jenis tanaman bonsai

Jenis Tanaman Bonsai di Indonesia Terbaik

Jenis-Jenis Tanaman Bonsai – Berikut ini adalah informasi tentang tanaman bonsai di Indonesia, dari tanaman bonsai termurah sampai tanaman bonsai termahal.

Seperti yang diketahui oleh kita semua, tanaman bonsai adalah tanaman yang paling banyak diminati oleh masyarakat karena keunikan dan keindahannya.

Tanaman berukuran mini yang populer di semua kalangan masyarakat. Bahkan masyarakat rela memburu Bonsai Jepang hingga ke negeri sakura untuk bisa menghiasi dan menjadi pengamping bonsai Indonesia sebagai tanaman hias di Indonesia.

Bonsai Indonesia dan Bonsai Jepang tentu memiliki keunikannya tersendiri. Namun keduanya sama-sama memiliki keindahan dan daya jual yang tinggi.

Dan berikut ini ayobudidaya.com akan berbagi informasi tentang jenis-jenis tanaman bonsai di Indonesia, dari jenis tanaman bonsai termurah, jenis tanaman bonsai termahal, sampai jenis tanaman bonsai langka yang ada di Indonesia.

Untuk itu, simak ulasan tentang jenis-jenis tanaman bonsai berikut ini:

Jenis Tanaman Bonsai

jenis tanaman bonsai
Jenis Tanaman Bonsai di Indonesia

Sementara, berberapa jenis tanaman bonsai di antaranya adalah:

Jenis Tanaman Bonsai Asam Jawa

Tanaman bonsai Asam Jawa termasuk ke dalam jenis tanaman hias yang berbentuk bonsai. Tanaman Asam Jawa, merupakan tanamn hias bonsai terbaik yang ada di Indonesia.

Alasannya, karena tanaman bonsai asam jawa ini memiliki struktur batang yang kuat dan tidak mudah patah, serta sangat mudah membentu pola-pola tertentu sesuai keinginan.

Namun memang untuk harga, Tanaman Bonsai Asam Jawa tidaklah terlalu mahal. Sebab, tanaman bonsai hias ini ada banyak di masyarakat, terlebih pembuatan tanaman bonsainya tidak terlalu sulit.

Untuk itulah, setiap orang mampu membuat tanaman bonsai asam jawa sendiri. Meskipun tidak memiliki keahlian dalam membuat bonsai. Hal inilah yang membuat tanaman bonsai Asam Jawa banyak dimiliki masyarakat.

Jenis Tanaman Bonsai Beringin

Tanaman Bonsai jenis beringin ini memang lebih terkenal dari bonsai asam jawa maupun sejenisnya tanamn bonsai asam belanda.

Bahkan, jenis tanaman bonsai beringin ini lebih disukai karena memiliki postur badan yang besar. Selain itu, bonsai beringin ini tidak mudah mati. Bentuk batang dan akarnya pun atraktif. Hal inilah yang semakin membuat daya tarik untuk memiliki.

Kenapa tanaman bonsai beringin tidak mudah mati? Alasannya karena tanaman bonsai beringin ini memiliki daya tahan yang tinggi, serta tanaman yang adaptif sehingga mampu adaptasi terhadap lingkungan geografis Indonesia yang sangat tinggi.

Dengan beberapa alasan tersebut, yang akhirnya menjadikan tanaman bonsai beringin bisa mencapai umur panjang. Namun, untuk mendapatkan bonsai beringin ini tidak seperti tanaman asam jawa.

Hal ini dikarenakan cara membuat bonsai beringin cukup sulit. Dan karena cukup sulit itulah membuat tanaman bonsai beringin memiliki nilai jual yang mahal.

Namun harga bonsai beringin yang mahal sebanding dengan nilai estetika yang tinggi karena tampilannya yang menarik. Jadi sesuai soal harga dan kualitas bonsai.

Jenis Tanaman Bonsai Asam Belanda

Selain Tanaman Bonsai Asam Jawa, ada juga nih tanaman bonsai asam Belanda. Jenis bonsai ini biasanya kita temui di jalan-jalan sebagai pohon peneduh. Kenapa tanaman bonsai asam Belanda menjadi tanaman pendeuh, hal ini karena tanaman rindang.

Terlebih lagi, tanaman pohon asam belanda tumbuh tinggi menjulang dengan batang dan cabang tak beraturan, sehingga semakin menambah nilai seni yang memikat.

Kemudahan tanaman bonsai asam belanda ini adalah tanaman yang mudah dan bisa dibonsai. Artinya tanaman ini tidak ruwet, tidak sulit, dan tidak manja. Yang penting dalam budidaya tanaman bonsai asam belanda ini diberi perawatan secukupnya.

Jenis Tanaman Bonsai Kimeng

Tanaman yang bisa dibuat bonsai lainnya adalah tanaman Kimeng. Jenis Tanaman Bonsai Kimeng adalah jenis bonsai beringin. Tanaman Kimeng diketahui, pohon yang mudah tumbuh.

Tampilan Bonsai Kimeng pun tidak jauh berbeda dari jenis tanaman bonsai beringin lainnya. Tanaman ini memiliki batang dan daun yang serupa.

Perbedaan tanaman ini dengan tanaman bonsai lainnya adalah pada bagian batang dan ranting. Bonsai kimeng berwarna lebih putih terang dibanding jenis bonsai beringin lainnya.

Jenis Tanaman Bonsai Cemara Udang

Tanaman cemara udang merupakan tanaman yang bisa dibuat bonsai. Tanaman cemara udang merupakan pohon dengan daun yang lancip pada bagian ujungnya, seperti jarum. Maka tanaman ini juga sering disebut cemara jarum.

Bentuk daun yang unik, juga selaras dengan batang yang besar dan keras. Jadi, tidak heran, kalau tanaman cemara udang dipilih menjadi salah satu jenis tanaman bonsai di Indonesia yang digemari.

Karena ketika menjadi bonsai, akan menjadi tanaman bonsai mini. Namun, tanaman ini dapat tumbuh tinggi dan berukuran besar. Keberadaan pohon cemara udang mini yang hidup di dalam pot bisa membuat rumah lebih indah.

Jenis Tanaman Bonsai Kelapa

Tanaman Kelapa juga bisa dijadikan bonsai loh? Bahkan bagi penghobi tanaman bonsai, tanaman bonsai kelapa tidak asing lagi.

Pohon kelapa diketahui tanaman yang lama tumbuh, namun dikarenakan identik dengan lingkungan sejuk, jadi banyak orang rela mengorbankan kesabarannya untuk menciptakan pohon kelapa mini alias dijadikan bonsai.

Jenis-jenis pohon kelapa yang dijadikan bonsai ada banyak rupa, di antaranya, kelapa gading susu, kelapa gading merah, dan kelapa albino.

Tanaman Bonsai kelapa gading susu mempunyai warna putih, ditanam di taman sebagai pengganti pohon palem. Selanjutnya, untuk tanaman bonsai kelapa gading merah mempunyai warna merah kekuning-kuningan yang cantik dan bentuk unik.

Sedangkan kelapa albino mempunyai warna batang yang putih silver seperti albino.

Jenis Tanaman Bonsai Jeruk Kingkit

Jenis tanaman bonsai jeruk kingkit ini dibuat dari tanaman jeruk kingkit yang cocok untuk menjadi bonsai di dalam pot. Tanaman bonsai jeruk kingkit ini populer di Indonesia. Fungsinya untuk memperindah rumah.

Masyarakat beralasan menyukai dan memilih jeruk kingkit karena mempunyai karakter pohon yang ideal untuk dibentuk menjadi bonsai berkualitas tingi.

Kelebihan tanaman bonsai jeruk kingkit lagi adalah tanaman yang mudah tumbuh dan tahan terhadap perlakuan pemangkasan cabang dan memiliki estetika tersendiri sebagai tanaman hias bonsai.

Jenis Tanaman Bonsai Adenium

Bonsai Adenium. Memang jenis tanaman bonsai ini populer di Indonesia. Hanya saja, Adenium merupakan tanaman atau pohon kamboja yang berasal dari Jepang.

Tanaman Adenium mudah tumbuh di berbagai media tanam seperti pasir, kompos, dan tanah. Maka tanaman adenium ini kerap dijadikan tanaman hias. Terutama tanaman hias bonsai.

Sebagai tanaman hias bonsai, Adenium memiliki bentuk yang unik dan pembuatan bakalan bonsai adenium terbilang mudah. Ada banyak jenis adenium, seperti dari warna bunganya yang merah, kuning, pink, atau aneka warna lain.

Bonsai adenium juga memukai karena bentuk batangnya yang berkelak-kelok indah. Makanya, di Indonesia Tanaman Bonsai Adenium begitu populer nih.

Jenis Tanaman Bonsai Santigi

Bonsai Santigi. Hmm, memang masih asing ya dengarnya. Tapo, tanaman Bonsai Santigi ini bisa ditemui di daerah tepi pantai. Atau di atas bebatuan ataupun daratan pantai yang menjorok ke arah laut.

Para penghobi bonsai pasti tahu dengan jenis tanaman bonsai santigi ini, banyak yang rela mengeluarkan uangnya dalam jumlah besar hanya untuk memiliki bonsai Santigi ini.

Dan tanaman hias bonsai ini juga disebut sebagai salah satu tanaman bonsai termahal di Indonesia. Namun bonsai santigi memunyai gaya batang, akar, dan kulit batang yang menawan.

Keeksotisan bonsai santigi didukung dengan kesan tua yang dihadirkan oleh kulit batangnya. Untuk membuat bonsai santigi, diperlukan keahlian khusus dan kesabaran yang ekstra besar.

Selain itu, para kolektor juga harus siap untuk menerima beberapa risiko bahwa bonsai santigi bisa saja tiba-tiba mati. Karena jika tidak paham, maka akan sulit melakukan pemeliharaanya.

Jenis Tanaman Bonsai Bunga Kertas

Kembang Bunga Kertas atau orang di Indonesia juga mengenalnya dengan bunga bugenvil. Nah di Indonesia ini juga menjadi jenis tanaman bonsai hias yang menarik untuk ditanam di sekitar rumah.

Bunganya akan cantik ketika mekar, batang yang kekar juga membuat kembang-kembang kertas dari pohon ini semakin menawan. Jenis tanaman bonsai bunga kertas ini di Indonesia menjadi primadona.

Jenis Tanaman Bonsai Loa

Siapa yang tahu dengan Pohon Loa (Ficus racemosa). Pohon ini berada di kawasan Asia Tenggara, dan benua India. Di Indonesia, ada beberapa hujan tropis yang di dalamnya terdapat pohon Loa.

Pohon Loa dikenal memiliki daun rimbun sehingga kerap dimanfaatkan sebagai tanaman rindang. Tapi bagi penggemar bonsai, tanaman ini menjadi tanaman hias bonsai yang cantik. Harganya mencapai jutaan bahkan puluhan juta rupiah.

Jenis Tanaman Kemuning Jepang

Kemuning Jepang memang tak asli dari Indonesia. Tapi sangat familiar di Indonesia. Sebab, bentuk akar yang proporsional disertai pertumbuhan cabang yang merata, membuat tanaman ini sangat cocok dijadikan tanaman hias bonsai.

Jenis Tanaman Bonsai kemuning jepang ini disebut memiliki gaya indah apabila percabangan dahannya rapi dan titik persebaran dahan dan rantingnya ke segala arah.

Jenis Tanaman Bonsai Pinus

Tanaman Pinus dibuat Bonsai, bisakah? Bisa kok. Di Indonesia, pinus atau tusam juga termasuk tumbuhan yang bisa dijadikan tanaman hias bonsai. Pada beberapa tempat di Indonesia, pinus juga biasa dipanggil dengan sebutan damar bunga.

Jenis Tanaman Bonsai Rukem

Rukem dalam bahasa latin adalah Flacourtia, dan terkenal dengan sebutan bonsai rukem atau bonsai rukam. Menjadi tanaman bonsai hias dikarenakan ciri khas yang unik pada bagian daun dan batang.

Tapi di Indonesia rukem masuk jenis bonsai langka, karena rukem cukup sulit ditemukan. Hanya beberapa daerah saja yang ditumbuhi rukam.

Jenis Tanaman Bonsai Murbei

Jenis Tanaman Bonsai Murbei merupakan tanaman penghasil buah yang banyak dijumpai di dataran Indonesia. Buahnya menyerupai anggur, namun dengan ukuran yang lebih kecil dan rapat-rapat.

Dan tanaman pohon murbai ini di Indonesia banyak dijadikan tanaman bonsai oleh para penggemarnya dikarenakan mempunyai nilai seni dan jual yang tinggi.

Jenis Tanaman Bonsai Walikukun

Tanaman bonsai Walikukun ini awalnya pepohonannya ditemukan di kawasan hutan di sekitaran Jawa dan Indonesia bagian Timur.

Walikukun sendiri merupakan pohon kecil anggota suku Tiliaceae yang berperawakan semak, bercabang dari dekat tanah dengan pertumbuhan mencapai tinggi 25 m.

Daun-daun terletak selang-seling, berbentuk lonjong yang kadang berlekuk, berambut halus, dan berwarna beda pada sisi atas dan bawah.

Jenis Tanaman Bonsai Melati

Bunga Melati, menjadi salah satu tanaman bonsai yang digemari di Indonesia. Bahkan, di rumah-rumah pecinta bonsai, tanaman melati dalam bonsai ini ditanam dalam pot dengan ukuran mini.

Tak jarang kita jumpai menjadi tanaman hias di meja pada ruang tamu untuk menghadirkan kesan asri dalam ruangan. Melati akan mengeluarkan aroma harum, terutama yang warna putih.

Jenis Tanaman Bonsai Sancang

Tanaman Sancang memiliki bentuk daun yang kecil dan bulat, warnaya hijau mengkilap, ukuran daunnya tebal. Tanaman sancang mudah ditemui di Indonesia, dan kini dihadirkan menjadi salah satu jenis tanaman bonsai yang diminati.

Jenis Tanaman Bonsai Anting Putri

Nah, tanaman Anting Putri dikenal dengan nama latin Wrightia religiosa. Tanaman ini merupakan tumbuhan berbunga yang mempunyai daun hijau kecil dengan warna bunga yang putih seperti melati kecil.

Tanaman anting putri hidup pada beberapa habitat asli di kawasan tropis Australia, Asia, dan Afrika. Bonsai anting putri banyak dijadikan tanaman penghias rumah.

Di Indonesia, tanaman bonsai Anting Putri termasuk langka, maka tak heran harga jual tanaman bonsai anting putri sangat tinggi. Anting putri pun masuk kategori tanaman bonsai termahal di Indonesia.

Selain itu, ada juga jenis-jenis tanaman bonsai di Indonesia yang menarik dan sangat indah untuk dijadikan tanaman hias di rumah. Namun, kelangkaannya membuat beberapa jenis tanaman bonsai ini menjadi mahal.

Misal seperti Tanaman Bonsai Mirten, tanaman bonsai Mustam, bonsai pohon Nam-nam, bonsai Pilang, bonsai serut, bonsai Siantho, bonsai Sisir, dan jenis bonsai lainnya. Cek artikel jenis tanaman bonsai langka lainnya di tautan artikel tersebut.

Nah itulah informasi yang bisa dibagikan tentang jenis-jenis tanaman bonsai di Indonesia yang terbaik, dari harganya yang murah hingga termahal, bahkan menjadi tanaman bonsai terlangka. Semoga bermanfaat. Ikuti terus artikel lainnya di ayobudidaya.com.

Baca: 7 Jenis Ikan Mas Konsumsi di Indonesia

Baca: 5 Ide Agrobisnis di Perumahan dengan Lahan Sempit

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *