kandungan gizi dan manfaat buah mangga

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Mangga

Ayobudidaya.com – Kali ini Ayo Budidaya akan membahas lengkap tentang kandungan gizi dan manfaat buah mangga. Hal ini dikarenakan banyak sekali masyarakat di Indonesia yang menyukai buah mangga. Terlebih tak sedikit pula tanaman mangga di setiap rumah. Bahkan, tanaman buah aneka jenis mangga banyak sekali di tanam dihalaman rumahnya. Tapi apakah kalian sudah tahu, apa saja kandungan gizi dan manfaat buah mangga. Berikut catatannya :

A. Kandungan Gizi Buah Mangga

Baca Juga : Kandungan Nutrisi Tanaman Pisang

Buah mangga mengandung berbagai macam unsur gizi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin, mineral dan lainnya. Kandungan gizi pada buah mangga berperan penting dalam memperbaiki kualitas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah mangga dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah, ataupun matang. Lihat tabel berikut ini:

Tabel Nilai Gizi pada Buah Mangga:

Kandungan Gizi Dalam Keadaan Mentah Dalam Keadaan Matang
Air (%) 90,00 86,00
Protein (%) 0,70 0,60
Gula total (%) 8,80 11,60
Lemak (%) 0,10 0,10
Kapur (%) 0,03 0,01
Fosfor (%) 0,02 0,02
Besi (mg/gram) 4,50 0,30
Vitamin A (mg/100 g) 150 U.I 800 U.I
Vitamin B1 (mg/100 g) 0,04
Vitamin B2 (mg/100 g) 0,03 0,05
Vitamin C (mg/100 g) 3,00 13,00
Asam nicotinat (mg/100 g) 0,30
Nilai kalori/100 gram 39 50-60
Serat 1,10
Mineral 0,40 0,30
Sumber : Laroussilhe, LE managuer. 1960

B. Manfaat Buah Mangga

Buah mangga memiliki aroma yang khas. Selain memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, juga mengandung berbagai macam manfaat yang baik bagi tubuh. Berikut manfaat-manfaat mangga bagi kesehatan:

Manfaat Mangga Bagi Kesehatan :

  • Mengurangi Diabetes : Tidak hanya buah, daunnya juga digunakan untuk mengatasi diabetes, yakni dengan mengatur kadar insulin.

  • Pencegah degenerasi makula : Zat antioksidan zeaxantin yang ada pada mangga baik untuk menjaga kesehatan mata dan menangkal kerusakan dari degenerasi makula.

  • Mencegah resiko serangan penyakit jantung : Serat kalium dan berbagai vitamin yang terkandung dalam buah mangga sangat baik untuk mencegah serangan penyakit jantung.

  • pencegah penyakit kangker : Kandungan senyawa anti oksidan dalam buah mangga berperan besar dalam melindungi usus besar, payudara, leukimia hingga prostat termasuk quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat, methylgalat, serta enzim yang melimpah.

  • Menguatkan tulang : Mangga kaya akan vitamin k, penting bagi penyerapan kalsium yang optimal pada tulang lebih kuat dan tidak keropos.

  • Melancarkan pencernaan : Mengadung enzim yang membantu menghancurkan kandungan lemak dan protein pada makanan. Sehingga melancarkan sistem pencernaan manusia.

  • Mengatasi anemia : Kaya akan kandungan zat besi sehingga membantu penyembuhan anemia.

  • Menjaga kadar kolesterol : Vitamin c, pectin dan serat yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol pada darah.

  • Menyehatkan mata : Satu irisan mangga mengandung 25% vitamin a dari jumlah asupan harian yang diperlukan tubuh.

  • Pencegah Asma : Menghambat resiko pengembangan penyakit asma, karena adanya nutrisi beta karoten.

Nah itu tadi yang bisa kita pelajari tentang kandungan gizi dan manfaat buah mangga. Selengkapnya, jangan lupa baca artikel lainnya, di www.ayobudidaya.com.

 

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *