cara menanam bunga matahari di pot

Cara Menanam Bunga Matahari di Pot

Ayobudidaya.com – Cara Menanam Bunga Matahari di Pot  adalah salah satu solusi budidaya yang bisa kita lakukan untuk lahan sempit, seperti di halaman rumah.

Baik sebagai tanaman hias, ataupun produksi biji kuaci/kwaci dalam kapasitas kecil. Terlebih untuk pembibitan agar mendapatkan bibit bunga matahari yang berkualitas.

Seperti artikel sebelumnya yang Ayo Budidaya tulis, yakni terkait cara menanam bunga matahari dari kuaci. Caranya tak jauh berbeda.

Namun kali ini Ayo Budidaya akan membahas pointnya lebih banyak tentang bagaimana cara menanam bunga matahari di Pot. Karena tak sedikit pula kesempatan dan potensi budidaya bunga matahari di Pot.

Karena kuantitas menanamnya sedikit, maka pilihlah bibit bunga matahari yang baik dan berkualitas. Baik menggunakan bibit bunga matahari lokal maupun impor dari luar negeri, seperti Jepang dan wilayah lainnya.

Cara menanam bunga matahari di Pot kita juga bisa melakukannya dengan cara menanam biji bunga matahari dengan kapas. Apalagi hanya sekedar menanam bunga matahari di musim hujan.

Bahkan dengan media tanam pot ini kita bisa mempelajari cara membuat bonsai bunga matahari. Apalagi diketahui, bunga matahari sebagai tanaman yang mudah tumbuh. Diketahui juga terdapat lebih dari 60 varietas bunga matahari di seluruh dunia.

Cara Menanam Bunga Matahari di Pot

cara menanam bunga matahari di pot
cara menanam bunga matahari di pot

Pada umumnya, ada banyak teknik perbanyakan bunga matahari yang bisa kita lakukan? Salah satunya adalah dengan cara menanam bunga matahari dengan media tanam di pot.

Namun memang, beberapa hal yang harus kita ketahui ketika akan menanam bunga matahari di pot adalah sebagai berikut:

  1. Tanaman bunga matahari dapat tumbuh subur di dataran rendah dengan ketinggian 1500 di atas permukaan laut.
  2. Saat akan menanam dalam media pot, sebaiknya gunakan campuran pasir, tanah dan pupuk kandang perbandingan 1:1:1.
  3. Gunakan benih Bunga Matahari berusia minimal 10 hari dan telah berkecambah. Agar kuat saat ditanam dalam pot.
  4. Pot yang digunakan untuk menanam bunga matahari memiliki ukuran sedang.
  5. Sinar matahari sangat dibutuhkan untuk optimal pertumbuhan. Yang bisa dilakukan adalah menempatkan tanaman di daerah terbuka, minimal 6 jam sehari.
  6. Perawatan tanaman bunga matahari cukup disiram sekali tiap 1-2 hari.
  7. Jangan terlalu sering menyiram tanaman. Bunga Matahari tidak menyukai tanah yang becek.
  8. Pastikan lubang pembuangan air berfungsi dengan baik.
  9. Pemupukan dilakukan setelah Bunga Matahari berumur 1 bulan. Berikan pupuk jenis ZA.
  10. Pemupukan ulang dilakukan pada usia 1½ bulan, berikan pupuk jenis TSP.

Tips Memaksimalkan Cara Menanam Bunga Matahari

cara menanam bunga matahari dari kuaci
cara menanam bunga matahari dari kuaci

Selanjutnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Cara di atas adalah cara sederhana. Dan berikut ini yang umum bisa kita lakukan, baik cara menanam bunga matahari di Pot maupun di lahan kebun dan perkarangan rumah.

Adapun yang bisa kita lakukan di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Pembibitan Bunga Matahari

Yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan media tanam, di antaranya tanah dan pupuk kandang atau pupuk organik. Perbadingan tanah dan pupuk 2:1
  2. Campur rata pupuk organik dan tanah yang sudah disiapkan.
  3. Media tanam yang telah disiapkan dimasukkan ke dalam tray semai atau polybag atau bisa gunakan botol plastik bekas.
  4. Semai biji bunga matahari pada tray semai (atau media tanam lainnya) dan letakkan pada tempat yang teduh atau iyup tidak terkena matahari langsung.

Di mana tempat beli bibit bunga matahari? Jawabannya ada di toko toko pertanian. Pilih bibit yang bagus dan berkualitas.

  • Pengolahan Tanah Tanam Bibit Bunga Matahari

Cara mengelola tanah untuk pembibitan bunga matahari cukup mudah. Kita bisa dengan membersihkan lahan dari sisa tanaman dan sampah-sampah. Selanjutnya gemburkan tanah menggunakan cangkul sedalam 30 cm.

Selanjutnya, buatlah bedengan bedengan panjangnya sekitar 10-15 meter, dengan lebar 100-110 cm, dan tinggi bedengan 30-40 cm. Sementara jarak antara bedengan adalah 50 cm.

Dan jangan lupa dalam pengelolaan lahan tanam ini kita bisa memberikan pupuk dasar, pupuk kandang, dan memberikan kapur.

Baca Juga: Cara Membuat Bonsai Kelapa dan Harganya

  • Pupuk Bunga Matahari

Pemberian pupuk kandang siap pakai pada tanaman bunga matahari ini kurang lebihnya 0,5-1 kg/tanaman. Aduk dan campur dengan rata dengan tanah bedengan yang telah dibuat sebelumnya. Selanjutnya didiamkan atau dibiarkan selama 2 minggu.

Baru ada beberapa hal yang juga bisa menjadi perhatian, yakni dalam Pemberian Pupuk Dasar. Jadi, jika tanah asam, maka dapat diberikan dolomit kurang lebihnya 1.5 ton per hektare.

Selanjutnya, dapat diberikan dengan pupuk dasar anorganik, yakni pupuk majemuk seperti pupuk NPK 15:15:15 dengan takaran pupuk 700 kg/ha.

Kita juga bisa memberikan campuran pupuk urea kurang lebihnya 500 kg/ha, pupuk KCL 400 kg/ha, dan pupuk SP 36. Selanjutnya pupuk tersebut disebar dan dicampurkan merata pada bedengan.

Cara Menanam Bunga Matahari dalam Pot

Media tumbuh dalam pot yang bisa digunakan adalah dengan diameter media 30×30 cm. Cara budidaya bunga matahari dalam pot cukup mudah, yakni dengan mencampurkan tanah dan pupuk kandang dengan takaran 1: 2 untuk media tanam.

Atau jika ada media tanam yang sudah siap pakai lainnya tak masalah untuk dicoba. Selanjutnya untuk cara menanam baik dalam pot ada beberapa hal yang juga bisa dilakukan:

Misalnya adalah menanam dengan memindahkan bibit bunga matahari secara hati-hati ke pot atau lahan akhir dari tray media pembibitan.

Jadi, bibit bunga matahari yang akan dipindah, terlebih dahulu disiram agar tidak pecah atau rusak ketika dikeluarkan untuk pemindahan.

Jangan lupa untuk membuat lubang tanam pada bedengan atau lahan akhir penanaman sedalam 5 cm menggunakan tugal. Pastikan bibit bunga matahari ditanam dengan keadaan tegak agar bibit tak menyentuh permukaan mulsa.

Bisa dilakukan juga beberapa hal berikut, misalnya, seperti memberikan furadan secukupnyan dan dengan menambahkan larutan AB mix sebanyak 250 ml/tanaman. Ini sebagai starter solution.

Periode Pemeliharaan Tanaman Bunga Matahari

Terakhir adalah pemeliharaan tanaman bunga matahari. Dalam hal ini, jika ada bibit yang telah dipindahkan mati atau gagal tumbuh, segera dicabut beserta tanahnya.

Selanjutnya sulam atau gantikan dengan bibit bunga matahari yang baru lainnya. Untuk penyulaman ini dilakukan ketika tanaman berusia maksimal 14 hari setelah tanam pertama.

Pemeliharaan lainnya adalah dengan membersihkan gulma yang tumbuh disekitar tanaman secara berkala. Jangan lupa juga lakukan penyiraman setiap hari atau ketika tanaman terlihat kering.

Baru dilakukan pemupukan susulan. Pemupukan susulan adalah upaya agar tanaman tumbuh secara maksimal. Kita bisa memberikan pupuk dengan cara pemupukan kocor yakni dengan menambahkan pupuk NPK sebanyak 25-30 gr per tanaman.

Pemupukan bunga matahari ini dalam pemberian pupuk susulan dilakukan 1-2 bulan umur tanaman.

Jangan lupa untuk melakukan Pengendalian Hama dan Penyakit Bunga Matahari. Setidaknya antisipasi dan penananganan ini penting dilakukan, baik sceara manual atau teknologi modern.

Ada beberapa jenis hama tanaman bunga matahari yang menyerang di antaranya adalah walang hijau, ulat dauyn, dan ulat ngengat.

Sementara jenis jenis penyakit tanaman yang menyerang tanaman bunga matahari seperti penyakit layu, virus tembakau, botryts cinerae, tepun embun, dan penyakit alternaria. Serta penyakit lain yang dapat ditemui dalam budidaya berjalan.

Maka beberapa antisipasi yang dilakukan adalah dengan melakukan beberapa cara seperti insektisida dan fungisida. Lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Baca Juga: Cara Membuat Bonsai Beringin Bagi Pemula

Itulah beberapa hal yang bisa kita pelajari tentang bagaimana caranya menanam bunga matahari di dalam Pot. Caranya yang cukup mudah dan bisa dilakukan oleh pemula.

Sekian yang bisa disampaikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian, terimakasih, salam.

Kaseto Efendi Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *