bonsai langka

10 Bonsai Langka dan Karakteristik Keunggulannya

Bonsai langka kini semakin diminati para pemburu bonsai. Karena memiliki nilai dan karakteristik unggul yang bisa menjadi hiasan maupun tanaman yang indah untuk diperlihatkan ke banyak orang.

Maka jenis-jenis bonsai ini kini memiliki nilai jual yang tinggi. Apalagi tanaman bonsai mengandalkan suatu teknik yang tak mudah dalam membuatnya.

Dan kali ini ayobudidaya.com akan membahas tentang tanaman bonsai dari jenis bonsai langka sampai dengan pengertian dari tanaman bonsai tersebut, berikut di antaranya tentang tanaman bonsai yang bisa kita ketahui:

Apa itu Tanaman Bonsai?

Bonsai merupakan salah satu teknik untuk membuat tanaman menjadi lebih menarik sehingga dapat meningkatkan minat para pecinta tanaman hias.

Bonsai termasuk salah satu tanaman yang harganya relatif mahal, apalagi jika jenis tanaman bonsainya langkah. Setiap tanaman pada dasarnya dapat dijadikan sebagai tanaman bonsai.

Akan tetapi dalam membuat tanaman bonsai dibutuhkan ketekunan serta ketelatenan untuk dapat membuat tanaman bonsai yang indah. Jadi gampang-gampang sulit dalam membuat tanaman menjadi tanaman bonsai.

Tanaman bonsai menjadi primadona karena banyak dicari dan diminati oleh para pecinta tanaman. Apalagi jika jenis tanaman bonsainya termasuk jenis langka.

Tanaman bonsai yang langka semakin menambah nilai tanaman baik dari segi estetika maupun nilai jual yang semakin mahal. Di dunia ada beberapa jenis tanaman bonsai langka yang banyak dicari.

Jenis-Jenis Tanaman Bonsai Langka

Berikut ini adalah jenis-jenis tanaman bonsai langka yang kian hari kian dicari dan memiliki harga jual yang mahal dan termasuk dalam kategori jenis pohon bonsai termahal.

1. Bonsai Mirten

Jenis bonsai langka yang pertama adalah bonsai Mirten. Tanaman bonsai ini memiliki ciri-ciri ranting tipis, lurus serta warna yang mengkilap.

Jenis bonsai Mirten bungannya muncul secara tunggal dan memiliki bentuk oval serta bergerigi tajam di sisi bagian pinggirnya. Anda dapat menemukan tanaman ini di kampung-kampung karena sering dijadikan sebagai tanaman pagar oleh warga.

2. Bonsai Murbei

Jenis tanaman bonsai langka yang kedua adalah bonsai Murbei. Bonsai murbei memiliki ciri-ciri daunnya yang bulat serta berjari lima. Ciri lain dari Bonsai murbei dapat anda lihat dari warna daunnya.

Daun murbei yang masih muda cenderung berwarna hijau, sedangkan daun yang sudah tua berwarna merah. Selain itu pada daun terdapat tonjolan kecil yang membuat murbei menarik untuk dilihat. Biasanya tanaman murbei ini banyak tumbuh liar di desa-desa.

3. Bonsai Nam-nam

Jenis tanaman bonsai langkah berikutnya adalah tanaman Nam-nam. Tanaman bonsai Nam-nam memiliki ciri buah yang berbentuk elips dan juga cenderung melingkar.

Hal yang membuat tanaman bonsai Nam-nam langka dan diminati banyak orang adalah dari daunnya. Nam-nam mempunyai keunikan tersendiri pada bagian daunnya.

Daun Nam-nam nampak berwarna putih merah ketika masih muda, namun ketika daun mulai menua akan berubah menjadi warna hijau.

4. Bonsai Mustam

Jenis tanaman bonsai langkah selanjutnya adalah bonsai mustam. Bonsai mustam memiliki batang yang gagah dan kokoh. Bonsai mustam menjadi salah satu bonsai yang memiliki tampilan visual yang menarik dan menjadi favorit banyak kalangan. Keunikan dari bonsai mustam adalah daunnya yang memiliki warna kehijauan.

5. Bonsai Serut

Jenis bonsai langka yang kelima adalah jenis bonsai serut. Bonsai langka ini memiliki ciri-ciri daun serut kecil yang tidak rata namun penuh. Ciri lain yang dapat anda lihat dari jenis Serut adalah dari batangnya yang berwarna putih.

Selain memiliki batang yang berwarna putih, bonsai serut mempunyai batang yang tidak rata serta banyak terdapat tonjolan. Hal yang membuat bonsai ini istimewa salah satunya karena memiliki ranting yang melengkung.

6. Bonsai Pilang

Jenis bonsai langka selanjutnya adalah jenis bonsai Pilang. Bonsai Pilang memiliki karakteristik daun yang berbentuk oval dan kecil. Pada bagian batang, bonsai pilang memiliki batang yang berwarna kehijauan.

Ketika tanaman bonsai bertambah tua akan muncul bintik-bintik. Keunikan bonsai ini adalah batangnya yang nampak besar namun daunnya berukuran kecil.

7. Bonsai Siantho

Bonsai Siantho merupakan jenis bonsai langka yang juga diburu oleh para pecinta tanaman bonsai. Jenis bonsai Siantho ini memiliki karakteritik daun yang berukuran agak besar, mengkilap serta berbentuk hati.

Sedangkan ciri buah bonsai Siantho berbentuk bulat persegi delapan. Dikalangan para kolektor tanaman bonsai, jenis Siantho juga sering disebut sebagai bonsai cermai belanda.

8. Bonsai Pinus

Jenis bonsai pinus merupakan jenis bonsai langka yang banyak ditemukan didaerah pulau Sumatera.  Bonsai pinus memiliki ciri batang yang ramping dan lurus. Ciri khas lain dari jenis bonsai ini adalah buahnya yang berbentuk pipih kerucuh.

9. Bonsai Sisir

Bonsai langka selanjutnya adalah jenis bonsai sisir. Sama seperti bonsai langka lainnya, bonsai sisir juga memiliki penampilan batang serta daun yang memesona pandangan.

Jenis bonsai sisir memiliki ciri-ciri batang yang keras namun mudah keropos. Selain itu batangnya kokoh dan mempunyai ranting-ranting yang berduri.

10. Bonsai Wareng

Jenis bonsai langka yang terakhir adalah jenis bonsai wareng. Jenis wareng merupakan tanaman asli dari indonesia yang biasa dijadikan sebagai pagar hidup di kebun.

Jenis bonsai wareng memiliki ciri daun yang berwarna hijau segar serta bentuk yang agak menyudut. Batang dari jenis wareng ini umunya berduri dan sulit ditembuh oleh hewan karena memiliki kerapatan tanaman.

Itulah 10 jenis tanaman bonsai langka yang ada di dunia. Sebagai kolektor ataupun hanya sekedar pecinta tanaman hias, sudah pasti anda menginginkan salah satu jenis bonsai langka tersebut. Cek harga tanaman bonsai di sini

Jenis bonsai langka harganya memang cenderung lebih mahal. Usahakan anda bijak untuk memilih tanaman hias anda agar tidak menyesal dikemudian hari. Cek juga jenis tanaman bonsai terbaik di Indonesia. Selamat berburu bonsai langka!

Ayo Budidaya Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *