pakan ikan mas

Pakan Ikan Mas Supaya Cepat Besar

Pakan Ikan Mas adalah salah satu bagian terpenting dalam budidaya ikan mas. Baik pembibitan/Pembenihan maupun pembesaran. Sebab, pakan memiliki andil besar dalam keberhasilan produtkfitias panen.

Jenis makanan ikan mas juga ada berbagai macam, ada pakan tambahan yang didapatkan dari pakan alami dan ada juga pakan pabrikan dalam hal ini pelet ikan.

Pemberian pakan ikan mas juga ada aturannya, ada tata cara dan jenis pakan yang digunakan, jadi tidak sembarang memberikan.

Jika ingin membuat makanan ikan mas sendiri juga bisa, hanya setidaknya memahami cara membuat pakan ikan mas dari dedak atau bahan lainnya harus sesuai kompisi dan kebutuhan nutrisi ikan mas tersebut.

Beda halnya dengan budidaya ikan mas di sawah yang tentunya dari ikan mas kecil sampai besar bisa saja mendapatkan pasukan pakan alami dari daun dauyn maupun biota biota alami di sawah lainnya.

Jenis dan Tata Cara Pemberian Pakan Ikan Mas

Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui, dalam budidaya ikan fase pemberian pakan ada beberapa jenis. Di antaranya adalah pada fase pendederan. Pada fase ini pakan yang digunakan adalah jenis pakan tambahan.

Makanan tambahan untuk ikan mas di dalam kolam pendederan pada dasarnya telah ditumbuhi pakan alami sebagai pakan benih ikan.

Dimungkinkan larva pada suatu periode waktu pakan alami melimpah sehingga tidak dibutuhkan pakan tambahan. Tetapi pada periode dimana organisme atau pakan alami telah berkurang maka pakan tambahan dibutuhkan.

Pakan tambahan berupa hi-provit tepung dengan berprotein tinggi diberikan setelah benoh berumur 1 minggu di dalam kolam pendederan.

Pakan diberikan dengan frekeunsi 2 kali satu hari yaiut pagi dan sore hari. Jumlah pakan yang diberikan secukupnya tidak perlu banyak, karena pemberian pakan buatan ini bersifat tambahan.

Kualitas dan kuantitas pakan sangat penting dalam budidaya ikan mas, karena hanya dengan makanan yang baik ikan mas dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan yang kita inginkan.

Kualitas pakan yang baik adalah pakan yang mempunyai gizi yang seimbang baik protein, karbohirat maupun lemak serta vitamin dan mineral.

Pakan diberikan 3-5% berat badan atau perkiraan jumlah total berat ikan mas yang dipelihara. Pemberian pakan dapat ditebar secara langsung.

Cara Membuat Pakan Ikan Mas Buatan Sendiri Supaya Cepat Besar

Dalam pembenihan secara intensif biasanya diutamakan pemberian pakan buatan. Pakan yang berkualitas baik mengandung zat makanan yang cukup, yaitu protein yang mengandung asam amino esensial, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

Perawatan larva dalam hapa sekitar 4-5 hari. Setelah larva tidak menempel pada kakaban (3-4 hari kemudian) kakaban diangkat dan dibersihkan.

Pemberian pakan untuk larva, 1 butir kuning telur rebus untuk 100.000 ekor/hari. Caranya kuning telur dibuat suspensi (1/4 liter air untuk 1 butir), kuning telur diremas dalam kain kemudian diberikan pada benih, perawatan 5-7 hari.

Selain itu, ada juga pemberian pakan larva. Larva harus diberi pakan. Pemberiannya dilakuka pagi, siang, dan sore hari. Jenis pakan yang diberikan berupa emulsi kuning telur, pakan buatan berupa tepung dan pakan alami.

Teknik pemberian pakan pada tahap pembesaran harus dilakukan secara tepat mutu, jumlah, ukuran, dan sifat pakannya. Hal ini juga harus tepat teknik serta waktu pemberiannya.

Hal ini patut diperhitungkan dan diperhatikan karenan dapat menentukan keberhasilan pembesaran ikan mas itu sendiri. Untuk itu, hal ini harus tepat.

Ikan mas dapat tumbuh cepat gemuk saat diberikan pakan yang mengandung 35-40 % protein dengan kandungan 3, 4-2, 8 kkal/gram. Kebutuhan protein ada ikan mas tergolong tinggi, melebihi kebutuhan protein untuk burung dan mamalia.

Pakan yang diberikan kepada ikan dapat memacu pertumbuhan berat, efisiensi makanan, retensi atau pengikatan protein, dan retensi atau pengikatan lemak yang lebih baik dibandingkan dengan pemberian ransum ransum lain.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Ikan Mas Hias

Pemberian pakan juga dapat diatur sebanyak 2-5% dari bobot total populasi ikan yang dipelihara pada bulan pertama 3,5% pada bulan kedua 3% pada bulan kedua dan keempat.

Kemudian menjadi 2,5% dari berat total ikan, seterusnya akan turun sesuai dengan penurunan kecepatan tumbuh ikan. Sifat-sifat pakan juga harus disesuaikan dengan kebiasaan makannya.

Pakan yang tidak mudah hancur dlam air, minimum tahan dalam air sekitar 10 menit. Pakan yang tidak cepat tenggelam antara lain pakan buatan berbentuk butiran dengan diamter 2-5 mm yang populer disebut dengan pelet.

Pakan yang melayang dalam air tidak hancur selama 2-3 menit akan lebih baik. Aroma pakannya juga harus menarik dan merangsang nafsu makan ikan, misalnya dengan menambahkan minyak ikan sebagai bahan campuran pelet.

Pakan yang baik juga pakan yang dapat disimpan secara maksimum 2 bulan tanpa berubah kualitasnya.

Waktu Pemberian Pakan Ikan

Ada waktu-waktu yang tepat digunakan untuk memberi pakan ikan? Di antaranya seperti pada budidaya ikan mas di kolam air deras. Untuk tekniknya dan waktu pemberian pakannya dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu manual, semiotomatis, dan otomatis.

  • Manual : Diberikan 2-3 kali per hari, (pagi, siang dan sore). Bisa menggunakan tangan. Kelemahannya dari sisi tenaga.
  • Semiotomatis : Dilakukan menggunakan alat.
  • Otomatis : Pemberiannya bisa dengan alat tenaga listrik. Melalui alatnya dapat diatur jumlah maupun frekeunsinya atau waktu pemberiannya. Pakan diberikan berkisar 3-5% dengan kadar protein 40%. Setelah 4-6 bulan, dari benih berukuran 5-8 cm akan dapat dipanen ikan mas berukuran 40-60 gram per ekor.

Dalam budidaya ikan mas di kolam air tawar pemberian pakannya bisa ditebarkan secara langsung ke dalam kolam pembesaran dengan jumlah 304% dari berat badan seluruh ikan.

Manajemen Pakan Ikan Mas

  1. Ikan mas umur 3-7 hari diberi pakan berupa suspensi (larutan) kuning telur dengan frekeunsi setiap 2-3 jam. Satu butir kuning telur untuk 100.000 ekor ikan mas.
  2. Ikan mas umur 7-30 hari diberi pakan berupa pelet berkadar protein 40%. Pelet diberikan per hari sebanyak 5% dari berat badan ikan. Frekeunsi pemberian adalah 5 kali sehari pada pukul 07.00 – 09.00, pukul 17.00, 18.00 dan pukul 21.00 malam.
  3. Ikan mas umur 1-4 bulan diberi pakan berupa pellet berkadar protein 35%. Pelet diberikan per hari sebanyak 5% dari berat badan ikan. Frekeunsi pemberiannya adalah 3-5 kali sehari (pagi, siang, sore dan malam hari).
  4. Ikan mas umur ikan 4 bulan dan seterusnya diberi pakan berupa pelet berkadar protein 30%. Pellet diberikan perhari sebanyak 2-3% dari berat badan ikan. Frekeunsi pemberiannya adalah 2-3 kali sehari (pagi, siang dan sore hari). Selain itu, ikan dapat diberi pakan hijauan, misalnya daun ketela, daun ubi jalar, daun talas dan lain-lain.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam Tadah Hujan

Nah itulah yang bisa ayobudidaya.com bagikan tentang apa saja jenis jenis pakan yang bisa diberikan ke ikan mas. dan bagaimana caranya, jika buat sendiri seperti apa, manajemen pemberiannya supaya cepat besar bagaimana?

Semoga informasi di atas, dapat mempermudah segala aktifitas dan kegiatan dalam budidaya ikan mas dan ikannya cepat besar. Aamiin. Terimakasih. Salam.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *