cara menanam pisang ambon

Cara Budidaya Tanaman Pisang Dengan Mudah

Cara Budidaya Tanaman Pisang Dengan Mudah – Tanaman pisang mudah dibudidayakan. Lalu, bagaimana cara budidaya tanaman pisang? Perlu diketahui, hampir 20 juta hektare lahan di Indonesia yang sangat cocok untuk lahan budidaya tanaman pisang. Untuk itu, kita perlu mengetahui cara apa saja dalam budidaya tanaman pisang yang dilakukan oleh banyak orang yang telah berhasil. Dalam artikel ini, kita akan bahas secara lengkap cara budidaya tanaman pisang dengan mudah.

Nah, sebelum memahami tentang bagaimana cara budidaya tanaman pisang dengan mudah, kita perlu tahu dulu nih, siapa pisang itu sebenarnya. Pisang atau yang dikenal dengan nama ilmiah Mussa spp merupakan tanaman buah dari rumpun herba yang berasal dari asia tenggara. Tanaman pisang ini menyebar hingga ke Afrika dan Amerika Serikat. Pisang adalah komoditi pangan ke empat terpenting di dunia setelah beras, gandum, dan susu. Maka dari itu, banyak negara ikut serta dalam budidaya tanaman pisang.

Di Indonesia, tanaman pisang juga sudah banyak dibudidayakan. Selain karena budidaya tanaman pisang itu mudah, hampir 20 juta hektare lahan di Indonesia sangat cocok untuk ditanami pisang dan pisang juga tumbuh dengan baik. Minat petani membudidayakan pisang juga dipicu kebutuhan diri sendiri, keluarga, dan besarnya perminataan pasar terhadap buah pisang. Tapi ada banyak pertanyaan tentang budidaya tanaman pisang dengan mudah tapi bisa berbuah banyak. Pertanyaannya di antaranya, tentang cara budidaya tanaman pisang dengan mudah seperti apa?

Cara Budidaya Tanaman Pisang
Cara Budidaya Tanaman Pisang

Kenapa di Indonesia juga banyak wilayah menjadi lahan budidaya tanaman pisang. Itu karena, di Indonesia, buah pisang menjadi primadona. Karena digunakan untuk beraneka ragam bahan dasar makanan. Minat konsumen terhadap buah pisang sekitar 45%.

Bahkan, Hengky Kurniawan membuka gerai kuliner seperti kue, yakni Banana Foster Lampung yang juga berbahan dasar dari pisang. Bahkan informasinya usaha Hengky Kurniawan dengan Banana Foster Lampung nya menggunakan hasil budidaya tanaman pisang langsung dari petani yang ada di Lampung.

Eits, hasil budidaya pisang dari Lampung tak hanya untuk kue saja loh. Bahkan, pisang di Lampung juga kerap dijadikan keripik ataupun aneka ragam menjadi oleh-oleh khas Lampung. Begitu juga pisang-pisang yang ada di setiap daerah, seperti Cianjur, Sukabumi, Cirebon, dan wilayah Indonesia lainnya. (Selengkapnya, cara membuat keripik pisang yang lezat).

buah pisang
buah pisang

Lalu, bagaimana cara budidaya tanaman pisang. Sebelum berbicara teknis tanaman pisang, lebih baik kita mengenal terlebih dahulu Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pisang. Setelah paham pisang termasuk dalam klasifikasi dan morfologi tanaman apa, kita juga perlu mengetahui manfaat dan khasiat tanaman pisang.

Dalam budidaya tanaman pisang dengan mudah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yakni, sebagai berikut: Cara Budidaya Tanaman Pisang dengan mudah, antara lain:

A. Syarat Tumbuh

Persyaratan yang harus dipenuhi agar tanaman pisang bisa tumbuh yaitu :

  1. Iklim
    1. Iklim Tropis Basah : Keadaan iklim tropis basah, lembab dan panas seperti di Indonesia sangat potensial untuk pertumbuhan tanaman pisang. Meskipun sebenarnya tanaman pisang juga masih bisa tumbuh di daerah dengan iklim subtropis. Jika keadaan kering, kebutuhan air tanaman pisang masih disuplai dari batang pisang yang banyak mengandung air. Tetapi keadaan lingkungan yang minim air berdampak kurang baik pada produktivitas tanaman pisang.
    2. Angin : Angin dengan kecepatan tinggi berdampak buruk bagi tanaman pisang. Karena mampu merusak daun sehingga akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman pisang.
    3. Curah Hujan : Tanaman pisang akan tumbuh jika keadaan curah hujan berkisar 1.5250 sampai 3.800 ml/ tahun dengan masa 2 bulan kering. Jangan sampai ada genangan air akibat curah hujan. Maka, ketinggian tanah perlu dikondisikan dengan baik.
  2. Media Tanam : Media tanam pisang harus memenuhi keriteria :
    1. Tanah dengan kadar humus tinggi : Hal ini harus diimbangi dengan pemupukan untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tanaman pisang.
    2. Cukup Air : Ketersediaan air juga perlu. Dan tanah yang terkikis tidak cocok untuk media tanam pisang. Karena kondisi tanah harus mampu meresapkan air.
  3. Ketinggian Tempat
    1. Tanaman pisang bisa tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 2.000 mdpl. Tapi paling cocok ditanam pada ketinggian 1.000 mdpl. Terutama untuk jenis pisang tanduk dan pisang ambon. Namun, tanaman tersebut bisa tumbuh di dataran rendah dengan syarat beriklim lembab, suhu udara antara 15-35 derajat celcius dan tingkat keasaman tanah sekitar 4,5 – 7,5.

B. Persebaran Tanaman Pisang

Tanaman pisang tumbuh subur di daerah yang mempunyai jangka waktu musim kemarau antara 0 – 4,5 bulan dengan keadaan curah hujan antara 650-5.000 ml per tahun. Kondisi suhu yang cocok untuk tanaman pisang berkisar antara 21 derajat – 29,5 derajat celicus.

C. Syarat Budidaya

Tanaman pisang tidak harus ditanam dengan menyediakan lahan khusus. Bisa ditanam di sela-sela pepohonan. Tapi dengan syarat yang harus dipenuhi. Yakni,

  • Setiap rumpun maksimal terdiri dari 2-3 pohon
  • kemiringan lahan di atur maksimum 45 derajat
  • lahan harus diteras, tanaman sela dan penguat teras dipelihara dengan baik dan bahan mulsa dikumpulkan di bawah pohon pisang
  • jika kesuburan tanah rendah, perlu dilakukan pemumpukan menggunakan pupuk kompos secukupnya atau dengan pupuk buatan
  • Takaran pemupukan dengan menggunakan pupuk buatan. Misal, pupuk ZA 200 g/tanaman/tahun, pupuk TSP 100 g/tanaman/tahun, pupuk KCL 150 g/tanaman/tahun.

Gimana mudahkan budidaya tanaman pisang. Jika kita mengetahui caranya, maka budidaya tanaman pisang akan terasa mudah. Karena memang, tanaman pisang merupakan salah satu tanaman yang mudah untuk dibudidayakan, khususnya di Indonesia. Varietas tanaman pisang yang banyak dibudidayakan di Indonesia, seperti pisang susu, pisang raja, pisang ambon, pisang mas, dan pisang kepok.

Meskipun tanaman pisang sangat potensial tumbuh di Indonesia, namun belum banyak petani yang membudidayakan tanaman pisang dengan menerapkan teknologi. Dan pada umumnya diterapkan secara konvensional. Padahal teknik budidaya tanaman pisang yang benar akan mampu meningkatkan produktivitas tanaman. Terlebih banyak orang yang tak memahami bagaimana cara budidaya tanaman pisang yang mudah dan praktis.

Selain itu, kita juga bisa belajar tentang Teknik Budidaya Tanaman Pisang. Semoga bermanfaat.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Komentar

    […] Hal tersebut membuktikan, banyak wilayah di Indonesia yang menjadikan pisang sebagai kuliner khas daerah dan sebagai makanan yang dijadikan oleh-oleh saat berpergian. Maka dari itu, di Indonesia banyak yang berbudidaya tanaman pisang. (Baca selengkapnya, Cara Budidaya Tanaman Pisang dengan Mudah). […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *