Bonsai Serut

Bonsai Serut: Manfaat, Ciri-Ciri, Cara Menanam dan Harga

Bonsai Serut adalah salah satu jenis tanaman bonsai yang populer di Indonesia. Sebab, bonsai jenis serut adalah salah satu jenis bonsai terbaik di kalangan komunitas pecinta bonsai.

Maka dari itu, ayobudidaya.com tertarik untuk membahas tentang jenis bonsai yang satu ini, apalagi di setiap daerah kini sudah terbentuk komunitas bonsai serut sebagai wadah pecinta tanaman bonsai jenis ini.

Pohon serut yang mudah dijadikan bonsai ini merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara, seperti, Vietnam, Sri Langka, Laos, Bhutan, Nepal, Kamboja, India, Malaysia, Filipina, Thailand, dan salah satunya Indonesia.

Bonsai dari Tanaman Pohon Serut di Indonesia dapat ditemui di Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Madura, dan Pulau Sulawesi.

Selain itu bisa ditemui di Kepulauan Sunda Kecil, dan Maluku dengan hidup di ketinggian 1000 meter dpl dan dataran rendah lainnya.

Inilah sebuah tanaman favorit di dunia bonsai. Mengapa bonsai dari pohon serut menjadi primadona? Jawabannya karena pohon serut memiliki bentuk daun serut dan batang serut yang indah nan eksotis.

Kalau kata teman saya disebut tanaman yang seksi. Namun, kenapa banyak yang budidaya dan memelihara bonsai jenis ini, ini karena daun serut memiliki banyak manfaat.

Percaya tidak percaya, daun serut baik dari serut merah maupun serut terbaik lainnya. Mari kita ulas lebih lengkap satu per satu:

Jenis & Karakteristik Bonsai Serut Terbaik

Bonsai Serut
Bonsai Serut: Jenis, Karakteristik, Manfaat, Ciri-Ciri, Cara Menanam, Harga Bonsai

Baca : Jenis Bonsai Termahal

Pada artikel sebelumnya, saya sudah menuliskan tentang jenis bonsai termahal yang terkadang membuat kita cengang dan tak masuk akal, apakah dengan harga hingga puluhan juta, sebuah tanaman akan laku terjual dan ada yang membeli.

Namun, pada nyatanya bagi komunitas pecinta bonsai hal tersebut bukanlah hal yang mengagetkan, karena tanaman bonsai tetap menjadi buruan. Tergantung dari jenis-jenis bonsai yang dijual, termasuk jenis bonsai yang akan kita bahas kali ini.

Nah dalam hal ini, bonsai jenis ini juga termasuk bonsai populer dan harganya relatif mahal, namun ada juga yang murah dan dapat dijangkau oleh kantong-kantong masyarakat yang berpenghasilan menengah ke bawah.

Seperti yang kita ketahui, bonsai jenis serut ini merupakan dari sebuah pohon serut atau nama asing dari jenis tanaman bonsai ini adalah streblus asper atau Streblus Asper Lour. Sebagai salah satu tanaman famili Moraceae (nangka-nangkaan).

Selain itu, dalam bahasa Inggris, pohon serut ini juga dikenal dengan sebutan Sandpaper Tree, Siamese Rough Bush, dan Toothbrush Tree.

Baca Juga: Cara Membuat Bonsai Melati (Jasmine Mini)

Klasifikasi Ilmiah Serut. Kerajaan: Plantae. Divisi: Tracheophyta. Kelas: Magnoliopsida. Ordo: Rosales. Famili: Moraceae. Genus: Streblus. Spesies: Streblus asper Lour.

Karakteristik bonsai serut ini pun mudah tumbuh, mudah dibentuk, dan mudah dipelihara sebagai tanaman bonsai, artinya tidak sulitlah. Selain itu, bonsai ini mudah ditemui dan bukanlah salah satu jenis bonsai langka.

Ukuran tanaman bonsai jenis ini memiliki ukuran sedang, tinggi bonsai ini rata-rata 4 sampai 15 meter. Daun serutnya memiliki panjang rata-rata 4 sampai 12 centimeter.

Untuk warna batang kulit serut berwarna putih keabu-abuan. Untuk bentuk daun serut bula telur dan lonjong dengan warna hijau dengan permukaan daun yang kasar, dengan tepi daun yang bergerigi, dan ujung daun yang runcing. Selain itu bentuk pangkal daunnya meruncing, dengan tulang daun menyirip.

Sementara untuk bunga serut memiliki warna kehijauan dan kuningan. Bunga serut akan muncul di ketiak pohon serut, kepala peduncled atau paku.

Lalu untuk bunga betina akan tumbuh secara berkelompok. Buah serut memiliki warna kuning pucat, dengan bentuk bulat dan diameter pohon serut antara 8-10 milimeter.

Manfaat Bonsai Serut Bagi Kesehatan

bonsai langka
bonsai langka | Foto: Pixabay

Bonsai Serut memiliki banyak manfaat, apalagi bagi kesehatan manusia. Maka tak salah tanaman ini menjadi primadona dan disebut sebagai bonsai terbaik yang ada di Indonesia maupun di negara lain di Asia Tenggara pada umumnya, apalagi di kalangan komunitas bonsai serut.

Baca Juga: jenis tanaman bonsai terbaik di Indonesia

Misalnya saja, di Thailand, jenis tanaman bonsai ini digunakan sebagai tanaman herbal untuk pengobatan. Karena memiliki banyak kegunaan dan manfaat bagi kesehatan, baik secara mistis maupun secara fisik.

Misalnya saja kulit pohon serut dapat dijadikan kertas dari berbagai teks kuno yang ada di Thailand. Selanjutnya di sebagian tanaman pohon serut ini juga dimanfaatkan sebagai obat penyakit diare, kusta, demam, sakit gigi sampai dengan penyakit kanker.

Manfaat pohon serut lainnya adalah jika berdasarkan informasi manfaat mistisnya adalah tanaman ini memberikan aura dingin, sehingga bermanfaat sebagai tanaman yang dapat menangkal santet dan teluh.

Selain itu pohon serut tua di berbagai daerah masih dianggap sebagai salah satu jenis pohon yang kerap diisi makhluk ghaib yang angker.

Ciri – Ciri Bonsai Serut Terbaik

Adapun ciri-ciri bonsai serut terbaik adalah sebagai berikut:

  1. daun serut berwarna hijau dan bergerigi
  2. batang serut berwarna putih
  3. memiliki batang serut yang keras
  4. warna bunga serut putih
  5. warna buah serut hijau
  6. bonsai maupun pohon serut bisa berumur ratusan tahun
  7. sering mengurangi daunnya sendiri dengan cara merontokkan sebagian daunnya di saat kemarau
  8. lebih memilih daerah-daerah yang lembab dan tidak langsung terkena matahari secara langsung.

Cara Menanam Bonsai Serut

Membuat Bonsai Melati
Cara Membuat Bonsai Melati

Selanjutnya bagaimana cara menanam bonsai serut? Tentunya kita butuh tips atau cara yang memudahkan dalam penerapannya. Caranya adalah dengan beberapa langkah berikut ini:

Pertama, siapkan media tanam. Media tanam ini berupa campuran dari tanah gunung, semacam humus serta pupuk kandang baik itu kambing ataupun sapi. Perbandingan media tanam yang digunakan, antara pupuk kandang dan tanah humus adalah 1:1:1.

Kedua, gunakan bibit serut terbaik, salah satunya bisa dengan mengembangbiakan bonsai serut sendiri? Pemula bisa melakukan ini, caranya dengan cangkok maupun stek.

Namun pastikan cara mencangkok bonsai dari pohon serut atau cara stek bonsai dibutuhkan tanaman bonsai yang berusia cukup tua. Atau bisa didapatkan dari pegunungan dan di dalam hutan, tebing-tebing batu atau di kebun.

Langkah-Langkah Menanam Bonsai Serut Step By Step

Berikut ini langkah-langkah menanam tanaman bonsai jenis serut terbaik dan agar menghasilkan tanaman bonsai yang indah, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Setelah media tanam dan bibit serut di atas sudah disiapkan dengan bahan campuran antara tanah humus dan pupuk, atau campurkan pasir, dan jangan beri pupuk yang memikiki kadar panas tinggi.
  2. Selanjutnya, membuang setiap daun dan ranting yang dianggap tidak berguna.
  3. Langkah kedua, potonglah akar pohon serut yang kurang bagus.
  4. Beri perangsang akar, coba cari jenis obat perangsang akar bonsai di toko-toko pertanian dan obat-obatan yang ada di sekitar rumah anda.
  5. Silakan tanam di dalam pot yang sudah disiapkan.
  6. Setelah ditanam dengan media yang sudah ditentukan di atas, jangan lupa untuk bonsai disiram.
  7. Setelah disiram, tanaman bonsai diletakan di tempat yang teduh dan lembab.
  8. Antisipasi untuk batang bonsai mengering bisa dilakukan dengan penutupan plastik ditiap ujung batangnya.
  9. Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah ketika bonsai tumbuh, bisa melilitkan kawat ke bonsai.
  10. Selanjutnya, biarkan tanaman bonsai pohon serut berkembang sesuai dengan bentuk lilitan yang diinginkan.

Cara Merawat Bonsai Serut

Adapun tips dan cara merawat bonsai serut adalah dengan melakukan sejak proses awal penanaman maupun pembentukan bonsai.

Cara merawatnya tak jauh berbeda seperti yang dijelaskan di atas, contoh bonsai beringin, letakkan bonsai di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung namun cukup untuk bonsai berfotosintesis.

Maka ada sebagian budidaya bonsai meletakan tanaman bonsainya di kanopi. Sampai bonsai tumbuh dewasa dan kuat tersebut bisa diletakan di area yang terkena sinar matahari langsung. Tips merawat bonsai serut lainnya adalah dengan cara-cara berikut ini:

  1. Siram bonsai secara rutin.
  2. Beri bonsai pupuk yang baik dan berkualitas sesuai kebutuhan bonsai.
  3. Rajin melakukan pemangkasan pada daun serut agar tanaman bonsai dapat merangsang pertumbuhan daun yang lebih rimbun.
  4. Antisipasi terserangnya hama dan penyakit tanaman bonsai serut.

Harga Bonsai Serut Dari Yang Murah Hingga Paling Mahal

harga tanaman bonsai
harga tanaman bonsai

Baca Juga: harga tanaman bonsai

Berikut daftar harga bonsai serut dari harga bonsai termurah sampai harga bonsai termahal adalah sebagai berikut:

  • Harga Bonsai Bougenville – Rentang Harga Bonsai: Rp41.000 – Rp7.000.000
  • Harga Bonsai Beringin – Rentang Harga Bonsai: Rp5.000 – Rp20.000.000
  • Harga Bonsai Adenium – Rentang Harga Bonsai: Rp850 – Rp5.000.000
  • Harga Bonsai Azalea – Rentang Harga Bonsai: Rp10.000 – Rp99.000
  • Harga Bonsai Anggur – Rentang Harga Bonsai: Rp600 – Rp2.625.000
  • Harga Bonsai Pinus – Rentang Harga Bonsai: Rp1.800 – Rp150.000
  • Harga Bonsai Maple – Rentang Harga Bonsai: Rp1.500 – Rp575.000
  • Harga Bonsai Baobab – Rentang Harga Bonsai: Rp8.100 – Rp750.000
  • Harga Bonsai Sakura – Rentang Harga Bonsai: Rp2.000 – Rp1.100.000
  • Harga Bonsai Delima – Rentang Harga Bonsai: Rp440 – Rp2.200.000
  • Harga Bonsai Anting Putri – Rentang Harga Bonsai: Rp10.000 – Rp107.000
  • Harga Bonsai Santigi – Rentang Harga Bonsai: Rp500 – Rp500.000
  • Harga Bonsai Cemara – Rentang Harga Bonsai: Rp35.000 – Rp33.500.000
  • Harga Bonsai Wisteria – Rentang Harga Bonsai: Rp1.500 – Rp110.000
  • Harga Bonsai Fuschia – Rentang Harga Bonsai: Rp80.000 – Rp229.000

Selanjutnya harga bonsai jenis serut baik hidup dan baru tumbuh bisa didapatkan dengan harga Rp45 ribu, misalnya saja seperti harga bonsai serut Jatim bisa mencapai Rp800 ribu.

Namun harga bonsai serut siap kontes (tampil) pameran bisa mencapai dari harga bonsai Rp8 juta sampai harga tertinggi dan termahal di harga kisaran Rp95 juta. Bahkan, ada yang sederhana sekitar Rp1,5 juta.

Baca Juga: Dosis Pupuk NPK Mutiara Untuk Tanaman

Itulah informasi yang bisa saya sampaikan tentang pohon serut yang bisa dijadikan tanaman bonsai, dari jenis, karakteristik, manfaat, cara menanam sampai harga bonsai.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Sampai bertemu di artikel selanjutnya. Terimakasih. Selamat menanam bonsai. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *