Keunggulan Durian Musang King

Keunggulan Durian Musang King, Ini Faktanya

Ayobudidaya.comKeunggulan Durian Musang King, kira kira apa saja sih? Nah ini nih yang perlu kita pahami bersama, terkait apa saja yang menjadi untung rugi budidaya durian musang king?

Termasuk dalam hal ini fakta fakta keunggulannya, sebab, ada juga yang sudah membanding-bandingkan, durian bawor vs musang king?

Ini fakta durian musang king kerap menjadi pembanding durian lainnya. Termasuk Musang King vs Montong. Jadi, apakah keunggulan durian musang king ini sama dengan keunggulan durian bawor, ataupun keunggulan durian montong?

Meski ada banyak fakta yang unggul, juga ada beberapa fakta yang tak juga tak perlu dipungkiri, terkait kekurangan durian musang king?

Nah, banyaknya penjelasan ini bisa menjadi analisa kita jika ingin menanam durian musang king? Jadi, tak sekedar kelebihan atau keunggulan, melainkan juga terkait kekurangan durian musang king.

Termasuk perbedaan durian montong dan musang king, termasuk ciri fisiknya, dalam hal ini, perbedaan daun durian montong dan musang king.

Sehingga ada pilihan akan melakukan budidaya durian musang king, budidaya durian montong, atau budidaya durian bawor.

Durian Musang King

Ada beberapa fakta yang bisa diketahui terkait durian musang king? Durian Musang King disebut dengan Durian Sang Raja Kucing.

Durian Musang King dikenal sebagai salah satu jenis durian unggul yang memiliki rasa yang menarik. Bisa diadu dengan durian import lainnya. Dan ini adalah salah satu jenis durian cepat berbuah.

Jika durian montong berasal dari Thailand, durian Musang King berasal dari Malaysia. Rasa Buah Durian Musang King manis, legit dengan sedikit rasa pahit.

Warna buah durian musang king kuning layaknya warna kunyit. Namun memiliki tekstur daging buah yang tebal, kering, lembut dan tidak berserat.

Rata rata masa berbuah durian musang king mencapai 2 kg per buahnya. Warna kulitnya hijau semu kekuningan, memiliki semburat yang dapat dilihat dari ujung duri sampai ke dasar kulit.

Ciri ciri bagian tangkai durian Musang King terlihat panjang dengan mahkota bagian tangkai pada buah yang jauh dari durinya. Garis durian musang king ini terlihat jelas di ujung buah duriannya.

Keunggulan Durian Musang King

Keunggulan Durian Musang King
Keunggulan Durian Musang King

Keunggulan Durian Musang King bagi masyarakat Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi. Meski jenis buah durian ini bukan jenis durian asli dan masih tergolong buah durian baru yang masuk Indonesia.

Namun fakta penggemar yang menyukai jenis buah ini tidak sedikit. Bahkan ada yang mencoba menanamnya menjadi pohon bonsai durian.

Lalu apa saja yang menjadi keunggulan durian musang king? Berikut fakta fakta yang bisa kita dapatkan dan yang bisa kita ketahui, di antaranya adalah:

1. Durian Musang King Dapat Tumbuh di Dataran Tinggi

Cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian selalu dilakukan dalam banyak upaya. Termasuk menyesuaikan syarat tumbuhnya.

Umumnya, pohon durian Musang King tumbuh di ketinggian 400-600 m dpl (dari permukaan laut). Namun dikawasan Malang Jawa Timur, Musang King dapat tumbuh di ketinggian hampir 1000 m dpl.

Pohon durian yang ditanam di kawasan dataran tinggi warna daging buahnya lebih pucat dibandingkan Musang King yang tumbuh di dataran rendah. Namun memiliki rasa yang gurih, dengan kombinasi rasa manis dan pahit yang seimbang.

Namun daging buahnya sedikit lengket dan biji duriannya kecil atau kempis. Kendati demikian pertumbuhan tanaman Musang King yang ditanam di dataran tinggi pertumbuhannya lambat.

2. Durian Musang King Modifikasi Kaki Ganda Lebih Dari Satu

Pohon durian Musang King memiliki kaki tiga adalah hasil rekayasa genetik dari durian musang king yang biasa berkaki satu. Namun kaki tiga modifikasi ini disebut sebagai bibit durian unggul.

Dan sebagai salah satu cara menanam pohon durian pendek yang dilakukan oleh petani durian masa kini. Selain itu, sebagai upaya mempercepat masa panen durian musang king yang ditanam.

Jadi, 2 batang tambahan merupakan jenis durian lokal yang memiliki kualitas unggul yang disambung menjadi satu, menjadi jenis durian musang king unggulan baru.

Cara penggunaanya dengan melakukan teknik okulasi durian musang king. Untuk memastikan kualitas rasa, dan besar kecilnya, harus dipastikan disambung dengan jenis durian lokal yang unggul lainnya.

Durian musang king yang telah dilakukan sambung pucuk /  okulasi / durian musang king kaki tiga memberikan efek seperti cepat tumbuh dan besar, serta bisa dibentuk menjadi pohon durian pendek.

Keunggulan jenis durian ini lainnya adalah pohon durian musang king tumbuh kuat dan kokoh, tak mudah tergoyang angin, meski angin kencang. Selain itu daya tahan longsor tinggi.

Untuk masa berbuah durian musang kin membutuhkan waktu 3-5 tahun.

3. Citarasa dan Aroma Daging Buah Duriang Musang King Enak

Durian musang king memiliki daging buah yang berwarna kuning, tebal dan berbiji kecil serta kering. Tentunya rasanya pulen dan seperti ada rasa pati yang ketika digigit akan terasa.

Keunggulan durian musang kin ini menjadi buah yang paling banyak diburu dari jenis durian lainnya. Apalagi aroma dan citra rasa durian Musang King ini berbeda dari jenis jenis durian lain, misal seperti durian montong.

Diketahui durian montong memiliki citra rasa dan aroma yang kalem.Durian montong tidak begitu menyengat bahkan hampir tidak ada aroma khas durian yang harum menyengat.

Hanya saja bagi yang tidak suka pait pada durian, durian montong memang tepat, karena hanya didominasi rasanya yang manis. Sementara durian Musang King daging buahnya sangat kental aroma yang menyengat, bahkan seperti sedikit alkoholis khas durian.

Untuk citra rasa buah durian Musang King, Musang King lebih lembut ketika berada di lidah. Rasanya seperti mentega yang meleleh di lidah, lalu dipadan dengan balutan rasa yang manis yang cool dengan sedikit rasa pahit. Ini yang menjadi durian semakin mantap.

4. Harga Durian Musang King Yang WOW

Harga buah durian Musang King per kilogramnya memang cukup mengejutkan untuk kelas menengah ke bawah. Pasalnya harga untuk bisa menikmati buah durian Musang King per kg nya dapat mencapai Rp135 ribu.

Bahkan harga durian Musang King di Surabaya dan Kota Kota Besar lainnya bisa mencapai Rp150 ribu per kg. Apalagi jika tanpa kulit, dan dijual dalam bentuk durian beku, harganya semakin tinggi bisa mencapai Rp465 ribu.

Harga jual yang mahal ini juga sebenarnya terjadi di sektor produsen atau pekebun. Harga durian Musang King di jual per buah atau per butir. Harga produsen untuk durian ini adalah Rp75-100 ribu per buah.

Sementara harga durian lokal hanya di kisaran Rp10 sampai 30 ribu rupiah per buah durian di tingkat pekebun. Harga yang mahal ini juga terdapat pada harga bibit durian Musang King, yang dibandrol Rp150 hingga Rp300 ribu per bibitnya.

Baca Juga: Umur Durian Montong Berbuah dan Masa Panen Pertahun

Itulah beberapa hal yang bisa kita pahami tentang keunggulan durian Musang King dari durian jenis lainnya. Bahkan banyak yang sudah melakukan budidaya durian Musang King di Indonesia.

Hal ini disimpulkan karena durian Musang King dapat tumbuh di dataran tinggi. Di Indonesia ada banyak dataran tinggi yang cocok ditanami durian jenis ini.

Bahkan dari sisi Citra rasa dan aroma daging buah durian Musang King memang dianggap lebih unggul dari jenis durian lainnya di level durian yang sama.

Maka dari itu, jika tertarik siapkan bibit durian Musang King, karena dari pemilihan bibit yang baik, lalu dilanjutkan dengan penanaman dan penanganan serta pemeliharaan dan pemupukan yang maksimal, tentunya produk Musang King dalam negei juga bisa lebih unggul.

Jadi, keunggulan durian Musang King ini bisa dicoba dan diadu ya, silakan selamat menikmati perbedaannya. Sekian artikel ini dibuat. Semoga bermanfaat. Terimakasih. Salam.

Kaseto Efendi Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *