Cara Bonsai Kelapa

Cara Bonsai Kelapa, Menyayat dan Membentuk Akar

Ayobudidaya.comBagaimana Cara Bonsai Kelapa? Itulah pertanyaan yang sering saya dengar dari teman-teman saya ketika berbicara tentang kekayaan Indonesia, melimpahnya tanaman pohon kelapa.

Bicara cara bonsai kelapa pemula, kita tak akan terlepas juga dengan cara cara menyayat bonsai kelapa, cara menyayat tunas bonsai kelapa, cara mengecilkan daun bonsai kelapa, cara membentuk akar bonsai kelapa, dan cara menumbuhkan tunas kelapa.

Hingga, kita memahami satu per satu, tahap per tahap apa saja yang bisa dilakukan dalam membonsai tanaman pohon kelapa, baik bonsai kelapa gading, hingga bonsai kelapa tebas, dan jenis jenis bonsai kelapa lainnya.

Cara-cara ini juga yang menjadikan tanaman tanaman di pameran bonsai kelapa tampak memiliki nilai jual karena keindahan dan etniknya. Bahkan, semakin baik perakaran dan daunnya akan semakin memiliki nilai di mata para pecintanya.

Maka tak salah saat ini, ada banyak yang berupaya membudidayakan jenis-jenis bonsai ini, sebab, kelimpahan bahan baku memang tinggi di Indonesia.

Kreatifitas dengan salah satunya bonsai menjadi salah satu jalan keluar untuk menjadikan tanaman ini memiliki nilai jual yang tinggi.

Apalagi, perumahan-perumahan terus berkembang di negeri ini, sehingga, ada banyak pilihan untuk menghias rumahnya, termasuk dengan bonsai kelapa.

Masing-masing penghobi bonsai memang memiliki kriteria, tetapi ada salahnya pembonsai juga berkreasi, membentuk pola bonsai yang diinginkan, termasuk dari tanaman kelapa ini.

Kedepan memang, diharapkan ada banyak pilihan dari jenis-jenis bonsai yang diperjual-belikan, termasuk harga bonsai kelapa yang cukup bisa dijangkau.

Sama halnya dengan Bonsai Santigi, semakin pola yang dibentuk langka dan sulit, maka, tingkat harga dan kesukaan akan semakin tinggi untuk diminati.

Cara Membuat Bonsai Kelapa Pemula

Cara Bonsai Kelapa
Ilustrasi Cara Bonsai Kelapa

Bagi pemula ada banyak cara-cara yang bisa dilakukan untuk membuat bonsai kelapa. Dari cara yang tentunya paling sederhana yang bisa dilakukan.

Tahapan-tahapan membonsai yang perlu dipahami, kebutuhan akan alat dan bahan, serta kesediaan kelapa yang akan dibonsai. Sehingga, semua yang terpenuhi dengan baik akan memudahkan metode yang akan dilakukan selanjutnya.

Selain itu media menanam bonsai juga ada banyak pilihan, ada yang menggunakan media air, ada juga yang menggunakan tanah biasa pada umumnya dengan paduan tanah pupuk, dan lain halnya.

Jenis kelapa yang bisa dibonsai juga beraneka ragam, dari kelapa gading, sampai kelapa tebas, dan kelapa lainnya sesuai dengan minat penghobi, atau pelaku budidaya bonsai kelapa itu sendiri.

Contoh-contoh tanaman kelapa yang bisa dijadikan bonsai seperti:

  1. Kelapa sawit.
  2. Kelapa gading merah.
  3. Kelapa albino

Nah cara cara membonsai jenis tanaman di atas juga banyak sekali kita temui di google, dan dibuku-buku tanaman hias, dari tutorial cara membuat bonsai pohon kelapa sawit hingga ke bagaimana cara bonsai pohon kelapa gading.

Bahkan, metodenya juga ada yang berupaya membuat bonsai kelapa bercabang, agar tanaman kelapa yang dijadikan bonsai lebih menarik dan memiliki nilai jual.

Tips Membuat dan Merawat Bonsai Kelapa

Sebelum memulai langkah-langkah bagaimana cara membuat bonsai kelapa, dan metode-metode lainnya, ada beberapa hal yang bisa dipelajari. Contohnya saja bonsai kelapa gading merah.

Pada tanaman bonsai kelapa gading merah, tanaman ini memang cantik untuk menjadi tanaman bonsai, tetapi ternyata ada tingkat kesulitan dalam perawatannya.

Jadi, bonsai kelapa gading merah ini sulit untuk dirawat, kenapa, kesulitannya ini hanya dalam mempertahankan warna kemerahan dari kelapa gading tersebut.

Namun, beberapa pembudidaya yang bisa menaklukan akan menggunakan takaran pupuk yang tepat dalam periode budidayanya.

Jika kekurangan pupuk, maka tanaman kelapa gading merah yang dibonsai ini akan kekurangan zat yang tidak didapatkan dari pupuk yang diberikan.

Maka, dengan kekurangan zat tersebut, terjadilah perubahan warna kelapa gading, sehingga warnya tidak merah lagi, melainkan menjadi berwarna hijau.

Selain itu, pada metode cara membuat kelapa gading susu untuk dijadikannya sebagai tanaman bonsai juga harus diperhatikan mana yang menjadi keunggulan tanaman bonsai tersebut.

Jadi, untuk bonsai kelapa gading susu, agar bonsai terus tetap menjadi cantik, yang harus dipastikan adalah karakteristik warna putihnya.

Sehingga tanaman yang dibonsai ini juga cocok untuk menjadi tanaman hias taman untuk menjadi pengganti pohon palem. Terlebih lagi, kelapa gading susu merupakan salah satu jenis kelapa yang mudah tumbuh di daerah beriklim subtropis.

Maka, bonsai kelapa gading susu ini, tak hanya sekedar bisa menjadi pilihan sebagai tanaman hias yang dijadikan bonsai. Tetapi juga bisa menjadi pengganti tanaman palm di taman-taman.

Selanjutnya, bonsai kelapa albino, ini merupakan bonsai kelapa yang memiliki ciri yang sama dengan kelapa susu, yakni berwarna putih.

Akan tetapi, warna putih dari kelapa albino ini terlihat lebih terang dari pada yang ada di kelapa gading susu. Sehingga, sangat menarik dan unik ketika menjadi tanaman bonsai.

13 Langkah Membuat Bonsai Kelapa

Selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah mengikuti petunjuk langkah-langkah berikut dalam membuat bonsai kelapa? Yang pertama mungkin yang bisa dilakukan adalah siapkan jenis tanaman kelapa yang akan dijadikan bonsai.

Ini penting, sebelum memulai langkah membuat bonsai kelapa tersebut. Terutama bagi yang ingin membuat bonsai kelapa bercabang. Jadi, saran penulis, cari bibit yang terbaik dari pohon kelapa yang bagus dan sehat.

Pastikan, bibit dari kualitas pohon yang unggul, dan tidak ada persoalan dari permasalahan hama dan penyakit pada tanaman kelapa induknya.

Selain itu juga memastikan jenis tanaman kelapa yang dipilih untuk dibonsai mudah dalam melakukan perawatan. Sehingga, tak sekedar membonsai saja, tetapi juga bisa melakukan perawatan.

Baca juga : 8 Langkah Penting Cara Membuat Bonsai Kelapa

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya adalah sebagai berikut langkah-langkah yang paling mudah dilakukan pemula untuk membuat bonsai kelapa:

  1. Memilih bibit kelapa. Pastikan bibit bagus dan berkualitas. Bibit kelapa yang bagus dijadikan bonsai adalah tanaman yang sudah agak tua. Karena kelapa yang sudah berumur akan lebih cepat untuk tumbuh tunas baru.
  2. Menentukan posisi batok kelapa.
  3. Letakkan bibit yang belum bertunas di tanah yang memiliki kandung air dan unsur hara cukup banyak. Bibit akan tumbuh tunas selama 1-2 minggu.
  4. Letakkan batok kelapa posisi vertikal, nantinya batok kelapa akan dikelilingi akar. Atau diletakkan horizontal, nanti bentuk bonsai kelapa seperti rumah siput.
  5. Membersihkan Sabut Kelapa. Ini yang harus dilakukan, menyayat sabut kelapa atau membersihkan sabut kelapa, ketika tunas sudah muncul.
  6. Cara membersihkannya dengan cara mengupas sayatan-sayatan bujur mengitari batok. Setelah disayat dapat langsung dikupas sabut kelapa yang ada pada batok kelapa.
  7. Membersihkan bulu halus batok kelapa. Ini dilakukan ketika batok kelapa bersih dari sabut. Cara ini bisa dilakukan dengan mengamplas.
  8. Mempersiapkan media tanam bonsai. Kita bisa gunakan pot dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran kelapa. Pot yang ada diisi dengan campuran tanah, air, dan pupuk kandang. Dengan perbandingan takarannya 2:1:1.
  9. Jika pot sudah terisi, selanjutnya siapkan botol bekas air mineral untuk dijadikan penutup bagian tunas kelapa. Botol air mineral dipotong bagian atas dengan tinggi kurang lebih 5 cm.
  10. Proses menanam kelapa untuk bonsai. Ini dilakukan dengan memasukan batok kelapa bertunas ke dalam pot yang berisikan campuran tanah, air dan pupuk kandang.
  11. Cara menanam bonsai kelapa bercabang ini harap pelan-pelan.
  12. Letakkan batok kelapa dengan posisi miring.
  13. Kemudian ketika memasukkan ke dalam media tanam, jangan sampai membuat akarnya putus.

Cara Membuat Bonsai Kelapa Gading

Selanjutnya dalam membuat bonsai kelapa gading, ada beberapa hal yang bisa dipahami, setelah memahami cara cara yang bisa dilakukan di atas dari metode langkah dalam membuat bonsai kelapa.

Cara dan langkahnya tak jauh berbeda. Karena jenis kelapa di atas yang bisa digunakan juga adalah kelapa gading.  Tentunya yang harus diperhatikan adalah bibit yang digunakan harus berkualitas unggul, baik, bagus dan sehat.

Karena memang kelapa gading, terutama kelapa gading merah adalah salah satu budidaya bonsai kelapa yang paling rumit dan sulit. Namun berikut beberapa cara yang bisa dilakukan dalam periode langkah budidayanya:

1. Memilih bibit kelapa untuk dijadikan dibonsai

Langkah pertama adalah memilih dan memastikan bibit kelapa yang akan digunakan merupakan jenis bibit dari induk unggul dan berkualitas unggul, sehingga baik dam bagus untuk digunakan.

Terutama dari induk kelapa yang dipastikan sehat tidak memiliki riwayat penyakit yang berbahaya pada proses pertumbuhan tanaman.

Tak sampai disitu, untuk bibit bonsai dari tanaman kelapa ini, jangan lupa untuk memilih jenis bonsai kelapa yang sudah agak tua.

Alasan penggunaan bibit tanaman bonsai kelapa dari bonsai yang sudah tua ini akan lebih cepat untuk dapat memicu pertumbuhan tunas kelapa baru pada bonsai yang akan ditanam.

2. Menentukan posisi batok kelapa

Selanjutnya, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menentukan posisi batok kelapa. Cara ini ada yang bilang penting, karena akan mempengaruhi posisi bonsai yang baik dan bagus seperti pameran bonsai kelapa pada umumnya.

Maka tak salah sebenarnya, jika ada banyak cara yang disampaikan oleh para penghobi atau pelaku budidaya bonsai kelapa ini dalam menentukan posisi batok kelapa untuk membuat bonsai.

Ada yang menggunakan dengan cara meletakan bibit yang belum bertunas ke dalam tanah. Selanjutnya, tinggal memastikan tanah tersebut memiliki kandungan air dan unsur hara yang cukup.

Sekedar menjadi catatan, bahwasannya, bibit kelapa akan tumbuh tunas baru selama 1-2 minggu bibit untuk diadakan. Baru, tahap selanjutnya adalah tahapan peletakan posisi batok kelapa.

Jadi, bisa dilakukan dengan meletakan batok kelapa secara vertikal, nanti batok keluar akan dikelilingi akar, dan atau diletakan secara horizontal, nantinya bonsai kelapa gading ini akan menyerupa rumah siput.

3. Cara menyayat sabut bonsai kelapa untuk dibersihkan

Tahapan selanjutnya adalah menyayat sabut bonsai kelapa untuk dibersihkan. Adapun cara saat akan melakukan penyayatan sabut bonsai kelapa adalah dengan metode yang sama dengan cara membersihkan sabut kelapa pada bonsai kelapa.

Jadi, yang harus dan bisa dilakukan pada tahap-tahap saat ini adalah dengan membersihkan sabut kelapa tersebut ketika tunas sudah muncul.

Bagaimana dengan cara membersihkannya? Caranya bisa dengan mengupas sayatan-sayatan dengan teknik bujur mengitari batok kelapa.

Setelah disayat mengitari batok kelapa tersebut, baru dapat langsung dikupas sabut kelapanya. Nah, tahapan selanjutnya adalah tinggal membersihkan bulu halus yang ada pada batok kelapa.

Pada tahapan ini, jangan lupa untuk memastikan batok kelapa agar lebih bersih, jadi bisa diamplas dengan amplas yang biasa digunakan pada umumnya.

4. Menyiapkan media tanam bonsai kelapa.

Media tanam pada tanaman bonsai memang menjadi penting. Termasuk pada bonsai kelapa gading. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan ke media tanam ketika telah bertunas.

Cara menyiapkan media tanam bonsai kelapa ini, bisa menggunakan pot yang ukurannya sesuai dengan ukuran buah kelapa. Pot tersebut diisi dengan campuran tanah, air dan pupuk organik, baik itu adalah pupuk kandang maupun pupuk kompos.

Penggunaan pupuk bonsai kelapa gading ini memiliki perbandingan penggunaan 2:1:1. Nah langkah selanjutnya jangan lupa untuk menyiapkan botol bekas air mineral.

Untuk apa? untuk dijadikan penutup pada bagian tunas kelapa gading yang sedang dibonsai, dan botol tersebut dipotong pada bagian atas dengan ketinggian kurang lebih 5 cm.

5. Cara menanam bonsai kelapa gading

Bagaimana dengan cara menanam bonsai kelapa gading ini? Caranya cukup mudah. Dalam menanam pohon kelapa gading untuk dijadikan bonsai haru memasukan batok kelapa yang bertunas ke dalam pot berisikan campuran tanah, air dan pupuk.

Pupuk yang digunakan bisa pupuk kandang. Baru selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menanamnya secara perlahan, atau pelang-pelan.

Jadi, jika ada rencana untuk langsung membentuk bonsai kelapa ini bercabang, cara yang bisa dilakukan adalah dengan meletakkan batok kelapa dengan posisi miring.

Kemudian masukkan tanaman tersebut ke dalam media tanam, jangan sampai membuat akar bonsai kelapa sampai terputus. Jadi harus hati-hati.

Cara Membuat Bonsai Kelapa di Media Air

Bonsai Kelapa Media Air
Ilustrasi Bonsai Kelapa Media Air

Seperti yang penulis bilang di atas, ada banyak cara bonsai kelapa, salah satunya bonsai kelapa media air yang juga akan penulis sampaikan kali ini. Jadi ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, di antaranya:

  • Ambil bakalan kelapa seperti yang sudah anda siapkan atau pilihlah bibit kelapa yang sudah memiliki tunas.\
  • Lalu, buka serabutnya dengan secara perlahan-lahan supaya agar akar tidak terputus dan rusak.
  • Serabut yang sudah dikupas tadi jangan dibuang, karena sabut tadi dapat anda gunakan untuk menutupi kembali kelapa yang sudah anda kupas tadi.
  • Dan kemudian ikatlah dengan menggunakan tali plastik (yang berfungsi agar kelapa mampu untuk beradaptasi sedemikian waktu).
  • Selanjutnya kelapa yang sudah anda kupas sabutnya silahkan anda tutupi dengan serabut hasil kupasan tadi, tapi sebelum anda tutupi sebaiknya anda amplas saja dahulu dan anda kerok.
  • Selanjutnya jangan lupa anda siapkan media air dan wadah yang bagus ya hehe, seperti toples beling dan silahkan rendam bakalan bonsai tadi kedalam wadah yang dapat menampung air seperti ember atau kaleng cat bekas.
Baca Juga: Cara Membuat Bonsai Kelapa dan Harganya
  • Lalu isilah dengan air yang mengandung (garam, pupuk pelet untuk pertumbuhan akar dan batang, 1 sendok stimulan, dan vetsin (proses ini dilakukan agar akar dapat tumbuh lebih cepat dan memanjang).
  • Proses penyayatan tunas kelapa bonsai ini tetap dilakukan seperti biasa agar batang tidak membesar dan daun gondrong jadinya.
  • Kemudian setelah akar memanjang, bisa anda buka serabutnya penutupnya tadi.
  • Lalu kelapa dipindahkan ketempat seperti akuarium kecil atau kolam dengan membuat dudukan yang baik pas, terus dan hanya batang serta kentosnya saja berada diatas air, yang di bawah biarkan akarnya saja yang hanya terendam oleh air.
  • Proses perawatan ini sederhana, yang perlu dilakukan hanya penyayatan pada batang setiap 3 hari sekali dan menambahkan atau mengganti air seminggu sekali atau kalau air berkurang agar bonsai tidak kekurangan kambium pada nutrisi yang di butuhkan yaitu (Zat Hijau Daun) hal yang dapat menyebabkan tanaman tidak sehat.

Cara Menyayat Bonsai Kelapa

Beberapa hal yang bisa kita coba pelajari adalah tentang bagaimana cara menyayat bonsai kelapa ini. Di masing-masing metode yang digunakan di atas sebenarnya sudah dijelaskan.

Namun dapat disimpulkan beberapa cara yang bisa dilakukan dalam membentuk bonsai kelapa ini adalah dengan cara membentuk bonsai dengan memastikan ukuran yang diinginkan.

Jadi, yang harus dilakukan, ketika ini membuat ukuran bonsainya tetap kecil, yang harus dilakukan adalah dengan menyayat bagian tunas yang lebih tua.

Lalu bagaimana cara menyayat kelapa yang dijadikan tanaman bonsai kelapa? Jadi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya:

  1. Ketika bibit bonsai telah mencapai 15-20 cm.
  2. Bonsai kelapa disayat di bagian paling bawah.
  3. Saat melakukan penyayatan, cara menyayat kelapa pada bonsai perhatikan untuk tidak terkena tunas yang muda.
  4. Karena dikhawatirkan dapat menyebabkan pembusukan pada tunas kelapa. Jadi harus hati-hati dalam penyayatannya.
  5. Melakukan penyayatannya dilakukan sehari minimal 3 kali.

Harga Bonsai Kelapa

harga bonsai kelapa
harga bonsai kelapa

Tanaman bonsai kelapa ini memang sangat diminati, semakin hari tak hanya banyak pembudidaya, tetapi penghobi yang juga ingin mengkoleksi jenis aneka bonsai kelapa.

Semakin ragam, bentuk dan pola bonsai, akan semakin berbeda harga bonsai kelapa yang ditawarkan. Jika dinilai memang harga bonsai kelapa ini cukup tinggi atau mahal.

Namun ada juyga yang termurah yang bisa didapatkan jika memang tidak begitu menjadikan tanaman bernilai tinggi, atau hanya sekedar menjadi penghias taman rumah.

Jadi, bisa disebut harga bonsai kelapa ini cukup terjangkau, karena bisa di angka di bawah atau di atas Rp100 ribu per pohon bonsai kelapanya.

Atau yang termahal juga ada, bisa mencapai Rp35 juta ke atas. Tentunya semakin mahal, tanaman bonsai kelapa ini semakin banyak keunggulan yang bisa didapatkan. Tentunya bicara harga, akan tergantung kualitas bonsai dan bentuk yang dijual.

Cara Merawat Bonsai Kelapa

Nah intinya adalam membuat bonsai kelapa tak hanya sekedar budidayanya saja, tak sekedar membentuk perakaran, penyayatan, dan mengecilkan daun atau apapun metodenya.

Intinya ketika bonsai kelapa ini berdiri dan jadi, yang perlu diperhatikan adalah perawatannya. Jangan sampai, setelah bonsai kelapa ini jadi, tumbuh dan membentuk bonsai yang diinginkan tidak bisa dirawat.

Tentunya akan merusak kualitas dan harga dari tanaman bonsai kelapa itu sendiri. Maka yang bisa dilakukan selain yang dijelaskan di atas adalah tentang bagaimana melakukan perawatan tanaman bonsai?

Jadi, bagaimana cara merawat bonsainya? Caranya adalah dengan memberikan ketelitian dalam setiap tanaman yang dibonsai ini. Contohnya adalah dengan melakukan hal sederhana yang seharusnya dilakukan. Yakni, menyiram tanaman.

Jadi, dalam menyiram tanaman bonsai kelapa ini dilakukan sehari sekali, untuk menyiramnya, kita bisa lakukan di pagi hari dan bisa juga dilakukan di sore hari.

Saat musim kemarau, tanaman bonsai kelapa ini butuh penyiraman yang lebih sering dan rutin. Hal ini untuk memastikan kebutuhan akan air pada tanaman bonsai tercukupi.

Selanjutnya, cara merawat yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan tanaman bonsai tersebut pupuk. Cara pemupukan bonsai kelapa yang bisa dilakukan adalah setiap 15 hari sekali.

Pemupukan tanaman bonsai bisa dilakukan dengan cara memberikan insektisida atau herbisida. Hal ini tentunya bertujuan agar tanaman bonsai batok kelapa bisa terbebas dari serangan penyakit dan hama yang mengintai tanaman bonsai.

Jadi, pada kesimpulannya adalah ketika ditanam, dan dilakukan perawatan dengan pemukupan dan penyiraman ini kebutuhan nutrisi bonsai kelapa dapat terpenuhi dengan baik. Hal ini juga memastikan bonsai batok kelapa bisa cepat berbuah.

Itulah yang bisa disampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat dalam cara membuat bonsai kelapa bagi para pemula dengan baik dan benar, sehingga menghasilkan harga bonsai kelapa yang tinggi karena kualitas bonsai kelapanya diakui.

Itulah yang bisa penulis sampaikan, semoga informasinya dapat bermanfaat, terimakasih. Salam.

Kaseto Efendi Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *