Cara Menanam Pohon Buah Asam dengan Mudah

Cara Menanam Pohon Buah Asam dengan Mudah

Ayobudidaya.com – Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk menanam pohon buah asam, termasuk Asem Jawa dan jenis pohon asam lainnya dengan mudah.

Bahkan pohon tersebut bisa anda jadikan bonsai. Bonsai Asam Jawa termasuk yang paling diminati. Apalagi, pohon asam jawa merupakan salah satu pohon tropis yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, dan juga kegunaan lainnya.

Jelas ini adalah salah satu pohon yang paling berguna, yang bisa kita tanam dengan mudah. Apalagi di Kerala dan negara bagian India Selatan lainnya, ada banyak faktor yang membuat tanaman itu tumbuh subur.

Jadi beragam cara menanam pohon buah asam ini akan dilakukan, termasuk dengan lahan yang kecil dan dengan cara dijadikan pohon ini miniatur sebagai bonsai.

Pohon asam ini menyerupa pohon apel. Pohon apel juga bisa dijadikan pilihan sebagai tanaman hias dari pohon buah, dan bahkan tak sedikit menjadikannya bonsai apel. Ini sama dengan bonsai asam yang akan kita bahas kali ini.

Kehadiran pohon asam, dengan metode cara aneka menanam mengingatkan kita ke beberapa jenis tanaman lainnya. Beragam cara menanam juga dilakukan.

Misalnya dari artikel sebelumnya kita pernah juga membahas tentang bonsai santigi, bonsai durian, sampai bonsai kelapa media air dan lainnya.

Ini menjelaskan dalam menanam kita tak perlu bingung luas area tanam, namun cara menanam yang baik dan kreatif dengan sedikit sentuhan ilmu yang dimiliki, maka akan menghasilkan produk dari budidaya tanaman yang menarik.

Sementara, terkait bagaimana cara menanam pohon buah asam ini dengan mudah, berikut kita bahas lebih rinci:

Cara Menanam Pohon Buah Asam

Pertama dalam menanam pohon buah asam, sebaiknya kita tentukan dulu, tanaman akan dijadikan bonsai atau tidak?  Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah media tanam.

Misalnya, tanah lempung atau berpasir, sinar matahari cerah, iklim lembab dan lain halnya adalah kondisi yang menguntungkan bagi tanaman di daerah tropis.

Umumnya, tanaman tahan kekeringan tidak dapat bertahan hidup di iklim yang sangat dingin.

Berasal dari hutan tropis Afrika Selatan, asam jawa kini populer di banyak belahan dunia. Selain kegunaan kulinernya, berbagai bagian tanaman bermanfaat bagi kita dalam banyak hal.

Namun memang dalam menanam pohon buah asam jawa, sebelum jauh ke teknis cara, kita sebagiknya memahami apa saja yang menjadi manfaat dari pohon asam jawa ini, terutama dibidang kesehatan.

Manfaat untuk Kesehatan Pohon Asam Jawa

Nama tumbuhan tumbuhan tersebut adalah Tamarindus indica. Biasanya, tanaman tahunan ini tumbuh hingga ketinggian sekitar enam puluh hingga delapan puluh kaki.

Pohon cemara ini terlihat sangat menarik dengan batang kokoh dan mahkota dahan yang terkulai. Selebaran kecil yang padat akan terlipat pada malam hari. Lebih disukai seperti mimosa, akasia, gulmohar dll.

Karena penampilannya yang cantik, pohon asam banyak dimanfaatkan di taman dan taman umum. Selain itu, ini adalah salah satu contoh terbaik dari pohon rindang. Kita bisa menemukan banyak pohon asam di kedua sisi jalan raya di selatan India.

Terutama ada dua jenis asam. Yang satu dengan buah-buahan rasanya manis, dan yang lainnya asam. Dan hampir semua bagian dari pohon asam, bermanfaat bagi kita dalam satu hal atau lainnya.

Orang membudidayakan pohon asam terutama untuk buahnya. Ini adalah salah satu sumber terkaya dari banyak vitamin dan mineral.

Manfaat kesehatan pohon asam jawa dan untuk penyedap masakan.

Kita bisa menggunakan pulp yang diekstrak dari polong seperti buah-buahan untuk membumbui hidangan. Sangat umum di Kerala dan negara bagian India Selatan lainnya untuk menambahkan asam untuk membuat hidangan.

Misalnya sambar India Selatan yang lezat dan bergizi, rasam dll. Sangat populer.

Demikian pula, sambal asam jawa merupakan salah satu lauk utama untuk mengemas makanan. Rasa nasi rebus beserta sambalnya yang dibalut dengan potongan daun pisang memang menggugah selera.

Permen imli, manisan sederhana yang dibuat dengan bubur asam dan gula, adalah nostalgia bagi banyak dari kita. Karena itulah satu-satunya hal yang kami mampu selama hari-hari sekolah kami.

Juga kita bisa menggunakan daun tanaman yang empuk untuk memasak. Sarden yang dimasak dengan daun asam jawa menjadi kombinasi yang bagus dengan tapioka. Ini benar-benar salah satu hidangan penting di Kerala.

Pohon Asam Jawa Manfaat Untuk Persiapan Obat

Sifat anti inflamasi serta anti oksidan membuatnya berguna untuk pembuatan obat-obatan. Terutama untuk pengobatan penyakit gaya hidup seperti hipertensi, diabetes, gangguan lambung dll.

Apalagi itu adalah salah satu bahan utama pembuatan obat ayurveda.

Asam jawa sebagai pengobatan rumahan

Di Kerala, kami menggunakan berbagai bagian tanaman sebagai pengobatan rumahan. Misalnya, mengoleskan pasta dari bubur asam pada luka bakar ringan dapat mengurangi keparahannya. Selain itu, pasta yang dibuat dengan daunnya dapat meredakan bengkak dan nyeri sendi akibat radang sendi.

Anda juga bisa mencoba campuran bubur asam dan bubuk kunyit untuk menghaluskan dan menghilangkan penyamakan kulit. Selain hal di atas, kayu, bubuk bijinya, dll. Digunakan untuk banyak keperluan lain.

Namun demikian, kita dapat menanam pohon asam dengan sangat mudah di tempat-tempat tropis.

Cara Budidaya dan Teknik Paling Mudah Menanam Pohon Buah Asam Jawa

Kita dapat menggunakan benih atau stek batang yang dicangkokkan untuk perbanyakan pohon asam. Cara yang paling umum adalah melalui perkecambahan biji.

Anda bisa membaca di sini tips sederhana menanam pohon asam dari bijinya. Umumnya pohon asam memiliki laju pertumbuhan yang sangat lambat.

Orang yang membutuhkan hasil yang lebih cepat selalu memilih metode vegetatif. Untuk ini kita dapat menggunakan stek yang dicangkok, serta anakan yang dihasilkan melalui tunas.

Anda juga dapat membeli berbagai varietas hibrida tanaman dari pembibitan.

Selain tingginya seperti yang disebutkan di atas, dahan-dahannya juga tersebar, menutupi area yang luas. Karenanya Anda selalu membutuhkan ruang yang lebih besar untuk menumbuhkan pohon asam Anda.

Bagaimanapun Anda dapat mempertahankan tinggi dan bentuk yang dibutuhkan, melalui pemangkasan yang tepat. Biasanya pohon asam yang ditanam dari biji mulai mekar dalam jangka waktu lima atau enam tahun.

Demikian juga dibutuhkan waktu sekitar sembilan bulan agar buahnya matang.

Cara Membuat Bonsai asam

Meskipun merupakan pohon tropis, asam jawa adalah favorit pecinta bonsai di seluruh dunia. Batang yang mencolok, daun kecil, banyak cabang, bunga dan buah-buahan yang indah menjadikan tanaman ini ideal untuk tujuan tersebut.

Tentunya kita bisa melatih pohon asam ke salah satu gaya bonsai yang dibutuhkan. Terutama seperti formal upright, informal upright, cascade, semi cascade forest dll yang merupakan gaya dasar.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda pahami tentang bagaimana cara menanam pohon buah asam, termasuk teknik sederhana menjadikannya bonsai. ***

Admin Ayo Budidaya Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *