bonsai durian

Bonsai Durian, Solusi Agar Pohon Durian Tidak Tinggi

Ayobudidaya.com – Pohon bonsai durian adalah solusi agar pohon durian tidak tinggi, namun bisa menghasilkan buah yang lebat. Untuk itu butuh beberapa cara yang harus kita lakukan agar pertumbuhan pohon dan buah maksimal.

Dan untuk melakukan hal ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, baik dari bibit, cara tanam dan media tanam pohon durian, pemupukan, sampai perawatan yang berlangsung pada tanaman terus tumbuh.

Karena pada dasarnya dari metode pemeliharaan inilah kita sebagai pemilik tanaman pohon durian bisa mengarahkan keinginan pohon durian tumbuh seperti apa.

Karena sebagian besar ada yang menginginkan pohon durian pendek, sehingga mencari tahu bagaimana caranya agar pohon durian tidak tinggi. Sampai terbesitlah ide dan sudah banyak pelaku pohon durian bonsai.

Namun sebagian lain tak mempersoalkan tinggi pohon durian, tapi bagaimana caranya pohon durian berbuah lebat dan yang terutama adalah pohon durian agar cepat berbuah. Tentunya hal ini menarik untuk saya pelajari.

Berikut yang bisa sama-sama kita pelajari tentang pohon durian dan bonsai durian sebagai salah satu media tanam agar pohon durian tidak tinggi, namun tetap berbuah lebat.

Klasifikasi Durian

Sebelum lebih jauh membahas tentang bonsai durian, ada baiknya kita mengenal klasifikasi dan spesies dari durian. Seperti diketahui pada umumnya nama latin dari durian adalah Durio Zibethinus.

Durian juga dikenal dengan sebutan duren. Maka tak ada yang salah dalam penyebutan durian maupun duren. Dan pohon durian ini merupakan pohon buah yang merupakan tumbuhan tropis. Sebarannya berada di wilayah Asia Tenggara.

Klasifikasi ilmiah durian:

  • Kerajaan: Plantae
  • (tidak termasuk): Angiospermae
  • (tidak termasuk): Eudikotil
  • (tidak termasuk): Rosidae
  • Ordo: Malvales
  • Famili: Malvaceae
  • Genus: Durio
  • Spesies: D. zibethinus

Famili durian berasal dari famili Malvaceace dengan buah tipe kapsul. Yakni dengan bentuk bulat, bulat telur dan bahkan ada yang lonjong memanjang sampai 25 cm. Selain itu memiliki diameter sampai 20 cm.

Di Indonesia ada sebanyak 20 spesies anggota Durio Z sebagai spesies durian yang jumlahnya hampir 30 jenis. Namun hanya ada 9 jenis spesies durian yang dapat dimakan.

Ciri Ciri Durian

Ciri ciri dari durian adalah memiliki kulit buah yang tebal. Selain itu, permukaan bersudut tajam berduri. Selain itu, durian memiliki warna hijau kekuningan, keabu-abuan bahkan yang paling dikenal adalah warna kecokelatan.

Aroma buah durian sangat khas, yakni memiliki aroma yang sangat tajam. Namun buah durian memiliki rasa yang sangat enak. Kendati enak, masih ada yang tidak suka dengan durian karena aromanya yang dapat membuat mual.

Bahkan buah durian dilarang naik ke dalam pesawat (kabin), kamar hotel, dan ruang-ruang ber ac. Hal ini karena aromanya yang sangat menyengat.

Pohon Durian Bonsai

bonsai durian
bonsai durian solusi agar pohon durian tidak tinggi

Bonsai durian atau pohon durian bonsai adalah salah satu cara, tips, dan langkah yang bisa dipilih oleh pecinta durian yang ingin menanam pohon durian, namun memiliki keterbatasan lahan.

Karena kalau pada umumnya, pohon durian ditanam di kebun yang luas dengan kapasitas banyak, ataupun di perkarangan rumah yang tidak padat penduduk, maka pohon durian bisa tumbuh tinggi dan besar.

Namun bagaimana dengan lahan sempit, perumahan, dan berada di pemukiman padat. Tentu halaman yang bisa dimaksimalkan untuk digunakan adalah dengan cara menanam bonsai durian.

Sehingga bonsai durian diharapkan menjadi solusi keterbatasan lahan, namun tetap ingin memiliki pohon durian sebagai tanaman yang dinantikan kehadiran buah yang berkualitas dan enak. Berikut cara-cara yang bisa kita lakukan:

1. Tabulampot Durian

Selain bonsai, durian juga dapat ddijadikan tanaman buah dalam pot atau yang disebut dengan tabulampot. Nah salah satu jenisnya adalah tabulampot durian montong, durian mantuala, durian bangkok, maupun jenis jenis dari durian lokal lainnya.

Tabulampot durian montong juga salah satu teknik cara bonsai durian yang bisa kita lakukan. Cara tanamnya adalah di sebuah pot sampai diharapkan kehadiran buahnya.

Cara Tabulampot Durian

Dan salah satu teknik bonsai durian yang paling mudah di antaranya adalah dengan menerapkan cara tabulampot durian pada saat penanaman.

Pertama kali yang harus dilakukan adalah dengan persiapan bibit durian serta pembuatan media tanam bonsai durian. Seperti campuran tanah liat, pupuk organik (pupuk kandang atau pupuk kompos).

Perbandingan penggunaan tanah dan pupuk adalah 1:1. Selanjutnya, media tanam tersebut dimasukan ke dalam karung. Setelah selesai, jangan lupa membuat lubang pada tanah dengan ukuran karung yang dibenamkan.

Selanjutnya langkah-langkah berikut bisa dilakukan setelah semua media telah siap:

  • Sebelum karung media tanam ditanam, pada bagian dasar lubang tanam diberikan pupuk TSP dan fosfok. Dosis penggunaan 2 sendok makan atau sebanyak 20 gram. Hal ini untuk mengoptimalkan pertumbuhan akar pohon duren.
  • Selanjutnya jangan lupa berikan juga furadan 2 sendok makan. Hal ini bertujuan untuk mencegah tumbuh kembangnya bakteri pantogen.
  • Jika telah siap, selanjutnya tanam karung pada lubang, selanjutnya tanam bibit durian pada media tanam yang telah ditanam atau dibenamkan tersebut.
  • Jangan lupa untuk memberi pupuk secara teratur yakni, 2-3 kali dalam setahun agar pertumbuhan optimal.

Baca Juga: Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Durian

Langkah selanjutnya adalah menanam bibit durian di dalam pot atau drum yang telah disiapkan sebagai bentuk tabulampot durian atau bonsai durian yang diinginkan. Hal hal yang harus dilakukan adalah:

  • Pastikan durian telah berumur satu tahun atau 12 bulan.
  • Bibit sudah berakar kokoh dan dapat dipindah ke dalam pot atau drum.
  • Media tanam yang digunakan seperti tanah liat, pupuk kandang dan jerami, perbandingannya 1:1:1.
  • Jika media tanam sudah siap, langkah berikutnya adalah dengan memasukan bibit tabulampot durian ke dalam pot atau drum yang akan digunakan sebagai media menanam.
  • Hal yang harus juga dilakukan adalah membuat lubang tanam di media tanam, lalu tutup kembali dengan media tanam yang berada disekitar media tanam.
  • Terakhir adalah dengan menyiram bibit tabulampot durian yang sudah ditanam dengan larutan perangsang pertumbuhan akar. Penyiraman ini dilakukan secara rutin setiap hari selama satu minggu dengan dosis 25 ml/10 liter air.

Cara Merawat Tabulampot Durian atau Bonsai Durian

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam merawat tabulampot durian atau bonsai durian ini, di antaranya adalah penyiraman. Jadi, yang dilakukan adalah siram secara rutin bonsai durian sekali dalam sehari, yakni di pagi hari. Namun jika cuaca huja, maka tak perlu disiram.

Selanjutnya lakukan penyiangan pada bonsai durian yang ada di dalam pot. Hal ini untuk memastikan hama tidak menyerang. Begitu juga dengan penyakit pohon duren.

Untuk itu pencegahan ini berkaitan dengan kebersihan media tanam. Maka perlu sekali untuk kita perhatikan dan membersihkan setiap gulma yang menjadi ancaman pada tanaman.

Jika ada tanda tanda hama dan penyakit pada tanaman pohon durian yang ditanam, segeralah ambil tindakan, yakni dengan melakukan penyemprotan pestisda sesuai dengan dosis yang dianjurkan atau cek petunjuk penyuluh pertanian.

Terakhir, pemberian pupuk susulan. Karena memang pemupukan tanaman durian sebaiknya dilakukan bertahap. Misalkan sebagai berikut:

  • Pemupukan durian pertama: umur 3 bulan setelah tanam, pupuk yang digunakan NPK. Cara pemberian pupuk pada pohon durian, membuat lubang keliling tanaman, lalu taburkan pupuk NPK 100 gram per pohon.
  • Pemupukan kedua umur 6 bulan setelah di tanam. Cara pemupukan sama dengan di atas. Bedanya pemberian dosis pupuk NPK, kali ini banyaknya 200 gram.
  • Pemupukan ketiga berumur 1 tahun, caranya sama namun dosis yang diberikan yaitu sebanyak 150 gram. Pemupukan selanjutnya dapat dilakukan setiap 6 bulan sekali yakni dengan penggunaan dosis pupuk 100 gram.

Agar Pohon Durian Pendek Berbuah Lebat

Selanjutnya yang bisa kita pelajari tentang bonsai durian adalah membuatnya agar pohon durian tidak tinggi namun pohon durian agar cepat berbuah. Titik konsentrasinya membuat pohon durian pendek adalah sebagai berikut:

1. Lokasi Tanam Bonsai Durian

Pertama kali yang harus dilakukan adalah dengan menentukan tempat tanam atau lokasi tanam durian, misalnya saja, apakah di lahan kebun atau di pot untuk menjadi tabulampot durian.

  • Lokasi geografis tanam di ketinggian 50-1000 m di atas permukaan laut.
  • Tipe tanah yang digunakan lempung berpasir dengan kandungan organik dan unsur hara yang banyak.
  • Suhu lahan tanam durian 21-30 derajat celcius.
  • Curah hujan 1.500-2.500 mm per tahun.
  • pH tanah 6-7.

2. Bibit durian berkualitas unggul.

Dalam hal ini setidaknya bibit yang digunakan adalah bibit yang dijamin kualitasnya terbaik dari jenis durian yang ada. Misalnya kenapa banyak bonsai durian dalam tabulampot durian menggunakan durian montong.

Karena durian monthong memiliki kualitas yang diakui keunggulannya. Begitu juga tabulampot durian musang king berbuah yang lebat kerap menjadi pilihan. Sama halnya seperti durian bawor. Selain itu perhatikan kondisi bibit dengan ciri ciri ideal berikut ini:

  • berdaun banyak,
  • bebas hama penyakit,
  • batang kokoh,
  • dan terdapat banyak tunas baru.

3. Cara menanam agar pohon durian tidak tinggi

Nah ini bagian yang penting untuk dipelajari, misalnya saja, jika kondisi di atas sudah dipenuhi dengan baik, dan bibit berkualitas unggul sudah didapatkan, langkah selanjutnya adalah penanaman.

Cara menanam pohon durian agar tidak tinggi ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya, pastikan lahan tanam bersih dari gulma maupun tanaman liar.

Selanjutnya gemburkan tanah tanam dengan memberi campuran pupuk. Setelah dilakukan, baru diamkan kurang lebih seminggu agar pupuk terserap sempurna oleh tanah yang akan menjadi media tanam durian.

Setelah proses berjalan, selanjutnya membuat lubang tanam dengan jarak antar lubang 8 x 8 meter. Selanjutnya tinggal tanam dengan posisi tegak. Terakhir, timbun pohon menggunakan tanah galian sebelumnya sampai batas leher akar pohon durian.

4. Cara merawat pohon durian pendek

Ketersediaan air di awal awal menanam setidaknya tersiapkan dengan baik. Karena butuh penyiraman yang teratur setiap harinya di awal masa menanam. Hal ini untuk menggemburkan tanah agar tak terlalu padat.

Gulma maupun tanaman liar juga sebaiknya dibersihkan. Gunakan tangan lebih aman. Khawatir menggunakan cangkul dapat merusak akar tanaman.

Setelah tiga bulan ditanam. Pastikan tanaman diberikan pupuk buatan (bisa menggunakan pupuk NPK maupun pupuk mutiara) yang ada di toko toko pertanian.

Berikan sebanyak kurang lebih 200 gram per pohonnya. Lakukan pemupukan ini rutin setiap 4 bulan sekali. Sampai akhirnya masa tanam memasuki usia 3 tahun. Pupuk kandang atau kompos juga diberikan.

5. Pemangkasan pucuk durian

Agar pohon durian tidak tinggi alias untuk mendapatkan pohon durian pendek seperti bonsai durian, setidaknya pemangkasan adalah salah satu cara yang bisa dilakukan.

Pemangkasan merupakan pembentukan pohon bonsai durian. Ini dilakukan ketika durian berumur satu tahun. Pemangkasan dilakukan pada batang utama dengan tinggi kurang lebihnya 70-100 cm. Berikut caranya:

  • Pilihlah satu batang utama yang akan dipangkas.
  • Jika ada dua batang utama, potong salah satunya.
  • Pemangkasan untuk batang utama yang sudah mencapai 1 m.
  • Pemangkasan pucuk durian diharapkan tumbuh tunas baru dan calon cabang primer dari batang utama pohon bonsai durian.
  • Usahakan, simetris dan seimbangkan pemangkasan dan pertumbuhan cabang pohon durian. Setidaknya buat 6-10 calon cabang primer pohon durian.
  • Selama pertumbuhan, tunas tunas liat di sekitar dahan disingkirkan.
  • Bagian pohon dengan tinggi 2 – 3 meter ialah tajuk mahkota.
  • Batang pokok yang kokoh 0,7—1 meter merupakan penyangga.
  • Tajuk yang dibentuk setidaknya dengan memelihara satu batang utama
  • Selain itu juga dipelihara 10 calon cabang primer terpilih.
  • Pembentukan tanaman diusahakan terjadi keseimbangan antara bentuk tajuk dengan percabangannya.
  • Pemangkasan pucuk durian dilakukan dengan gunting pangkas.
  • Untuk pemangkasan ranting pohon durian dengan gergaji pada bagian batang yang besar.
  • Pohon durian berukuran 2-3 meter dipangkas pada batang utama dengan tajuk paling atas.
  • Pemangkasan durian 2-3 meter ini disarankan pemangkasannya sekitar 50 cm dari ujung tajuk ke bawah dengan gergaji tajam.
  • Upayakan pemangkasan tidak terbelah kayu pohon duriannya dan tetap dalam kondisi rapih.

Fungsi pemangkasan bentuk tanaman durian

Adapun fungsinya pemangkasan bentuk tanaman durian pada bonsai durian atau tabulampot durian adalah diharapkan agar pohon durian pendek, atau setidaknya agar pohon durian tidak tinggi.

Selain itu diharapkannya juga dengan pertumbuhyan tunas baruy bisa menghasilkan 3-4 tunas yang akan menjadi tajuk pohon.

Sebab, dengan ada banyaknya cabang, maka akan semakin banyak pula daun yang kemungkinan akan semakin banyaknya munculnya buah durian.

Jadi pada bagian pemangkasan pucuk durian pada bonsai durian ini adalah untuk membuang sebagian dari cabang dan ranting tidak produktif dan bahkan bentuk yang tidak sempurna.

Cara Pemupukan Durian Agar Cepat Berbuah

Selanjutnya adalah dalam pemberian pupuk durian agar cepat berbuah harus dilakukan dengan metode pemupukan durian dengan tepat dan benar, sesuai dosis dan petunjuk penggunaan pupuknya.

Pemupukan durian dilakukan tak hanya saat akan tanam, periode tanam mau berbuah tetapi juga saat setelah masa panen. Bahkan tak hanya pemupukan, tetapi juga perawatan batang pohon.

Jadi, misalkan, seperti memotong dahan pohon durian yang sudah rusak itu penting dilakukan agar tidak mengganggu batang yang lain.

Sehingga cara-cara ini juga dapat menjaga pohon untuk tetap sehat dan pohon durian pendek tetap terjaga, sehingga bonsai durian yang diinginkan sesuai harapan.

Selanjutnya, beberapa hal tentang pupuk durian agar cepat berbuah ini di antaranya bisa dilakukan dengan pemupukan durian saat berbunga, hal ini sebagai pupuk penguat buah durian agar tidak mudah rontok.

Sementara, cara memupuk durian baru tanam hanya mengkonsentrasikan pada tumbuhnya tunas baru, penguatan batang dan daun.

Jenis-jenis pupuk durian agar cepat berbuah di antaranya, pupuk kandang, pupuk kompos, pupuk urea untuk durian, pupuk NPK, pupuk mutiara dan jenis lainnya dengan harga pupuk durian yang bervariasi.

Selain itu, pupuk yang digunakan pun bisa berupa pupuk cair yang dilakukan lewat penyemprotan pada daun maupun disiram ke akar tanaman.

Setidaknya pupuk cair yang digunakan merupakan pupuk majemuk dengan unsur P atau pupuk tunggal yang dominan. Jenis pupuk yang digunakan di antaranya:

  • Pupuk NPK dengan kadar P dan K tinggi
  • Pupuk daun: Gandasil B, Growmore, Vitabloom, Compesal, dan Multimicro.

Waktu Pemupukan Durian Yang Direkomendasi

Untuk waktu yang direkomendasi untuk pemupukan durian, yakni, saat pagi hari pukul 07.00 – 09.00 dan bisa juga pemupukan dilakukan saat sore hari dikisaran waktu 04.00 – 05.00.

Tips Pemupukan Durian

Jika pemupukan bonsai durian ingin cepat diserap. Maka yang harus dilakukan adalah dengan menggunakan pupuk NPK yang dicairkan menggunakan air. Selanjutnya siramkan ke akar tanaman.

Saat akan memberi pupuk NPK, sebaiknya tidak bonsai durian tidak disiram selama satu minggu. Tujuan pemupukan dengan air dicairkan adalah agar cepat terserap oleh akar tanaman pohon durian. Selanjutnya biarkan lembab hingga dua minggu.

Hormon Perangsan Pohon Durian Agar Cepat Berbuah

Selain itu ada juga penggunaan hormon tanaman, atau penggunaan zat pengatur tumbuh tanaman (ZPT). Zat ini nantinya akan merangsang pembuahan tanaman durian.

Jenis ZPT yang biasa digunakan untuk merangsang pohon durian yakni, Paklobutrazol. Dosis pemberiannya 1 ppm atau 1 ml paklobutrazol dan dilarutkan di 1 liter air.

Pemberiannya juga dilakukan saat masa kering atau kemarau, yakni selama 2 sampai 3 bulan. Cara pemberiannya disemprotkan di daun, ranting, maupun cabang tanaman sebanyak 1-2 kali. Dilakukan dengan merata hingga bagian tanaman pohon durian.

Masa Panen Durian

Cara Memilih Durian

Untuk masa panen durian di umur 8-10 tahun sejak masa tanam durian. Ini untuk durian lokal. Kalau untuk umur panen durian montong di kurung waktu 3-4 tahun sejak masa tanam.

Tips saat memasuki masa panen durian, yakni, buah durian yang sudah masak dan cukup besar diikat dengan tali rafia, hal ini untuk menghindari kecelakaan akibat tertimpa buah durian jatuh.

Ciri Ciri Durian Mateng

Ciri ciri durian sudah siap panen dan sudah matang adalah sebagai berikut:

  • ujung duri buah durian kecoklatan,
  • buah durian mengeluarkan aroma harum khas durian,
  • warna garis diantara duri buah durian terlihat kontras,
  • dan jika dipukul bunyi menggema terdengar terasa berongga di bagian dalam durian.

Simak artikel berikut ini juga tentang : Cara Memilih Durian : Matang, Kuning, dan Super Enak

Itulah tentang pohon durian bonsai, dan cara agar pohon durian tidak tinggi, pohon durian pendek berbuah lebat, dan menghasilkan buah yang nikmat bagi pecinta buah durian.

Semoga informasi ini bermanfaat. Kita akan ulas durian lainnya. Yuk simak selengkapnya di artikel ayobudidaya, terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *