bonsai asam jawa

Bonsai Asem Jawa: Jenis, Cara Membuat dan Harga

Bonsai Asem Jawa adalah salah satu jenis tanaman bonsai yang populer di kalangan pecinta bonsai. Tampilan yang sederhana justru membawanya dalam bentuk yang unik dan yang paling diminati selain jenis bonsai lainnya.

Maka dari itu, saya tertarik mengulas tentang jenis bonsai yang satu ini di ayobudidaya.com. Berikut adala jenis, karakteristik, cara membuat bonsai, dan harga bonsai tersebut:

Jenis Bonsai Asem Jawa Terbaik

bonsai asam jawa
Bonsai Asem Jawa: Jenis, Cara Membuat dan Harga

Berikut ini jenis-jenis bonsai asem jawa terbaik yang bisa kita pelihara dan miliki, namun memang di antaranya memiliki harga bonsai yang mahal. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Bonsai Asem Jawa Besar Juara

Harga bonsai asem jawa besar juara ini mencapai Rp3,5 juta. Termasuk harga bonsai termahal di jenis yang sama. Namun, jenis bonsai yang satu ini memang banyak peminatnya. Karena memiliki bentuk tubuh yang eksotik, dan dari sisi usia bisa sangat tua.

Bahkan jenis bonsai yang satu ini tak sekedar menjadi tanaman dalam pot rumahan saja, tetapi juga merupakan bonsai yang kerap menjadi bahan lomba atau kontes.

2. Bonsai Asem Jawa Diatas Batu

Jenis bonsai yang satu ini juga memiliki harga yang cukup lumayan mahal, berada di kisaran Rp1,2 juta. Namun harga tersebut menjadi murah bagi pecinta dan pengkoleksi bonsai. Apalagi jika tanaman bonsainya cantik, berada di bahan batu yang dapat mengikat di dasar akarnya.

Dan pantas harga jenis bonsai yang satu ini mahal, sebab, butuh teknik dan pengalaman yang banyak untuk bisa membuat bonsai ini cantik dan dapat menempel di bebatuan.

3. Bonsai Asem Jawa Cascade

Harga jenis bonsai asem yang satu ini mencapai Rp750 ribu. Jenis bonsai ini adalah bonsai air terjun alias bonsai menggantung. Sehingga memiliki bentuk yang unik. Jenis bonsai yang satu ini juga kerap menjadi salah satu jenis bonsai untuk kontes atau lomba.

4. Bonsai Asem Jawa Sedang Juara

Jenis bonsai yang satu ini memiliki ukuran di kisaran 50 sampai 100 cm. Cukup mini, namun butuh penanganan pemeliharaan yang teliti dan hati-hati.

5. Bonsai Asem Jawa Kecil Juara

Ukuran jenis bonsai ini lebih mini lagi dari jenis bonsai di atas, yakni 25-50 cm. Jenis bonsai ini cocok untuk tanaman hias di rumah dengan daun bonsai yang unik.

Cara Membuat Bonsai Asem Jawa Juara dan Terbaik

Ada banyak cara dalam membuat bonsai jenis asem jawa ini. Caranya ada yang cangkok dan ada juga yang dari biji. Bahkan ada bibit bonsai asam jawa juga dipasaran.

Maka tak sedikit ada yang menggunakan cara membuat bonsai asam jawa dari biji. Selain cara membuat bonsai, juga turut diperhatikan adalah bagaimana cara mengecilkan daun bonsai asam Jawa tersebut. Hal ini penting karena akan menjadikan tanaman bonsai lebih cantik dan eksotis.

Masa buah bonsai asam jawa ini bervariasi, karena tanaman bonsai asem ini ada yang berbuah di usia 1 tahun setelah masa tanam, namun ada juga yang lama sekali.

Tapi yang jelas itu semua tergantung budidaya, cara membuat dan teknik perawatannya. Serta media tanam yang digunakan. Berikut caranya:

Cara Menanam Bonsai

Pertama-tama kita memasuki cara menanam bonsai. Pada proses menanam maupun membuat bonsai ini bisa dari biji dan bisa dari cangkok.

Namun kalau tak sabar dan ingin yang cepat mending beli bibitnya saja, karena bonsai asem jawa ini bukan jenis bonsai langka. Sehingga masih mudah didapatkan dan ditemui di penjual tanaman bonsai.

Selain itu, harga bibit bonsai asam jawa juga murah, sekitar Rp50 ribuan untuk ukuran kecil. Namun bisa juga dari biji, tetapi menunggunya sangat lama.

Jika gunakan biji, maka yang harus disiapkan adalah media tanam penyemaian dan biji bonsai asam jawa yang berkualitas. Caranya tinggal semai bibit di media tanam yang sudah disiapkan

Atau alternatifnya yang bisa kita lakukan selain beli bibit maupun menanam dengan biji, kita bisa menanam dari alam. Dan cara hematnya dengan dibentuk sendiri.

Cara Membuat Bonsai Asem Cangkok

Misalnya saja, kali ini, kita akan membuat bonsai asem jenis asem jawa dari cangkok. Adapun yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Kupas kulit sebagai media cangkok seperti cara mencangkok tanaman pada umumnya. Yakni, dalam hal ini dari batang pohon asem yang akan dijadikan indukan.
  2. Yang perlu kita perhatikan adalah ketika memilih indukan, pilihlah batang pohon asam jawa dari pohon yang berusia tua.
  3. Pastikan batang pohon asam ajawa tidak ada jamur serta berdaun rindang dan hijau.
  4. Jika cangkok yang kita lakukan berhasil, di batang pohon asam jawa dicangkok tersebut akan muncul akar.
  5. Selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah batang bisa dipotong dan ditanam, kemudian masuk ke tahapan membentuk dan merawat bonsai asem yang telah dicangkok.
  6. Nah memasuki proses membentuk dan merawat ini kita bisa memperhatikan beberapa komposisi, yakni tanah yang digunakan dan pupuk bonsai yang diberikan.
  7. Pemupukan sebaiknya menggunakan pupuk organik ataupun pupuk kompos.

Cara Membentuk Pola Bonsai Asem Jawa

Selanjutnya, kita akan melakukan pola bentuk bonsai yang diinginkan. Adapun, jenis-jenis bentuk pola bonsai adalah dibuat tegak berkelok-kelok, dan ada juga yang dibentuk bonsai sarung angin. Selain itu, ada juga bentuk bonsai akar terjalin, bentuk bonsai miring kanan maupun miring kiri.

Nah dalam pembentukan pola bonsai ini yang harus diperhatikan adalah diameter batang bawah tanaman bonsai. Jadi, yang baik dan bagus adalah batang bawah besar, dan semakin ke atas, batang bonsai semakin kecil.

Cara membentuk pola bonsai di dahan maupun ranting kita bisa menggunakan kawat sebagai media alatnya. Jadi, yang harus dilakukan adalah dengan mengarahkan dan menggunakan banyaknya kawat sesuai pola yang diinginkan.

Jika pola dan bentuknya bagus, maka harga bonsai ini akan bernilai tinggi, bahkan bisa mencapai jutaan rupiah. Berikut juga harga bonsai asam Jawa yang banyak diminati masyarakat dan pecinta bonsai.

Harga Bonsai Asem Jawa

harga tanaman bonsai
harga tanaman bonsai

Berikut daftar harga bonsai Asem Jawa, dari yang bibit sampai yang siap kontes:

  • Harga bonsai siap kontes dikisaran¬†Rp1,5 juta, Rp1,8 juta, sampai Rp8 juta.
  • Harga bibit bonsai asam jawa dikisaran Rp40 ribu, Rp50 ribu, Rp100 ribu, sampai Rp250 ribu.
  • Harga bahan bonsai asam Jawa sudah jadi Rp1,8 juta.
  • Harga bonsai asam Jawa Seram Rp1,5 juta.
  • Harga bonsai asam Jawa Timur Rp350 ribu.
  • Harga bonsai asam jawa pot bulat Rp175 ribu.

Ciri – Ciri Bonsai Asem Jawa Terbaik dan Selalu Juara

Adapun keriteria maupun ciri-ciri bonsai jenis asem jawa ini menjadi bonsai terbaik dan bonsai juara kontes adalah sebagai berikut:

  1. Gerak Dasar Bonsai Asem Jawa yang dilihat dair ujung akar sampai ujung batang. Jadi, alur gerak, gaya dan karakter bonsai menjadi penilaian.
    • Untuk alur gerak asam jawa ini lekukan batang yang tidak hanya kerah samping kanan ataupun samping kiri saja tetapi juga kelukan batang ke arah depan serta ke belalakang.
    • Gaya bonsai memiliki gerakaan gaya atas tegak lurus dengan bentuk mengerucut. Selain itu bagian bawah lebih besar dan bagian atas lebih kecil.
    • Karakter bonsai seperti usia yang tua.
  2. Kematangan bonsai juga menjadi penilaian, yakni, bagaimana tahapan hidup bonsai, akar dan batang, tahapan remaja ditandai dengan munculnya ranting dan tahapan tua dimana struktur Bonsai Asem Jawa yang sudah lengkap mulai dari akar hingga anak-anak ranting.
    • Yang diperhatikan di antaranya adalah keseimbangan anatomi tanaman bonsai, jadi semakin tua anatomi tanaman akan semakin tinggi nilai yang akan didapatkan. Karena semakin tua diameter anatomi ukuran akan semakin seimbang. Artinya, ukuran proposional tidak terlalu kecil dengan batang alias seimbang.
    • Dimensi yang indah, dari akar, batang ranting, dan daun.
    • Tata Letak yang harmonis dan seimbang.

Baca Juga: Bonsai Serut: Manfaat, Ciri-Ciri, Cara Menanam dan Harga

Itulah tentang bonsai asem jawa yang bisa kita pelajari, dari jenis, karakteristik, cara membuat, cara membentuk, sampai harga bonsai dan keriteria agar bonsai juara dan menjadi terbaik di setiap kontes bonsai.

Semoga informasi artikel tentang bonsai ini bermanfaat. Sampai bertemu di artikel lainnya. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *