ukuran kolam lele 1000 ekor

Ini Dia Ukuran Kolam Lele 1000 Ekor Yang Ideal

Ukuran Kolam Lele 1000 ekor. Dalam budidaya ternak ikan lele, tentunya luasan ukuran kolam lele juga patut diperhitungkan? Maka dari itu. ayobudidaya.com akan menjabarkan ukuran kolam ikan lele yang ideal yang bisa kita siapkan untuk proses budidaya.

Sebab, dalam proses beternak ikan lele tentunya ukuran kolam ikan lele juga akan mempengaruhi harga tepal buat kolam ikan yang akan kita beli.

Selain harga, luasan ukuran kolam lele yang ideal ini juga nantinya akan mempengaruhi jenis kolam yang akan kita buat, dan pastinya akan diperhitungkan analisa usahanya.

Seperti untung rugi ternak lele, analisa usaha lele bioflok, omset budidaya ikan lele yang dihasilkan, analisa usaha lele kolam beton, estimasi rincian biaya ternak lele kolam terpal, dan lain halnya,

Bahkan, terkait pertimbangan, dari luas lahan yang dimiliki, apakah mampu membuat ukuran kolam lele 500 ekor, ukuran kolam lele 1000 ekor, maupun ukuran kolam lele 2000 ekor dan ukuran kolam lele 5000 ekor hingga 10.000 ekor.

Selain itu, mengetahui luasan ukuran kolam lele yang ideal juga akan membantu kita untuk mengetahui pola cara membuat kolamnya, baik dari cara membuat kolam terpal bulat, cara membuat kolam terpal bioflok, cara membuat kolam lele dari beton, cara membuat kolam terpal untuk ikan lele, dan sebagainya.

Nah, sebenarnya sama saja atau tidak sih, ukuran kolam lele 1000 ekor untuk usaha ternak lele kolam terpal dan untuk usaha ternak lele kolam beton?

Jawabannya, kalau ukuran dikemungkinanya akan sama. Namun, dalam analisa usaha ternak ikan lele di kolam terpal akan berbeda dengan kolam beton. Begitu juga bagi analisa usaha pembenihan ikan lele. Dan berikut ini penjelasannya tentang ukuran kolam lele yang ideal:

Ukuran Kolam Lele 500 Ekor

Untuk ukuran kolam lele 500 ekor yang dibutuhkan kolam untuk menebar benih adalah luasan 5 x 2 meter. Kolam lele ukuran 5 x 2 meter itu bahkan bisa mencakup budidaya lele dengan penyebaran benih sampai 1.000 ekor.

Jadi kalau mau pas di angka 500 ekor, maka ukuran kolam bisa lebih diperkecil dari itu, misal 2,5 x 1 meter. Hanya saja, admin menyarankan untuk agak besar, misal 3 x 2 meter. Agar sewaktu-waktu ingin menambah ikan lele bisa lebih optimal produksinya.

Ukuran Kolam Lele 1000 Ekor

Untuk menebar benih ikan lele sebanyak 1.000 ekor maka ukuran kolam lele 1000 ekor yang dibutuhkan adalah kolam yang berukuran 5 x 2 meter.

Ukuran tersebut merupakan ukuran minimal untuk lele 1000 ekor. Jadi hal yang harus diperhatikan adalah, kita jangan menebar benih pada ukuran kolam tersebut lebih dari 1000 benih lele. Sebab, jika dipaksakan maka hasil produksi budidaya lele tidak akan maksimal.

Ukuran Kolam Lele Untuk 2000 Ekor

Cara perhitunganya, ketika kita sudah mengetahui ukuran kolam lele untuk 1.000 ekor, maka untuk 2.000 ekor sudah sangat mudah. Silakan saja membuat dua kolam dengan ukuran yang sama. Lebih baik demikian dan tidak dijadikan dalam satu kolam.

Hal ini juga menyangkut tentang hasil produksi agar lebih maksimal. Terlebih dalam pemerataan pemberian pakan untuk budidaya ternak lele.

Ukuran Kolam Lele untuk 5000 Ekor

Tak jauh berbeda dengan pendapat admin pada point ukuran kolam lele 2.000 ekor. Lebih baik kita menyiapkan kolam sebanyak 5 kolam dengan ukuran yang sama dengan ukuran kolam ikan lele untuk 1.000 ekor.

Hal ini lagi-lagi kita berbicara memaksimalkan hasil produksi, dan pemerataan proses budidaya dalam pemberian pakan. Tentu kebijakan kita dalam mensiasati jumlah produksi kolam akan berbanding lurus dengan hasil yang ingin kita peroleh.

Ukuran Kolam Lele Yg Ideal

Untuk ukuran kolam lele yang ideal tentunya, sudah jelas admin terangkan kita bisa menggunakan ukuran kolam lele untuk kapasitas 1000 ekor. Hal ini lagi-lagi memastikan untuk memaksimalkan jumlah produksi dalam beternak lele.

Sehingga dalam pemberian jumlah pakan lele per 1000 ekor kita juga mudah memperkirakannya dan diharapkan dalam pemberian pakan merata, sehingga pertumbuhan ikan lele juga optimal dan seragam.

Namun ada juga yang menerapkan pola ukuran kolam lele yang ideal sebagai berikut, yakni, 2 x 3 x 1 meter, 4 x 5 x 1 meter, 6 x 4 x 1 meter, atau 4 x 8 x 1 meter.

Terpal Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Ukuran Kolam Lele 1000 Ekor

Jika sudah berbicara ukuran kolam lele 1000 ekor secara singkat admin ingin mencoba menjabarkan berapa ukuran terpal yang dibutuhkan dalam membuat kolam ikan lele kapasitas 1000 ekor.

Para peternak ikan lele atau para pembudidaya pada umumnya hasil ngobrol dan ngopi bareng yang saya lakukan menggunakan ukuran terpal seluas 6 x 8 meter dan 7 x 9 meter. Terpal yang digunakan jenisnya A3 karena lebih tebal dan kuat.

Kenapa ukuran tersebut, hal ini berdasarkan hitungan gali lahan atau tanah hingga mencapai kedalaman kurang lebih 70 cm dan lebar mencapai 4 x 6 atau bisa untuk lebih dari 1.000 lele.

Catatan dalam hal ini, tentunya ukuran tersebut lagi-lagi harus disesuaikan dengan tebaran benih yang akan kita lakukan. Jadi ukurannya bisa lebih disesuaikan dengan ukuran yang sudah kita bahas di atas.

Ukuran Kolam Pemijahan Lele

Untuk luasan kolam pemijahan tentu luasannya tidak seluas dengan ukuran kolam budidaya atau indukan lele. Ukuran kolam pemijahan ikan lele hanya dibutuhkan luas ukuran 2 meter per segi, atau 2 m2. Ukuran tersebut dinilai sudah cukup untuk dibuat kolam pemijahan lele.

Itulah informasi dari ayo budidaya mengenai luasan ukuran kolam lele 1000 ekor, 500 ekor, 2000 ekor, maupun 5.000 ekor dan 10.000 ekor. Semoga saja artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa ikuti artikel lainnya. Mari diskusikan di kolam komentar. Terimakasih.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *