cara menanam pohon durian pendek dan berbuah lebat

Cara Menanam Pohon Durian Pendek dan Bebuah Lebat

Cara Menanam Pohon Durian Pendek sebenarnya susah susah mudah. Tapi tenang, pembudidaya pemula tak perlu khawatir. Karena ayobudidaya.com akan memberikan artikel/makalah tips dan cara budidaya tanaman durian atau duren ini dengan lengkap.

Karena cara menanam durian ini memang butuh ketekunan. Apalagi kalau berbicara tentang pohon durian pendek. Intinya adalah memastikan pertumbuhan agar pohon durian tidak tinggi.

Nah beberapa dari pembudidaya bahkan sudah memikirkan tentang pohon durian bonsai. Jadi meski cara menanam durian cangkokan, biji, ataupun sambung susu/stek, itu bisa dilakukan bonsai, memastikan pohon durian pendek.

Atau cara menanam pohon durian pendek yang lebih mudah adalah memastikan varietas pohon durian. Contoh varietas durian pendek asli varietas Indonesia adalah, durian bawor.

Coba silakan baca, artikel terkait tentang budidaya durian bawor yang baik dan benar:Budidaya Durian Bawor dan Analisa Keuntungannya.

Jika sudah mengenak varietas durian bawor ini pasti yang tak suka durian jadi suka. Rasanya sama seperti durian montong dan durian musangking. Atau jenis jenis durian unggul lainnya baik di Indonesia maupun luar negeri.

Aroma durian – durian pohon pendek ini tetap wangi. Namun wanginya enak dan lembut. Makanya tak heran, budidaya durian bawor salah satu jenis pohon durian pendek di Indonesia sudah banyak yang menanamnya. Bahkan mereka mempelajari cara-cara menanam yang baik dan benar.

Alasan Mempelajari Cara Menanam Pohon Durian Pendek

Cara Menanam Pohon Durian Pendek
Cara Menanam Pohon Durian Pendek – Pixabay.com

Nah, menyakut terkait cara menanam pohon durian baik jenis varietas pohon durian pendek, tentu metode yang baik dan benar adalah kita bisa menghasilkan produksi panen durian sebesar-besarnya.

Sehingga untung rugi budidaya durian terlihat keuntungannya yang sangat besar, ketimbang kerugian budidaya durian. Hal ini tentu menjadi yang diharapkan seluruh petani durian. Mendapatkan keuntungan budidaya durian yang telah dilakukannya.

Nah untuk memaksimalkan keuntungannya, tentu harus mempertimbangkan analisa budidaya durian yang akan dilakukan. Misal luas tanah, kebutuhan tanam durian, jarak tanam durian, hingga kita bisa memprediksi per panen menghasilkan berapa buah.

Dari analisa ini menjadi analisa usaha budidaya durian. Jika berbicara usaha, tentu akan berbicara modal dan pendapatan. Nah berbicara modal dan pendapatan tentu juga akan berbicara harga.

Nah yang harus dipikirkan lagi adalah, dengan jumlah tanam yang kecil, tapi bisa menanam banyak pohon, dan pohon tidak tinggi, tapi bisa berbuah lebat. Selain itu harga jual juga tinggi. Permintaan konsumen juga tinggi.

Sehingga, ini relevan untuk dibudidaya. Ketika panen, pasar terbuka lebar, dan peminat banyak. Sehingga petani durian tidak kesulitan menjual hasil panennya.

Selain itu, menanam pohon durian pendek merupakan pilihan yang tepat bagi pecinta durian, di luar sebagai sisi usaha atau bisnis buah durian.

Jadi, kita bisa menanam pohon durian, meski lahan yang dimiliki tidak luas. Dan dalam hal ini kita harus mengenal jenis jenis pohon durian yang bisa kita tanam. Nanti akan kita bahas di bawah ini.

Bagaimana Cara Menanam Pohon Durian Pendek Berbuah Lebat

cara menanam pohon durian pendek dan berbuah lebat
cara menanam pohon durian pendek dan berbuah lebat – Ilustrasi Ayobudidaya.com

Sebenarnya pada artikel sebelumnya penulis sudah menuliskan artikel serupa, yakni tentang Pohon Durian Pendek. Dan berbicara tentang bagaimana cara menanam pohon durian tentu ada banyak teknik yang bisa dilakukan.

Apalagi jika berbicara tentang pohon durian pendek ini. Cukup variatif yang bisa kita terapkan dalam budidaya yang bisa kita lakukan. Bahkan, informasi ini banyak bisa kita peroleh dari buku buku yang ada di toko buku.

Belum lagi jika berbicara penelitian, tugas akhir mahasiswa, skripsi, makalah, artikel dan lain-lain. Tentu ini bisa menjadi refrensi yang baik dalam kita meningkatkan kualitas menanam durian pendek.

Rata rata, kesimpulannya yang dibahas dalam itu semua yang bisa kita lakukan adalah dengan memaksimalkan penggunaan bibit durian yang berkualitas unggul dan super.

Varietasnya adalah varietas durian pendek dan tidak tinggi. Misalnya saja, kita bisa menggunakan bibit dari pohon durian cangkok. Jadi kita bisa membuatnya sendiri, agar pohon durian tidak tinggi.

Atau ketika pohon durian sudah tumbuh dewasa, kita bisa melakukan berbagai cara mengkerdilkan pohon durian tersebut. Atau bisa jadi melakukan metode memotong batang pohon durian. Ini memastikan durian tidak tinggi, dan bisa menjadi bonsai durian.

Nah berbicara bonsai durian ini, sebelumnya juga penulis sudah menuliskan secara lengkap, jika ingin dipelajari lebih lanjut silakan: Pohon Durian Bonsai.

Jadi ketika kita ditanya, apakah bisa menanam pohon durian supaya tumbuh pendek, tapi berbuah lebat, tentu jawabannya bisa. Dan kita akan mempelajari beberapa cara menanam yang sederhana untuk bisa menjadikan pohon durian pendek.

Namun tak ada salahnya hal pertama yang kita ketahui adalah jenis jenis bibit pohon durian pendek yang diminati para petani atau pembudidaya durian.

29 Jenis Pohon Durian Pendek

Adapun jenis jenis pohon durian pendek dan pohon durian yang cepat pertumbuhannya serta buahnya lebat adalah sebagai berikut yang bisa kita jadikan bibit atau dibudidaya, ini berdasarkan rangkuman perbincangan netizen di google:

  1. Durian Bawor,
  2. Durian Musangking,
  3. Durian Ochee atau bibit durian Duri Hitam,
  4. Durian Sotok Mas,
  5. Durian Monthong Super,
  6. Durian Sukun,
  7. Durian Sunan,
  8. Durian Kholil,
  9. Durian Jarum Mas,
  10. Durian Terong,
  11. Durian Ketan,
  12. Durian Sumber atau Bibit Durian Tanpa Biji,
  13. Durian Kanjo atau Bibit Durian Kan Yao,
  14. Durian Merah Banyuwangi,
  15. Durian D24 atau Bibit Durian Sultan,
  16. Durian Si Mimang,
  17. Durian Vera,
  18. Durian Menoreh Kuning,
  19. Durian Si Tokong,
  20. Durian Petruk,
  21. Durian Dibyo Mas,
  22. Durian Jambon,
  23. Durian Bokor Mas,
  24. Durian Nanas,
  25. Durian Bibit durian Plangkrongan,
  26. Durian Kendil,
  27. Durian Kanee,
  28. Durian Srikandi,
  29. Durian Pelangi Manokwari,

Baca Juga: Jenis Durian Cepat Berbuah dan Tipsnya

Namun diluar jenis durian di atas, kita masih bisa gunakan varietas bibit durian unggul lainnya, yang menurut kita adalah durian super dan berkualitas. Baik itu cangkok maupun biji.

Intinya untuk jenis bibit durian yang akan digunakan harus bagus, dan jika sudah mengetahui kualitas bibit rendahan jangan dipilih dan jangan ditanam.

Sebab apa? Kelemahan dalam pertumbuhan buah durian pendek adalah resistensi tumbu yang kurang tahan gangguan fungi. Untuk itu, petani durian harus memastikan bibit durian bagus. Bahkan pastikan bibit memiliki riwayat yang berbuah cepat.

Atau kita bisa memilih bibit durian cangkok, atau teknik seperti okulasi dan bahkan sambung pucuk atau istilah lain ada yang menyebut dengan sambung susu.

Tips Menanam Pohon Durian Pendek

pohon durian pendek
cara menanam pohon durian pendek

Tips yang bisa kita lakukan dalam menanam pohon durian pendek ini yang pertama adalah memastikan lokasi tanam sesuai. Sesuai dalam hal ini adalah kita harus tahu lahan yang akan kita gunakan untuk ditanam.

Seperti luas lahan. Selanjutnya adalah kita juga harus tahu syarat tanah yang baik untuk durian apa? Jadi kalau mau durian cepat tumbuh berkembang dan berbuah, pastikan tanah untuk menanam gembur.

Maka tak heran, jika banyak yang menanam durian adalah di perbukitan atau perkebunan yang intensitas hujannya tinggi, dan tanahnya gembur. Nah kita bisa menanam di ketinggian tempat antara 50-1000 meter.

Namun jika ketinggian tanah di bawah 50 meter, durian masih kemungkinan untuk bisa tumbuh. Namun, tentunya harus banyak pengeluaran untuk membuat tanah terus gembur dan ada rekayasa iklim untuk kebutuhan air yang tinggi.

Atau sih cara lainnya memanam dengan bibit varietas jenis durian petruk. Durian petruk cocok ditanam di dataran rendah. Sehingga bisa menjadi solusi.

Selain itu, dalam menanam pohon durian pendek ini, cara yang bisa dilakukan selanjutnya adalah perhatikan ketinggian bibit. Bibit durian yang bisa ditanam di ketinggian minimal 60 cm, dan maksimal 2 meter.

Jangan terlalu tinggi atyau besar. Karena kemungkinan terburuknya ialah pohon durian mudah stres, sebab, akar sudah ebsar juga, dan ukuran lubang tanam yang kita buat tak sesuai.

Selanjutnya, pastikan lahyan tanam durian tetap gembur merata. Jadi, hal pertama yang dilakukan sebelum menanam adalah tanah yang dicangkul untuk media tanam diberi pupuk secukupnya.

Sebelum tanam, tanah didiamkan selama satu minggu. Jika sudah 1 minggu, baru bibit durian pendek yang akan digunakan bisa ditanam dengan masing masing jarak tanam pohon durian 8 meter. Ini memastikan durian cepat tumbuh.

Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Durian

cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian
cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian

Selanjutnya cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian yang bisa dilakukan adalah salah satu metode yang bisa kita lakukan setelah memastikan sudah menanam.

Namun metode ini harus kita perhitungkan, bila perlu saat akan menanam. Mengapa demikian? Sebab, ada banyak cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian. Terlebih pada cara menanam durian untuk bisa pohon pendek dan berbuah lebat.

Cara yang bisa dilakukan pertama kali yang patut dilakukan, baik untuk mempercepat pertumbuhan tanaman durian atau agar cara menanam pohon durian pendek ini sukses adalah dengan pemupukannya.

Berikut ini yang bisa kita pelajari: Cara Memupuk Durian Baru Tanam Agar Cepat Tumbuh. Intinya memastikan media tanam harus gembur. Memiliki zat hara yang kaya dan banyak.

cara memupuk durian baru tanam
Cara Memupuk Durian Baru Tanam

Untuk itu, setelah tanam, penambahan pupuk sangat baik dilakukan di minggu pertama. Setelah satu minggu pertama, diamkan bibit pohon durian pendek yang sudah kita tanam sebelumnya.

Selanjutnya adalah merawat pohon durian pendek yang ditanam. Cara merawat tanaman durian pendek ini adalah dengan beberapa metode di antaranya:

  • Penyiraman
  • Pemupukan 2 bulan sekali.

Pupuk yang digunakan bisa pupuk organik. Atau bisa menggunakan pupuk NPK setiap tiga bulan sekali. Tapi tetap memperhatikan dosis dan kadar penggunaan pupuk.

Dalam perawatan ini yang harus juga diperhatikan adalah antisipasi dan pencegahan hama tanaman durian. Cegah sejak dini. Caranya bisa dengan menyenprotkan insektisida tanaman durian. Contoh menggunakan Furadan. Ini ditaburkan di tanah.

Cara menabur insektisida ini bisa dilakukan setiap 7 hari sekali selama 4 kali penggunaan. Nah kita bisa kembali melakukan hal yang sama setelah 4 bulan setelah pemberian sebelumnya.

Untuk penyiraman dilakukan 2 hari sekali. Ini dilakukan saat musim kemarau. Jika musim penghujan, pohon durian yang sudah ditanam tak perlu disiram. Jika ingin menyiram, lakukan sebelum matahari terbit, atau sebelum panas.

Cara Memilih Durian : Matang, Kuning, dan Super Enak

cara menanam pohon durian pendek dan berbuah lebat
cara menanam pohon durian pendek dan berbuah lebat dan matang super

Selanjutnya yang bisa kita pelajari adalah cara memilih durian yang matang, kuning dan rasanya yang enak. Caranya juga cukup mudah. Ini penting ketika durian sudah mulai dirasa panen.

Mempelajari ini adalah strategi agar jualan pohon durian tepat dan sesuai. Atau jika dikonsumsi pribadi rasanya yang diharapkan pas sesuai keinginan. Tak ada salahnya toh.

Tentunya banyak hal lainnya juga yang bisa kita pelajari dengan studi studi budidaya durian lainnya. Nah tentang duren saya rasa cukup ya. Kita akan bahas yang lebih lengkap lainnya di artikel berikutnya.

Sekian yang bisa penulis sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat. Ayo semangat menanam pohon durian pendek. Panen raya, berbuah lebat, dengan rasa durian yang enak pool. Sekian. Terimakasih. Salam.

Kaseto Efendi Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *