cara membuat bonsai beringin

Cara Membuat Bonsai Beringin Bagi Pemula

Ayobudidaya.com – Cara Membuat Bonsai Beringin saat ini memang menjadi fenomena yang paling banyak dicari para komunitas pecinta bonsai.

Kenapa? Hal ini karena minat bonsai semakin tinggi, khususnya bonsai beringin, saat ini harga bonsai beringin pun besar dan menggiurkan.

Bahkan ada banyak jenis bonsai beringin yang bisa kita jadikan bahan untuk membuat bonsai beringin yang cantik dan bernilai jual tinggi.

Cara Membuat Bonsai Beringin Bagi Pemula Dengan Mudah

Sebelum membuat bonsai beringin, kita perlu mengetahui apa saja jenis bonsai beringin yang akan dibudidaya, dibentuk atau bahkan dibuat.

Karena bonsai beringin ini ada banyak ragamnya. Untuk itu kita bisa mengetahui terlebih dahulu Jenis-Jenis Bonsai Beringin:

1. Beringin putih atau beringin varigata

Beringin Putih atau Ficus Benjamina L. memiliki ciri daun yang sangat unik, yaitu hijau bercorak putih kekuningan di bagian tepi daunnya.

Selain itu beringin putih memiliki khasiat bagi kesehatan, diantaranya, akar udara pada beringin putih mengandung Asam Amino, Fenol, dan gula. Sehingga dapat dijadikan obat pada Penyakit:

  • Influenza
  • Demam tinggi
  • Tonsilitis (peradangan pada amandel)
  • Reumatik
  • Memar
  • Acute enteritis (Radang usus akut)
  • Gangguan pada saluran pernapasan
  • Malaria

Selain itu, beringin putih juga memiliki kandungan kimia lain yang dapat mencegah atau menghambat pertumbuhan sel kanker, yaitu Saponin, Flavonoid, Alkaloid.

2. Beringin kimeng

Beringin Kimeng atau Focus Microcarpa adalah jenis beringin yang mudah sekali tumbuh. Perbedaan terlihat pada batang dan ranting yang terlihat lebih terang bila dibandingkan dengan beringin lainnya.

3. Beringin Dollar

Beringin dollar atau sering dikenal sebagai beringin Korea memiliki akar lebat, daun yang bertekstur kuat dan keras. Beringin ini cukup familiar di mata para pecinta tanaman hias.

Daya pikat unik dari tanaman ini mampu memberikan tawaran harga yang fantastis. Selain itu, tumbuhan ini sering digunakan sebagai pengurang kadar Karbon Dioksida (CO2) di pekarangan rumah maupun jalan raya.

Nah dari sedikitnya tiga jenis bonsai di atas. Kita baru bisa memilih dan membuat bonsai apa yang diinginkan. Dan pada umumnya langkah membuat bonsai beringin menjadi unik dan inshallah bisa menjadi juara kontes adalah sebagai berikut:

Cara Mudah Membuat Bonsai Beringin

Langkah pertama, siapkan bibit dan media tanam. Bibit bonggol dapat diperoleh dari pencangkokan pohon beringin, jika kalian tidak bisa mencangkoknya bisa membeli bonggol pohon beringin langsung.

Pilihlah bonggol yang besar karena mempengaruhi pertumbuhan beringin. Selanjutnya menyiapkan media tanamnya. Media tanam yang harus disediakan, yaitu:

  • Pot (pot yang digunakan menyesuaikan ukuran tumbuhan yang akan di tanam).
  • Pupuk organik.
  • Tanah humus dan sedikit batu kerikil kecil.
  • Gunting tanaman.
  • Kawat kecil berukuran 3 mm.

Langkah kedua, pangkas akar pada bonggol pohon beringin untuk menghindari penyempitan ruang media tanam.Selain itu, pangkas juga daun tanaman untuk melatih adaptasi tanaman sebagai tanaman hias. Pembahasan dilakukan secara rutin dan perlahan.

Langkah ketiga, tanam bonggol pohon beringin pada media tanam yang telah disiapkan. Untuk membentuk pola tanaman yang Anda inginkan lilitkan kawat yang sudah disediakan pada bonggol dan dahan pohon yang Anda inginkan.

Lilitan tersebut harus dililit sekuat mungkin agar pola tanaman cepat terbentuk. Selama proses ini berjalan, rajinlah memangkas daun yang sudah mulai rimbun.

Langkah keempat, perawatan bonsai beringin. Dalam hal merawat, poin yang perlu diperhatikan adalah asupan nutrisi (pemberian pupuk).

Nutrisi yang diberikan usahakan jangan sampai melebihi kapasitas jika tidak ingin hasil Anda sia-sia (rusak). Pupuk yang diberikan harus mengandung nitrogen, fosfor, dan potassium agar pertumbuhan bonsai beringin Anda berjalan baik.

Setelah itu, lakukan pemindahan media tanam. Biarkan tanaman bonsai Anda beradaptasi selam 2-3 minggu. Jangan beri pupuk dan letakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Setelah cukup waktu, pindahkan bonsai di tempat yang terkena sinar matahari (taman). Selalu lakukan pemangkasan dan penyiraman secara teratur.

Udah tau caranya, tapi ragu mau bikin sendiri?

Tidak sulit memang, tapi tidak pula terlalu mudah. Perlu ketelitian dan kesabaran yang ekstra dalam membuat bonsai beringin. Daripada ribet, mending cek harga terus beli aja deh. Gak tau harganya, nih..

Harga Bonsai Beringin

Harga bonsai beringin bermacam-macam, tergantung jenis dan ukuran pohonnya. Kualitas bonsai juga mempengaruhi harga, sebenarnya lebih tepat dijadikan bisnis rumahan. Apalagi dengan modal cuma-cuma mampu mendapatkan untung yang fantastis.

Cek harga dong.. Tim ayobudidaya.com selalu punya solusi, ini dia referensi harga bonsai beringin terbaru:

Harga Bonsai beringin variegata:

  • Harga Bonsai beringin variegata ukuran kecil Rp200 ribu – Rp 1,5 juta
  • Harga Bonsai beringin variegata ukuran Sedang Rp1 juta – Rp 10 juta
  • Harga Bonsai beringin variegata ukuran Besar Rp1,5 juta – Rp 20 juta

Harga Bonsai Beringin Micro:

  • Harga Bahan Bonsai beringin Micro (berdaun Kecil) Rp30.ribu – Rp 300 ribu
  • Harga Bonsai beringin Micro Rp 300 ribu – Rp 1,5 juta
  • Harga Bonsai beringin Micro sedang Rp. 1,5 juta – Rp 15 juta
  • Harga Bonsai beringin Micro besar Rp 2,5 juta – Rp 30 juta

Harga Bonsai beringin Dollar (Pisces)

  • Harga Bahan bonsai beringin Dollar Rp15 ribu – Rp 200 ribu
  • Harga Bonsai beringin Dollar kecil Rp 150 ribu – Rp 1,5 juta
  • Harga Bonsai beringin Dollar Sedang Rp750 ribu – Rp 5 juta
  • Harga Bonsai beringin Dollar Besar Rp 1,5 juta – Rp 10 juta

Harga Bonsai Beringin Kimeng

  • Harga Bahan bonsai beringin Kimeng Rp30 ribu – Rp 200 ribu
  • Harga Bonsai beringin Kimeng kecil Rp200 ribu – Rp 1,5 juta
  • Harga Bonsai beringin Kimeng Sedang Rp1 juta – Rp 10 juta
  • Harga Bonsai beringin Kimeng Besar Rp1,5 juta – Rp 20 juta

Harga Bonsai beringin biasa

  • Harga Bahan bonsai beringin biasa Rp10 ribu – Rp 300 ribu
  • Harga Bonsai beringin biasa kecil Rp400 ribu – Rp 1 juta
  • Harga Bonsai beringin biasa Sedang Rp1 juta – Rp 5 juta
  • Harga Bonsai beringin biasa Besar Rp2 juta – Rp 20 juta.

Cara Membuat Bonsai Beringin Eksotis Dalam Pot

Selain itu, kita juga bisa membuat bonsai beringin eksotis. Dan itu bisa dilakukan di dalam pot. Biasanya bonsai jenis ini untuk tanaman hias yang lebih menarik dipajang di teras rumah. Sama seperti bonsai serut.

Membuat bonsai beringin eksotis dalam pot ini juga mudah. Tidak terlalu sulit. Sama seperti yang kita jelaskan di atas. Cara membuatnya juga sudah pernah kita tulis sebelumnya seperti pada sub judul di atas.

Itulah tentang bagaimana cara membuat bonsai beringin bagi pemula yang bisa kita lakukan dengan mudah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Dan berikut ini jenis bonsai lainnya yang bisa kita pelajari:

Dan masih ada banyak lain jenis bonsai yang bisa kita pelajari. Sekian yang bisa disampaikan. Terimakasih. Semoga bermanfaat. Salam.

Rahmawati Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *