kandungan nutrisi tanaman pisang

Kandungan Nutrisi Tanaman Pisang

Kandungan Nutrisi Tanaman Pisang – Pisang merupakan salah satu tanaman buah yang merupakan sumber vitamin, mineral dan karbohidrat. Hampir seluruh bagian dari tanaman pisang memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat. Kandungan nutrisi tanaman pisang, baik buah, daun, getah, jantung, atau bonggol, batang, akar dan kulit pisang memiliki kandungan yang bermanfaat.

Manfaat kandungan nutrisi tanaman pisang melingkupi kesehatan maupun kecantikan. Sebagai berikut, yaitu :

A. Kandungan Nutrisi Buah Pisang

Buah pisang terdiri dari pisang buah dan pisang olahan. Misalkan seperti keripik pisang. Pisang buah atau biasa dikenal dengan pisang segar merupakan salah satu makanan yang tinggi kalori. Kandungan nutrisi buah pisang itu sendiri mengandung mineral dan vitmin dalam jumlah tepat. Mineral dan vitamin dalam buah pisang sebagai kandungan nutrisi berperan sebagai antioksidan.

Berikut ini kandungan nutrisi buah pisang pada takaran kandungan gizi dalam 100 gram buah pisang :

Energi : 90 kkal

Protein : 1,2 gram

Lemak : 0,2 gram

Karbohidrat 22,4 mg

Serat diet : 2,6 gram

Kalsium : 5 mg

Fosfor : 22 mg

Besi : 0,5 mg

Vitamin A : 64 IU

Vitamin B3 : 0,665 mg

Vitamin B5 : 0,334 mg

Vitamin B6 : 0,367 mg

Vitamin B2 : 0,073 mg

Vitamin B1 : 0,031 mg

Magensium : 27 mg

Folat : 20 mikrogram

B. Kandungan Nutrisi Daun Pisang

Selama ini masyarakat banyak memanfaatkan daun pisang sebagai salah satu pembungkus makanan. Ini karena  daun pisang mengandung lapisan lilin yang mampu membangkitkan selera jika terkena makanan yang dikukus. Misalkan, daun pisang yang digunakan untuk pembungkus pepes, kue pipis, dan aneka makanan yang diolah dengan dikukus dengan daun pisang. Zat lilis yang dilepaskan daun pisang karena proses pengukusan, dapat membantu sistem pencernaan manusia.

Selain pengukusan, kandungan nutrisi daun pisang yang dipanaskan, seperti di bakar memnghasilkan beberapa mineral, seperti kalium, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium. Bahkan, daun pisang yang dibakar saat menjadi pembungkus makanan, secara tanpa disadari memiliki peran sebagai bumbu dapur. Sehingga makanan memiliki rasa yang khas.

C. Kandungan nutrisi getah pisang

Pada zaman dahulu, kandungan nutrisi getah pisang biasa digunakan sebagai obat oles pada luka. Getah pisang memiliki kandungan nutrisi yang mengandung saponin, asam askorbat, flavonoid dan tanin. Saponin berfunsgi sebagai peningkat pembentukan pembuluh darah baru pada luka dan mengencerkan dahak. Asam askorbat berperan memperkuat dan mempercepat pertumbuhan jaringan ikat. Flavonoid berperan memperpendek waktu peradangan. Zat tanin pada getah pisang berkhasiat sebagai antiseptik.

D. Kandungan Nutrisi Jantung Pisang

Jantung pisang paling banyak digunakan masyarakat sebagai sayur. Kandungan nutrisi jantung pisang dinilai penting bagi masyarakat. Karena jantung pisang memiliki kandungan penting yang berkhasiat bagi tubuh. Kandungan karbohidrat pada jantung pisang sekitar 33,83%, kandungan protein dalam jantung pisang ada sekitar 12,051%. Dan lemak total hanya sekitar 13,050%. Mineral penting juga dimiliki jantung pisang, yakni seperti fosfor, kalsium, dan besi Jantung pisang juga mengandung vitamin seperti A, B1, dan C.

Jantung pisang dikenal sebagai sayuran yang kaya serat. Maka dari itu, khasiat konsumsi jantung pisang melancararkan pencernaan, mengontrol gula darah, mengurangi risiko penyakit jantung,, mengikat lemak, dan kolesterol. Jantung pisang mampu mencegah resiko penyakit jantung.

E. Kandungan Nutrisi Bonggol Pisang

Bonggol merupakan bagian batang berupa umbi. Bonggol pisang juga digunakan untuk membuat produk olahan seperti keripik. Nutrisi yang terkandung dalam bonggol pisang, antara lain, karbohidrat, kalori dan protein. Kandungan karbohidrat dalam 100 gram bonggol kering sekitar 66,2 gram. Sedangkan pada bonggol segar hanya sekitar 11,2 gram. Bonggol pisang bisa membantu mencegah kerontokan rambut dan memperbaiki kulit kepala. Hal ini karena dalam getah bonggol pisang mengandung senyawa saponin dan antraquinon.

F. Kandungan Nutrisi Akar Pisang

Batang pisang mengandung zat antrakuinon, pati, serat, dan kalium. Bagian batang dimanfaatkan oleh orang India sebagai olahan pangan berupa menu sayuran.

G. Kandungan Nutrisi Akar Pisang

Akar pisang mengandung beberapa zat dan vitamin yang penting bagi tubuh. Zat yang terkandung dalam akar pisang, antara lain, serotonin, tanin, norepinefrin, dipamin, vitamin A, B, dan C.

H. Kandungan Nutrisi Kulit Pisang

Kulit merupakan bagian dari buah pisang yang biasanya hanya dianggap sampah. Masyarakat biasanya menggunakan kulit pisang sebagai makanan ternak. Namun, perlu diketahui, di dalam kulit pisang terdapat kandungan nutrisi penting seperti vitamin C, B, kalsium, protein, dan lemak. Kulit pisang juga mengandung air dan karbohidrat. Ekstrak kulit pisang juga bisa mengurangi gejala depresi dan menjaga kesehatan mata. Selain itu juga ekstrak kulit pisang bisa dimanfaatkan sebagai tepung kulit pisang, keripik pisang dan nata.

Itu dia artikel tentang kandungan nutrisi tanaman pisang. Untuk informasi tentang budidaya lainnya, bisa dicari di www.ayobudidaya.com.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *