jenis durian cepat berbuah

Jenis Durian Cepat Berbuah dan Tipsnya

Ayobudidaya.com – Jenis Durian Cepat Berbuah berikut ini adalah jenis-jenis pohon durian yang paling disukai untuk ditanam, baik di kebun maupun di perkarangan rumah.

Sebab, pohon durian tersebut merupakan jenis durian cepat berbuah. Dan setiap yang menanam durian tentu ingin pohon durian yang ditanamnya cepat berbuah.

Maka segala cara dan upaya dilakukan, dari cara agar pohon durian tidak tinggi tapi berbuayh lebat, sampai-sampai ada teknik budidaya pohon durian pendek berbuah lebat juga yang bisa kita pelajari.

Selain itu ada juga dengan menggunakan bibit pohon durian yang berkualitas, seperti menggunakan jenis jenis durian unggul untuk dijadikan bibit, contohnya menggunakan varietas durian kani, montong, dan sebagainya.

Nah kita akan bahas jenis jenis durian berbuah lebat itu di bawah ini, di antaranya simak penjelasan tentang pohon durian selengkapnya di bawah ini:

Klasifikasi & Morfologi Jenis Durian Cepat Berbuah di Indonesia

jenis durian cepat berbuah
jenis durian cepat berbuah

Nama latin durian adalah Durio Zibethinus. Pada umumnya, durian dikenal dengan penamaan duren. Untuk daya tahan hidup, pohon durian merupakan tumbuhan tropis yakni seperti di wilayah Asia Tenggara. Adapun klasfikasi ilmiahnya sebagai berikut:

  • Kerajaan: Plantae
  • (tidak termasuk): Angiospermae
  • (tidak termasuk): Eudikotil
  • (tidak termasuk): Rosidae
  • Ordo: Malvales
  • Famili: Malvaceae
  • Genus: Durio
  • Spesies: D. zibethinus

Morfologi Durian sendiri, buah durian merupakan famili Malvaceace atau bertipe kapsul atau bentuk bulat, bulat telur dan lonjong memanjang hingga 25 cm, serta memiliki diameter sampai 20 cm.

Diketahui di Indonesia ada 20 spesies jenis durian yang berasal dari Durio Z. Untuk spesies ini secara gelobal ada 30 jenis dan 9 yang bisa dimakan.

Jenis Durian Cepat Berbuah

jenis durian cepat berbuah
jenis durian cepat berbuah

Adapun jenis durian cepat berbuah di antaranya seperti berikut ini:

1. Durian Montong

Durian montong bukanlah durian lokal, melainkan jenis durian cepat berbuah yang berasal dari Thailand. Namun di Indonesia sudah tidak asing lagi, dan sangat digemari. Bahkan sudah ada banyak budidaya durian montong di Indonesia.

Sebab, rasa duriannya yang manis dan daging buah yang tebal, serta biji durian yang kecil, semakin mempopulerkan durian montong sebagai durian yang populer dikalangan pecinta durian.

Di Indonesia sudah banyak yang menanam jenis durian monton ini, jadi tak perlu lagi mendatangkan dari Thailand. Dan varietas yang ditanam juga tak kalah enak.

Kendati demikian, harga buah durian montong memang sedikit mahal. Harga durian montong mencapai Rp50 ribu sampai ratusan ribu rupiah per buahnya.

Di beberapa rumah tangga, dengan lahan yang sempit, durian montong menjadi tanaman buah dalam pot. Ini juga strategi agar pohon durian tidak tinggi.

2. Durian Tembaga

Durian tembaga juga termasuk jenis durian cepat berbuah. Durian tembaga tak kalah seperti durian montong yang sangat digemari di Indonesia. Durian tembaha memiliki daging buah durian yang kuning mirip tembaga.

Durian tembaga juga salah satu jenis durian yang tak hanya dikenal cepat berbuah, tapi berbuah lezat dan sangat digemari di Indonesia.

Durian ini adalah durian varietas asli Indonesia yang memiliki daging buah yang tebal dengan biji yang tipis. Aroman buah durian ini pun sangat harum.

Untuk menikmati durian ini banyak ditemui di Pulau Sumatera, apalagi Kepulauan Riau. Ukuran durian tembaga juga lumayan besar, karena bobotnya dapat mencapai 3,5 kg.

3. Durian Bokor

Ada lagi jenis durian cepat berbuah asli Indonesia, namanya durian bokor. Jenis durian ini berasal dari Majalengka. Nama lagi durian bokor adalah durian aden.

Untuk soal rasa dan aroma tak kalah dengan duren ternama lainnya. Apalagi, untuk durian bokor ini tak hanya dikenal durian yang panennya cepat seperti durian monton. Tetapi juga daging buah durian bokor berwarna kuning dan dagingnya sangat tebal.

4. Durian Petruk

Ada lagi nih, jenis durian cepat berbuah asli Indonesia. Namanya saja sudah durian Petruk. Tapi durian ini sudah dikenal dan populer di tahun 80-an, dan yang menemukannya juga Pak Petruk asal Jepara, Jawa Tengah.

Sehingga, durian ini dinamakan durian Petruk. Durian ini tak hanya di jual di dalam negeri, tetapi juga di mancanegara. Dan di Pulau Jawa durian jenis ini banyak diburu.

Ciri-ciri durian petruk memiliki bentuk telur terbalik dan bawahnya agak runcing. Selain itu memiliki kulit buah yang tipis, yakni antara 3 mm. Selain itu, warnanya hijau kekuningan.

Durian ini memiliki daging buah berwarna kuning, dan seratnya halus, agak lembek, serta memiliki rasa yang sangat manis, tetapi aromanya tak begitu menyengat. Dalam per buah durian ada 5-10 biji.

Per pohon juga menghasilkan 50-150 buah. Bobot buah durian di angka kisara 1 – 1,5 kg. Bahkan benar-benar jenis durian cepat berbuah, karena dapat mulai berbuah pada umur 2-3 tahun setelah masa tanam.

5. Durian Merah

Sesuai namanya, durian merah, warna daging durian ini pun berwarna merah. Durian ini berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur. Rasanya manis dan bobotnya dapat mencapai 2,5 kg per buah.

Durian merah juga ini terkenal di Ambon. Bahkan di sana banyak penjual setiap musim panen di pinggir jalan. Durian ini terkesan unik karena warnanya yang merah merona.

6. Durian Matahari

Salah satu jenis durian yang memiliki varietas unggul asli Indonesia. Namanya durian matahari. Bahkan, bibitnya kini mulai di ekspor ke luar negeri.

Dari namanya saja uniknya, penasaran apakah benar rasa lezat dan masa panennya juga cepat.

7. Durian Sidodol

Jenis durian cepat berbuah ini sangat terkenal di Kalimantan. Dan termasuk durian yang popuyler karena daging buah yang tebal dan rasanya yang manis.

Jika merawat dan menanamnya baik dan benar, maka bukan tak mungkin bahwa pohon durian ini akan menghasilkan hasil yang berkualitas.

Maka tak salah jika ada banyak upaya menanam buah durian ini. Bahkan di rumah-rumah. Sampai sampai dibuat pohon bonsai durian. Cara membuat bonsai durian simak artikel berikut ini:

Baca: Bonsai Durian, Solusi Agar Pohon Durian Tidak Tinggi

Ada beberapa cara lain yang bisa kita lakukan untuk menghasilkan jenis durian cepat berbuah di antaranya adalah dengan bonsai durian. Tampilan boleh pendek tapi dapat menghasilkan buah durian yang tak kalah nikmatnya. Atau dengan cara beberapa berikut ini:

Tips Agar Pohon Durian Cepat Berbuah

jenis durian cepat berbuah
jenis durian cepat berbuah

Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan agar pohon durian cepat berbuah, seusai masa tanam bibit pohon durian, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sebelum pindahkan bibit ke media tanam, sebaiknya pada media tanam diberi lubang dan diberi pupuk TSP dan fosfor.
  2. Dosis penggunaan pupuk TSP dan fosfor kurang lebihnya 2 sendok makan atau sebanyak 20 gram, tujuannya untuk mengoptimalkan akar pohon durian.
  3. Berikan juga Furadan kurang lebihnya sebanyak 2 sendok makan, tujuannya untuk mencegah tumbuh kembangnya bakteri pantogen.
  4. Tanam bibit durian varietas unggul dan berkualitas di media tanam dengan cara dibenamkan.
  5. Selanjutnya dalam perawatan dengan memberikan pupuk secara teratur, yakni, 2-3 kali dalam setahun agar pertumbuhan optimal.

Cara Pemupukan Pohon Durian Agar Cepat Berbuah

Cara membaut durian cepat berbuah adalah dengan memperhatikan pemupukan durian yang digunakan, baik waktu maupun jenis pupuk dan dosis yang diberikan. Ada beberapa tahap pemupukan durian yang bisa dilakukan di antaranya adalah:

  1. Pemupukan dilakukan pada umur 3 bulan setelah tanam. Pupuk yang digunakan adalah pupuk NPK. Cara pemberiannya dengan membuat lubang keliling tanaman, lalu taburkan pupuk NPK 100 gram per pohon.
  2. Pemupukan kedua umur 6 bulan setelah di tanam. Cara pemupukan sama, hanya beda dari pemberian dosis pupuk NPK yakni lebih banyak sebanyak 200 gram.
  3. Pemupukan ketiga saat masa tanam berumur 1 tahun, caranya sama namun dosis yang diberikan yaitu sebanyak 150 gram. Pemupukan selanjutnya dapat dilakukan setiap 6 bulan sekali yakni dengan penggunaan dosis pupuk 100 gram.

Baca Juga: Cara Memilih Durian : Matang, Kuning, dan Super Enak

Jadi kesimpulannya tentang jenis durian cepat berbuah di Indonesia ini ada banyak jenisnya yang bisa kita nikmati, dan kita tanam. Dari masing masing jenis tanaman durian di atas tentu memiliki ciri khas.

Termasuk tanaman durian di setiap wilayah. Jadi, memang sangat menarik untuk kita nikmati setiap rasa dan ciri khas buahnya di setiap wilayah di Indonesia.

Maka semakin banyak yang budidaya dan varietasnya akan semakin banyak jenis durian yang akan dihasilkan, serta bisa semakin baik produksinya.

Sama halnya budidaya apel di Indonesia yang terus berkembang. Itulah durian, cara budidaya pun tak jauh berbeda dengan cara budidaya apel.

Itulah informasi yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Ikuti terus artikel lainnya di ayobudidaya.com. Sampai jumpa. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *