cara membuat bonsai kelapa gading

Cara Membuat Bonsai Kelapa Gading Tampil Eksotis

Bonsai Kelapa Gading – Pelajarilah hal hal berikut ini untuk bisa menjadikan jenis bonsai yang dibuat dari kelapa gading tampil cantik ekstois dan berbuah. Jadi bonsai kelapa yang tak sekedar bercabang. Tetapi juga berbuah meski bonsai kelapa berukuran mini.

Lalu bagaimana cara membuat bonsai kelapa gading miring, mini, bercabang dan berbuah, berikut apa yang saya pelajari dari berbagai media informasi tentang kelapa gading yang dijadikan bonsai:

Bonsai Kelapa Gading

Mari kita mengenal jenis bonsai yang satu ini, dari bagaimana cara membuat bonsai kelapa gading miring, selanjutnya bagaimana cara mengecilkan daun bonsai kelapa, cara menyayat tunas bonsai kelapa, cara menyayat bonsai kelapa, dan apakah bisa kelapa gading menjadi bonsai kelapa hidroponik?

Dan ini dia yang bisa dilakukan terhadap bonsai kelapa pemula yang paling sederhana, sama halnya cara membuat bonsai melati di antaranya, sebagai berikut:

Pertama, kita kenali terlebih dahulu jenis jenis pohon kelapa selain kelapa gading yang dapat dijadikan bonsai. Sebagai pembanding, apakah tingkat kerumitannya sama atau tidak, dan bagaimana pola tumbuhnya? Itu juga sangat sederhana untuk kita ketahui dan pelajari.

Seperti bonsai susu, bonsai kelapa ada banyak jenisnya, di antaranya, untuk jenis bonsai kelapa gading saja ada dua jenis yang bisa kita tanam dan jadikan bonsai, antaranya, kelapa gading merah dan kelapa gading susu.

Cara Membuat Bonsai Kelapa Gading

cara membuat bonsai kelapa
cara membuat bonsai kelapa

Adapun cara yang bisa dilakukan dalam membuat jenis bonsai ini adalah dengan mendapatkan bibit yang berkualitas unggul, baik, bagus dan sehat.

Untuk jenis kelapa gading merah, adalah cara budidaya bonsai kelapa yang paling rumit dan sulit. Kenapa? Hal ini dikarenakan tidak bisa mempertahankan warna kemerahan dengan mudah. Kita perlu pemberian pupuk yang banyak.

Jika nutrisi pada pupuk tidak diberikan, dan bonsai dari kelapa gading merah kekurangan zat yang diperlukan dari pupuk, maka kelapa gading tidak lagi berwarna merah, melainkan kembali ke hijau. Tentu ini menurutnkan kualitas dan harga jual bonsai kelapa.

Berikut carnya yang paling mudah terutama untuk pemula dalam mengaplikasikan cara membuat bonsai kelapa gading:

1. Memilih bibit kelapa yang akan dibonsai

Cara ini tentu pertama-tama adalah memastikan bibit kelapa bagus dan berkualitas, serta dari induk yang sehat. Selain itu, bibit kelapa yang digunakan juga berasal dari jenis bonsai kelapa yang sejenis dan sudah agak tua.

Alasan penggunaan bibit bonsai kelapa dari tanaman bonsai yang tua akan lebih cepat memicu pertumbuhan tunas baru pada bonsai yang akan ditanam.

2. Menentukan posisi batok kelapa.

Cara ini mungkin terlihat sederhana. Akan tetapi, cara ini menjadi penting dilakukan untuk mendapatkan posisi bonsai yang baik.

Cara yang satu ini adalah dengan meletakan bibit yang belum bertunas ke tanah. Pastikan tanah memiliki kandungan air dan unsur hara yang cukup. Perlu diketahui bibit kelapa akan tuymbuh tunas selama 1-2 minggu.

Selanjutnya, tahapan peletakan posisi batok kelapa, letakan secara vertikal, nanti batok keluar akan dikelilingi akar, dan atau diletakan secara horizontal, nantinya bonsai kelapa gading ini akan menyerupa rumah siput.

Baca Juga: Agar Bonsai Asem Jawa Juara Terbaik di Kontes

3. Cara menyayat sabut bonsai kelapa (Dibersihkan)

Adapun cara menyayat sabut bonsai kelapa adalah metode yang sama dengan cara membersihkan sabut kelapa pada bonsai. Yang harus dilakukan pada tahap ini adalah membersihkan sabut ketika tunas sudah muncul.

Adapun cara membersihkannya adalah dengan mengupas sayatan-sayatan dengan teknik bujur mengitari batok. Setelah disayat dapat langsung dikupas sabut kelapanya.

Selanjutnya bersihkan bulu halus yang ada pada batok kelapa, tidak lupa agar lebih bersih, batok kelapa diamplas dengan amplas yang banyak ditemui di warung-warung.

4. Menyiapkan media tanam bonsai kelapa gading.

Cara ini juga jangan lupa dilakukan. Ini untuk memindahkan kelapa gading yang telah bertunas ke media tanam sesungguhnya.

Caranya kita bisa menggunakan pot ukuran sesuai dengan ukurn kelapa. Pot tersebut diisi dengan campuran tanah, air dan pupuk organik, baik dari pupuk kandang maupun kompos. Penggunaan pupuk untuk bonsai jenis ini adalah 2:1:1.

Selanjutnya, siapkan botol bekas air mineral untuk dijadikan penutup bagian tunas kelapa. Botol tersebut dipotong bagian atas dengan ketinggian kurang lebih 5 cm.

5. Cara menanam bonsai kelapa gading

Dalam menanam pohon kelapa untuk bonsai yang harus dilakukan adalah memasukan batok kelapa bertunas ke dalam pot yang berisikan campuran tanah, air dan pupuk kandang.

Cara menanamnya pun harap pelan-pelang. Apapun jenis bonsai kelapanya, baik mau dibentuk bercabang mauypun berbuah. Letakkan batok kelapa dengan posisi miring. Kemudian masukkan ke dalam media tanam, jangan sampai membuat akarnya putus.

Cara Merawat Bonsai Kelapa Gading

Dalam merawat bonsai kelapa kita bisa dengan menyayatnya agar tampil cantik, dan kelapa bertunas unik, tapi kalau mau buah yang didapatkan, caranya bisa tidak disayat, dan biarkan tumbuh berkembang seperti poohon kelapa, hanya saja biarkan berukuran mini.

Cara merawat bonsai ini juga butuh ketelitian. Di antaranya dengan rajin menyiram sehari sekali, baik di pagi maupun di sore hari. Saat kemarau juga harus rajin disiram. Karena bonsai butuh cukup air.

Di setiap 15 hari sekali, pemupukan tanaman bonsai juga harus dilakukan, pupuk bonsai kelapa gading bisa dengan memberikan insektisida atau herbisida.

Selanjutnya, pastikan pencegahan hama dan penyakit pada tanaman bonsai menyerang. Karena jika menyerang, perawatan bonsai kelapa lebih rumit lagi.

Harga Bonsai Kelapa Gading

cara membuat bonsai kelapa gading
cara membuat bonsai kelapa gading

Untuk harga bonsai kelapa gading cuykup terjangkau, kita bisa membawa pulang dengan harga Rp100 ribu, bahkan di bibit Rp40-50 ribu sudah bisa kita dapatkan.

Tetapi juga ada yang mahal hingga jutaan bahkan puluhan juta, tergantung, jenis dan bentuk dari tanaman bonsai itu sendiri. Tentu ini sangat menggiurkan sebagai potensi bisnis dibidang bonsai.

Baca Juga: Bonsai Asem Jawa: Jenis, Cara Membuat dan Harga

Oh iya, yang pasti jika kita ingin mengasah kemampuan berbonsai, dan lebih banyak mengetahui tentang jenis bonsai, kita bisa bergabung dengan komunitas pecinta bonsai di setiap daerah.

Karena di setiap tahunnya, saya sendiri, kerap melihat ada banyak jenis kontes dan lomba bonsai, bahkan setiap pameran tanaman, bonsai tak pernah absen untuk bisa tampil menghiasi pameran.

Ini artinya. Potensi bonsai sangat besar dikembangkan dalam bentuk usaha, dan silakan dihitung analisa untung rugi budidaya bonsai.

Bagaimana sudah sedikit paham ya tentang jenis bonsai yang satu ini, semoga informasinya bermanfaat. Sekian dari saya, baca artikel lainnya di ayobudidaya.com, sampai jumpa di artikel lainnya. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *