bonsai santigi

Bonsai Santigi: Harga dan Cara Merawat Agar Juara

Ayobudidaya.comBonsai Santigi adalah salah satu jenis bonsai yang berasal dari tanaman Santigi atau asal keluarga dari Lythraceae. Tanaman santigi mudah ditemukan di wilayah pesisir pantai.

Ciri ciri umum bonsai santigi adalah tanamannya yang menarik dengan ciri daun hijau tetapi berukuran kecil bak cemara bahari. Batang pohonnya mirip dengan tanaman cemara laut.

Sementara, untuk daun meski kecil tetapi juga memiliki ukuran yang tebal dan terdapat kandungan air yang tinggi. Bahkan, tanaman ini baik dan bagus untuk tanaman kerdil.

Tanaman ini juga mempunyai buah atau biji yang biasanya berbentuk menyerupai biji cengkeh. Maka tak sedikit yang menjadikan tanaman ini menjadi bonsai. Bahkan ada beberapa jenis bonsai santigi laut, karang dan gunung.

Di antaranya bisa diandalkan dan menjadi bonsai santigi juara. Bonsai santigi disebut juga Pemphis Acidula atau tanaman yang dapat tumbuh di pesisir pantai sekitar wilayah daratan yang dekat sumber perairan laut.

Harga Bonsai Santigi Termahal

Harga Bonsai Santigi Termahal
Harga Bonsai Santigi

Tanaman bonsai yang satu ini cukup diminati konsumen. Pemeliharannya yang tergolong memacu adrenalin. Karena jika bisa dibentuk dengan baik, maka akan terlihat seni tanaman yang sangat indah.

Maka wajar saja, jika harga tanaman ini ada yang paling murah dan bahkan ada yang paling mahal hingga jutaan rupiah. Apalagi bonsai santigi juara kontes, harganya bisa berkali lipat.

Untuk harga termurahnya bahkan kita bisa mendapatkan dengan harga Rp15 ribu. Untuk termahalnya bisa mencapai Rp5-35 jutaan.

Tentu masing masing harga memiliki jenis, tipe, ukuran dan daya tarik tersendiri sebagai keistimewaan dan rupa yang memikat dan menawan untuk dimiliki.

Semakin sering menang kontes dan menjadi juara, maka harga bonsai ini semakin mahal. Karena biasanya yang kerap menang juara menjadi primadona dan memiliki banyak keunggulan sebagai tanaman hias bonsai.

Jenis Jenis Bonsai Santigi Sebagai Tanaman Hias Rumahan

bonsai santigi
Bonsai Santigi

Berikut ini jenis jenis bonsai dari tanaman hias santigi. Meski bukan jenis bonsai langka. Tanaman santigi adalah salah satu jenis bonsai yang menarik dan memiliki nilai seni tinggi.

Hal ini terlihat dari bentuk bonsainya yang menarik dan dipilih banyak masyarakat sebagai salah satu jenis tanaman hias di dalam maupun di luar rumah.

Tanaman ini jika menjadi bonsai dan menang kontes bisa menjadi salah satu jenis pohon bonsai termahal. Bahkan tanamn ini termasuk kategori tanaman yang dapat hidup lama dan disebut bonsai tertua.

Hal ini selarang dengan kekuatan fisiknya, santigi memiliki daya tahan terhadap hama dan penyakit, maka dipilih sebagai tanaman hias yang mudah dipelihara.

Tak sampai di sini, selain umur yang panjang bisa sampai tua, karakter ranting pada tanaman ini juga panjang dan rambun sehingga mudah dibentuk. Maka menjadi salah satu tanaman yang sangat indah menjadi tanaman hias di rumah.

Contohnya saja pada bonsai santigi karang. Tanaman ini dapat tumbuh di karang karang. Sehingga semakin menarik sebagai tanaman hias. Dan sangat bagus serta terlihat gagah.

Belum lagi, ada jenis bonsai santigi laut. Karakter santigi laut ini juga tak kalah menarik, tampilannya elegan dan unik. Sangat mudah dirawat. Karena cukup memperhatikan tiga unsur penting, air, angin, dan panas yang kuat.

Dengan memaksimalkan tiga unsur tersebut, maka pertumbuhannya dapat hidup secara maksimal. Di Indonesia bonsai jenis ini menjadi alternatif pilihan jenis tanaman hias yang menarik untuk dipelihara.

Cara Merawat Bonsai Santigi

Adapun cara merawat yang bisa dilakukan agar jenis tanaman ini dapat tumbuh tinggi, atau kerdil namun sehat, dan umur panjang bahkan dapat juara kontes bonsai adalah dengan perawatan yang tepat.

Karena sebenarnya santigi sebagai tanaman yang dapat dijadikan bonsai sudah sangat mudah sekali, dengan dahan atau rantingnya yang panjang dan rimbun. Sehingga tanaman ini dapat didesain semenearik dan seeksotis keinginan kita.

Maka di antaranya yang bisa dilakukan adalah dengan beberapa cara yang harus kita perhatikan saat melakukan budidaya bonsai santigi. Adapun cara budidaya atau cara pemeliharaannya adalah sebagai berikut:

  1. Bakalan untuk dijadikan bonsai harus sehat, sumber bisa didapatkan dari gunung, laut, atau karang.
  2. Beli bakalan di toko toko pertanian yang terjamin bibitnya. Perhatikan kualitasnya. Bukan sekedar kuantitasnya.
  3. Untuk bakalan dari indukan menang kontes, dilihat dulu sertifikasi juara menang lomba kontes bonsainya.
  4. Perhatikan media tanamn bonsai. Pada tahapan ini yang perli disiapkan adalah pot yang ukurannya dapat diadaptasi dengan bentuk dari bakalan bonsai santigi yang akan ditanam.
  5. Pada umumnya pot atau media tanam yang diperlukan memiliki ukuran 40-50 cm.
  6. Tanah yang digunakan setidaknya ada campuran pupuk organik, yakni, tanah humus, pupuk kandang, dan tambahkan krikil atau bebatuan kecil.

Baca Juga: Bonsai Asem Jawa: Jenis, Cara Membuat dan Harga

Itu beberapa tips dasar dalam merawat bonsai dari jenis tanaman santigi. Bagaimana dengan proses pembentukan bonsai dan cara desain menjadi bonsai eksotis. Berikut yang bisa dilakukan:

  1. Pastikan diameternya. Diamter bonsai kurang lebih 3 mm. Atau berupa dawai stanlees.
  2. Gunakan kawat. Kawat untuk membentuk dawai agar dapat mempermudah proses pembentukan bonsai.
  3. Cara selanjutnya melilitkan kawat pada batang, dahan atau cabang pohon.
  4. Kemudian dibuat sinkron menggunakan bentuk yang diinginkan.
  5. Sesudah dawai tersedia, yang terakhir harus dipersiapkan guntung potong tanaman ketika tua dan tumbuh.

Bagaimana cara mendesain bonsai ini, yang bisa dilakukan adalah membentuk pola karakter sesuka pembudidaya atau permintaan konsumen.

Catatannya ketika ingin mendesain bentuk bonsai, dilakukan ketika santigi yang tengah proses dibonsai masih berumur muda. Caranya cukup mudah.

Di antaranya adalah dengan pasangkan galat satu dawai lakukan di bawah bakalan santigi yang telah disiapkan lalu lilitkan dawai penyangga pada batang santigi.

Nah catatan kali ini, ketika batang santigi diketahui sudah tumbuh bertenaga bentuk lagi cabang lainnya. Dan dibiarkan kawat sebagai dawai tersebut tetap terlilit.

Hingga akhirnya nanti terbentuk pola pohon yang berbeda dari tanaman bonsai sebelumnya. Pastikan umur batangnya juga. Lebihy baik saat muda.

Teknik Pemangkasan Dahan Pada Tanaman Bonsai

Terakhir ada beberapa teknik. Umumnya memang pemangkasan harus dilakukan pada dahan tanaman bonsai. Hal ini agar tanaman tidak tinggi. Tetap kerdil sesuai yang diinginkan dengan kesan nilai eksotis.

Maka ada beberapa cara pemangkasan dahan yang bisa dilakukan. Misalnya dengan pengguntingan atau pemangkasan menggunakan pisau.

Teknik pemangkasan dahan ini dilakukan kepada daun-daun atau cabang-cabang yang tak diperlukan atau cabang yang dapat tumbuh terlalu panjang. Sehingga perlu di atur ukuran panjangnya.

Pemangkasan pada dahan ini diketahui tujuannya adalah agar daun baru dapat tumbuh dan membentuk batang yang lebih mungil serta lebih eksotis dari sebelumnya.

Pemangkasan dahan juga memiliki tujuan untuk merangsang daun dan ranting yang tumbuh lebih subur. Sehingga tidak terlalu tinggi sebagai tanaman bonsai hias.

Namun memang teknik pemangkasan dahan di setiap tanaman bonsai harus hati hati. Jangan sembarang pangkas. Harus disesuaikan. Karena khawatir tidak kembali bertunas dan merusak tanaman intin.

Membentuknya juga harus hati hati, jangan dipaksa, atau kasar, karena bisa patah dahan yang akan dibentuk. Percobaan dan tata cara ini membutuhkan waktu yang cukup maksimal. Untuk hasil optimalnya bisa dilakukan minimal selama dua tahun.

Baca Juga: Cara Membuat Bonsai Beringin Bagi Pemula

Itulah beberapa hal yang bisa kita ketahui nih apa itu bonsai santigi, berapa harganya, dan bagaimana cara merawatnya dan membuatnya bisa menjadi juara kontes bonsai sehingga harganya menjadi bonsai termahal.

Tentu dengan demikian kita dapat memaksimalkan tanaman yang murah untuk bisa dibudidaya kembali menjadi tanaman yang produktif dan menghasilkan tanaman yang mahal. Tentunya juga bisa memaksimalkan potensi pendapatan keluarga.

Apalagi, semakin hari jenis tanaman bonsai semakin diminati. Ini juga menjadi peluang penghobi bonsai atau komunitas bonsai untuk mengembangkan bisnis usaha dan memaksimalkan keuntungan budidaya bonsai santigi.

Sekian yang bisa disampaikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, serta menambah wawasan pengetahuan kita smeua. Sekian, terimakasih. salam.

Kaseto Efendi Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *