pakan ikan lele

Pakan Ikan Lele, Komersil dan Alami Agar Ikan Cepat Besar

Berikut ini adalah daftar pakan ikan lele yang bisa kita gunakan dalam beternak ikan lele. Khususnya dalam proses budidaya ikan lele dalam hal pembesaran dan benih ikan lele.

Ada banyak jenis pakan ikan lele yang bisa kita gunakan, baik itu pakan ikan lele komersil, maupun pakan alami ikan lele sebagai salah satu pakan alternatif dalam ternak ikan lele.

Aspek pakan ikan lele ini juga yang berperan dalam mengetahui untung rugi ternak lele. Sebab, sebagian besar proses budidaya pasti ditentukan oleh pakan. Jadi bukan hanya persoalan ukuran kolam ikan lele yang ideal atau tidak.

Namun budidaya ikan lele tidaklah terlalu sulit. Sebab ikan lele termasuk jenis ikan pemakan segala bahan makanan (omnivor_, baik bahan hewani maupun nabati. Terlebih jeni ikan lele sangkuriang.

Bahkan pakan alami lele sangkuriang adalah binatang-binatang renik, seperti kutu air dari kelompok Daphnia, Cladocera, atau Copepoda. Lele juga ternyata memakan larva jentik nyamuk, serangga, atau siput-siput kecil.

Jadi sebenarnya tak terlalu sulit. Hanya saja, jika kita ingin serius, dan ternak lele merupakan sebuah usaha artinya kita sebagai pemilik budidaya ternak lele ini harus konsisten dalam memberikan pakan kepada ikan lele.

Terutama pakan yang baik yang sesuai kebutuhan dari ternak ikan lele itu sendiri. Sehingga, jika telah dibudidayakan misalnya dipelihara di kolam lele dapat memakan pakan buatan seperti pelet.

Pelet sebagai pakan ada yang dijual secara komersil dan ada juga yang buatan sendiri. Cara membuat pellet untuk pakan lele sudah banyak yang melakukan.

Namun pada umumnya, peternak ikan lele tak mau terlalu repot. Sehingga untuk pakan pelet diserahkan kepada pabrik dan peternak hanya membeli untuk kebutuhan ikan lele yang tengah dalam proses budidaya.

Bahkan, menurut Lukito (2002), pakan buatan pabrik dalam bentuk pelet sangat digemari induk lele, tetapi harga pellet relatif mahal sehingga pengunaannya harus diperhitungkan agar tidak rugi.

Kebiasaan Makan dan Pakan Ikan Lele

pakan ikan lele
pakan ikan lele

Maka tak heran, jika peternak mengikuti kebiasaan makan ikan lele yang apa saja dimakan. Namun, satu hal yang harus dipelajari adalah, dalam pemberian pakan ikan lele meski lele bersifat pemakan segala macam makanan, tetapi pada dasarnya ikan lele bersifat karnivora (pemakan daging).

Maka pertumbuhannya akan lebih pesat bila diberi pakan yang mengandung protein hewani dari pada diberi pakan dari bahan nabati.

Terlebih ikan lele pertumbuhannya sangat erat kaitannya dengan ketersediaan protein dalammpakan.Protein dalam pakan dengan nilai bologis tinggi akan memacu penimbunan protein tubuh lebih besar dibanding dengan protein yang bernilai biologis rendah.

Syarat Mutu Pakan Untuk Benih Lele

Satu hal yang bisa kita pelajati adalah sebagai berikut, yakni tentang syarat mutu pakan untuk benih lele mengandung <12% kadar air, <13% abu, >30% protein, >5% lemak, dan <6% serat kasar. (SNI: 01-4087-2006).

Sehingga baik itu yang akan diberikan adalah pakan alternatif untuk ikan lele, dari pakan buatan untuk ikan lele, maupun pakan alami untuk ikan lele, atau bahkan pakan dari pabrik untuk ikan lele, yang harus diperhatikan adalah nutrisi yang terdapat pada pakan itu sendiri.

Pastikan, pakan yang digunakan hendaknya memiliki nutrien yang mudah dicerna dan diserap dengan baik oleh ikan, sehingga pakan tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal.

Sekian informasi singkat dari ayobudidaya.com, semoga bermanfaat. Terimakasih dan jangan lupa baca artikel lainnya.

admin Penulis

Ayo Budidaya adalah situs blog yang menggambarkan tentang semua metode budidaya hingga menjadi suatu produk. Semua berisikan tentang informasi bermanfaat yang bisa digunakan setiap orang dalam beraktifitas budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *