cara membuat bonsai kelapa

8 Langkah Penting Cara Membuat Bonsai Kelapa

Bonsai Kelapa adalah salah satu jenis bonsai yang paling familiar kita lihat sebagai salah satu tanaman hias di rumah-rumah. Jika cara membuatnya tepat, maka hasil bonsainya akan berkualitas dan memiliki nilai tinggi.

Sebab, jenis bonsai yang satu ini cukup populer di kalangan pecinta tanaman, sampai ke pecinta bonsai. Jenis bonsai yang satu ini juga banyak sekali penjualannya, setiap kontes bonsai pun, jenis bonsai yang satu ini tidak luput dipamerkan.

Hal ini dikarenakan sudah banyak komunitas pecinta bonsai yang memiliki jenis bonsai yang satu ini. Meski sudah banyak yang bisa melakukan harga bonsai kelapa sangatlah stabil dan masih memiliki nilai jual yang tingi.

Padahal, sebagian besar, kini sudah mencoba membuat bonsai jenis ini sendiri. Bahkan, tak jarang ada banyak pertanyaan seperti ini, bagaimana cara membuat bonsai kelapa?

Pertanyaan yang lumrah toh. Sebab, memang tidak rumit dalam membuat bonsai dari pohon kelapa. Lalu bagaimana caranya? Berikut akan saya jawab di artikel ayobudidaya.com berikut ini:

Jenis Jenis Pohon Kelapa Yang Dijadikan Bonsai

Sebelum lebih jauh kita membahas tentang bagaimana cara membuat tanaman bonsai dari kelapa, tak ada salahnya jika kita lebih dulu mengenal jenis apa saja dari pohon kelapa yang dapat dijadikan tanaman pohon bonsai.

Misalnya saja, ada banyak yang bilang kelapa sawit dan kelapa gading dapat dijadikan pohon bonsai. Tak salah, memang benar bisa. Dan sudah banyak yang membuat dari berbagai jenis kelapa untuk dijadikan bonsai.

Karena ada yang menyebutkan jenis-jenis pohon kelapa yang bisa dijadikan bonsai adalah kelapa sawit dan pohon kelapa biasa atau pohon kelapa gading. Selain itu, jenis jenis pohon kelapa yang dapat dijadikan bonsai adalah:

  • Kelapa Gading Merah
  • Kelapa Gading Susu,
  • Kelapa albino

Makanya tak heran ada banyak tutorial cara membuat bonsai pohon kelapa sawit dan cara bonsai pohon kelapa gading. Dan kali ini kita akan membahasnya secara umum. Pasalnya cara membuatnya hampir sama.

Yang membedakan hanyalah cara membuatnya, ada yang buat bonsai kelapa gading miring ada juga yang membuat dengan metode tanam dan lain-lainnya, misal, bonsai kelapa bercabang.

Cara Membuat Bonsai Kelapa

Sesuai pertanyaan dan soal di atas? Bagaimana cara membuat bonsai dari jenis pohon kelapa. Caranya adalah yang pertama agar mendapatkan kualitas yang baik dan cantik.

Terutama bonsai berbuah maupun yang bercabang. Jadi, tinggal kita pilih bibit terbaik dari pohon kelapa yang bagus dan sehat.

Dari sekian banyak jenis pohon kelapa untuk dijadikan bonsai, yang harus kita ketahui adalah salah satu yang paling sulit dirawat, yakni, kelapa gading merah.

Kenapa? Kesulitannya hanya soal mempertahankan warna kemerahan yang dimilikinya. Agar terus cantik dan berwarna merah, kita perlu pupuk yang banyak.

Baca Juga: Bonsai Serut: Manfaat, Ciri-Ciri, Cara Menanam dan Harga

Jika kekurangan pupuk, ibaratnya kelapa gading merah itu kekurangan zat yang tidak didapatkan dari pupuk. Sehingga, jika ini terjadi, warna kelapa gading merah tidak lagi merah, melainkan hijau.

Kalau cara membuat kelapa gading susu menjadi bonsai dan agar tetap cantik adalah dengan memastikan karakteristik warna putihnya. Sehingga cocok menjadi tanaman hias di taman pengganti pohon palem.

Kelapa gading susu ini adalah jenis kelapa yang mudah tumbuh di daerah subtropis. Tak sekedar menjadi tanaman hias sebagai bonsai. Tapi cocok juga sebagai pengganti tanam palm di taman.

Selanjutnya, kelapa albino adalah jenis kelapa yang dapat dijadikan bonsai. Ciri-ciri kelapa albino ini memiliki warna yang sama dengan kelapa susu, yakni berwarna putih.

Hanya saja, warna putih yang terdapat di kelapa albino lebih terang daripada yang ada di kelapa susu. Dan saat menjadi bonsai, akan menjadi tanaman yang unik dan menarik.

Baca Juga: Bonsai Asem Jawa: Jenis, Cara Membuat dan Harga

Berikut yang bisa kita lakukan, saat menerapkan cara membuat bonsai dari pohon kelapa yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Memilih bibit kelapa. Pastikan bibit bagus dan berkualitas. Bibit kelapa yang bagus dijadikan bonsai adalah tanaman yang sudah agak tua. Karena kelapa yang sudah berumur akan lebih cepat untuk tumbuh tunas baru.
  2. Menentukan posisi batok kelapa.
    • Cara pertama, letakkan bibit yang belum bertunas di tanah yang memiliki kandung air dan unsur hara cukup banyak. Bibit akan tumbuh tunas selama 1-2 minggu.
    • Kedua, letakkan batok kelapa posisi vertikal, nantinya batok kelapa akan dikelilingi akar. Atau diletakkan horizontal, nanti bentuk bonsai kelapa seperti rumah siput.
  3. Membersihkan Sabut Kelapa. Ini yang harus dilakukan, menyayat sabut kelapa atau membersihkan sabut kelapa, ketika tunas sudah muncul.
  4. Cara membersihkannya dengan cara mengupas sayatan-sayatan bujur mengitari batok. Setelah disayat dapat langsung dikupas sabut kelapa yang ada pada batok kelapa.
  5. Membersihkan bulu halus batok kelapa. Ini dilakukan ketika batok kelapa bersih dari sabut. Cara ini bisa dilakukan dengan mengamplas.
  6. Mempersiapkan media tanam bonsai. Kita bisa gunakan pot dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran kelapa. Pot yang ada diisi dengan campuran tanah, air, dan pupuk kandang. Dengan perbandingan takarannya 2:1:1.
  7. Jika pot sudah terisi, selanjutnya siapkan botol bekas air mineral untuk dijadikan penutup bagian tunas kelapa. Botol air mineral dipotong bagian atas dengan tinggi kurang lebih 5 cm.
  8. Proses menanam kelapa untuk bonsai. Ini dilakukan dengan memasukan batok kelapa bertunas ke dalam pot yang berisikan campuran tanah, air dan pupuk kandang.
    • Cara menanam bonsai kelapa bercabang ini harap pelan-pelan.
    • Letakkan batok kelapa dengan posisi miring.
    • Kemudian ketika memasukkan ke dalam media tanam, jangan sampai membuat akarnya putus.

Cara Menyayat Bonsai Kelapa

Saat bonsai sudah tumbuh, cara selanjutnya adalah dengan membentuk bonsai? Cara membentuk bonsai ini mudah, hanya saja kita butuh keahlian yang baik dalam penyayatan.

Untuk membuat ukurannya tetap kecil, kamu harus menyayat pada bagian tunas yang lebih tua. Lalu bagaimana cara menyayat kelapa yang dijadikan bonsai?

Caranya sebagai berikut, pertama, ketika bibit bonsai telah mencapai 15-20 cm. Bonsai disayat bagian paling bawah. Saat melakukan cara menyayat kelapa pada bonsai perhatikan untuk tidak terkena tunas yang muda.

Karena dikhawatirkan dapat menyebabkan pembusukan pada tunas kelapa. Jadi harus hati-hati. Setidaknya melakukan penyayatannya dilakukan sehari minimal 3 kali.

Cara Merawat Bonsai Kelapa

Setelah tumbuh dan membentuk bonsai dengan menyayat, selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan merawat bonsai. Bagaimana cara merawat bonsainya? Caranya adalah dengan memberikan ketelitian.

Misalnya saja, seperti menyiram sehari sekali, bisa dilakukan di pagi hari dan bisa juga sore hari. Saat kemarau, bonsai ini butuh penyiraman yang lebih sering. Sehingga, pastikan kebutuhan air bonsai tercukupi.

Cara merawat selanjutnya selain menyiram adalah dengan memberikan pupuk. Cara pemupukan bonsai kelapa dilakukan setiap 15 hari sekali. Pemupukan dilakukan dengan insektisida atau herbisida.

Hal ini agar tanaman bonsai batok kelapa bisa terbebas dari serangan penyakit dan hama yang mengintai tanaman bonsai. Intinya pastikan kebutuhan nutrisi bonsai terpenuhi dengan baik. Hal ini juga memastikan bonsai batok kelapa cepat berbuah.

Harga Bonsai Kelapa

Untuk harga bonsai jenis ini sebenarnya tidak terlalu mahal. Masih terjangkaulah, karena ada harga termurah. Namun ada juga harga termahal.

Apalagi ada banyak penjual yang bisa kita jajaki untuk melihat jenis-jenis bonsai ini, apakah sesuai dari kualitas bonsai dengan harga jualnya. Namun pada umumnya, harga bonsai yang dibuat dari aneka jenis pohon kelapa memang bervariasi.

Harga bonsai kelapa dari ratusan hingga puluhan juta rupiah, dari harga yang bisa mencapai dari Rp100 ribu sampai Rp35 juta. Tentu harga ini tergantung kualitas jenis bonsai dan bentuk yang dijual.

Tips Bonsai Tampil Cantik & Berkualitas, Serta Harga Jual Tinggi

Berikut tips yang bisa kita terapkan saat membuat pohon kelapa dijadikan bonsai dan tetap tampil terbaik, apalagi untuk kontes, sehingga terus memiliki harga jual yang tinggi, di antaranya adalah:

  1. Saat akan membuat bonsai, pastikan bibit kelapa yang baik.
  2. Saat tanam, bibit kelapa dikupas sabutnya tutupi dengan serabut hasil kupasan sebelumnya.
  3. Wadah yang digunakan juga harus baik, misalnya, toples beling yang digunakan nantinya untuk merendam bakalan bonsai dan untuk menampung air seperti ember atau kaleng cat bekas.
  4. Isi air dengan kandungan garam, pupuk pelet untuk pertumbuhan akar dan batang, 1 sendok stimulan, dan vetsin. Hal tersebut untuk memastikan agar akar dapat tumbuh lebih cepat dan memanjang.
  5. Penyayatan rutin ini dilakukan agar tanaman bonsai yang dibuat tak memanjang dan menjadi tidak cantik tampilan bonsainya. Maksimal 3 hari sekali.
  6. Jika masih menggunakan media air, maka yang harus dipastikan, ketika akar sudah panjang dan tumbuh berkembang, pindahlah ke aquarium. Biarkan akarnya yang terendam air.
  7. Lakukan pencegahan penyakit dan hama sebelum terserang penyakit dan hama.

7 tips ini adalah cara yang paling sederhana yang bisa kita lakukan. Sebab, sudah dibahas sebelumnya. Ini sekedar mengingatkan, bahwa ini penting dilakukan pada tahapan membuat bonsai jenis ini.

Baca Juga: Agar Bonsai Asem Jawa Juara Terbaik di Kontes

Mungkin pertanyaan terakhir adalah di mana kita bisa mendapatkan bonsai jenis ini, di mana saja penjual pohon kelapa yang dibonsai? Adakah komunitas yang kerap mengadakan kontes bonsai jenis ini.

Jawabannya ada banyak sekali penjual di setiap daerah. Apalagi di setiap kontes bonsai. Coba saja cek di informasi komunitas pecinta bonsai. Pasti setiap kontes akan ada yang menjual bonsai jenis ini.

Bahkan, teman-teman saya juga ada yang menjual bonsai jenis ini. Di rumahnya saya lihat ada banyak jenis bonsai. Dan kata dia, enaknya sih membuat sendiri, bermodalkan bibit dari pohon kelapa yang berkualitas baik dan sehat.

Namun tentunya cara ini di setiap pecinta bonsai akan berbeda-beda. Sesuai dengan yang dianggapnya paling mudah. Dan menurut saya, cara ini adalah cara yang paling sederhana yang bisa kita lakukan.

Baca Juga: 10 Bonsai Langka dan Karakteristik Keunggulannya

Itulah tentang bonsai yang amat sederhana bisa kita buat sendiri, dengan sedikit polesan dan perawatan yang baik. Selanjutnya, tergantung kita yang mempercantik dan membuat bonsai kita semakin mahal.

Itulah yang bisa saya sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat ya guys. Yuk dicoba. Siapa tahu berhasil dan menghasilkan uang yang besar nan melimpah. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *