cara memupuk durian baru tanam

Cara Memupuk Durian Baru Tanam Agar Cepat Tumbuh

Ada banyak Cara Memupuk Durian Baru Tanam. Termasuk yang kali ini ayobudidaya.com akan bagikan. Pemupukan sama halnya upaya dengan cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian yang telah ditanam.

Ada beberapa macam jenis pemupukan, pemupukan sebelum pohon durian ditanam, cara pemupukan durian baru tanam, sampai pada pemupukan durian saat berbunga.

Cara memumpuk tanaman durian ini juga masing-masing jenis durian berbeda-beda dan disesuaikan dengan kualitas tanam tempat menanam durian.

Bisa saja pemupukan durian bawor berbeda dengan pemupukan durian montong. Begitu juga dengan pohon bonsai durian atau jenis durian lainnya. Kalau penulis mendengar dari teman teman bahkan ada cara memupuk durian dengan garam.

Memangnya apa sih manfaat garam untuk pohon durian? Tentu semua perlu ada analisa dan uji cobanya. Dan pada artikel berikut ini adalah bentuk bentuk upaya cara memupuk durian baru tanam agar mempercepat pertumbuhan tanaman durian.

Cara Memupuk Durian Yang Baru Di Tanam

Ada beberapa cara dan dosis pemupukan pada pohon durian yang harus kita perhatikan. Dosis pemupukan ini penting. Jadi tak sekedar cara memupuknya saja. Apalagi pohon durian yang baru tanam dan masih kecil.

Tentu perlakuannya berbeda dengan pohon durian tua dan sudah tinggi, bahkan sudah panen berkali kali. Contohnya saja pada budidaya durian bawor. Meski dinilai durian unggul, manajemen pemeliharaan, perawatan hingga pemupukannya harus tepat.

Yang harus kita ketahui kenapa pemupukan durian baru tanam itu penting dan perlu? Ada beberapa banyak faktor dan alasan. Salah satunya adalah yang utama, karena pohon durian memerlukan unsur hara yang cukup untuk pertumbuhan.

Untuk itu perlu sekali penanganan dan tata cara yang baik dalam memenuhi unsur hara tersebut. Salah satunya adalah dengan cara memenuhi unsur hara yang diperlukan, dengan cara pemberian pupuk pada tanaman durian yang baru ditanam tersebut.

Nah dalam pemberian pupuk ini setidaknya dosis yang digunakan harus tepat. Hal ini selain memperkuat unsur hara tanah pada pohon durian juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam periode pertubuhan pohon durian.

Misalnya saja, seperti, akar, batang dan daun. Dalam memenuhi kebutuhan nutrisi bagian bagian pada pohon durian tersebut, kita bisa memeberikannya dengan pupuk dasar.

Selain penggunaan pupuk dasar, seperti pupuk organik (pupuk kandang dan pupuk kompos), juga bisa diberi seperti pupuk NPK, pupuk hijau atau Bokhasi.

Perlakuan dalam pemberian pupuk tersebut juga harus sesuai dosis. Terutama pada pupuk NPK dan Bokhasi. Dalam pemberiannya bisa kita perhatikan petunjuk penggunaan pupuk.

Tata Cara dan Dosis Pupuk Pada Pemupukan Pohon Durian Baru Tanam

Adapun tata cara yang bisa dilakukan dengan memperhatikan dosis dosis penggunaan dalam cara memupuk durian baru tanam adalah sebagai berikut:

1. Cara Pemupukan Dasar Pada Pohon Durian Baru Tanam

Pemupukan dasar yang dilakukan pada pohon durian yang baru tanam dapat merangsang pertumbuhan pohon durian. Setelah baru ditanam, pohon durian bisa diberikan jenis pupuk seperti pupuk organik seperti pupuk kandang dan pupuk kompos.

Selanjutnya kita juga bisa memberikan pupuk hijau atau pupuk bokhasi. Pemberian pupuk pupuk tersebut dosisnya sekitar 30-40 kg per pohon.

Namun pemupukan ini tak sekedar ditabur gitu saja ya. Ada cara memupuknya. Cara pemupukan di awal yakni dengan cara memberikan pupuk pupuk tersebut sebelum pohon durian ditanam.

Caranya dengan menggali tanah atau lubang tanam yang akan digunakan untuk menanam bibit durian di kedalaman kurang lebihnya sekitar 50 cm.

Nah setelah dibuatkan lubang, baru pupuk pupuk organik tersebut dimasukan ke dalam lubang yang telah dibuat. Selanjutnya, setelah sudah diberi pupuk, baru benamkan bibit pohon durian di lubang yang telah dimasukkan pupuk organik tersebut.

Baru setelah itu ditutup rapat bersama batang dan akar pohon durian yang terjaga. Nah dalam hal ini hati hatiya. Jika bibit durian dilepas dari polybag pastikan akar tidak ikut terlepas.

Ulangi pemupukan dengan pupuk organik ini setiap 1 tahun sekali. Pemberian pupuk organik ini dengan dosis 50-100 kg per pohonnya. Hal ini untuk memastikan kesburan tanah tetap terjaga.

Waktu pemberian pupuk organik ini lebih baik dilakukan saat awal awal musim kemarau, atau pada waktu musim hujan terakhir saat musim penghujan.

Cara pemupukannya bisa lihat cara pemberian pupuk NPK di bawah ini, yakni dengan cara membuat parit keliling pohon durian yang nantinya ditimbun kembali.

2. Pemberian Pupuk NPK Pada Pohon Durian Baru Tanam

Nah selain pupuk organik. Pupuk kimia juga perlu digunakan pada penamanan durian ini. Mengapa harus memberi pupuk kimia pada pohon durian baru ditanam? Hal ini untuk mempercepat rangsangan dari tanaman.

Salah satu jenis pupuk kimia yang umum digunakan untuk memupuk tanaman, termasuk pohon durian adalah pupuk NPK. Memangnya apa sih fungsi pupuk NPK bagi tanaman durian, silakan baca: Fungsi Pupuk NPK Mutiara Untuk Tanaman.

Namun tentunya penggunaan pupuk NPK juga harus sesuai dengan dosisnya. Baca juga: Dosis Pupuk NPK Mutiara Untuk Tanaman.

Nah, dalam pemberian pupuk NPK ini gunanya untuk mempercepat rangsangan dari tanaman durian. Pemupukan menggunakan pupuk NPK setiap 3-4 bulan sekali.

Cara pemupukan NPK pada pohon durian baru tanam dengan cara menggali tanah berbentuk parit yang mengelilingi pohon durian yang baru ditanam.

Kedalaman lubang parit tersebut dikisaran 20-30 cm di areal tajuk pohon durian pada daun yang posisinya paling jauh dari batang.

Dan dosis yang digunakan juga 200 gram per pohon durian. Caranya disebar merata ke setiap parit yang telah dibuat. Jadi tidak boleh dipupuk secara langsung. Ulangi pemupukan ini secara berkala 3-4 bulan sekali.

3. Pemupukan Durian di Tahun ke 3

Selanjutnya memasuki umur atau usia 3 tahun pada pohon durian. Pemupukan ditambahkan pupuk NPK sebanyak 25-30% dari pemberian pupuk sebelumnya.

Hal ini untuk tetap memenuhi unsur hara pada tanah pohon durian. Karena unsur hara semakin meningkat. Cara yang digunakan sama seperti cara pemupukan sebelumnya.

Baca : Budidaya Durian Montong dan Cara Mudah Menanamnya

Nah itulah beberapa penjelasan tentang cara memupuk durian baru tanam yang bisa kita lakukan. Selain tata cara memupuk teknik budidaya juga baik untuk kita pelajari.

Ketika semua hal tersebut secara berkaitan sudah paham kita bisa melakukannya dengan baik dan benar. Semoga pohon duriannya cepat berbuah, dan cepat panen, panennya banyak, jangan lupa saya penulis ya he..

Sekian yang bisa penulis sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat. Ayo semangat menanam pohon durian. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *