Cara Membuat Bibit Pisang

Cara Membuat Bibit Pisang Berkualitas Super

Cara Membuat Bibit PisangAyobudidaya.com akan informasikan tentang bagaimana cara membuat bibit pisang dengan cara yang sederhana namun menghasilkan kualitas pisang yang super. Sebab, bibit pisang berkualitas super akan menghasilkan buah pisang yang juga super.

Dalam membuat bibit pisang dengan sederhana sebenarnya mudah, yakni dengan memperbanyak bibit pisang dari pohon-pohon pisang yang memiliki kualitas unggul dan hasil panen buah pisang yang super.

Karena kalau menurut saya semua cara itu sama, mau cara pembibitan pisang raja, cara membuat bibit pisang kepok, kecuali melakukan cara menyilangkan pohon pisang dan cara membuat bibit pisang kultur jaringan, tentunya metodenya berbeda.

Namun, metode sederhana dalam budidaya pohon pisang dengan membuat bibit pisang hamir sama. Kita bisa melakukannya dengan mudah.

Berikut ini cara membuat bibit pisang dengan cara memperbanyak bibit pohon pisang yang berkualitas unggul dan super. Bibit pohon pisang yang disebut bibit yang baik jika ia memiliki mutu yang sehat dan menghasilkan buah yang banyak dan bagus tidak mudah terserang penyakit.

Baca Juga Artikel di bawah ini : 

  1. Kandungan Nutrisi Tanaman Pisang
  2. Cara Menanam Pisang Ambon Agar Berbuah Lebat
  3. Cara Budidaya Tanaman Pisang Dengan Mudah

Cara Membuat Bibit Pisang

Cara membuat bibit pisang untuk menghasilkan bibit sehat dalam jumlah banyak dan cepat dengan kualitas yang baik yaitu dengan perbanyakan bibit menggunakan BIT (bonggol pisang). Teknik Perbanyakan Pisang melalui Bonggol :

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, pertama adalah bibit yang digunakan. Yang digunakan untuk membuat bibit adalah, bibit bentuk kubus dari pohon yang sudah dipanen.

Jika pohon yang sudah dipanen dibongkar, kemudian bersihkan bonggol dari tanah dan akar. Jangan lupa juga untuk perhatikan mata tunas dibonggol dan pilih mata tunas yang sudah muncul dengan ketinggian mata tunas minimal 2,5 cm.

Selanjutnya, potong mata tunas ini dengan menyertakan bagian bonggol, sehingga berbentuk seperti kubus atau tahu dengan ukuran 10 x 10 x 10 cm.

Untuk mengendalikan hama dan patogen, rendam potongan-potongan bentuk kubus atau tahu ini di dalam air hangat (50OC) atau direndam dalam campuran 2 g benlate (fungisida) + 1 cc (insektisida) per liter air selama lebih kurang 15 menit.

Setelah itu diangkat dan diangin-anginkan, agar air yang tersisa dalam potongan tersebut menjadi kering. Selanjutnya, siapkan polibag ukuran 25 x 30 cm (sesuai dengan ukuran potongan bonggol).

Baca Juga: Kandungan Nutrisi Tanaman Pisang

Polibag di isi dengan tanah subur atau dicampur dengan 10% kompos (perbandingan 1 bagian pupuk kandang/kompos dan 9 bagian tanah), dapat juga menggunakan pasir, kompos dan tanah (perbandingan 1 : 1: 8).

Tanah yang digunakan tidak berasal dari bekas tanaman sakit atau terserang hama (sesuai persyaratan tanaman induk). Tanam potongan bonggol (bentuk kubus) ini dengan mata tunas menghadap keatas, kemudian timbun kembali dengan tanah + 3 cm diatasnya atau dapat juga tanpa penimbunan dengan tanah.

Penanaman dalam polibag sangat membantu ketika bibit yang dipersiapkan akan dibawa ketempat jauh. Bila tidak menggunakan polibag, cara lain adalah dengan mempersiapkan bedengan selebar 50-100 cm dan panjang secukupnya.

Kemudian tanamkan kubus tadi dengan jarak 15 – 20 cm. Perbandingan antara tanah, pupuk kandang dan pasir adalah 8 : 1 : 1, agar tanah menjadi agak remah.

Penyiraman harus dilakukan dengan hati-hati dan secukupnya. Tanah basah akan mempercepat pembusukan dan diserang hama. Setelah sekali penyiraman, bagian atas polibag ditutup/dilipat ke dalam.

Sedangkan untuk bedengan ditutup dengan mulsa jerami kering. Tiga (3) sampai empat (4) bulan kemudian, mata tunas tumbuh menjadi 20 – 30 cm dan dapat digunakan sebagai bibit.

Baca Juga: Cara Menanam Pisang Ambon Agar Berbuah Lebat

Itulah informasi yang bisa kita sampaikan tentang bagaimana cara membuat bibit pisang yang menghasilkan tanaman pisang super. Semoga saja bermanfaat. Sampai bertemu di lain artikel. Terimakasih, salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *