Bonsai Asem Jawa Juara

Agar Bonsai Asem Jawa Juara Terbaik di Kontes

Bonsai Asem Jawa Juara menjadi salah satu yang diidam-idamkan oleh para pecinta bonsai. Tampil sebagai bonsai terbaik di jenisnya, tentu menjadi suatu yang sangat penting yang dilakukan oleh pemilik bonsai.

Lalu bagaimana caranya membaut bonsai asem jawa Juara dan bisa tampil sebagai bonsai terbaik di setiap kontes yang diselenggarakan, berikut ulasan yang saya tulis di ayobudidaya.com:

Bonsai Asem Jawa Juara

bonsai asam jawa
Bonsai Asem Jawa: Jenis, Cara Membuat dan Harga

Ada banyak bonsai dengan jenis asem jawa yang juara. Di antaranya asem jawa besar juara dan asem jawa sedang juara dan asem jawa kecil juara. Masing-masing jenis tersebut memiliki karakteristik, ciri khas, dan harga yang berbeda-beda.

Misalnya saja, harga bonsai asem jawa besar juara bisa mencapai Rp3,5 juta. Sementara, Bonsai Asem Jawa Sedang Juara harganya bisa lebih mahal dan bisa lebih murah, tergantung ukuran dan bentuk bonsainya.

Kalau bonsai asam jawa sedang juara ini berukuran di kisaran 50-100 cm, dengan pemeliharaan yang hati-hati dan teliti. Senada dengan jenis bonsai asam jawa kecil juara dengan rata-rata ukuran 25-50 cm.

Jenis-jenis tanaman tersebut memang cocok menjadi tanaman hias di rumah dengan bentuk batang, daun dan ranting yang unik. Dan harga bonsai tersebut sangat terjangkau.

Begitu juga dengan Bonsai Asam Jawa Besar Juara yang memiliki bentuk tubuh eksotik dan dari sisi usia bisa hidup tua lebih lama.

Untuk bonsai jenis asam jawa besar ini biasanya digunakan sebagai tanaman bonsai kontes atau lomba-lomba pameran bonsai.

Cara Membuat Bonsai Asem Jawa Juara

Bagaimana cara membuat bonsai asam jawa jaura? Caranya adalah bisa dengan cangkok dan bisa dengan biji, atau beli bibit langsung dan tinggal dibentuk.

Sebenarnya tidak terlalu sulit membuat bonsai yang satu ini, sama seperti cara membuat bonsai melati. Jika yang teliti bisa melakukannya dengan cara biji. Namun tentunya cara menanam bonsai dengan biji ini sangat lama sekali.

Dan jika yang ingin cepat adalah dengan cara cangkok atau dengan cara membeli bibit bonsai, harga bibit bonsai asam jawa bervariasi dari Rp40 ribu, Rp50 ribu, sampai Rp100 – Rp250 ribu.

Yang bisa kita lakukan dalam menjadikan bonsai asam jawa juara ini adalah dengan mencangkok dari indukan bonsai yang berkualitas baik dan unggul.

Karena mendapatkan indukan atau bonsai asam jawa yang tua, apalagi pernah menang kontes, maka diharapkan turunannya juga memiliki struktur anatomi tubuh yang sama dengan induknya. Adapun cara mencangkoknya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih induk yang tua dan berkualitas terbaik dan unggul.
  2. Kupas kulit induk bonsai asam jawa terbaik dan unggul sebagai media cangkok.
  3. Pastikan batang pohon asam ajawa tidak ada jamur serta berdaun rindang dan hijau.
  4. Cara mencangkoknya sama seperti cara mencangkok tanaman pada umumnya.
  5. Jika cangkok yang kita lakukan sudah berhasil, maka akan terlihat akar dalam cangkokan yang telah kita lakukan.
  6. Batang bonsai lalu dipotong.
  7. Selanjutnya batang bonsai cangkokan ditanam di media yang telah ditentukan.
  8. Jika sudah ditanam, dan tumbuh berkembang, rawat dan bentuk sesuai yang kita inginkan.
  9. Jangan lupa pemberian pupuk yang berkualitas unggul dan baik. Saran pupuk bonsai asam jawa juara yang digunakan adalah pupuk organik ataupun pupuk kompos.

Cara Membuat Bonsai Asem Jawa Juara Tampil Terbaik dan Cantik

Bonsai Asem Jawa Juara
Bonsai Asem Jawa Juara

Nah pada tahap inilah yang menjadikan tanaman bonsai asem jawa juara bisa tampil terbaik dan cantik di setiap kontes dan lomba yang diikuti.

Meski bukan bonsai langka, tapi jika dirawat dengan baik, bonsai ini tak kalah dengan jenis bonsai langka pada umumnya.

Teknik ini dilakukan saat tanaman bonsai, atau bibit bonsai sedang tumbuh berkembang. Karena pada tahap ini yang perlu dilakukan selain perawatan pada umumnya, dari menyiram, pemupukan, pencegahan hama dan penyakit, juga yang harus kita perhatikan pembentukan pola bonsai.

Jenis-jenis pola atau jenis bentuk bonsai yang disukai dan kerap menjadi terbaik dalam kontes lomba seperti bonsai dengan pola tegak berkelok-kelok, bonsai sarung angin, dan bonsai akar terjalin, serta bentuk bonsai miring kanan maupun miring kiri.

Selain bentuk pola yang juga tak kalah penting agar bonsai asem jawa juara adalah diamter batang bawahnya harus lebih besar dari pada pucuk dan bagian atasnya.

Jadi bagian batang bawah besar, dan tanaman tumbuh semakin ke atas menampilkan batang bonsai yang semakin kecil. Jadi diamter batang bonsainya harus benar-benar diperhatikan.

Lalu bagaimana cara membentuk pola bonsai, baik di dahan maupun di ranting, caranya dengan alat kawat. Dengan kawat itulah kita akan membentuk pola.

Karena pola yang bagus akan menjadikan bonsai bernilai tinggi, harga mahal, dan inshallah menjadi juara terbaik di setiap kontes lomba.

Ciri – Ciri Bonsai Asem Jawa Juara

Pada umumnya ciri-ciri bonsai asam jawa juara ini adalah sebagai berikut:

  • Memiliki gerak dasar bonsai asem jawa dari ujung akar sampai ujung batang dengan alur yang memiliki kelukan batang dari depan dan belakang.
  • Memiliki gerak dan gaya bonsai tegak lurus dengan bentuk mengerucut. Selain itu bagian bawah lebih besar dan bagian atas lebih kecil.
  • Karakter bonsai memiliki umur yang tua.
  • Kematangan bonsai, seperti tahapan hidup bonsai, akar dan batang, yang ditandai dengan munculnya ranting dan tahapan tua sudah lengkap dari akar hingga anak-anak ranting.
  • Perhatikan keseimbangan anatominya, semakin tua akan semakin tinggi nilai yang didapatkan. Semakin tua diameter ukuran akan semakin seimbang. Ukuran proposional tidak terlalu kecil dengan batang alias seimbang.
  • Dimensi yang indah, dari akar, batang ranting, dan daun dengan tata Letak yang harmonis dan seimbang.

Baca Juga: Jenis Pohon Bonsai Termahal Yang Bikin Geleng Kepala

Itulah tentang bonsai asem jawa juara, semoga informasi yang diberikan bermanfaat. Sampai bertemu di artikel selanjutnya. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *