu mempercepat pertumbuhan anakan aglonema.

Mengenal Manfaat Bawang Merah

Manfaat Bawang Merah Tak Hanya Untuk Bumbu Dapur Saja, Tetapi Juga Bisa Buat Aglonema Tumbuh Subur
Ilustrasi Manfaat Bawang Merah Tak Hanya Untuk Bumbu Dapur Saja, Tetapi Juga Bisa Buat Aglonema Tumbuh Subur/Pixabay/Ulleo

Masyarakat mungkin sudah banyak mengetahui akan manfaat bawang merah. Misalnya selain sebagai bumbu dapur di setiap masakan, juga dicari khasiat kesehatannya.

Bawang merah memang dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang dimanfaatkan sebagai obat. Seperti obat maag, menurunkan kadar gula, masuk angin, sampai menjadi obat penurun kolesterol dan obat kencing manis.

Tak hanya itu saja, masih banyak manfaat yang bisa didapatkan dari bawang merah ketika digunakan sebagai obat.

Namun sekarang ini bisa dicoba untuk hal lain selain sebagai bumbu utama di setiap masakan dan sebagai obat herbal untuk kesehatan.

Apalagi saat ini masyarakat Indonesia sedang demam aglonema. Bawang merah yang tak terpakai, karena busuk atau yang masih bagus bisa digunakan untuk memperindah hobi mempercantik tanaman bunga yang tengah digeluti saat ini.

Karena upaya yang dilakukan pada tanaman hias, selain agar cantik sebagai hiasan rumah, juga bisa jadi untuk meningkatkan sumber pendapatan dengan cantiknya tanaman, sehingga banyak yang menginginkan tanaman tersebut dan membelinya.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Matahari dari Kuaci

Aglonema adalah satu di antara tanaman hias yang jadi buruan belakangan ini. Tentu tak hanya aglonema, tetapi juga ada keladi, monstera, dan alocasia.

Aglonema sendiri diburu karena corak daunnya yang khas. Kekhasannya tersebut yang semakin memperindah tanaman ini. Maka wajar saja, cantiknya aglonema menjadi buruan banyak orang.

Namun sebenarnya menanam aglonema tidaklah sulit. Aglonema bisa diperbanyak dengan cara stek batang maupun stek pucuk.

Maka dari itu, pada proses memperbanyakan aglonema ini akan muncul anakan aglonema, atau benih baru yang baru tumbuh.

Ini yang harus diupayakan bagaimana cara mempercepat pertumbuhan tanaman anakan aglonema yang baru diperbanyak lewat cara stek.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan bawang merah. Bawang merah bisa dijadikan bahan menyuburkan anakan aglonema.

Cara Menggunakan Bawang Merah Agar Manfaat yang Dimiliki Bisa Digunakan Untuk Suburkan Aglonema

Berikut Ayobudidaya.com kutip dari berbagai sumber tentang cara menggunakan bawang merah untuk membuat anakan aglonema tumbuh subur sehingga bisa segera menampilkan kecantikannya dan siap diburu para pecintanya.

  1. Pertama yang harus diperhatikan sebelum melakukan beberapa langkah untuk menyuburkan anakan aglonema dengan bawang merah, si pemilik harus terlebih dahulu memastikan tanaman aglonema yang sudah dewasa dan siap untuk di perbanyak dengan cara di stek.
  2. Jika sudah mendapatkan aglonema dewasa dan sebelum melakukan pemotongan pada bagian batang yang akan diperbanyak, siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan. Alat dan bahannya hanya pisau kater, parutan, wadah dan air, serta bawang merah secukupnya yang dibutuhkan.
  3. Jika alat dan bahan sudah siap maka segera melakukan beberapa cara berikut ini:

Pertama, tiga siung bawang merah diparut dan parutan bawang merah dimasukan ke dalam wadah yang telah berisi air.

Selanjutnya, aglonema dewasa yang akan dijadikan bahan untuk diperbanyak bisa segera dipotong pada bagian batangnya.

Setelah batang aglonema dipotong, lakukan pemotongan ulang menjadi beberapa bagian sampai pada ukuran kurang lebih 3 cm.

Setelah batang aglonema dipotong menjadi beberapa bagian, tahapan selanjutnya adalah merendam hasil potongan dalam air larutan bawang merah. Lakukan perendaman ini selama 15 menit.

Ketika sudah 15 menit, tanam potongan aglonema tersebut ke pot baru dengan media tanam yang telah disiapkan. Pastikan pot yang digunakan sesuai dengan ukuran anakan aglonema.

Jangan lupa untuk penyiraman. Penyiraman anakan aglonema dilkukan cukup dengan sedikit air. Anakan aglonema ini tidak butuh penyiraman yang terlalu basah, karena dikhawatirkan akan membusuk.

Ditahap akhir, yang perlu dilakukan adalah dengan menempatkan anakan aglonema yang telah ditanam di pot tersebut pada lokasi yang teduh. Pastikan untuk tidak terkena matahari langsung.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Matahari di Pot

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan menyuburkan anakan aglonema yang baru diperbanyak dengan ramuan bawang merah.

Silakan ditunggu kurang lebih dua bulan, di waktu dua bulan tersebut aglonema akan muncul tunas dan bertumbuh subur. Insya Allah. ***

Rahmawati Penulis

Komentar

    ERI ELIAS

    (Januari 24, 2021 - 12:29 am)

    Tulisan nya sangat bermanfaat.
    Saya sudah membaca bbrp tulisannya.
    Semangat terus utk menurunkna artikel yg bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *