ukuran kolam gurame 1000 ekor

Ini Dia Ukuran Kolam Gurame 1000 Ekor Yang Ideal

Ukuran Kolam Gurame 1000 Ekor. Sebelum pelaksanaan budidaya gurame, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Salah satunya adalah kolam.

Dalam pelaksanaan budidaya ikan, media kolam adalah kebutuhan pokok selain air dan pakan, serta benih ikan itu sendiri. Nah, berbicara tentang kolam untuk kolam ikan gurame tidak bisa sembarang buat dan meletakan benih saja.

Sebab, ada ukuran ukuran kolam yang harus dipenuhi. Hal ini berkaitan tentang kepadatan antara luas kolam dan jumlah tebar benih. Sehingga, hasil produksi yang diinginkan maksimal.

Sehingga, untuk ukuran kolam ikan gurame 100 ekor akan berbeda dengan ukuran kolam ikan gurame 1000 ekor. Kenapa? Jawabannya adalah soal kepadatan kolam dan benih tebar.

Bahkan, untuk kolam gurame pembesaran sama kolam pemijahan ataupun pendederan juga ukurannya berbeda-beda ya. Contohnya saja ukuran kolam lele yang juga berbeda-beda, antara jumlah tebar benih, pembibitan dan pembesaran.

Maka dalam proses budidaya ikan gurame, harus benar-benar memperhatikan ukuran kolamnya. Selain itu, jenis jenis kolam ikan gurame juga beragam. Karena ada yang gunakan kolam gurami tembok, ada juga kolam gurame tanah, bahkan kolam terpal.

Maka pada tebar gurame di kolam terpal maupun di kolam tembok dan tanah kerap diperhitungkan juga sebagai salah satu analisa usaha budidaya ikan gurame.

Untuk itu ayobudidaya.com tertarik nih untuk mengulas dan menginformasikan sejelas-jelasnya ukuran kolam ikan gurame 1000 ekor yang ideal seperti apa?

Ukuran Ukuaran Kolam Pada Budidaya Ikan Gurame

Nah sebelum spesifik membahas berapa luas, lebar dan tinggi ukuran kolam gurame 1000 ekor, saya coba membahas kebutuhan kolam ikan gurame di berbagai ukuran dan diberbagai peruntukan.

Hal ini dikarenakan, kondisi kolam sangat menentukan berhasil tidaknya usaha budidaya gurame. Jadi, ada beberapa kolam yang harus dimiliki dalam budidaya gurame, di antaranya sebagai berikut:

Pertama, kolam perwatan induk gurame. Kolam ini berfungsi untuk mempersiapkan kematangan telur dan memelihara kesehatan induk.

ukuran kolam induk gurame ini biasanya berupa kolam tanah yang luasnya sekitar 10 m2 dengan kedalaman minimum 50 cm dan kepadatan kolam berisi 20 ekor gurame betina dan 10 ekor gurame jantan.

Selanjutnya, kedua, kolam pemijahan. Kolam pemijahan merupakan kolam tanah dengan luas 200 – 300 m2. Dalam kolam ini, untuk satu ekor ikan dewasa memerlukan luas 2-10 m persegi. Suhu air ideal 24 – 28 derajat celcius dengan kedalaman air 75 – 100 cm.

Ketiga, kolam pendederan atau kolam untuk pemeliharaan benih gurame. Luas kolam ini tidak lebih dari 50 – 100 m2 dengan kedalaman 30 -50 cm. Kepadatan kolam sebaiknya 5 – 50 ekor per meter persegi. Kepadatan kolam sebaiknya 5 – 50 ekor per meter persegi.

Selanjutnya, keempat, ada kolam pembesaran. Kolam ini berfungsi sebagai tempat untuk memelihara dan membesarkan benih selepas dari kolam pendederan. Kepadatan kolam tidak lebih dari 10 ekor per meter persegi.

Kelima, ada kolam pemberokan. Kolam ini berupa kolam tanah atau semen dengan air yang mengalir sebagai tempat pembersihan ikan sebelum dipasarkan.

Tujuan menggunakan kolam pemberokan pada ikan gurame adalah agar ikan tidak mengandung kotoran dan tidak berbau lumpur.

Ukuran Kolam Gurame 1000 Ekor Dilihat Dari Fungsi & Jenisnya

Perlu kita ketahui, sebenarnya ukuran kolam gurame untuk 1000 ekor, maupun ukuran kolam gurame 50 ekor, 200 ekor, 500 ekor, 2000 ekor, dan sejenisnya itu adalah tergantung jenis kolam dan fungsi peruntukannya. Di antaranya sebagai berikut:

Ukuran Kolam Penyimpanan Induk Gurame

Kolam penyimpanan induk gurame berfungsi untuk menyimpan induk dalam mempersiapkan kematangan telur dan memelihara kesehatan induk.

Kolam ini berupa kolam tanah yang luasnya sekitar 10 meter persegi, ke dalaman minimal 50 cm dan kepadatan kolam induk 20 ekor betina dan 10 ekor jantan.

Jadi untuk jenis kolam penyimpanan induk gurame ini ukuran kolam idealnya hanya 30 ekor. 20 betina dan 10 jantan. Jadi kalau mau penyimapan induk gurame 1000 ekor, silakan dibuat kolam penyimpanan induk kelipatannya. Itu idealnya lebih baik.

Sebenarnya bisa saja, disesuaikan. Namun, ukuran di atas, agar lebih kekontrol dengan baik. Sehingga, hasil yang didapatkan maksimal.

Ukuran Kolam Pemijahan Gurame

Kolam berupa kolam tanah yang luasnya 200/300 meter persegi dan kepadatan kolam induk 1 ekor memerlukan 2-10 meter persegi (tergantung dari sistim pemijahan).

AdapunĀ  syarat kolam pemijahan adalah suhu air berkisar antara 24-28 derajat celcius. Kedalaman air 75-100 cm, dasar kolam sebainya berpasir.

Ukuran Kolam Pemeliharaan Benih / Kolam Pendederan

Luas kolam tidak lebih dari 50-100 meter persegi. Kedalaman air kolam antara 30-50 cm. Kepadatan sebaiknya 5-50 ekor per meter persegi. Lama pemeliharaan di dalam kolam pendederan atau ipukan antara 3-4 minggu, pada saat benih ikan berukuran 3-5 cm.

Ukuran Kolam Pembesaran Gurame

Kolam pembesaran berfungsi sebagai tempat untuk memelihara dan membesarkan benih selepas dari kolam pendederan. Adakalanya dalam pemeliharaan ini diperlukan beberapa kolam jaring 1,25 – 1,5 cm.

Jumlah penebaran bibit sebaiknya tidak lebih dari 10 ekor per meter persegi.

Ukuran Kolam Tempat Pemberokan Gurame

Kolam ini merupakan tempat pembersihan ikan sebelum dipasarkan. Adapun cara pembuatan kolam adalah sebagai berikut:

  1. Ukuran tanah 10 x 10 meter (100 meter2)
  2. Buatlah pematanganya dengan ukuran, bagian atas lebarnya 0,5 meter, bagian bawahnya 1 meter dan tingginya 1 meter.
  3. Pasanglah pipia atau bambu besar untuk pemasukan dan pengeluaran air. Aturlah tinggi rendahnya, agar mudah memasukkan dan mengeluarkan air.
  4. Cangkullah tanah dasar kolam induk agar gembur, lalu diratakan lagi. Tanah akan jadi lembut setelah diairi, sehingga lobang-lobang tanah akan tertutup, dan air tidak keluar akibat bocor dari pori pori itu. Dasar kolam dibuat miring ke atah pintu keluar air.
  5. Buatlah saluran ditengah-tengah kolam induk, memanjang dari pintu masuk air ke pintu keluar. Lebar saluran 0,5 meter dan dalamnya 15 cm.
  6. Keringkan kolam induk dengan 2 karung pupuk kandang yang disebarkan merata, kemudian air dimasukkan. Dibiarkan satu minggu, dan tinggi air 0,75 – 1 meter.

Ukuran Ideal Kolam Ikan Gurame

Dari perhitungan masing-masing fungsi kegunaan kolam dan ukurannya di atas, sebenarnya kita bisa mengkalkulasi ukuran kolam yang ideal untuk 1000 ekor ikan gurame itu berapa luasannya.

Contohnya saja, ukuran luas kolamĀ 1,25 – 1,5 cm untuk 10 ekor per meter persegi penebaran bibitnya. Jadi tinggal dikalikan 1000 ekor ukuran bibit gurame yang akan ditebar.

Jika teralu luas, sebaiknya untuk meratakan jumlah pakan, dan pemberian pakan seimbang dan maksimal. Dibuatkan beberapa kolam untuk budidaya ikan gurame 1000 ekor.

Baca Juga: Jenis Jenis Ikan Gurame: Ciri-Ciri, Ukuran & Warna Ikan

Itulah beberapa informasi yang bisa saya sampaikan tentang ukuran kolam gurame. Semoga saja bermanfaat dan dapat memperluas pengetahuan kita semua. Sekian. Terimakasih.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *