harga bonsai kelapa

Harga Bonsai Kelapa, Dari Yang Murah Sampai Termahal

Ayobudidaya.com – Harga bonsai kelapa. Bonsai kelapa saat ini menjadi salah satu jenis bonsai primadona di kalangan pecinta bonsai. Sebab, peminatnya tinggi, dan harga jualnya bervarasi.

Terendah harga bonsai 2019 Rp30 ribu, namun harga bonsai kelapa termahal di Indonesia bisa mencapai Rp1 miliar. Tentunya ini masih menjadi nilai jual yang sangat memiliki potensi pasar yang besar dan terbuka lebar di tahun 2020, 2021, dan selanjutya.

Apalagi, bonsai kelapa yang dijual memiliki keunikan dari bonsai kelapa lainnya. Lebih eksotis, tak sekedar ada pada buah kelapa di luar bonsai.

Maka tak heran ada banyak yang mengusahakan menghasilkan jenis bonsai terbaiknya untuk mendapatkan nilai jual yang tinggi, dari bonsai kelapa sawit, sampai mengupayakan dapat menghasilkan bonsai kelapa gading termahal.

Maka beberapa cara dilakukan, di antaranya dengan cara mengecilkan daun bonsai kelapa, atau dengan cara menyayat bonsai kelapa. Bahkan ada yang menggunakan cara menyayat tunas bonsai kelapa.

Hal ini untuk menghasilkan jenis bonsai kelapa juara, dan berharap dapat menciptakan bonsai kelapa termahal di Indonesia.

Jenis Jenis Bonsai Kelapa

Berikut ini adalah potensi potensi pohon kelapa yang dapat dijadikan bonsai dan memiliki harga jual tinggi di pasaran. Sebab, peminat jenis bonsai kelapa yang satu ini juga besar.

Apalagi, bentuk fisik unik dan sesuai kriteria yang diinginkan pembelinya. Terlebih harus diakui, bahwasannya, bonsai kelapa adalah salah satu jenis tanaman bonsai di Indonesia terbaik dan cukup populer. Di antaranya, sebagai berikut:

  1. Bonsai pohon kelapa gading,
  2. Bonsai kelapa hibrida mungil,
  3. Bonsai kelapa hijau,
  4. Bonsai kelapa sawit.

Dan berikut yang bisa kita pelajari tentang cara membuat bonsai dari salah satu jenis di atas:

Baca : Cara Membuat Bonsai Kelapa Gading Tampil Eksotis

Harga Bonsai Kelapa

Mari kita cek, berapa harga bonsai kelapa di Indonesia? Bahkan, karena menjual bonsai, ada seorang teman saya berhenti dari pekerjaanya sebagai seorang guru.

Awalnya ia hanya mencoba sebagai usaha sampingan. Sampai besar, dan kerap ikut kontes, saat ini ia kerap diminatkan jenis jenis bonsai kelapa oleh konsumennya.

Berikut daftar harga perkiraan yang disampaikan teman saya tentang harga bonsai kelapa yang bisa kita bawa pulang.

  1. Bibit bakalan bonsai kelapa gading harganya lumayan terjangkau kira-kira Rp 50ribu – Rp 100rb Per Polybag
  2. Bibit bakalan bonsai kelapa hijau, harganya kira-kira Rp 30ribu – Rp 70ribu Per-polybag
  3. Bonsai kelapa gading jadi, harganya berkisar kira-kira Rp.2,5 juta – Rp 10 juta
  4. Bonsai kelapa hijau jadi, kira-kira Rp.1,5 juta – Rp 5 juta
  5. Bonsai kelapa gading berbuah, biasanya harga bonsai ini berkisar antara Rp. 10 juta – Rp.25 juta
  6. Bonsai kelapa hijau berbuah, memiliki harga fantastis kira-kira Rp. 5 juta – Rp.15 juta
  7. Bonsai kelapa juara, harga bonsai ini cukup fantastis, berkisar Rp.20 juta – Rp. 1 milyar

Itu harga harga yang bisa kita perkirakan. Namun harga ini masih terus berubah. Sama seperti seni tak dapat ditebak. Silakan langsung dicek ke para penjual bonsai kelapa.

Dan selanjutnya adalah cara membuat bonsai kelapa jika kita ingin membuat bonsai sendiri.

Cara Membuat Bonsai Kelapa

Ada beberapa hal yang bisa memulai untuk membuat bonsai kelapa. Di antaranya adalah Baca: 8 Langkah Penting Cara Membuat Bonsai Kelapa.

Di artikel tertaut di atas, telah dijelaskan bagaimana cara membuat bonsai kelapa, dari bonsai kelapa gading miring, cara membuat bonsai kelapa media air, cara membuat bonsai kelapa dari awal, cara menyayat tunas bonsai kelapa, cara mengecilkan daun bonsai kelapa, cara menyayat bonsai kelapa, bonsai kelapa pemula, sampai ke bagaimana cara membentuk akar bonsai kelapa.

Dan ada beberapa cara yang pada akhirnya bisa membuat nilai jual bonsai kelapa semakin tinggi dan semakin diminati konsumen:

1. Bibit Bonsai Kelapa Berkualitas Super dan Unggul

Pertama, pastikan bibit bonsai kelapa berkualitas super dan unggul. Karena bibit yang bagus akan menghasilkan pohon bonsai yang bagus.

Untuk itu, pilihlah buah kelapa yang berukuran sedang, karena ukuran yang terlalu besar atau terlalu kecil bonsai yang dihasilkan tidak seimbang dengan pohonnya.

Untuk keunggulan bonsai kelapa, cobalah menggunakan jenis kelapa gading susu, gading merah, dan kelapa albino. Karena tidak sembarang kelapa dapat dijadikan bonsai.

2. Menentukan Posisi Batok Kelapa

Ada beberapa cara dalam menentukan posisi pada batok kelapa. Di antaranya adalah untuk membentuk pola pola bagaimana batok kelapa ini tampil indah ketika dibonsai.

Ini adalah salah satu langkah penting yang pada akhirnya membuat bonsai kelapa menjadi mahal. Sehingga beberapa cara diupayakan. Salah satunya agar kelapa cepat bertunas.

Hal yang bisa dilakukan adalah meletakkan di atas tanah yang memiliki banyak kandungan air. Pertumbuhan tunas akan terjadi selama 1-2 minggu.

Jika menginginkan batok dengan bentuk dilingkari akar, maka kita bisa meletakkan batok dengan posisi vertikal. Letakkan pada posisi horizontal jika menginginkan batok yang berbentuk siput. Usahakan posisi batok tidak terlalu menancap pada tanah.

3. Cara pengupasan bonsai kelapa yang baik dan benar

Cara ini juga menjadi sangat penting untuk menghasilkan jenis bonsai kelapa termahal. Di antaranya, setelah tunas kelapa muncul, kupaslah kulit kelapa menggunakan pisau secara perlahan.

Selanjutnya lakukan potong miring sepertiga bagian belakang buah kelapa. Sayat dari bagian tunas ke bagian belakang kelapa, hati-hati menggunakan pisau agar tidak sampai menyentuh batok.

Kemudian, kupas sabut kelapa secara perlahan sampai bersih, pengupasan dapat dibantu dengan menggunakan tang. Hati-hati, jangan sampai mengenai akar dan batok kelapanya, karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan (kematian).

4. Cara menanam bonsai kelapa

Faktor dan langkah selanjutnya tak kalah penting. Ini masuk pada bagian cara menanam bonsainya. Ada beberapa proses penanaman bonsai kelapa yang harus dilakukan, di antaranya:

  1. Siapkan pasir, tanah, dan pupuk kandang sebagai media tanam dengan perbandingannya 2:1:1.
  2. Siapkan kepala botol plastik untuk mencapai pertumbuhan tunas secara cepat, dengan cara memotong bagian atas botol plastik sekitar 5 cm dan tutup bagian atas tunas.
  3. Kemudian, letakkan bibit kelapa secara perlahan dengan posisi horizontal di atas tanah, usahakan akar berada di dalam tanah.
  4. Potong daun yang belum terbuka agar tidak tumbuh ke atas.

5. Cara Merawat Bonsai Kelapa

Setelah menanam, jangan lupa bonsai untuk dirawat. Beberapa di antaranya agar harga tetap bagus dan mahal. Perawatan pada tanaman bonsai yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan penyayatan dan buang tunas yang sudah tua secara berkala agar ukuran bonsai tetap kecil.
  2. Sayat tunas bagian paling bawah jika tunas sudah mencapai tinggi 15-20 cm.
  3. Hindari penyayatan pada tunas yang masih muda karena akan menyebabkan pembusukan. Lakukan minimal 3 kali sekali.
  4. Siramlah tanaman bonsai mengunakan air biasa atau lebih baik dengan air garam cukup sehari sekali.

Selengkapnya : Cara Membuat Bonsai Kelapa dan Harganya

Sekian yang bisa kita pelajari tentang harga harga bonsai kelapa. Tentu agak sedikit kaget ya ada harga yang mencapai Rp 1 miliar. Ini artinya banyak cara cara yang dapat dikerjakan untuk bisa memaksimalkan harga jual.

Tentunya metode cara membuat bonsai kelapa ini juga sangat menentukan harga kedepannya. Sekian. Semoga bermanfaat. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *