agar pohon durian tidak tinggi

Agar Pohon Durian Tidak Tinggi, Tapi Tetap Berbuah Lebat

Agar Pohon Durian Tidak Tinggi – Berbicara durian memang tidak ada matinya ya. Meski ada yang suka dan tidak, tapi semua orang tahu buah yang satu ini.

Di kalangan pecinta buah durian, bahkan mengimpikan memiliki pohon durian sendiri di halaman rumahnya, atau bahkan di kebun yang ia miliki.

Nah bagaimana dengan kamu? Apakah juga sama dengan saya mengimpikan adanya pohon durian. Tetapi pohon durian yang tanamannya tidak tinggi, alias pendek, namun tetap berbuah lebat.

Ternyata ada caranya loh bro and sist? Sudah tahu belum agar pohon durian tidak tinggi tetapi tetap berbuah rimbun, lebat dan manis. Coba simak artikel berikut

Baca Juga: Bonsai Durian, Solusi Agar Pohon Durian Tidak Tinggi

bonsai durian
bonsai durian solusi agar pohon durian tidak tinggi

Nah simak artikel di atas. Sebelumnya pada tautan artikel di atas sebenarnya saya telah menuliskan tentang cara membuat pohon durian tetap pendek.

Jadi kalau dulu kan orang-orang ingin pohon yang ingin cepat berbuah, tanamannya pendek itu menggunakan cangkok, tapi saya belum dengar nih pohon durian cangkok seperti apa? Saya justru mau belajar juga kalau ada jenis pohon durian cangkok.

Nah salah satu alternatifnya adalah dengan pohon durian dibonsai agar pohon durian tidak tinggi, namun tetap berbuah seperti yang kita harapkan. Itulah salah satu cara pertama yang bisa kita pilih.

Agar Pohon Durian Tidak Tinggi

agar pohon durian tidak tinggi

Atau memang dengan beberapa cara berikut, di antaranya saya juga dikasih informasi oleh teman-teman yang sudah lebih dulu menanam pohon durian, kata mereka, caranya adalah dengan memotong batang pohon durian.

Cara yang dilakukan harus tepat, karena diharapkan pohon durian agar cepat berbuah, maka dilakukan beberapa cara, salah satunya adalah pemangkasan pucuk durian.

Nah hal tersebut dilakukan tidak saat pohon durian sudah besar, melainkan cara merawat pohon durian yang masih kecil, sampai akhirnya pohon durian tersebut tumbuh dewasa dan siap panen dengan ukuran tanaman yang kita inginkan.

Tentunya lagi, kita butuh banyak informasi tentang bagaimana teknik pemangkasan bentuk tanaman durian yang bisa kita lakukan.

Selain itu, ternyata usut punya usut nih, tentunya agar pohon durian tidak tinggi namun cepat berbuah dan berbuah lebat, tentu tergantung dari jenis durian yang ditanam. Cek selengkapnya pada artikel yang sudah pernah saya tulis berikut ini: Baca Juga: Jenis Durian Cepat Berbuah dan Tipsnya.

Karena seperti yang kita ketahui ada banyak sekali jenis durian di Indonesia yang bisa kita tanam dan cepat berbuah, yakni, 3-5 tahun setelah masa tanam.

Tips Membuat Pohon Durian Pendek

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar pohon durian pendek atau tidak tinggi. Karena yang harusnya ktia ketahui bro and sist, menanam pohon durian pendek ini sebenarnya tidaklah sulit.

Namun memang butuh beberapa cara yang harus kita lakukan. Baik dari lokasi tanam, cara menanam, sampai dengan teknik perawatan yang bisa kita lakukan.

Lalu apa saja sih kira-kira yang dapat kita lakukan agar pohon durian tidak tinggi? Adapun yang bisa kita lakukan di antaranya adalah, pertama dengan pemilihan lokasi tana,.

Yang harus dilakukan pada lokasi atau lahan tanam durian ini kita harus memenuhi beberapa syarat, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Ketinggian lahan tanam pohon durian berada di dataran dengan ketinggian berkisar 50-1000 meter di atas permukaan laut.
  2. Durian tumbuh subur di daerah dengan curah hujan 1.500 – 2.500 mm per tahun.
  3. Tekstur tanah yang digunakan menanam pohon durian sebaiknya tanah lempung pasir. Namun pastikan tanah tersebut memiliki kandungan unsur hara yang cukup.
  4. Suhu lingkungan untuk menanam durian dikisaran 21-30 derajat celcius.
  5. pH tanah antara 6-7.

Selanjutnya adalah bibit yang digunakan. Seperti yang sudah kita sebutkan di atas, bahwa bibit durian dan jenisnya mempengaruhi apakah pohon durian bisa tumbuh pendek dan berbuah lebat atau tidak.

Nah lalu bagaimana caranya untuk bsia mendapatkan bibit yang nantinya agar pohon durian tidak tinggi, cara yang dilakukan adalah dengan pohon durian cangkok, atau pohon durian okulasi.

Eits. Wes, ojo riweh buat bibit sendiri. Kita bisa membeli bibit yang sudah jadi. Ada banyak kok. Dan bermacam-macam kualitas dan harganya.

Namun setidaknya kita membeli bibit durian yang sudah bersertifikat di toko pertaniannya. Untuk menjamin bahwa bibit durian yang dibeli berkualitas unggul.

Perhatikan, Ciri-Ciri Bibit Durian Unggul

Perhatikan beberapa hal berikut ini tentang bibit durian unggul yang harus kita ketahui, di antaranya adalah:

  • Bibit pohon durian pendek sehat dan dipastikan terbebas dari penyakit dan serangan hama.
  • Bibit pohon durian pendek memiliki daun yang rindang dan tunas yang banyak.
  • Bibit pohon durian pendek batang utamanya tegak lurus, yakni dengan satu batang utama (tidak bercabang).
  • Bibit pohon durian pendek memiliki diameter batang yang seimbang dengan tinggi bibit durian.
  • Bibit pohon durian pendek yang dihasilkan dari okulasi, pastikan memilih yang ada bekas sambungannya sudah menghilang dan menyatu dengan sempurna.
  • Pastikan cabang pohon durian pendek yang akan dijadikan bibit hidup dan tumbuh seimbang dan merata. Ini untuk memastikan tumbuh pohon lurus.
  • Kulit batang pada bibit pohon durian berkerak, contohnya seperti pada batang pohon durian dewasa.
  • Ukuran batang bibit pohon durian di atas dan di bawah memiliki ukuran yang sama.

Cara Menanam Pohon Durian Pendek

Adapun cara menanam pohon durian yang harus kita lakukan dengan cara bibit pohon durian yang telah dimiliki dilakukan penginapan di lokasi penanaman. Sebenarnya ini hanyalah untuk bibit durian bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Jadi tidak langsung di tanam.

Selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah penggemburan tanah. Caranya bisa dengan mencangkul dan membersihkan lahan dari tanaman yang mengganggu, contohnya gulma.

Oh iya, pada periode ini juga jangan lupa ya, tanah yang sudah digemburkan dicampurkan pupuk, misalnya pupuk organik, baik pupuk kandang maupun kompos. Ini dilakukan selama satu minggu sebelum masa tanam.

Bahkan ada juga cara memupuk durian baru tanam. Jadi, ada perbedaan saat akan memulai, saat menanam, dan setelah durian dewasa dalam takaran dan dosis pemberian pupuk.

Baru setelah seminggu, kembali dibuatkan lubang tanah, untuk kedalaman lubang tanah disesuaikan ya. Nah, jika bibit durian ditanam lebih dari satu, pastikan jarak tanam dilakukan dengan jarak 8 meter.

Cara menanamnya cukup mudah, kita cukup memasukan ke dalam lubang yang telah dibuat, lalu timbung dengan tanah yang digali sebelumnya hingga sebatas leher akar. Selanjutnya pastikan bibit pohon durian saat ditanam dalam posisi yang tegak lurus.

Cara Merawat Pohon Durian Pendek

Selanjutnya setelah masa tanam, yang harus dilakukan adalah merawat pohon durian. Cara merawat pohon durian juga cukup mudah. Misalnya saja ketersediaan air yang cukup di masa awal tanam.

Maka yang diperlukan dalam hal ini hanyalah rutinitas penyiraman. Dan pastikan drainase sekitar tempat menanam juga baik ya. Selanjutnya adalah jangan lupa membersihkan area sekitar batang.

Misalnya saja, akar dan batang tanaman lain yang mengganggu. Ataupun yang mengganggu pertumbuhan bibit durian. Untuk penyiraman dilakukan juga penyiraman tanah yang berada di sekitar pohon. Lakukan rutin hingga padat.

Maka yang harus dilakukan pada masa penggemburan tanah adalah untuk menjaga sirkulasi udara pada tanah yang akan dijadikan tempat media menanam.

Catatan dalam cara merawat pohon durian pendek agar pohon durian tidak tinggi adalah saat melakukan penanganan gulma, sebaiknya gunakan tangan atau alat lainnya semacam garpu, jangan gunakan cangkul. Karena dikhawatirkan merusak akar pohon durian, sehingga tidak maksimal.

Yang tak boleh terlupa saat merawat pohon durian agar pohon durian tidak tinggi adalah dengan memberikan pupuk pohon durian yang berkualitas baik dan unggul serta memenuhi kadar nutrisi yang diperlukan tanaman.

Pemupukan dilakukan saat durian berumur 3 bulan. Pemupukan sekiranya dilakukan setiap 4 bulan sekali sampai usia pohon durian yang ditanam mencapai usia 3 tahun.

Sekali lagi untuk memaksimalkan agar pohon durian tidak tinggi dan berbuah lebat gunakanlah pupuk kompos matang sekali setahun. Baca lengkapnya tips dan agar kita bisa membuat Pohon Durian Pendek.

Cara Pemangkasan Pucuk Durian Agar Pohon Durian Tidak Tinggi

agar pohon durian tidak tinggi

Terakhir yang bisa kita coba agar pohon durian tidak tinggi adalah melakukan pemangkasan pada pucuk durian. Cara yang bisad dilakukan adalah dengan pola 1-0-1-0-1 maupun pola 1-0-0-1-0-0-1 hal ini tentunya melihat kondisi tanaman.

Hal ini diupayakan untuk membuat jarak antar tunas. Selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan pemberat. Pemberat yang bisa digunakan contohnya batu. Jadi bisa dipancangkan ke tanah. Ini untuk mendapatkan batang lateral yang tumbuh landai dan mendatar.

Selanjutnya pemangkasan pucuk durian. PAstikan tidak terlalu tinggi. Alasannya mudah untuk merawat dan tampilan pohon indah jika ditanam di perkarangan rumah.

Syarat untuk pemangkasan pucuk durian adalah pastikan bibit yang didapatkan berasal dari sambung susu, sambung pucuk, maupun okulasi. Kita dapat memangkasnya sekitar ketinggian 4 – 5 meter.

Namun yang baik adalah pemangkasan pucuk batang durian ini setiap 1 cm di atas tunas pada ketinggian yang dikehendaki. Selain itu, pada bagian yang bisa dipangkas adalah batang yang cukup keras dengan warna kulit yang agak kecokelatan.

Setelah pemangkasan, sarannya segera pada bidang pemangkasan yang telah dilakukan ditutup dengan plastik sampai luka pemangkasan kering. Atau caranya bidang pemangkasan yang dilakukan sebelumya  ditutup dengan lapisan cat, aspal, atau waterproofing.

Alasan Pemangkasan Pucuk Durian

Apakah ini berpengaruh agar pohon durian tidak tinggi? Namun alasan yang tepat adalah agar terciptanya tunas baru, seperti tunas air akibar terjadinya konsentrasi hormon auksin yang tidak tersalurkan ke pucuk tanaman yang sudah dipotong.

Maka seterusnya pemangkasan pun perlu dilakukan, setidaknya batang lateral pohon durian ini tumbuh sampai belasan meter ke samping dan ketinggian serta bentuk tajuk pendek sesuai harapan. Namun yang jelas perhatikan keseimbangan dan kekompakan pohon antara batang dan ranting.

Itulah bro and sist, mudahkan sekedar membuat agar pohon durian tidak tinggi, tetapi tetap berbuah lebat. Nah, kalau tak ada aral menghadang, bolehlah kamu membaca artikelku lagi.

Sekian terimakasih. Salam. Sampai bertemu di artikel ayobudidaya.com lainnya.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *