untung rugi ternak lele

Untung Rugi Ternak Lele, Silakan Dipertimbangkan

Untung Rugi Ternak Lele – Dalam budidaya ikan lele seorang peternak terlebih bagi pemula tentunya memiliki banyak perhitungan sebelum benar-benar terjun menjadi peternak lele.

Perhitungan ini agar yang dihasilkan keuntungannya maksimal bukan kerugian yang didapatkan. Jadi berapa keuntungan ternak lele 1000 ekor yang didapat jika memelihara 1.000 ekor lele ini hasilnya maksimal.

Apalagi bagi ternak lele pemula. Perhitungan untung rugi ternak lele ini harus matang agar usaha yang dijalankan tetap bisa produksi.

Salah satu perhitungan keuntungan ternak lele juga harus seimbang diperhitungkannya kerugian ternak lele yang akan didapatkan selama perjalanan usaha.

Namun di Indonesia ternak lele adalah salah satu usaha yang menguntungkan. Ini dapat dilihat dari banyaknya peternak lele di Indonesia.

Bahkan produksi lele di dalam produksi perikanan budidaya nasional pertumbuhannya mencapai 17 hingga 18 persen. Dan lele menjadi salah satu komiditas ikan tawar unggulan di Indonesia.

Terlebih tingginya produksi berbanding lurus dengan tingginya angka konsumsi ikan lele dalam negeri. Sehingga pasar selalu terbuka besar, bahkan untuk ke ekspor.

Berikut ini gambaran tentang untung rugi ternak ikan lele yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum benar-benar terjun dalam budidaya ikan lele.

Untung Rugi Ternak Lele

Untung Rugi Ternak Lele
Untung Rugi Ternak Lele

Agar menghindari rugi dalam beternak ikan lele, hal yang paling banyak diperhatikan dalam melakukan budidaya adalah cara pembuatan kolam terpal ikan lele yang harus diperhatikan.

Ada yang bisa dilakukan dalam ternak lele kolam terpal bagi pemula. Jangan dulu buat terlalu banyak kolam, jika masih sangat newbie dalam budidaya ikan lele.

Selain itu, sebagai pemula juga harus mengetahui apa yang dimaksud ternak lele kolam terpal tebar padat. Selain itu hitung secara matang biaya pembuatan kolam lele permanen jika tidak ingin gunakan kolam terpal. Lalu, pastikan juga ukuran kolam lele untuk 5000 ekor atau ukuran kolam lele 2000 ekor atau hanya untuk 1000 ekor ikan lele saja.

Hal di atas juga bepengaruh terhadap modal usaha ternak lele yang akan dikeluarkan, baik modal usaha ternak lele kolam terpal, maupun modal usaha ternak lele kolam beton alias permanen.

Ini juga memastikan apakah untung rugi ternak lele bisa selaras dengan keinginan kita. Kerugian ternak lele biasanya manajemen yang kurang baik, sehingga menyebabkan beberapa hal, di antaranya:

  1. Ternak lele mati
  2. Ternak lele hilang dicuri
  3. Ternak lele sulit tumbuh dan berkembang sehingga panen lama.

Contoh : Analisa Untung Rugi Usaha Ternak Lele 1000 Ekor

Kita juga bisa perhatikan detil artikel berikut ini tentang analisa budidaya lele 1000 ekor. Sebab, dalam budidaya ikan lele analisa usaha sangatlah berkaitan dengan apa yang kita harapkan.

Jadi media pembelajarannya tak hanya pada satu artikel, satu buku, atau satu makalah. Tetapi juga melakukan beberapa perbandingan. Hal ini untuk memastikan periode per periode budidaya yang akan dilakukan tepat.

Selain itu, kalkulasi ternak lele 2019/2020 ini juga menjadi hal pertimbangan, di mana harga bibit, harga pakan, dan biaya produksi lainnya dapat tetap dijangkau dan bisa menghasilkan periode yang menguntungkan.

Karena memang, analisa usaha ini nantinya berguna untuk memastikan dan meminimalisir agar tidak putus asa ketika melihat hasil untung rugi ternak lele yang telah berlangsung di saat panen.

Analisa tersebut juga sebagai bentuk gambaran dari keuntungan bisnis lele dan cara menghitung keuntungan ternak lele pun dijelaskan secara detail.

Nah, berikut ini saya juga akan mendetilkan informasi tentang untung rugi ternak lele, penjabaran seperti apa yang telah saya tautkan informasi di atas tentang perhitungan keuntungan ternak lele.

Berbicara untung rugi beternak lele, ada beberapa hal yang bisa kita pahami, di antaranya dari keuntungan budidaya ikan lele agar seperti yang kita selaku peternak harapkan.

Selain itu, ada juga terkait kerugian yang bisa saja terjadi dalam peternakan yang sedang kita lakukan. Nah, agar tidak rugi besar. Atau dalam usaha, rugi bisa ditekan, bahkan tidak terjadi kerugian, maka butuh antisipasi.

Dan beberapa hal ini dijelaskan secara lengkap, di antaranya adalah:

A. Keuntungan Budidaya Ikan Lele

Ada banyak cara menghitung keuntungan ternak lele. Namun pada intinya adalah ssaha ternak lele bagi pemula merupakan jenis bisnis usaha yang cocok untuk digeluti. Itu artinya usaha ini menggiurkan, dan keuntungannya menjanjikan.

Faktor menghitungnya adalah modal dan pendapatan berbanding lurus. Artinya masih ada margin sisa keuntungan yang bisa ditingkatkan sebagai modal pengembbangan usaha. Intinya jangan sampai peternak lele bangkrut.

Maka, fenomena ini tak hanya saja menggiurkan bagi peternak lele yang sudah berpengalaman. Ya, meski memang, dalam usaha ternak lele pemula membutuhkan modal yang kecil dan peternakan lele bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan.

Bagi karyawan maupun pegawai masih bisa fokus pada pekerjaan utamanya. Bisnis ternak lele ini tidak harus ditungguin terus, kita cukup merawatnya sesuai dengan jadwal panganya saja.

Budidaya ikan lele sendiri memiliki beragam jenis dan macam tergantung lele apa yang akan dipelihara.

Banyak pembisnis yang sukses untung, karena menjual ikan lele yang mereka budidayakan seperti lele dumbo, lele sangkuriang, lele python dan beragam jenis yang lainnya.

Berikut alasan mengapa budidaya lele merupakan bisnis yang sangat menguntungkan :

Ikan merupakan salah satu dai sumber protein yang murah dan pengganti daging yang baik. Pada kenyataan, tidak ada makanan yang dikonsumsi orang Indonesia tanpa lauk seperti ikan atau daging.

Karena ikan adalah sumber daging putih dan direkomendasikan oleh praktisi kesehatan. Selain itu keuntungan budidaya lele adalah sebagai berikut:

  1. Dapat diterapkan di lahan yang bebas seperti di lahan atau tanah yang berstruktur porous (tanah yang menyerap air) maupun tanah berpasir.
  2. Memiliki biaya investasi murah
  3. DApat dibuat di lahan yang sulit air atau tandus.
  4. Cara pembuatannya mudah dan praktis
  5. Terhindar dari pengsa ikan liar
  6. Kelangsungan hidup lele khususnya lele sangkuriang lebih tinggi mencapai 95%.
  7. Budidaya lele di kolam terpal lebi jarang terserang penyakit dan tidak bau lumpur.
  8. Lele dihasilkan tampak berkualitas bersih dan tidak bau.

Baca : Cara Beternak Lele dan Prospek Bisnisnya

Banyak pusat rekreasi di Indonesia terutama restoran, kedai makanan cepat saji. Bahkan kamu bisa membuat uang dengan berfokus menjadi pemasok lele biasa untuk restoran.

Ada dukungan besar-besaran dan batas kredit didirikan diberlakukan oleh pemerintah federal dan negara bagi petani (baik cocok tanam dan ternak). Keuntungan berikutnya, ada dana yang disisihkan setiap tahun untuk mendorong dan mendukung petani.

Kesimpualan, bahwa budidaya ikan lele merupakan tambang emas yang belum dimanfaatkan dengan maksimal. Kamu dapat membuat hidup yang lebih nyaman dengan bertemu orang-orang yang tepat dan melahap informasi dengan tepat degan cermat.

Perhitungan berikut tentang keuntungan ternak lele dari sudut penghasilan : Misal dengan harga lele per bulan Januari 2018 ini berkisar antara Rp18.500 – Rp20.000 per kg.

Rata rata peternak tradisional menebar 1.000 ekor per kolam. Mereka menggunakan pakan pabrikan dan pakan alternatif berupa keong ataupun jenis pakan sisa rumah tangga lainnya, seperti nasi maupun kotoran ikan lainnya.

Sedangkan rincian biaya ternak lele yang dikeluarkan sebesar, misal dengan rincian sebagai berikut, peternak akan gunakan pakan pelet sebanyak 30 kg dan pakan alternatif yang bisa didapat di kebun atau sawah sekitar rumah. Harga pakan 300 ribu/ sak.

Lalu, harga benih Rp 250/ekor , maka biaya benih untuk 1.000 ekor sebesar Rp 250.000. Keong atau pakan alternatif lainnya terhitung gratis, peternak tinggal cari di sawah dan empang.

Dengan demikian total pengeluaran adalah  Rp 300.000 + Rp 250 = Rp 550.000, belum termasuk listrik, air dan tenaga kerja.

Misalkan dengan tebar 1.000 ekor benih, target produksi sebesar 100 kg (ini bila pakai pakan pellet murni), maka dengan harga jual rata-rata dari Rp.18.500 – Rp 20.000 kita ambil harga tengah dengan prataan Rp 19.000/kg maka uang yang didapat  Rp 19.000x 100 kg = Rp 1.900.000.

Jadi sudah jelas berapa keuntungan yang didapat dari 1.000 ekor kan, modal 550.000 dan dapatkan Rp1.900.000 maka keuntungan yang dihasilkan Rp1.350.000. Namun, target kilogram bisa bertambah.

Lalu, Apa Tingkat Kerugian Budidaya Lele?

untung rugi ternak lele
untung rugi ternak lele

Pertama, bisa disebabkan faktor teknis budidaya yang tak sesuai, sehingga budidaya ternak lele gagal, dan banyak yang mati tidak hidup seperti yang diharapkan.

Atau bisa jadi faktor cuaca yang ekstream, yang mengakibatkan persoalan teknis budidaya ikan lele juga terkendala. Tapi yang lebih sering adalah faktor penjualan dengan harga dan hasil panen yang tidak sesuai.

Nah, itu dia untung rugi ternak lele yang bisa saya bagikan. Intinya kita harus mengetahui bagaimana cara ternak lele yang baik dan benar.

Dan untuk mencapai keberhasilan pun hal teknis harus kita perhatikan dengan detil, seperti, kapasitas kolam lele per meter persegi, berapa luasan ukuran kolam lele beton, berapa luasan ukuran kolam ikan lele dari terpal, ketinggian air kolam lele, bagaimana ukuran kolam lele kapasitas 1000 ekor, dan jika ukuran kolam lele 3000 ekor seperti apa?

Dan lain-lain, sehingga dalam budidaya lele tetap memastikan tingkat keuntungan. Silakan baca artikel ayobudidaya.com lainnya.

Dan dalam hal ini ada banyak cara yang bisa dilakukan dan ditempuh untuk memaksimalkan keuntungan budidaya ternak lele. Sehingga nantinya ketika analisa untung rugi ternak lele, kondisi keuangan usaha budidaya tetap aman, tidak ada kendala.

Bahkan yang diharapkan adalah dalam periode budidaya per tahunnya, bisa mengalami pengembangan yang signifikan untuk ditingkatkan.

Sehingga eksistensi beternak lele bukan hanya persoalan untung rugi ternak lele saja. Tetapi lebih dari itu, yakni tumbuh berkembangnya usaha ternak lele dapat memastikan komoditas ikan air tawar ini menjadi penyumbang devisa negara yang menjanjikan.

Itulah tentang untung rugi ternak lele yang bisa kita pelajari dan pahami. Semoga artikel ini dapat bermanfaatt. Sekian yang bisa disampaikan, terimakasih.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *