Usaha Ternak Lele Rumahan

Usaha Ternak Lele Rumahan, Modal Kecil Untung Besar

Dalam Usaha Ternak Lele Rumahan bisa menjadi pilihan alternatif wirausaha yang bisa dilakukan siapa saja, termasuk para pemula. Saya pun demikian.

Ada banyak informasi tentang budidaya ikan lele yang bisa kita pelajari untuk memandu kita dalam berbisnis ikan lele. Memang kita harus akui, ikan lele merupakan primadona ikan konsumsi di masyarakat, maka tak sedikit yang melakukan budidaya ikan lele.

Namun hal tersebut juga harus kita akui, bahwa melakukan budidaya ternak ikan lele adalah salah satu alternatif untuk meningkatkan nilai ekonomi masyarakat.

Maka tak heran, usaha ternak lele rumahan menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan, baik para pemula, maupun yang sudah mahir dalam usaha ternak ikan lele.

Dalam berbisnis apapun itu, dan dalam hal ini ikan lele, tentunya kita juga harus menghitung untung rugi ternak lele seperti apa.

Baca Juga: untung rugi ternak lele

Untuk bisa menjadi pertimbangan dikemudian hari, dan mencatat segala kesalahan-kesalahan dalam budidaya ikan lele. Selain itu juga tentunya yang harus kita pelajari adalah ilmu dari budidaya ikan lele tersebut.

Karena dalam usaha ternak lele rumahan ada beberapa hal yang harus kita pelajari. Jadi tak sekedar beternak lele. Tetapi ada faktor penentu lainnya,

Misalnya, kita harus dengan detail mengetahui tentang keuntungan ternak ikan lele yang akan diperoleh. Untuk itu kita perlu mengetahui cara analisanya.

Baca juga: analisa keuntungan ternak ikan lele

Keuntungannya seberapa besar? Dan tingkat kerugiannya berapa besar, itu jugalah yang patut kita pertimbangkan.

Selanjutnya, jawaban analisa ini juga, apakah usaha ternak lele rumahan yang dilakukan ini untuk budidaya bisnis, apakah sekedar untuk memenuhi kebutuhan gizi rumah tangga, sebagai konsumsi pribadi tidak dijual.

Maka dari itulah, ternak lele yang kita lakukan, baik pemula maupun expert akan menganalisa dan perlu mengetahui serta mempelajari bagaimana sih beternak lelenya.

Tentu ini juga bisa menjadi pertimbangan, untuk memaksimkan bisnis ternak lele yang akan kita jalani.

Baca juga: cara beternak lele dan prospek bisnisnya.

Analisa Usaha Ternak Lele Rumahan

Usaha Ternak Lele Rumahan
usaha ternak lele rumahan

Dan berikut ini beberapa faktor penting yang bisa kita juga pahami tentang usaha ternak lele yang dilakukan di rumah ini.

Pertama adalah dengan menganalisa, apakah ternak lele yang akan dilakukan berbentuk usaha atau konsumsi.

Sebab kalau dianalisa sebagai usaha bisnis, maka kita ada tiga pilihan

1. Budidaya Bibit Lele

Pertama, bisa dengan usaha budidaya bibit ikan lele. Cara ini sudah saya jelaskan pada akun tertaut disamping.

Dengan gamblang bagaimana cara budidaya bibit ikan lele yang baik dan benar, sehingga menghasilkan benih lele yang berkualitas.

Kedua, yang bisa kita lakukan adalah pembesaran. Nah cara ini juga beragam. Kita bisa ke tahap bisnis maupun tahap konsumsi. Hal ini dengan mempertimbangkan model kolam ikan yang akan digunakan.

Kenapa? Ya, jika ternak lele rumahan hanya untuk konsumsi. Saya sarankan gunakan kolam tembok atau kolam ikan lele permanen dari beton. Meski ukuran kecil. Tapi lebih awet dan lama untuk periode masa akan datang, dan dapat digunakan jenis ikan apapun, setelah periode ternak lele selesai.

2. Cara Beternak Lele Rumahan Untuk Pemula

cara budidaya ikan lele di kolam tembok
cara budidaya ikan lele di kolam tembok

Bagaimana cara melakukan budidaya lele yang mudah, dan sesuai baik sebagai bisnis maupun sebagai konsumsi. Caranya sebenarnya mudah. Bisa dengan kolam tembok, kolam terpal, maupun kolam tanah.

Baca Juga : Budidaya Lele di Kolam Tembok

Sudah dengan lengkap dan jelas disebutkan cara budidaya ikan lele di kolam tembok yang baik dan benar.

Cara ini juga bisa dijadikan usaha ternak lele rumahan yang paling sederhana untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi sebagai lauk pauk dalam hidangan keluarga.

Namun untuk sekala bisnis, sebaiknya meski sekedar usaha ternak lele rumahan dan khususnya ternak lele pemula. Tak ada salahnya kita memilih di antara dua metode berikut.

Karena perhitungannya memang harus matang. Tak sekedar beternak lele saja. Pertama dengan menggunakan kolam terpal sebagai budidaya ikan lelenya. Cara budidaynya lihat artikel berikut ini:

Baca juga: budidaya lele di kolam terpal.

ukuran kolam lele 1000 ekor
foto dari bukalapak

Nantinya ada ketentuan berapa luas kolam ikan lele yang dibutuhkan. Selain itu, berapa tebar benih ikan lele, dan bagaimana cara perawatan dan panennya. Serta butuh luas lahan berapa banyak untuk usaha ternak lele.

Atau kita juga bisa dengan menggunakan cara berikut ini:

Baca juga: budidaya ikan lele di kolam tanah

Atau bisa jadi beternak lele di sawah. Cara ini sederhana. Tapi tentu semua pilihan ada plus dan minusnya, ada untung ruginya. Sehingga patut diperhitungkan.

Nah cara-cara ini bisa dilakukan sebagai usaha ternak lele rumahan. Jika tepat, maka kita akan mendapatkan keuntungan yang berlipat.

3. Kesimpulan Analisa Usaha Ternak Lele Rumahan

Nah, kesimpulannya, sebenarnya dalam menjalankan usaha ternak lele hanya butuh ketekunan, ketelitian, dan ilmu dasar beternak lele.

Saran saya pelajari lebih dalam segala bentuk kebutuhan dengan jenis penggunaan kolamnya. Sehingga kita bisa melakukan budidaya lele dengan tepat guna.

Karena memang, seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali yang bisa kita pelajari dalam beternak lele. Termasuk dari segi analisa harus dipikirkan dengan matang.

Tentunya hal ini untuk kita bisa lebih spesifik dalam mempelajari usaha ternak lele rumahan. Namun, pada intinya dalam usaha ternak lele di rumah itu yang diperlukan lahan dan ketekunan.

Hal ini masih bisa disambi dengan kerjaan lainnya. Karena memang beternak lele tidak terlalu ribet dan merepotkan. Hanya butuh menangkap peluang usaha dan bagaimana menerapkan materi informasi yang telah disampaikan ini.

Selain ternak lele, Ikan Gurame juga bisa menjadi salah satu alternatif dalam usaha ternak ikan di rumah.

Hanya saja memang ikan gurame lebih lama dari pada ikan lele. Ikan lele sebulan dua bulan sudah bisa dikonsumsi. Namun umumnya panen di usia 2 bulan masa pembesaran.

Yang jelas yang bisa jadi pertimbangan kita dalam melakukan usaha ternak lele sekala rumahan di antaranya:

  1. Modal usaha
  2. Metode budidaya yang digunakan
  3. Analisa biaya: pembuatan kolam, benih, pakan, dan sarana produksi lainnya.
  4. Tempat menjual hasil budidaya

Baca Juga: Biaya Ternak Lele Kolam Terpal dan Analisa Keuntungannya

Nah, itu dia informasi tentang usaha ternak lele rumahan yang bisa kita pelajari. Cek artikel lainnya di Ayobudidaya.com, selamat berwirausaha.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *