Cara Pemupukan Jagung Bisi 18

Cara Pemupukan Jagung Bisi 18 Agar Hasil Panen Melimpah

Cara Pemupukan Jagung Bisi 18 – Dalam melakukan pemupukan kepada tanaman jagung tentunya harus diperhtiungkan secara tepat, baik takaran pupuk yang akan digunakan maupun metode pemupukan yang dilakukan.

Begitu juga dengan cara pemupukan jagung Bisi 18, maupun pemupukan jagung pioneer, pupuk jagung manis dan jenis jagung lainnya. Hal tersebut juga nantinya akan berpengaruh pada pupuk apa yang akan digunakan.

Jadi apakah nantinya pemupukan jagung dengan NPK, pemupukan jagung dengan phonska, dan ataukah yang digunakan adalah pupuk cair untuk jagung. Tentu dalam melakukan pemupukan ini, petani juga harus memahami pupuk dasar jagung itu apa? Sehingga dalam melakukan pemupukan tepat guna.

Nah untuk itu, ayobudidaya.com kali ini akan bahas tentang bagaimana cara pemupukan jagung bisi 18? Seperti pertanyaan pada umumnya, bagaimana cara pemupukan jagung bisi, lalu, ada juga apakah sama cara pemupukannya untuk jenis-jenis jagung bisi.

Misal jagung bisi 228, jagung bisi 226, maupun jagung bisi 18. Dan bagaimana dengan cara menanam jagung bisi 18 yang benar? Hal-hal tersebut tentunya secara sederhana harus dipelajari. Begitu juga tentang kekurangan bisi dan kelebihnya bisi. Dan bahkan ada juga yang bertanya tentang cara membuat bibit jagung bisi. Untuk pertanyaan cara membuat bibit jagung, silakan baca artikel tertaut di bawah ini:

Baca Juga: Cara Membuat Bibit Jagung Unggul

Nah, saat ini yang harus dipelajari adalah bagaimana dengan penggunaan jagun bisi 18 bisa mendapatkan hasil panen jagung per hekatar yang melimpah. Nah tentunya hasil panen jagung per hektar juga bisa dipengaruhi dengan cara pemupukan jagung bisi 18. Berikut informasinya:

Cara Pemupukan Jagung Bisi 18

Berikut ini informasi tentang cara pemupukan jagung bisi 18, dari pupuk jagung untuk buah, maupun untuk batang pertumbuhan:

Dalam cara pemupukan jagung bisi 18, apabila tanah yang akan ditanami tidak menjamin ketersediaan hara yang cukup, maka pemupukan harus dilakukan. Namun dengan dosis pupuk yang tepat, sesuai dengan dosis yang dibutuhkan tanaman jagung itu sendiri.

Karena dosis pupuk yang dibutuhkan tanaman juga faktor pendukungnya bergantung dengan kesburan tanah serta pupuk yang diberikan pun harus dilakukan secara bertahap.

Maka ada anjuran dosis pemupukan jagung dengan menggunakan Urea, rata-ratanya 200 – 300 kg per ha, TSP=75-100 kg/ha dan KCl=50-100 kg/ha.

Cara Pemberian Pupuk Pada Tanaman Jagung

Adapun cara pemupukan jagung bisi 18 dan dosis pemupukan untuk setiap lahan tanaman jagung per hektar:

  • Pemupukan dasar: 1/3 bagian pupuk Urea dan 1 bagian pupuk TSP diberikan saat tanam, 7 cm di parit kiri dan kanan lubang tanam sedalam 5 cm lalu ditutup tanah;
  • Pemupukan Susulan I: 1/3 bagian pupuk Urea ditambah 1/3 bagian pupuk KCl diberikan setelah tanaman berumur 30 hari, 15 cm di parit kiri dan kanan lubang tanam sedalam 10 cm lalu di tutup tanah;
  • Pemupukan Susulan II: 1/3 bagian pupuk Urea diberikan saat tanaman berumur 45 hari.

Atau dnegan penggunakan pupuk organik pada tanaman jagung. Pemupukan dnegan pupuk organik, baik pupuk kandang maupun pupuk kompos pada tanaman jagung dibutuhkan pupuk sebanyak 20 ton/ha.

Jadi jika mengkolaborasikan antara pupuk organik dan pupuk an-organik di atas, yakni, pupuk dasar diberikan sebelum tanam atau bersamaan tanam, rinciannya: 20 ton / ha pupuk organic, 100 kg / ha Urea, 100 kg TSP, dan 50 kg/ha KCl.

Pemberian pupuknya dengan membuat larikan atau ditugalkan kemudian ditutup kembali dengan tanah dengan jarak 10 cm dari garis tanam atau lubang tanam.

Selanjutnya dalam pemberian pupuk susulan diberikan 3 minggu setelah tanam berupa Urea 100 kg/ha, selanjutnya pemberian pada pupuk kedua diberikan pada tanaman berumur 5 minggu sejumlah 100 kg Urea/ha.

Catatan: Perlu diketahui, bahwasannya dalam dosis pemberian pupuk pada tanaman jagung di setiap daerah berbeda-beda, hal ini dikarenakan tergantung dengan kondisi dan struktur tekstur tanah.

Tetapi memang secara umum dosis pemupukan untuk setiap hektarnya adalah pupuk urea 200-300 kg, pupuk TSP/SP 36 sebanyak 75-100 kg, dan pupuk KCl sebanyak 50-100 kg.

Baca: Penyakit Pada Tanaman Jagung yang Harus Diatasi

Baca: Hama Tanaman Jagung Berikut Cara Jitu Mengatasinya

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *