cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian

Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Durian

Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Durian adalah harapan bagi semua pembudidaya pohon durian. Apalagi tentang cara pohon durian cepat berbuah lebat. Tentu ini yang menjadi perhatian kita, bagaimana sih caranya?

Untuk itu, ayobudidaya.com mencoba mengulas apa saja sih yang mempengaruhi faktor percepatan pertumbuhan tanaman durian yang kita tanam, dan pastinya bagaimana cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian tersebut.

Karena pastinya, alasan alasan orang menanam dan melakukan pembenihan bibit durian adalah agar pohon durian dapat diambil manfaatnya, yakni buahnya.

Namun tahukah kita, pada umumnya, pohon durian berbunga pertama kali di usia sekitar 8 tahun. Namun ada juga yang dapat mencapai usia 4 tahun sudah berbuah. Tentu cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian hingga berbuah inilah yang menjadi fokus kita mempelajari artikel berikut ini:

Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Durian

Dalam mempercepat pertumbuhan tanaman durian ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Misalnya saja dengan pemupukan pohon durian dengan tepat.

Misalnya saja dalam penggunaan pupuk urea untuk durian, atau pupuk organik untuk pohon durian, dan jenis pupuk lainnya, misal NPK maupun Mutiara. Tentu jenis pupuk ini diharapkan dapat memicu pertumbuhan tanaman durian yang ditanam.

Hal-hal lain dalam memacu pertumbuhan tanaman durian adalah metode yang tepat dalam cara merawat pohon durian yang masih kecil, sampai cara memumpuk durian baru tanam dengan tepat guna.

Selain itu ada juga yang menggunakan metode cara menanam pohon durian pendek. Berikut artikel yang bisa kita baca: Pohon Durian Pendek & Cara Membuatnya.

Karena kata orang-orang, pohon durian pendek, contohnya durian bawor adalah jenis pohon durian yang cepat berbuah, dan tumbuh berkembang dengan baik.

Maka ada banyak sekali yang mempelajari bagaimana cara budidaya pohon durian bawor. Setidaknya untuk jenis pohon lainnya, juga bisa serupa dengan jenis durian lokal terbaik di Pulau Jawa ini.

Tak hanya metode-metode tersebut saja. Bahkan di antaranya ada yang membuat bonsai durian. Cara selengkapnya seperti berikut: Baca: Bonsai Durian, Solusi Agar Pohon Durian Tidak Tinggi.

Metode-metode tersebut sudah ada banyak pembahasan, termasuk saya yang sudah membahasnya. Nah, setidaknya beberapa tahapan lainnya seperti ini yang bisa kita lakukan sebagai salah satu cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian.

Agar Pohon Durian Berbuah & Siklus Pertumbuhannya Cepat

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, di antaranya adalah dengan menggunakan bibit durian yang berkualitas. Cek jenis durian cepat berbuah. Itulah yang bisa kita jadikan patokan untuk menanam durian.

Selanjutnya adalah saat menanam, setidaknya kita telah memperhatikan beberapa hal termasuk iklim daerah yakni tropis dan suhu di kisaran 20-30 derajat celcius.

Selain itu, intensitas curah hujan juga diperhatikan tidak terlalu tinggi. Sebab, durian butuh banyak cahaya matahari. Untuk media tanam, misalnya seperti tanah dipastikan subur dan gembur.

Bahasa lainnya adalah kaya bahan organik. Jadi, tanah memiliki kemampuan dalam mengikat air. Selain itu, memiliki derajat keasaman tanah yang maksimal. Bahkan, memiliki kandungan air tanah dengan cukup kedalamannya.

Tak sampai disituy saja, setidaknya tanah yang digunakan juga mampu menyesuaikan dengan jenis akar durian. Karena pohon durian adalah berakar tunggang.

Untuk ketinggian dan kemiringan lokasi penanaman juga mempengaruhi faktor pertumbuhan. Pohon durian tumbuh di dataran, tumbuhnya kurang dari 800 m dpl. Bagusnya, di tanam di lahan yang rata.

Faktor – Faktor Pohon Durian Tumbuh Dengan Baik

Selanjutnya faktor faktor yang mempengarhui pohon durian tumbuh dengan baik. Ini jugalah salah satu cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian. Faktornya adalah sebagai berikut:

Pertama, dalam memilih bibit durian pastikan dari bibit vegetatif, atau setidaknya okulasi dan cangkokan. Sebab, ini dikenal baik atas serangan hama penyakit, dan lainnya.

Kedua, pengaturan jarak penanaman yang baik dan benar. Yang harus dilakukan 10-12 meter setiap pohon untuk setiap tanam. Setidaknya tidak berdempetan.

Ketiga, teknik pemotongan pucuk pohon durian atau batang pohon durian juga penting. Dalam hal ini kita harus memangkas bagian pohon durian yang dianggap kurang perlu untuk pertumbuhan munculnya buah durian.

Misalnya saja, seperti pada bagian akar dan ujung atas batas. Selain itu, agar hormon pertumbuhan fokus untuk tumbuhnya dahan pohon yang akan menghasilkan buah durian.

Keempat, yang tak boleh terlewat adalah pemeliharaan pohon durian yang ditanam. Ini menjadi bagian penting cara mempercepat pertumbuhan tanaman durian. Sebab, kita melindungi pohon durian dari serangan hama, penyakit, dan jenis jenis serangga pengganggu.

Selain itu, kita juga dapat menjadikan pohon durian buah lebih cepat dan sehat. Terakhir yang tak boleh terlewat adalah pemberian nutrisi pada pohon durian yang ditanam.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan pupuk atau bahan aktif seperti ZPT. ZPT yang bisa ktia dapatkan bermacam-macam jenisnya. Bahkan ada di Toko Pertanian.

Selain itu, pupuk yang digunakan bisa pupuk NPK dan jenis penguat buah lainnya, contohnya Power Nutrion. Sehingga pemberian pupuk dan bahan aktif ini dapat menunjang dan menguatkan pohon untuk tumbuh dengan baik hingga berbuah.

Baca Juga: Agar Pohon Durian Tidak Tinggi

Itulah tentang cara mempercepat pertumbuahan tanaman durian yang bisa ktia pelajari. Semoga saja informasi ini bermanfaat. Terimakasih. Sampai bertemu di lain waktu di artikel selanjutnya. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *